5 Ide Permainan Seru di Rumah

Bermain kartu uno, menyusun puzzle dan masih banyak ide permainan seru di rumah. Apa permainan seru kesukaanmu di rumah ?

5 Ide Permainan Seru di Rumah


Ngapain aja sih di rumah kalau libur sekolah ? Kalau sekedar berleha-leha, lama-lama jadi bosan.  Mau keluar rumah pun terkadang agak malas karena kuatir akan terjebak kemacetan yang tak bisa diprediksi. Satu sisi, saya yakin banyak orangtua yang kebingungan untuk mencari kegiatan ketika anak libur sekolah. 


Soalnya saya pernah merasakan hal demikian. Apalagi anak-anak sudah besar dan saya kuatir mereka akan asyik dengan dunianya sendiri. Makanya, kadang kalau kumpul bersama keluarga ketika libur sekolah, kami pun mencari ide permainan seru di rumah. 


Anak-anak saya kebetulan suka dengan aneka permainan. Saat anak bungsu saya berulangtahun, kedua kakaknya memberikan hadiah permainan yang bisa dimainkan kami berlima. Hadiah permainan namanya splendor board game. Permainan ini dimainkan untuk anak-anak yang berusia di atas 13 tahun. Permainan seru ini membutuhkan taktik tertentu untuk menjadi pemenang. Pemenang permainan splendor boar game ini adalah pemain yang memiliki nilai yang terbanyak. 


Sumber : pixabay.com


Permainan seru splendor board game ini membutuhkan waktu hampir satu jam untuk dimainkan lima orang. Maksimal jumlah pemain memang lima pemain dan tentunya semakin banyak ya semakin seru. Urutan bermain juga menentukan taktik yang digunakan untuk dapat menjadi pemenang. Kalau teman-teman mau membeli splendor board game untuk dijadikan permainan seru di rumah, bisa membelinya di toko online dengan harga sekitar Rp 300 ribuan. 


Selain spendor board game, tentunya ada berbagai permainan seru yang bisa dimainkan di rumah bersama keluarga. Apa saja permainan serunya ? 


Kartu Uno 

Sesuai namanya, permainan ini adalah permainan kartu. Permainan seru ini bisa dimainkan lebih dari lima orang.  Bahkan bisa dimainkan hingga sepuluh orang loh! Anak-anak usia sekolah dasar pun kerap menjadikan permainan ini sebagai permainan seru yang dapat dimainkan di rumah. Biasanya pemain yang kalah bertugas untuk merapikan kartu-kartu dan membagikan ke pemain untuk memainkan permainan baru.


Tebak Gaya 

Seru banget kalau bermain tebak gaya bersama keluarga di rumah. Apalagi kalau peserta tidak bisa membuat gerakan seperti yang ditentukan sehingga membuat pemain lain tak bisa menebak. Cara bermain tebak gaya ini bisa dilakukan dengan membagi dua tim. Masing-masing tim harus dapat menebak dengan benar gaya yang ditampilkan anggota timnya. Semakin banyak yang menebak dengan benar tentunya, tim itulah yang menjadi pemenang. Misalnya kalau ingin menebak kata tenggelam, tentunya pemain harus memperagakkan gaya seolah-olah sedang tenggelam.  Saran saya, pilihlah peserta yang dapat mempraktekkan dengan benar apa yang harus ditebak. 


Tebak Judul Lagu 

Bagi teman-teman yang anggota keluarganya suka nyanyi atau hobi karaokean, tebak judul lagu ini adalah pilihan yang tebak. Cara bermainnya pun mudah. Kelompok bermain bisa dibagi menjadi dua tim. Misalnya kelompok anak dan mama melawan kelompok papa dan anak. Nantinya salah satu anggota tim harus bernyanyi dan anggota tim lainnya harus bisa menebak dengan benar judul lagu yang dimaksud. Saran saya, tentukan terlebih dahulu jenis musik, Apakah lagu bahasa Indonesia atau lagu bahasa asing, hingga lagu keluaran tahun berapa. Misalnya jika sesi pertama menebak judul lagu tahun 1990-an, sesi keduanya menebak lagu bahasa asing. Seru banget kan ? 


Menyusun Puzzle 

Permain seru lainnya yang bisa dimaikan di rumah bersama keluarga adalah menyusun puzzle. Menyusun puzzle ini beneran seru apalagi kalau ada perlombaan cepat-cepetan. Ya, siapa yang paling cepat menyusun puzzle tentunya dialah pemenangnya. Tapi saran saya beli puzzle yang terlalu kecil banget karena kalau tak terbiasa butuh waktu lama untuk menyusunnya. Saya pernah beli puzzle dengan 1000 kepingan, hasilnya sampai sekarang belum tersusun dengan baik puzzle karena terlalu susah. 


Sumber : pixabay.com


Main Game Solitaire 

Generasi tahun 1990-an pasti familiar dengan permainan solitaire. Penemu game ini adalah Wes Cherry yang magang di Microsoft pada tahun 1988.  Dulu seingat saya permainan ini ada di komputer dan bisa dimainkan seorang diri. Pulang sekolah pun kalau lagi iseng ingin main, solitaire ini adalah pilihan. Kalau baca di website Solitaire. Sekarang, permainan solitaire ini bisa dimainkan secara lebih seru secara online.  Di website ini ada berbagai permainan seperti Solitaire, Freecell, Klondike, Ace of Hearts, Card dan masih banyak aneka permainan yang bisa dipilih. 


Bermain di Solitaire.org ini membuat kita lebih mengasah ketelitian, strategi dan juga mengasah otak. Tak perlu kuatir memori di handphone habis atau handphone error karena tak perlu instal aplikasi untuk bermain Solitaire.org. Bermain di Solitaire ini juga bisa di layar handphone atau di komputer. 


Nah tentunya masih banyak permainan seru yang bisa dimainkan di rumah bersama keluarga kala libur sekolah. Apa permainan seru lainnya yang teman mainkan saat kumpul bersama keluarga di rumah ? 

2 komentar

Avatar
Herva Yulyanti 24/05/23, 15.22

Solitaire ini aku udah cek webnya ummi ga cuma kartu aja ya banyak games-nya..paling suka yg finding word lumayan hrs jeli hahaha

Reply Delete
Avatar
Dita Indrihapsari 01/06/23, 09.16

Anak-anak di rumah juga suka main UNO mba Al.. Seru main sekeluarga.. 😁 Wah, iya dulu aku juga suka main solitaire.. Di webnya ada banyak games online ya.. Bisa banget nih buat ide ngisi waktu anak-anak sebentar lagi liburan panjang..

Reply Delete