Minggu, Juli 09, 2017

Pengalaman ke Pekan Raya Jakarta (PRJ) 2017

Salah satu agenda tetap saya setiap tahun adalah datang kePekan Raya Jakarta (PRJ)2017. Setahun maksimal dua kali saya ke Jakarta Fair. Saking senangnya ke PRJ, bahkan, saat hamil 7 bulan, saya berkeliling PRJ bersama adik ipar yang lagi hamil 6 bulan, mertua dan keluarga besar suami lainnya. Nggak capek? Iya capek juga sih tapi senang saja berkeliling jalan-jalan. PRJ tahun ini dibuka sejak tangal 8 Juni 2007 hingga 16 Juli 2017. Tiket masuk hari Senin hanya Rp 20 ribu, Selasa-Kamis tiket masuknya Rp 25 ribu. Sedangkan Sabtu hingga Minggu Rp 35 ribu.
Suasana di PRJ
Tahun ini, saya dua kali ke PRJ. Pertama ke PRJ tanggal 11 Juni 2017 bersama suami, Ayyas, Mba Farah dan Mba Nah (Mba Nah adalah ART saya). Tujuan utama datang, selain menemanin suami piket kerja, juga mengantar Mba Nah belanja seprai untuk ia jual lagi di kampung. Jadi setahun sebelumnya, saat ajak Mba Nah ke PRJ dia membeli seprai dengan harga murah tapi berkualitas bagus. Harganya sekitar Rp 65 ribu untuk double bed. Nah pas pulang ke kampung, teryata banyak tetangganya yang suka dan kemudian pesan minta dibelikan. Akhirnya Mba Nah minta diajak ke PRJ agar dia bisa membeli seprai pesanan tetangga-tetangganya. Akhirnya kami memilih tanggal kunjungan berbarengan dengan waktu libur saya serta jadwal piket suami. Nah, pas datang ke PRJ 11 Juni, langsung deh kami jalan-jalan sebentar kemudian ke booth seprai. Karena waktu itu bulan puasa, kami tak terlalu lama di PRJ.

Sabtu, 8 Juli 2017 saya pun datang ke PR bersama Ayyas, suami dan Mba Farah. Harga tiket masuk Sabtu dan Minggu Rp 35 ribu. Pas masuk, kami berpisah dengan suami. Suami langsung piket kerja sedangkan kami bertiga kemudian sibuk cuci mata. Jujur, saat datang ke PRJ saya sih nggak kepikiran untuk membeli apa-apa. Ah, hanya cuci mata saja. Tapi lima menIt pas masuk PRJ, saya langsung beli lipstik tiga. Hahhahaa …
 
Hayok dibeli dibeli 
Baru jalan dikit, Ayyas udah bilang “Ummi, aku haus”. Langsung deh beli minuman Rp 10 ribu tiga. Jalan lagi beli dapat kosmetik buat Farah. “Ummi, buat persiapan kuliah”. Jalan bentar lagi beli pakaian dalam buat Ummi dan Ayyas. Dan belanja lagi dan lagi … Hadeh. Pas jalan pulang, lihat lumpia Semarang langsung beli 5 buah Rp 35 ribu. Lantas 5 menit jalan nemu teh hijau eh beli lagi. Hadeh, batal deh ngirit. Saya, Mba Farah dan Ayyas sempat naik mobil wara wiri yang harganya Rp 6000 per orang. Lumayanlah biar nggak terlalu pegal jalan.
 
Poto-potoan di dalam mobil wara-wiri
Kami juga mampir ke booth Yakult dan beli Yakult untuk dikonsumsi selama di PRJ. Setiap beli satu pack Yakult, bisa ambil satu undian berhadiah. Asiknya kami dapat botol minuman Yakult. Hehehe ..
Main ke booth Yakult
Sebetulnya saya hampir aja jalan ke pusat kuliner yang belum pernah saya datangi sebelumnya. Tapi suami saya mengingatkan kalau belum shalat magrib sehingga harus segera keluar wilayah PRJ. Kami lebih memilih shalat di masjid di kawasan parkiran PRJ. Sekalian pulang sih karena udah malam. Hehhehe.  Oh ya, suami saya sempat donor darah di booth PRJ. Saya dan anak-anak sih hanya nungguin saja.  Hehehe ….
 
Bapak suami donor darah
Ingin datang ke PRJ? Ada apa saja di PRJ? Saya bagi beberapa tips  agar datang ke PRJ bisa nyaman dan pulang dengan hati gembira. #Eaaa ….

Siapkan Anggaran
Walaupun dari rumah terkesan hanya cuci mata, tapi dari siapkan saja anggaran secukupnya kalaupun tiba-tiba ada barang yang lagi promo dan sayang kalau ngga dibeli. Hhahaha. Soalnya, di PRJ banyak banget promo yang menarik. Promonya mulai drai 10 persen hingga 80 persen loh.  Saya nemu rok jeans harga Rp 300 ribu tapi dijual hanya Rp 30 ribu dan kondisinya masih bagus banget. Pakaian dalam juga diskon habis-habisan. Siapa yang tak tertarik belanja disana?  

Bawa kursi lipat dan tas belanja
Kalau niat borong banyak belanjaan, saran saya bawa tas belanja yang ada rodanya itu loh. Sangat membantu banget bagi yang hobi belanja atau buka jasa titip. Jadi nggak kerepotan buat meletakkan barang belanjaa.   

Bertaburan Diskon
Mau nyari apa saja ada di PRJ. Mau nyari kosmetik? Ada. Mau beli mobil dan motor baru? Ada. Mau beli keperluan makan juga ada. Diskonnya mulai dari 30 persen hingga 80 persen. Saya dapat rok jeans bermerk dari harga Rp 299 ribu, dijual seharga Rp 60 ribu. Masih kondisi bagus dan baru. Nggak hanya menjual aneka produk, tapi di PRJ juga ada aneka permainan yang bisa dinikmati bersama keluarga.
 
Banyak diskon dan pasti suka banget 
Jangan Lupa Ibadah
Ini tips buat saya pribadi juga. Terkadang karena keasyikan belanja, waktu shalat sudah lewat. Pas mau shalat malah mushalla penuh, akhirnya batal shalat. Soalnya kalau jalan-jalan gitu, tiba-tiba udah malam aja. Nggak sadar karena keasyikan belanja.

Bagaimana Menuju Lokasi?
Kalau naik mobil pribadi, mungkin lebih mudah. Nah kalau mau naik kendaraan umum bisa Transjakarta atau commuterline. Kalau commuterline nanti turun di stasiun Kemayoran lalu lanjut dengan bus gratis ke PRJ.  


Wulansari Rach Alida Bahaweres

Seorang Ummi, istri, jurnalis dan blogger. Aktif menulis dan memberikan pelatihan menulis. Kontak kerjasama ke @lidbahaweres dan lidbahaweres@yahoo.com. Twitter dan instagram : @lidbahaweres. Terima kasih

86 komentar:

  1. Cuci mata tapi dpt lipstick tiga, Alhamdulillah 😄
    Eh bisa ya kulakan di prj gitu apa memang murah ya harganya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahha bisa juga nih idenya buat kulakan ya. Biar ada untungnya juga ya mas

      Hapus
  2. wah rame dan bikin laper mata ya mbak :D

    Btw, GA blog ku diperpanjang sampe 17 Juli, hayuk ikutan mbak, hehe :)

    BalasHapus
  3. Tergiur bgd sm diskonnya mbaakkk, 30 smpek 80 %, uwow,
    Coba kalau deket, pasti meluncur ke situ dah, :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba. Duh mana tahan diskon segede gitu euy

      Hapus
  4. Sudah lama banget saya ga main ke PRJ, kalau masih kecil rajin banget, soalnya deket dari rumah keluargaku di Kemayoran. Sekarang mah susah banget, males juga macetnya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa naik commuterline juga, mba. Beberapa teman juga sudah lakukan

      Hapus
  5. ngga sempet ke sana :( suka kalap kalo liat diskon, belom capek m,uter-muternya hehe

    BalasHapus
  6. Mbak kalo ke PRJ susah ngiritnya, he he he. Saya sudah kesana bersama 2 anak gadis saya.Rencana just for looking tetapi semua jadi membengkak diluar anggaran. Untungnya ini acara tahunan ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha itulah. Rencana awalku ya cuma jaan jalan aja mba

      Hapus
  7. Kalau ke tempat gini, lihat diskon yang berjatuhan, siapa sih yang gak pengen beli, kalaupun tidak mampir dikit lah,, siapa tahu ada yang bisa dibawa pulang..haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bawa pulang nggak sendiri tapi juga bawa pulang teman-temannya. Jadinya banyak ya

      Hapus
  8. Wah, aku belum pernah nih mba ke PRJ huhuhu

    BalasHapus
  9. bener itu, kadang keasyikan belanja suka khilaf waktu sholat, padahal yg ngasih rezeki dari yg di atas ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba Maria. Ya ini introspeksi bagi diriku juga sih :)

      Hapus
  10. aku belom pernah ke PRJ XD
    seruu sepertinyaa hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maenlah kapan kapan ke Jakarta trus ke PRJ deh :)

      Hapus
  11. saya rada males ke PRJ karena jauuuh dari rmh saya di tangsel ( atau emang rmh saya aja yang jauh ya :) trus masuknya bayar kalau dulu kan gratis. Tapi kdng saya sempatkan ke PRJ krn banyak kenangan masa kecil di PRJ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asik banget ya kalau gratis ke PRJ. Bebas belanja deh

      Hapus
  12. Diskonnya menggiurkan banget ya mbak, sampai 80% an,

    BalasHapus
  13. emang kalau main ke PRJ meskipun diawal di bilang puasa belanja namun pas di lokasi kayaknya ujiannya banyak bangeeeett ....
    dan biasanya kegoda jadinya belanja dah ... wkwkwk

    BalasHapus
  14. Aku belum pernah ke PRJ mba, seru juga ya di situ.
    Harga tinggi jadi turun gitu dan barangnya juga masih kece
    Mau yakultnya.

    BalasHapus
  15. Seru ya Mbak, disana juga tiap hall disediakan mushola jadi gak takut lupa ibadah.

    BalasHapus
  16. Setahun dua kali! Hebat!!!! Aku tahun ini belum jadi-jadi nih ke PRJ. Niat Sabtu kemarin, tahunya aku sama suami sakit. Semoga wiken besok sebelum penutupan sukses ke PRJ. Udah ada beberapa wisata kuliner yang aku incer.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Latihan jalan kaki, mba. Hehehhe
      Aku kmrn belum nih wisata kuliner. Mau dong diajak :p

      Hapus
  17. Aku kemarin liat di twitter, di PRJ kemaren ada Indomie limited edition ya Mbak? Huhuhuhu mau nitip, tapi udah keabisan :))

    BalasHapus
  18. Udah lama bgt gak kesana :D byk diskonan bikin kalap ya Mba hihihi

    BalasHapus
  19. ulasannya tentang PRJ cukup lengkap.. jadi kangen pingin ke sana.. saya terakhirke PRJ sekitar lima tahun yang lalu...

    BalasHapus
  20. Serunyaaa... aku belum pernah kesana hiks, jadi pengen nyoba..

    BalasHapus
  21. Diskonnya itu yang bikin ngiler ;D

    BalasHapus
  22. Malu nih, 10 thn di jkt aku ga prnh ke prj wkwkwkwk.. Pdhl ini deket banget mba dr rumah.. Suami yg suka males, krn dulu dia pernah dtg k prj, pas msh kuliah.. Dan dipalakin ama tukang parkirnya :p. Sjk itu dia males ksana lagi. Akunya jd ga prnh minta deh :D..

    BalasHapus
  23. Hwaaaaa tambah mupeng saya. Dari dulu pingiiiin banget ke PRJ belum pernah keturutan sejak hampir 10 tahun tinggal di Jakarta.

    BalasHapus
  24. Aduh kalo ke PRJ siap2 kalap deh aku hehehe... makanya tahun ini gak dulu abis dah kebanyakan belanja online jd aku gak mau tergoda hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Godaan terberat emang belanja, mbaa :p

      Hapus
  25. Waduh aku ke prj terakhir pas sd! Hahaha...pengen deh kapan2 shoping ke prj. Bawa troli n kursi lipat? Siap!

    BalasHapus
  26. Seumur hidup aku tinggal di Jakarta tapi aku belum pernah ke PRJ! Padahal PRJ ini menarik banget ya, Mbak... Salah satunya karena banyaknya promo dan diskon :p Terus, di sana juga masih ada yg jualan makanan-makanan khas betawi dan makanan-makanan jadoel gitu kan ya... Makasiii tipsnya, Mbak. Berguna banget kalau suatu saat akhirnya (((suatu saat akhirnya))) aku ke PRJ ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya banyak yang jual kerak telor juga mba dan makanan tradisional lainnnya

      Hapus
  27. Aku thn lalu pas hamil jg ksana mbak. Malah 3x. Thn ini br 1x. Haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah bumil bersemangat banget. Hahhaaa

      Hapus
  28. Waah,wah..aku langsung tutup mata liat yang diskon2, pura2 ga lihat dan ga bawa dompet. Pernah sekali ke PRJ waktu itu ga sengaja lagi sengaja main ke Jkt sama anakku, eh mampir lah ke kerumunan ,masyaallah banyak godaan di sana Maak :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahahaa .. Harusnya nggak bawa dompet ya kalau ke pRj. Tapi mana mungkiiin

      Hapus
  29. Aku juga tiap tahun ke PRJ mbak. Kalau ke PRJ tujuannya pingin nonton konser artis. hehe. Tahun kemarin nonton Tulus, tahun ini rencana hari minggu (16/7) mau ke PRJ soalnya ada sheila on 7, tapi pasti ramai bgt, hari terakhir euy.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku malah belum pernah nonton konser di PRJ, mba
      Pengen ah tahun depan :P

      Hapus
  30. Sepakat banget Mbk, kalau belanja jangan lupa ibadah. Kuatir keasyikan lupa waktu bablas dengan jadwal sholat deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, mba. Kadang khilaf belanja malah jadi lupa ya

      Hapus
  31. Saya belum pernah ke PRJ Mbak. Ndeso banget yah? Semoga ada perayaan serupa di kampung saya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak juga yang belum ke PRJ, mba :p
      Iyaa biar lumayan lah cuci mata ya

      Hapus
  32. Ya ampun mbaa, anakmu udah ada yg mau kuliah aja.. :D Begitulah makemak ya, niatnya gak beli2 ujungnya bawa plastik belanjaan segambreng.. :D Aku udah lama nih gak ke PRJ mbaaa, pingin tapinya males jalan ke sananya.. Pak suami pun males.. Haha.. Maulah aku kalo diajak dirimu ke sana mba.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuk ama aku trus aku ajak jalan jalan :)

      Hapus
  33. Jadi pengen ke PRJ deh mba..penasaran belum pernah hihi

    BalasHapus
  34. PRJ itu lengkap tapiiii ku takut pingsan kl kesana hahahaha #manja... pengalaman dulu ke PRJ yg di kemayoran abis itu bhay trauma XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya abisa bikin trauma karena banyak belanja sih mba :p

      Hapus
  35. Senangnya bisa ke PRJ. Seumur-umur, bahkan saat masih tinggal di Jakarta sekalipun, saya belum pernah ke PRJ. Padahal sering ke sana kalau pas lagi gak ada PRJ huhuhu ^_^

    BalasHapus
  36. Udah tinggal di Jakarta sejak 1999 tetapi belum pernah ke PRJ, duuhh XD

    BalasHapus
  37. Kemarin serombongan kakak ipar dan suamiku yg ke PRJ. Aku ga ikut. Serem euyyy takut kalap.😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. HHaggaa iya nanti belanja bikin makin kalap ya mbaa :)

      Hapus
  38. lah, PRJ emang setahun berapa kali sih mbak? tak kira cuma setahun sekali pas jakarta mau HUT? salah ya? :D

    yah, namanya juga manusia. suka khilaf, niatnya mau liat-liat aja, eee akhirnya pengen beli juga hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setaun sekali tapi selama sekian puluh hari. Jadi aku datang ya setahun dua kali. Hihihi

      Hapus
  39. Bahaya ini kalau ke PRJ, niatnya ga beli apa-apa malah tenteng sana sini. Aku udah bertahun-tahun ga ke sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nggak mungkin sih kalau nggak belanja apapun :p

      Hapus
  40. iiiii kemaren pengen mampir ke both yakult, ternyata dapat hadiah langsung ya *nyesel ga beli T_T

    BalasHapus
  41. Sejak pindah ke Kemayoran, aku belum pernah lho berkunjung ke PRJ hehehe norak kali yach hahahah... ada shuttle bus ya dari Juanda atau dari mana? Kabarnya mendingan naik bus daripada bawa mobil sendiri mbak Alida.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku sih selalu bawa mobil sendiri mba :)

      Hapus
  42. PRJ saat ini sudah banyak mengalami perubahan. Saya kurang begitu suka ke PRJ sih, selain jauh banget, harganya relatif mahal.

    Terakhir saya ke PRJ sewaktu masih Sekolah SMK dulu tahun 1998an, hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya ampun udah lama banget euy :) Hahhaa

      Hapus
  43. terakhir ke PRJ tahun 2012 untungnya pas lagi haid jd bisa nikmatin jalan2nya hahaha tp sempet nungguin temen2 yg solat di ruangan gitu wudhunya ngantri dan emang kesana kudu bawa uang segepok y ummi 🤣😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa. Kalau perlu bawa duit tetangga juga nggak papa. Hahhaa

      Hapus