Senin, September 05, 2016

Yuk, Ke Perpustakaan Umum Daerah Jakarta yang Ramah Anak

Sudah sejak lama saya mengetahui bahwa ada perpustakaan umum DKI yang ramah anak. Berulangkali sahabat saya, Ais Zuhdi mengajak untuk ke perpustakaan umum Daerah DKI Jakarta. “Pokoknya bagus banget, Chi. Nggak bakalan nyesal pas buat ngajak kecil,” kata Ais. Tapi gimana ya, kalau hari biasa anak masih sekolah. Kalau hari Sabtu belum tentu saya bisa karena piket kerja.

Sabtu, 27 Agustus saya, Ayyas dan Mba Farah menemani suami di kampusnya. Karena sidang kuliah suami, kami (saya, Ayyas Mba Farah dan Ayyas) pun berinisiatif ke Perpustakaan Umum Daerah DKI Jakarta. Kebetulan lokasi kampus di kawasan Cikini, Jakarta Pusat. Masuk ke Perpustakaan ini GRATIS. Perpustakaan Umum Daerah DKI Jakarta terletak satu kompleks di Taman Ismail Marzuki (TIM). Saat kami tiba, sekitar pukul 08.45 WIB, perpustakaan belum buka. Perpustakaan baru buka pukul 09.00 WIB. Setelah mengisi daftar tamu, saya menyimpan tas di loker khusus. Nanti KTP dititipkan di petugas dan akan ditukar dengan kunci loker. Kita boleh membawa dompet, dan handphone tapi tak boleh membawa makanan dan minuman. Supaya tetap rapi, dompet dan handphone disimpan di tas transparan yang bisa dipinjam di loket penyimpanan barang. Perpustakaan terdiri dari tiga lantai.

Perpustaan lantai 2
Pertama kami mencoba ke lantai 1. Di lantai satu, kondisinya sepi. Mungkin karena masih terlalu pagi. Lantai satu berisikan berbagai buku-buku umum. Jika ingin mencari buku filsafat dan psikologi, semua tersedia di lantai 1. Buku anak SMA pun juga ada di lantai 1.  Mba Farah awalnya memilih membaca-baca di lantai 1. Di lantai 1 juga ada komputer untuk mendukung kegiatan membaca. Hanya saja saat kami datang, komputernya belum nyala. Pengunjung juga boleh memilih membaca sambil duduk di kursi atau lesehan. DI setiap rak, bukunya tidak penuh terisi. Untuk membaca, saran saya duduk lesehan dekat dinding kaca karena membantu pencahayaan alami. Maklum, mata saya agak siwer kalau cahayanya nggak terang.

 
Koleksi buku di lantai 1
Kepagian belum ada yang datang di lantai 1

Lantai favorit untuk anak ya tentu saja di lantai 2. Pertama kali kami sampai, Ayyas sudah senyum-senyum karena lihat tempatnya memang sangat ramah anak. Buku-buku untuk anak diletakkan di rak warna-warni yang pas untuk karakter anak yakni warna hijau, biru dan merah. Di depan rak buku itu, ada meja panjang tanpa kaki yang dijadikan tempat untuk menaruh buku saat hendak membaca. Semuanya beralaskan karpet lembut dan harum serta bersih.
 
Cari buku yang pas di lantai 2

Nemanin Ayyas membaca 

Buku-buku yang tersedia cukup lengkap. Di rak itu ada buku belajar profesi. Mulai dari menjadi dokter, apoteker dan guru. Ayyas memilih membaca buku untuk menjadi apoteker dan guru. Juga ada buku tentang tubuh manusia. Semuanya disajikan dengan bagan yang menarik dan detail tentang tubuh manusia. Bagi yang belum bisa membaca, bisa memilih buku yang lebih banyak visual daripada kata-kata. Oh ya kondisi bukunya masih bagus-bagus karena perawatannya bagus. Kalau tidak ingin membaca di karpet, juga bisa memillih membaca di meja dan kursi khusus anak-anak yang berwarna-warni. Sungguh sangat memikat hati anak.

Bermain di perpustakaan 2
Kalau ingin belajar sambil bermain juga bisa di karpet khusus warna-warni yang menyediakan permainan seperti lego dan permainan motorik lainnya. Kalau anak mulai bosan, mungkin bisa memilih bermain di playground. Playground ini hanya untuk anak hingga usia 5 tahun dengan maksimal tinggi 110 cm dan harus dalam pengawasan orangtua. Ayyas sempat ingin masuk ke playgroun namun tidak boleh karena usia. “Kalau anak gede main nanti kuatirnya akan cepat rusak,” kata mba petugas jaga playground. Tapi saat saya masuk untuk foto-foto di lokasi playground, saya sempat melihat remaja ikut main ayunan hingga mencoba berbagai permainan untuk anak-anak. Dan hal itu teryata juga diketahui petugas. Alhasil, remaja itu diminta keluar dari playground. “Dulu banyak permainan, bu. Tapi banyak yang rusak karena banyak orang gede yang main,” kata mba petugas. Yee... kurang piknik tuh yang main mainan anak-anak. Di playground, anak-anak diwajibkan menggunakan kaos kaki. Mainannya banyak dan variatif. Mulai dari sepeda-sepedaan, ayunan, seluncuran dan banyak lagi lainnya. Anak siapa yang nggak suka main di tempat seperti itu. Lantai 2 memang kesukaaaaan banget!. Berasa pengen nginap ama anak kalau di lantai 2 #Eh. Oh ya, playground ini hanya buka Senin, Kamis, Sabtu dan Minggu sejak pukul 10.00 hingga 12.00 WIB.
 
Sibuk jagain anak
Luas kan playgroudnyaaaa
Aneka permainan di playground

Kalau di lantai 3, ditujukan bagi pengunjung yang mencari ensiklopedia atau membaca koran dan majalah terbaru. Saya sempat agak lama pas nemu majalah perempuan favorit saya. Lumayan baca gratis majalan terbaru. Hehehe. Untuk menjadi anggota cukup bawa fotokopi KTP dan foto 2x3 cm sebanyak 1 lembar dan bisa terdaftar sebagai anggota selama 1 tahun. Sebagai anggota, bisa pinjam 2 buku namun dikembalikan paling lambat satu minggu.
 
Deretan buku di lantai 3
Perpustakaan ini jadi favorit tujuan keluarga. Setiap hari, pengunjungnya bisa ratusan. Tapi saat Sabtu dan Minggu jumlahnya bisa hampir lebih dari seribu pengunjung. Banyak juga ya. Saya berharap, perpustakaan menarik seperti ini tak hanya di Cikini, tapi juga di berbagai kabupaten kota. Walaupun tak semegah di Cikini, tapi minimal mendekati sehingga yang rumahnya di kawasan Pasar Rebo, Jakarta Timur (seperti saya), tak perlu jauh-jauh harus ke Cikini. Dengan adanya perpustakaan ramah anak yang semakin tersebar, mengajarkan semangat anak membaca sejak dini tentu lebih mudah. Semoga terwujud! Aamiin ...

Perpustakaan Umum DKI Jakarta
Jl. Cikini Raya No 73, Kompleks Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat.
No telepon : 02131928107
Jam Buka : Senin-Minggu pukul 09.00-20.00. Tutup pada hari libur nasional.


  

Wulansari Rach Alida Bahaweres

Seorang Ummi, istri, jurnalis dan blogger. Aktif menulis dan memberikan pelatihan menulis. Kontak kerjasama ke @lidbahaweres dan lidbahaweres@yahoo.com. Twitter dan instagram : @lidbahaweres. Terima kasih

58 komentar:

  1. luas ya mbak tempatnya... thanks for sharing mbak, bakal jadi referensi soalnya aku blom pernah kesini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa luas mba Tuty. Bisa buat guling- guling jugaa. Bikin betah deh Hehheee

      Hapus
  2. Wah, saya malah baru tahu Mba ada perpustakaan di TIM. Boleh lah nanti Sabtu atau Minggu, saya main kesana. Sebenarnya saya sudah kepingin banget baca-baca buku di perpustakaan, tadinya takut kalau hanya buka Senin-Jumat saja.
    Terimakasih sekali informasinya ya Mba.. ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa aku ya baru tahu. Tahu gitu dari dulu aku kan nongrong disini pas ke TIM. Hehhehe

      Hapus
  3. bagus banget ya mbak perpustakaannya. nyaman. Coba dekat rumah, pasti anak2 sering saya usung ke sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, mba. Kalau dekat rumah ya aku bakalan sering2 ke sini nih mba

      Hapus
  4. Keren banget perpusnya... siapkan tas untuk kunjungi TKP :D

    BalasHapus
  5. waw... incredible nih perpustakaannya, keren, rapi ada tempat bermain anak2 juga... wah di kota saya jika ada perpus seperti ini, adik saya akan saya ajak kesini...hhe

    BalasHapus
  6. oalahh, ya aku tau ini mbak, pernah kesana di lantai 1 doang, tp blm msk ke rak2 bukunya. Byk lukisan anak2 yg dipajang di bawah. Kebetulan aku kesorean :) sepertinya perpus macem bgini mulai byk asal dikelola pustakawan yg tepat. Kl library@senayan bgs buat komunitas, g tau deh anak2nya :)

    Senengggg ada yg nulis perpustakaan. tgl 14 atau 17 Sept ini, hr kunjung perpust mb kebetulan :) *maap komen panjang krn kesenengan :)*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaah coba kalau maen langsung ke lantaui 2 ya mba. Seruuu
      Oh gitu ya. Pas dungs ya mba :)

      Hapus
  7. oalahh, ya aku tau ini mbak, pernah kesana di lantai 1 doang, tp blm msk ke rak2 bukunya. Byk lukisan anak2 yg dipajang di bawah. Kebetulan aku kesorean :) sepertinya perpus macem bgini mulai byk asal dikelola pustakawan yg tepat. Kl library@senayan bgs buat komunitas, g tau deh anak2nya :)

    Senengggg ada yg nulis perpustakaan. tgl 14 atau 17 Sept ini, hr kunjung perpust mb kebetulan :) *maap komen panjang krn kesenengan :)*

    BalasHapus
  8. Perpustakaannya keren. Kalo semua perpustakaan seperti ini kan minat baca anak-anak bisa didongkrak dari kecil, terus anak-anak nggak selalu merengek ke mall. Hebat!!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa ajak anak=anak ke perpustakaan ajaa

      Hapus
  9. Cakep banget ini mah bikin saya dan anak saya betah, di toko buku aza anak saya ga mau pulang apalagi ini hahaha...saya belum pernah siy kunjungin perpus di Cimahi kata org si bagus lbh seneng ke toko buku hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga doyan banget ke toko buku mba :)

      Hapus
  10. Bagus mbak inovasi perpustakaannya, tata letaknya juga lenggang, gak sumpek dan suram. Jadi pembaca bisa lebih betah. Dngan gitu mungkin minat baca bisa lebih meningkat, apalgi kalau bahan bacaannya update

    BalasHapus
  11. Perpustakaannya lucu, nyaman, dan instagramable banget. Bisa main kesitu sekalian mengenalkan budaya membaca sama anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anak bakalan betah ngajak ke perpustakaan mbaa

      Hapus
  12. iya keren banget perpus anak TIM sekarang yaa. aku pernah ke sana jaman kuliah masih kecil perpusnya, sekarang udah gede dan bagus banget..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku malah belum pernah, mba Zata. Hihii

      Hapus
  13. Jd inget playground gratisan di supermarket dekat rumah. Krn tdk terlalu dijaga, banyak anak SD yg tubuhnya sdh besar2 ikut main sampai gedubrakan dan menakuti anak2 yg kecil. Mainan jg jadi cpt rusak. Btw asyik deh koleksi buku perpustakaannya banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo main ke sini puas bangeet. Nggak pake ngantri kayaknya kalo lagi sepi :)

      Hapus
  14. Perpustakaannya cakep dan rapih banget ya mbak, terus di desain modern gitu. Mampir ah kesana :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan mampir kapan-kapan, mba Titis ;)

      Hapus
  15. Aku baru tahu perpustakaan ini, bisa bawa anak neh kesini mah. Makasih infonya mba

    BalasHapus
  16. keren ya perpustakaannya, belum pernah lihat yang seluas ini pulak, semoga bisa boyong anak2 ke perpus DKI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa luas bangget jadi anak bbisa puas main mba :)

      Hapus
  17. perpustakaannya keren banget ya mbak

    BalasHapus
  18. Wah perpustakaannya keren nih mbak, luas ya bikin betah berlama-lama di situ. Coba ada perpustakaan seperti ini di kotaku, bisa kusamperin tiap hari :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga mau kalau di dekat rumahku, mba :)

      Hapus
  19. Ini yang di sekitar TIM tempat neropong bintang bukan Mbak? Btw, g plusnya udah tak add yaaaa :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa satu kompleks. Siaap. Makasih yaa

      Hapus
  20. Seneng banget rasanya kalau ada perpustakaan seperti itu di daerah sayaaa. Tempatnya terihat nyaman dan menyenangkan untuk bermain anak ya Mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anak anak bisa betah mba kalau ke sini :)

      Hapus
  21. Waah aku beberapa bulan lalu pernah ke sana juga mba, tapi gak sama anak2. Seruu ya perpusnya, menyenangkan.. :D Harus ajak anak2 jg nih kapan2 ke sana.. :D

    BalasHapus
  22. Kalau mainannya kayak gitu, yang udah gede jadi pengen main juga sihhh. Aku juga pengeeen... hahaha. Belum pernah nih yang ke situ, cuma pernah yang di deket Epicentrum.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku belum pernah yang di epicentrum mbaa

      Hapus
  23. oh buka sampai hari Minggu? Wah, jadi tambah penasaran, karena Cikini gak terlalu jauh dari rumah

    BalasHapus
  24. Waduuuh nyaman sekali mbak. Anak2 pasti betah. Coba ada program berkunjung anak2 sekolah secara bergantian supaya mereka tahu & mengajak ortunya balik kesana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ya bisa juga ya program berkunjung anak anak sekolah ya mba :)

      Hapus
  25. Wah, bertambah lagi perpustakaan ramah anak di Jakarta. Ini beda dengan perpustakaan nasional yg di Salemba itu?

    BalasHapus
  26. Waduuuh, perpustakaanya keren begini, aku bisa nggak mau pulang mba, pasti betah di sini ya, hehehe
    Makasih infonya mba, cukup detail

    BalasHapus
  27. Keren banget, Mbk. Ya Allah seru ya kalau ajak anak-anak ke sana.

    BalasHapus
  28. Selalu suka dengan perpustakaan ramah anak.

    di Solo juga mulai ada walaupun tidak luas tapi lumayanlah..alhamdulillah.

    makasih mak infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kalau lumayan aja anak makin betah ya mba :)

      Hapus
  29. Nyaman sekali tempatnya mbak..Aihhh,coba yang kayak ginian ada juga di Mataram

    BalasHapus