Jumat, September 02, 2016

Kiprah Annisa di Dunia Blog

“Hai. Saya butuh 10 blogger untuk kerjasama dengan situs belanja. Silakan kirimkan nama blog dan DA teman”.

Kalimat itu menjadi kalimat yang kerap dilontarkan Mba Annisa Ae di berbagai percakapan di whatsapp group, facebook, hingga telegram. Ia hadir menawarkan berbagai kerjasama antara blogger dengan berbagai pihak. Saya menggenal mba Annisa sebagai blogger sebelum sama-sama di arisan link Blogger Perempuan. Kami berteman melalui facebook walaupun jarang saling menyapa. Namun saya kerap menyambangi blog miliknya www.annisae.com. Saya banyak belajar banyak saat menyambagi blognya.
 
Logo Mba Annisa
Di blognya, ia tak segan-segan membagi tips terkait dunia blogging. Salah satunya tentang cara menaikkan alexa dalam 20 hari. Dalam postingannya, ia menuliskan ada lima cara untuk menaikkan alexa. Pertama Blogwalking. Mba Annisa ini menjadwalkan waktu khusus untuk blogwalking yakni setelah bangun tidur (10-15, saat anak sekolah (15-20) dan malam hari. Ia bahkan blogwalking di 15-20 blog. Terkadanga juga lebih.
 
Berdua dengan buah hati tercinta
Kedua, menulis postingan. Jika dulu saya menargetkan sehari satu artikel, maka saat ini tidak. Targetnya berganti ada berapa pembaca dan meninggalkan backlink. Ketiga, aktif berkomentar di blog sendiri. Mba Annisa aktif berbalas di blog sendiri. Semakin banyak yang berkomentar. Ia bahkan manargetkan 50 komentar (termausk balasannya) sebelum menulis artikel baru. Keempat, memasang alexa toolbar. Dengan memasang alexa toolbar, ia bisa memantau alexa milik sendiri. Oh ya, mba Annisa juga memberikan cara mudah memasang widget alexa pada blog. Kelima, buka blog. Dengan membula blog sendiri, blog akan terlihats elalu hidup dan ada pengunjungnya. Kelima cara ini telah saya praktekkan sehingga alexa saya selalu di bawah 500 ribu. Padahal dulu, alexa saya bisa sampai berjuta-juta. Tulisan tentang menurunkan alexa rank ini bahkan telah diisi 234 komentar. Ia juga menulis 5 Tips Agar Dilirik Agency Blogger. Blognya tak hanya diisi tips blogging. Tapi juga curahan hati yang ia rasakan dan alami. Termasuk tulisannya berjudul Rezeki dari Allah, Lewat Seorang Teman.

Semua yang dilakukan mba Annisa, tak jauh berkat ketekunan dan kerja kerasnya selama ini. Meksipun tak lulus SMA, ia membuktikan bahwa apa yang dilakukan secara perlahan menuai hasil positif. Ia pernah bekerja di wartel selama tiga bulan sambil bekerja sebagai reporter d infokepanjen.com. Ia telah mengenal blog sejak tahun 2008 namun baru memiliki blog pada tahun2 011. Di tahun yang sama pula, ia menerbitkan AE Publishing. Dengan segala ketebatasannya, ia bahkan mengedit puluhan naskah menggunakan handphone. Kini, AE Publishing telah memiliki lebih dari 200 buku. Tahun 2014, ia serius mengola blog dan melakukan optimasi blog dan mulai membagikan tips blog ala Annisa. Tips yang teryata sangat mudah dipelajari dan berguna. Tawaran demi tawaran kemudian menghampirinya. Mulai dari pelatihan ngeblog hingga cangkruk bersama Kapolda hingga presntasi blogger pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Malang. Kini, ia masih konsisten mengelola lima blog. Suatu kerja keras yang dilakukan oleh Mba Annisa.  

*Tulisan ini diikutsertakan di arisan link Blogger Perempuan







Wulansari Rach Alida Bahaweres

Seorang Ummi, istri, jurnalis dan blogger. Aktif menulis dan memberikan pelatihan menulis. Kontak kerjasama ke @lidbahaweres dan lidbahaweres@yahoo.com. Twitter dan instagram : @lidbahaweres. Terima kasih

30 komentar:

  1. Saya jg penikmat tulisan beliau...keren y mba blio

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa mba. Mantap deh pokoknya. Benar-benar totalitas :)

      Hapus
  2. Tercengang bacanya. Saya kenal Mbak Annisa AE ini lewat penerbitan indie-nya sih.

    BalasHapus
  3. Oke...patut di blogwalking in nih hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. bermanfaat banget kalau BW k blognya mba :)

      Hapus
  4. Pelajaran yg keren sekali untuk saya ttg alexa. Makasih banyak mba udah sharing. :)

    BalasHapus
  5. Suka sama blognya mba Anisa, terutama tentang blogging.
    Btw, kalau BW 15-20 blog, salut deh!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa kita padahal nggak serajin itu ya mba. Hehehe

      Hapus
  6. Salah 1 blogger yang menginspirasiku buat semangat nulis

    BalasHapus
  7. Sebetulnya nama lengkal Annisa ini siapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, nanti harus dijawab, mba Nisa ya mba :)

      Hapus
  8. Wah, inspiratif sekali ya Mba Anisae ini..salut! :)

    BalasHapus
  9. keren mba tipsnyaa makasih yaa udah di tulis di blog :)

    BalasHapus
  10. ish..ish kagum bgt mbak Annisa bisa memenej semuanya dgn baik, pakai HP pula >_<

    BalasHapus
  11. Tips alexanya itu terbukti manjur di blogku mbak, tapi serius deh aku gak bisa setekun mbak Nisa, udah nyerah narget-narget. Emang lah hasil tak akan menghianati usaha..

    BalasHapus
  12. selalu salut dengan mereka yang bisa komit dengan blognya. Aku menikmati blognya Anisa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah mba :)
      Samaa aku jugaa :)

      Hapus
  13. mbak anisa ini keren. Aku sering baca blog nya tapi malah sering lupa ga ninggalin komentar...>,<

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihii moga nggak lupa lagi ya mba :)
      Makaish udah komen di aku mba

      Hapus
  14. Mbak Annisa ini ramah ya dan saling berbagi juga :)

    BalasHapus
  15. waw edit naskah di hape? duuuh saya ngetik aja pake hape pegel..apalagi edit...salut mba Anisa AE

    BalasHapus