Cerita tentang Laptop Kesayangan

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup

Cerita tentang Laptop Kesayangan

Sebagai blogger, salah satu peralatan yang wajib saya miliki adalah laptop. Selama ini saya telah tiga kali berganti laptop. Laptop pertama saya miliki adalah laptop bekas milik om saya. Saya beli secara mencicil saat masih duduk di bangku kuliah dan bekerja freelance. Kala itu, laptopnya masih kurang besar dan lebih berat. Saya sempat kelimpungan membawa laptop seberat itu saat masih liputan. Tapi kala itu mau membeli laptop yang baru, harganya mahal dan keuangan saya belum mencukupi. 



Tapi bagaimanapun saya berharap bisa memiliki laptop baru. Keinginan saya kemudian terwujud saat menang juara 2 di lomba jurnalistik. Senangnya luar biasa. Laptop itu saya gunakan selama hampir empat tahun. Selama empat tahun itu laptopnya sangat berguna untuk pekerjaan saya sebagai jurnali. Dulu tak ada kewajiban datang ke kantor untuk mengetik berita. Terkadang saya mengetik di lapangan sambil menunggu narasumber datang atau mengetik di rumah.  

Lama kelamaan, laptop kesayangan saya nge-hang. Layarnya tiba-tiba mati saat saya sedang asyik-asyiknya ngetik. Kaget? Ya iyalah. Saya ingat waktu itu sedang mengetik berita lingkungan dan tiba-tiba langsung jleb! Laptop saya langsung mati total. Sudah berulangkali saya mencoba untuk memperbaiki agar bisa menggunakan laptop lagi. Tapi teryata gagal. Akhirnya sekarang laptop hadiah lomba itu hanya tersimpan rapi di lemari.

Suatu saat saya kemudian terpikir untuk memiliki laptop baru untuk menunjang kuliah pascasarjana. Tapi keinginan untuk membeli laptop selalu tertunda karena berbagai hal. Apalagi saat itu saya masih mengikuti ujian seleksi masuk pascasarjana. Saat mama meninggal, ada uang pensiun yang kemudian diberikan kepada saya sebesar Rp 5 juta. Dana itu langsung saya gunakan untuk membeli laptop. 

Laptop yang saya beli hingga kini masih saya gunakan. Laptop berukuran 5 inci ini berwarna pink, sesuai warna kesukaan saya. Saya senang sekali dengan laptop saya yang terakhir ini dan sangat membantu saat saya kuliah. Hampir setiap hari, laptop saya bawa ke kampus. Biasanya sambil menunggu jadwal kuliah berikutnya saya mampir ke perpustakaan dan mengetik materi kuliah atau mengerjakan tugas yang diberikan dosen. Terhitung sudah tujuh tahun saya menggunakan laptop ini. Hingga kini, laptopnya masih berfungsi dengan baik. 

Jika ingin membeli laptop lagi, ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan saya : 


Beli Sesuai Kebutuhan  
Jika teman memiliki jenis pekerjaan yang mobile, pilihlah laptop yang sesuai. Saran saya, pilihlah laptop yang ukurannya lebih kecil dan ringan agar bisa dibawa kemana saja. Tapi jika laptopnya hanya lebih banyak digunakan di rumah, bisa juga memilih laptop yang berukuran lebih besar. Biasanya ada juga yang membeli laptop berukuran lebih besar karena lebih ‘nyaman’ di mata. 


Tentukan Harga Laptop 
Harga laptop bervarias. Terserah teman mamu membeli laptop seharga berapa. Apalagi sekarang ada aneka laprop yang bervariasi harga. Jika memiliki budget di bawah Rp 5 juta juga banyak tersedia. Tapi ada juga laptop yang harganya cukup mahal. Tapi ya itu tentu sesuai dengan kemampuan masing-masing. 


Beli dimana? 
Banyak toko khusus laptop yang menjual laptop dan aneka perlengkapannya. Biasanya banyak yang menjual di dekat perguruan tinggi. Kalau mau membeli online juga bisa. Salah satu toko online yang menjual laptop adalah MatahariMall. Di MatahariMall ada beragam jenis laptop yang bisa dipilih. Oh ya, MatahariMall ini sudah terbukti ya sebagai toko online yang bisa dipercaya. 


Nah, itu beberapa hal yang menjadi pertimbangan saya membeli laptop. Apa alasan teman sebelum membeli laptop? 



49 comments

Avatar
Tetty Hermawati Jul 20, 2017, 5:51:00 PM

Laptop kesanganku sekarang chargernya rusak, jadinya laptopnya sering panas. Hikz

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jul 20, 2017, 7:15:00 PM

Hiks, kalau kayak gitu jadi malas ya mba buat ngetik. Alasan nih buat beli yang baru

Reply Delete
Avatar
Amelia Fafu Jul 20, 2017, 6:11:00 PM

Baca ini jadi inget notbuk yg udah gak nyaman bgt dipake. Hiks hiks hiks, karena harus selalu nyolok di listrik supaya hidup. Alhasil gak bisa dibawa mobile.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jul 20, 2017, 7:15:00 PM

Nah aku pernah seperti itu, mba. Malas kan harus nyolok melulu biar bisa digunakan

Reply Delete
Avatar
Ria Bilqis Jul 20, 2017, 7:12:00 PM

Saya juga lagi butuh laptop mba Alida, laptop saya jadul dan sudah waktunya di ganti. Harus rajin nabung ini, makasih infonya ternyata laptop bisa dibeli di Matahari mall juga.

Reply Delete
Avatar
Dewi Nuryanti Jul 20, 2017, 7:23:00 PM

Aku sampai sekarang belum punya laptop sendiri hiks. Mungkin blm benar2 kepepet hrs beli laptop pribadi krn msh ada laptop bersama suami yg bisa sy kuasai hahaha #terlaluuu. Tp sy sdh hrs mikirin nich utk pny laptop sendiri. Mo intip di matahari mall ah

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jul 21, 2017, 9:50:00 AM

Harus semangat ya mba biar bisa punya laptop sendiri mba :)
Biar nggak nebeng suami. Hehehe

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Jul 20, 2017, 7:56:00 PM

leptopku masalah di keyboard mulu mb sampe bosen benerinnya tp bersyukur juga krn leptop itu menemani n setia 😊
klo mau beli bisa online di matahari mall y mba jd tgl klik tunggu cantik deh dirumah

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jul 21, 2017, 9:52:00 AM

Nah itu udah menang hadiah dipakai buat beli laptop aja mba. Hehheee

Reply Delete
Avatar
Leyla Hana Jul 20, 2017, 8:09:00 PM

Aku sering belanja di matahari mall karena gratis ongkir kalo belanja minimal 100 rb.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jul 21, 2017, 9:56:00 AM

Wah aku juga. Samaan kita ya mba Leyla. Hehhee

Reply Delete
Avatar
Inda Chakim Jul 20, 2017, 9:31:00 PM

Waaahhh, dikau emang keren mbk, juara dua jurnalistik, beuugghh, kece,
Soal laptop kesayangan aku jg punya mbk, tp udah rusak, hiks,
Pgn beli lagi,
Hd pgn encis ke mataharimall ah, kali aja ada laptop yg sesuai kantong
Tengkiu sharenya ya mbk, :)

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jul 21, 2017, 9:56:00 AM

Alhamdulillah pas beruntung. Hayukk semangat cuci mata biar bisa beli laptop. Hehhee

Reply Delete
Avatar
Annafi Jul 20, 2017, 9:45:00 PM

Jadi inget kalau laptopku udah lemot :( bingung mau laptop atau kamera soalnya hihi. Boleh juga nih cek di MatahariMall, mungkin ada yg diskon hehe

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jul 21, 2017, 9:58:00 AM

Laptop aja dlu mba. Kamera sementara bis apakai kamera hape. Hehhee

Reply Delete
Avatar
Tira Soekardi Jul 21, 2017, 3:07:00 AM

iya ya, laptop bagi kita yang suka nulis itu sangat berharga ya

Reply Delete
Avatar
lianny hendrawati Jul 21, 2017, 9:44:00 AM

Laptopku sekarang batereinya nggak tahan lama, paling lama 1 jam sudah habis batereinya. Tapi ya disayang-sayang, laptop satu-satunya hahaha.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jul 22, 2017, 7:54:00 PM

Iya kalau laptop kesayangan slalu diharapkan biar tetap awet ya mba Lianny

Reply Delete
Avatar
Nova Violita Jul 22, 2017, 4:26:00 AM

Ya dong sesuaibkebutuhan... Jangan beli terlalu canggih atau mahal.. kalo yg kita kerjain standar aja..., Sisa bydget bisa beli yg lain spt kamera.. atau lainnya..

Reply Delete
Avatar
Okti Li Jul 22, 2017, 6:10:00 AM

Beli online bagi saya yg tinggal jauh di desa sangat membantu...

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jul 22, 2017, 7:55:00 PM

Nggak perlu habis ongkos buat ke kota ya mba :)

Reply Delete
Avatar
Fiberti Jul 22, 2017, 11:17:00 AM

Biasanya baru beli laptop kalau sdh benar2 nggak bisa dipakai...pdhl hrsnya buru2 dijual sblm hrgnya turun drastis ya haha thks sharingnya mba

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jul 22, 2017, 7:55:00 PM

Wah aku belum pernah cara seperti ini. Mau nyoba ah. Hihihi

Reply Delete
Avatar
Ibu Dila Jul 22, 2017, 3:00:00 PM

Aku baru bener2 ngebuka laptop itu setahun ini, mb. Buat mindahin foto. Terus 2 bulan ini mulai deh buat ngeblog
Dulu-dulu sering nganggurnya tuh. Bisa 2-3 bulan sekali baru disentuh 😁

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jul 22, 2017, 7:55:00 PM

Skarang udah sering di sentuh ya mba laptopnya. Hehhee

Reply Delete
Avatar
dira indi Jul 22, 2017, 8:24:00 PM

Haaiii mbak alida..kangen nich pengen mampir. Saya pakaian laptop dari 2010, memang kalo udah hobi pakai laptop rasanya sedih kalo dia rusak yaa..hiks

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jul 23, 2017, 1:00:00 PM

Duh kebayang ya kalau laptop kesayangan malah nggak bisa digunakan ya

Reply Delete
Avatar
siti hairul Jul 22, 2017, 9:05:00 PM

punyaku laptopnya barusan ganti hardisk, sayang filenya ga bisa diselamatin. foto2 traveling bubar semua. huhuhuhu. sedihnya.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jul 23, 2017, 1:00:00 PM

Aduh sedihnya mbaaaa :(
Moga nggak terulanglagi ya mbaa

Reply Delete
Avatar
Erny Kurniawati Jul 22, 2017, 9:53:00 PM

Mbak Alida aku terpanggil komen juga karena aku pun beli laptopku yang sekarang aku pakai kerja dan blogging dari kredit hehe.

Reply Delete
Avatar
Liswanti Jul 22, 2017, 10:40:00 PM

Aku udah lama ga beli laptop lagi, sekarang malah asyik dipake suami. Aku pake notebook. Memang harus beli baru neh.

Reply Delete
Avatar
Tulisan Online Jul 23, 2017, 12:56:00 AM

Wah jadi penasaran nih, langsung capcus ke TKP ah....

Reply Delete
Avatar
Eni rahayu Jul 23, 2017, 3:50:00 AM

Waktu kuliah sy pakai PC. Nah setelah nikah n kerja barulah bs neli laptop. Bagi sy yg suka nulis... Klo laptop mati hilang deh separuh nyawa. Hahaa... Alhamdulillah udah 4than laptop saya. Tnx for share mbak

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jul 23, 2017, 1:01:00 PM

Aih lama juga ya usia laptopnya ya mba Eni :)

Reply Delete
Avatar
Dapur Ngebut Jul 23, 2017, 7:53:00 AM

berasa banget mati gaya ya mbaa kalo ga ada laptop :p
punyaku baru balik dr tukang servis. dua minggu tanpa laptop rasanya uring2an kna kudu bolak-balik ke warnet >_<

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jul 23, 2017, 1:01:00 PM

Nah kan jadi repot kalau harus ngetik di warnet ya mba

Reply Delete
Avatar
Bimo Aji Widyantoro Jul 23, 2017, 1:24:00 PM

laptop saya malah usianya sama kayak masa belajr anak SD. Udah retak dimana-mana tapi alhamdulillah masih kuat, baterai juga gak tahu kenapa bisa awet gini. Pengen juga sih beli laptop baru tapi sampe sekarang masih nabung dulu

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jul 23, 2017, 2:30:00 PM

Alhamdulillah awet juga ya mas. Biar nggak boros ya buat beli laptop baru euy :)

Reply Delete
Avatar
dewaayuinda Jul 23, 2017, 3:03:00 PM

Saya beli laptop berdasarkan kebutuhan mba, sempat tergiur beli laptop baru tapi keinginannya ga greget krna merasa laptop yg ada sekarg masih bisa diandalkan

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jul 24, 2017, 8:52:00 AM

Nah bisa juga seperti itu, mba. Beli ya hanya berdasarkan kebutuhan :(

Reply Delete
Avatar
Nelly Ervina Jul 24, 2017, 1:44:00 PM

Saya malah baru beli laptop baru Mbakm gr2 yg lama itu kalo loadingnya mau stengah jam. Tp emang uda lama banget sih. Pas masi jaman kuliah dolo. It jg belinya pake cicil. Sebenernya sayang banget mau ditukar. Tapi apa bole buat. Hikz T.T

Reply Delete
Avatar
Keke Naima Jul 24, 2017, 3:53:00 PM

Laptopnya awet banget, Mbak. Saya sebetulnya lebih suka menulis di PC. Makanya laptop sering nganggur. Tapi udah 2 tahun ini PC rusak dan belum juga diganti. Jadi deh mulai sering pakai laptop

Reply Delete
Avatar
April Hamsa Jul 27, 2017, 5:48:00 PM

Leptop pertama yg kumiliki kubeli dari gajiku, tapi merk Cina trus diketawain sama almarhum dosenku yg unya side job pengusaha IT :P
Tapi itu yg terbaik speknya dgn harga murce, sebab programer2 di kantor lamaku jg berbondong2 beli itu hahaha #ceritanyaikut2an.

Reply Delete
Avatar
Belinda Kusumo Aug 2, 2017, 8:39:00 PM

Wuah di MatahariMall ada toh? Kebetulan lagi mau cari referensi laptop baru. Semoga ada harga san spek yg cocok dg budgetku di sana. Enak nih belanja dari MatahariMall aja ah. Tidak perlu waktu kluar rumah. Terima kasih Mba Alida untuk infonya.

Reply Delete