Cara Mengatasi Pompa Air

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Cara Mengatasi Pompa Air



Pernah nggak mengalami kejadian pompa air mati ? Saya pernah dan beberapa kali. Kesal? Sudah pasti. Kejadian pertama sebetulnya sudah amat sangat lama yakni sekitar tahun 2011 saat awal pindah rumah. Rumah yang saya tempati sekarang ini adalah rumah second sehingga pemasangan pompa air sesuai dengan keinginan pemilik lama.


Kejadian pompa mati berawal saat lagi asyik-asyiknya anak saya mandi di kamar mandi dalam. “Ummi, kok airnya keluar dikit?,” kata anak saya. Saya awalnya mengira anak saya becanda. Tapi penasaran, saya cek kran air di dapur. Airnya mengalir pelan sekali. 


Duh, kenapa ini! 


Saya mencoba tenang. Saya minta anak saya mempercepat mandi dengan air yang ada. Saya cek ember penampung air di kamar mandi belakang. “Cukuplah untuk sementara,” pikir saya. Tapi saya panik ketika pompa air mati dan air pun tak mengalir. 


Saya menelpon suami dan suami menyarankan beberapa hal yang harus dilakukan pada pompa air. “Bisa jadi stop kontak yang menempel dekat pompa air rusak. Jadi ambil stop kontak panjang dan tancapkan langsung ke stop kontak yang lainnya,” kata suami. Saya langsung ikutin dan alhamdulillah benar. Tak lama kemudian pompa air menyala. Alhamdulillah. 


Kejadian berikutnya, pompa air mati lagi. Waktu itu saya pas di rumah dan asisten rumah tangga saya mengabarkan kalau air mati. Padahal dia sedang asyik-asyiknya mencuci tumpukan piring dan gelas. “Kenapa ya kok air nggak nyala, bu,” katanya. 


Saya dengan percaya dirinya melakukan apa yang disampaikan oleh suami saat kejadian pompa air mati. Tapi apa yang terjadi, gagal total. Air masih tak mengalir. Karen ada kebutuhan air mendesak, saya pun meminta air dari tetangga. Syukurlah punya tetangga baik yang memberikan air buat kami selama pompa air mati yang mengakibatkan air tak mengalir. “Bu, kalau mau mandi bisa di rumah saya saja,” kata tetangga depan rumah. 


Alhamdulillah kalimat yang menyenangkan saya karena diberikan tawaran seperti itu.


Karena sudah beberapa jam air tak mengalir, saya pun memanggil tukang air yang direkomendasikan tetangga. Kebetulan rumah tukang pompa air ini tak jauh dari rumah saya. “Dia udah biasa mengatasi kendala pompa air mati,” kata tetangga saya. 


Agak lama juga saya menunggu tukang pompa air datang. “Maap bu agak telat. Lagi banyak kerjaan,” katanya. Saya pun mengiyakan. Sesuai keahliannya, ia pun memeriksa pompa air saya. “Bu, mesin pompa air ini sudah berapa lama,” katanya. Saya jawab karena kurang tahu karena saya beli rumah ini dalam keadaan pompa air telah terpasang. 




Setelah saya menyampaikan hal itu, dia pun kembali memeriksa pompa air saya. Bak seorang dokter, ia memeriksa dengan teliti pompa air saya. Memang paling benar serahkan suatu permasalahan ke ahlinya. 


Sekian lama berjibaku dengan mesin pompa air, dia pun selesai. “Bu dengar ya ini mesin pompa airnya sudah menyala lagi. Tandanya air sudah proses mengalir. Mungkin air yang keluar hitam, itu wajar. Besok baru benar-benar bersih,” katanya. Saya cek dan benar memang air yang keluar warnanya hitam. 



“Saran saya, ibu beli mesin pompa air baru. Saya tak tahu berapa lama mesin pompa ibu ini akan bertahan karena saya cek komponennya sebaiknya memang diganti,” katanya. 


Dia pun menyebutkan beberapa cara  mengatasi pompa air mati. Pertama, periksa terlebih dahulu kelistrikannya. Sama yang seperti saya alami, dengan memeriksa kelistrikan terlebih dahulu, bisa diketahuin apakah ada masalah atau tidak. Nah kebetulan waktu itu yang saya alami adalah masalah kelistrikan tepatnya masalah di stop kontak. 


Kemudian periksa juga filter di pompa air. Jadi teryata kalau filter bermasalah seperti kotor, maka ini juga yang menyebabkan pompa air mati. Untuk mengatasinya lakukan pemeriksaan di filter dan bersihkan jika filter kotor. Mungkin karena hal sepele misalnya ada kerikil kecil yang masuk tapi teryata malah berdampak dan menjadi salah satu faktor air mati. 


Honda WL30XN hadir dengan desain yang lebih baik dan berkinerja Tinggi, cocok untuk berbagai aplikasi, seperti drainase untuk berbagai situs konstruksi dan irigasi sawah.

Mesin Honda GP160 4-tak yang Menggerakan WL30XN adalah mesin untuk penggunaan beban ringan dan juga memastikan mudah dihidupkan, mudah dalam penggunaan, hemat bahan bakar dan rendah emisi.


- Pompa Air 3 inc untuk Berbagai Kebutuhan
- Mudah Dihidupkan
- Mesin Honda OHV
- Transistorized Magneto Ignation system
- Kapasitas Maksimum Pengairan 1.100L/min
- Desain Full frame
- Irit bahan Bakar
- Garansi 1 Tahun & Bersertifikat SNI


Selain itu, pilihlah pompa air yang berkualitas dan tak perlu diragukan lagi kualitasnya. Pompa air yang direkomendasikan adalah pompa air Honda. Saat mendengar merk Honda, tentunya kita tak perlu ragukan kualitasnya karena telah terbukti yang terbaik. Apalagi untuk pompa air Honda ini memiliki teknologi yang eksklusif, serta dirancang kokoh. Apalagi pompa air Honda ini didukung oleh mesin 4-stroke Honda kelas komersial. 



Nah untuk keperluan rumah, rencananya mau gunakan pompa air  Honda WL30XN yang mudah dihidupkan, hemat bahan bakar, daya tahan lebih lama dan juga memiliki emisi rendah. Selain pompa air, ada juga berbagai produk Honda yang bisa diketahui melalui https://www.hondapowerproducts.co.id/ . 


Posting Komentar