Pengalaman Seharian Berburu Kuliner di Bogor

Di Bogor, ada banyak pilihan kuliner yang bisa jadi pilihan. Mulai dari laksa, sate sumsum, roti unyil dan lainnya. Seharian di Bogor?

Pengalaman Seharian Berburu Kuliner di Bogor


Liburan sekolah anak kemana saja ? Rencana awal ingin ke Yogyakarta bersama anak, kemudian beralih seharian berburu kuliner di Bogor. Semuanya serba mendadak juga. Jadi saya ngobrol ke teman-teman blogger Depok kalau mau berburu kuliner di Bogor, sekalian ngajakin kalau ada yang mau barengan. Alhamdulilah selain saya dan anak saya, Ayyas, ada Mba-mba Eni Martini, Dian I dan Ade Ufi. Mba Nurul Sufitri berburu kuliner Bogor juga loh. 

Awalnya janjian di stasiun Depok, kemudian beralih janjian di stasiun Bogor pukul 09.00 WIB. Saya berangkat bersama Ayyas pukul 08.00 WIb dari stasiun Pondok Cina. Kami janjian di dekat pintu keluar stasiun Bogor.



Sebelumnya, sudah ada beberapa rute yang ingin dikunjungi yakni :

  • Kedai Teh Jaya Abadi
  • Sate Sumsum Pak Oo
  • Lumpia Basah
  • Martabak Legend

Empat rute kuliner ini terkesan sederhana dan kami pun janjian pulang pukul 14.00 WIB sudah tiba di stasiun Bogor. Tapi bagaimana kenyataannya? Apakah sesuai dengan rute seharian berburu kuliner di Bogor? Apa saja makanan yang dimakan selama berburu kuliner di Bogor ? Berapa biayanya dan beli oleh-oleh apa saja ? Baca ya ulasan lengkap saya untuk tahu pengalaman berburu kuliner di Bogor.

Saat tiba di Stasiun Bogor, Ayyas sarapan roti dulu di Roti O. Sekalian janjian dengan teman-teman. Satu roti harganya Rp 12 ribu. Lumayan ya buat mengganjal perut. Tapi, ini belum termasuk rute pertama ya.

Rute pertama adalah Kedai Teh Jaya Abadi yang terletak di Jalan Merdeka No 30, Bogor. Lokasinya sekitar satu kilometer lebih dari stasiun Bogor. Dari stasiun Bogor keluar ke arah kiri, lewatin jembatan merah dan tak lama tiba di Kedai Teh ini. Kedai Teh jaya Abadi ini tak terlalu besar tempatnya. Terkesan agak kecil malah. Tapi nyaman dan bikin betah. Tempatnya penuh dengan interiror khas jadul seperti televisi lama, iklan jadul dan lain-lain. Saya minum es teh kampul, Ayyas minum es teh susu. Harga makanan dan minumannya juga terjangkau yakni kisaran Rp 3000 – Rp 15.000 saja. Murah banget kan.


BERBURU KULIner bogor


Dari Kedai Teh Jaya Abadi, kami naik mobil online ke kawasan Jalan Suryakencana. Jalan ini adalah tujuan utama kami berburu kuliner. Perjalanan sekitar 15 menit dan biayanya seingat saya sekitar Rp 35 ribu.

Rute kedua adalah Laksa Gang Aut Mang Wahyu. Dari perempatan Jalan Suryakencana, kami berhenti naik mobil online kemudian lanjut jalan kaki. Warungnya sederhana. Awalnya saya sempat ragu apa benar ini Laksa Gang Aut Mang Wahyu, teryata benar. Satu porsi harganya Rp 20 ribu. Awalnya saya pesan mau seporsi berdua saja sama Ayyas. Tapi teryata ada beberapa kelebihan porsi sehingga saya makan seporsi, walau kasih sedikit juga ke Mba Dian. Hehehe. Kuahnya kental karena adanya serundeng, ada lontong dan juga potongan telur. Sambalnya nggak begitu pedas. Lumayanlah menurut saya.

Jalan dikit, tepatnya di perempatan, ada manisan pala. Manisan pala seporsi Rp 10 ribu. Saya beli tanpa es dan kuahnya karena mau makan di rumah. Irisan palanya tipis-tipis. Beli ini karena direkomendasiin Mba Eni kalau manisan pala ini enak.


Sepanjang jalan Suryakencana, ada banyak pilihan makanan yang menarik untuk dicicipi. Beneran banyak sampai bingung mau beli apa. Apalagi buat saya yang senang beli makanan buat dijadiin oleh-oleh di rumah. Pas jalan dan nemu manisan pala, saya beli. Manisan pala ini sudah dikemas plastik kecil harganya Rp 5000.

Kemudian kami memutuskan untuk ngadem di kedai es krim Mixue yang letaknya di depan penjual manisan pala. Ini pertama kali saya dan Ayyas makan es krim Mixue. Harganya Rp 8000- Rp 16000. Ukurannya besar tapi menurut saya terlalu manis. Untungnya di kedai es krim ini nyaman dan saya bisa shalat dzuhur disini walaupun nggak ada tempat shalat khusus.

Mencicipi Es Krim dan Beli Oleh-oleh Khas Bogor

Setengah jam di kedai es krim Mixue, kami lanjutkan jalan kaki dengan rute berikutnya ke Sate Sapi Pak OO khas Bogor. Kabarnya, satenya enak dan jadi salah satu kuliner legendaris di Bogor. Jalan kaki bentar, kami nemu combro sebiji Rp 3000. Saya beli lima untuk bawa pulang.  Kemudian lanjut jalan kaki ke Sate Sapi Pak OO untuk mencoba sate sumsum. Tapi sayangnya sate sumsum yang menjadi andalan tempat makan ini, tak ada. “Kemarin ada. Hari ini tak ada sate sumsum,” kata bapak penjual. Ia menyarankan untuk telepon dulu ke 0895410647637 untuk tahu apakah ada sate sumsum atau tidak.

Karena batal mendapatkan sate sumsum, kami nggak jadi makan disana. “Gimakan kalau cari dimsum atau batagor atau siomay,” kata Mba Nurul dan Mba Ade. Teman yang lain setuju. Saya ikut aja. Dan pas jalan, nemu es bir kotjok. Minuman ini pernah saya minum sekali. Bahan-bahannya dari jahe, kayu manis dan gula aren. Minumannya dikocok dengan es batu di tempat berbahan almunium sehingga agak berbusa. Rasanya, cenderung manis menurut saya dan lebih terasa kayu manis. Es bir kotjok ini sudah ada sejak 1965 dan ada di beberapa tempat di Jalan Surya kencana.

Perjalanan mencari siomay kemudian berakhir dengan menemukan gang di Jalan SUryakencana yang menjual beragam kuliner. Mba Ade, Mba Nurul dan Mba Dian serta Mba Eni makan siomay. Saya dan Ayyas pesan lumpia basah satu makan untuk berdua. Seporsi Rp 10 ribu.

Selepas itu, saya pesan Kikil Baso Pak Jaka. Gerobaknya di pinggiran Jalan Suryakencana. Saya tertarik karena suka kikil dan bakso tapi belum pernah makan kikil bakso. Harga seporsi Rp 30 ribu dan bisa milih mau pakai bihun atau kwetai. Saya pilih pakai bihun saja.

Kemudian kami pulang naik angkot dari Jalan Suryakencana ke stasiun Bogor menggunakan angkot 02. Biaya per orang Rp 5000 dengan jarak tempuh sekitar 15 menit. Sampai di stasiun Bogor, sempat berfoto di depan tulisan Alun-Alun Bogor yang dulunya adalah Taman Topi.

Kami kemudian jalan kaki dan beli roti unyil di luar stasiun Bogor. Satu box ada yang isi 10 harganya Rp 21 ribu. Lanjut jalan kaki dan beli lagi bolu Siliwangi seharga Rp 35 ribu. Saya beli dua untuk sahabat saya.

Masuk stasiun Bogor, saya masih beli Kopi Susu Keluarga dan Chocolate Mint dan salad di FamilyMart. Pulangnya baru sadar kalau tentengan saya kecil-kecil tapi banyak juga. Hehehe. Sekitar puku; 15.00 WIB naik commuterline untuk kembali ke stasoin Pondok Cina dan lanjut naik motor ke rumah.

Ingin tahu lebih detail tentang menu makanan selama jalan-jalan ke Bogor? Detail tulisannya di postingan Mba Eni Martini tentang Laksa Bogor.  

 

 

 

 

 

 

17 komentar

Avatar
fanny_dcatqueen 27/12/22, 12.13

Aku ga akan pernah bosen kuliner di Bogor. Surga kuliner banget 🤣🤣. Pernah cobain seharian wiskul di sana dari pagi ampe malam mba, ttp aja bingung saking banyaknya.

Laksa Bogor aku blm cobain tuh. Kayaknya berat juga Yaa, tapi penasaran aku suka laksa soalnya. Dr penampakan kayak laksa Singapura bentuknya

Apalagi skr di Bogor banyak bgt tempat makan baru mba. Makin mikir, kayaknya kalo kesana butuh 2-3 hari biar puas 😄

Reply Delete
Avatar
winda - dajourneys.com 30/12/22, 12.42

aku pernah sekali ke bogor mba, dan aku suka sama asinan bogor yang kuahnya kacang mirip rujak itu, enaaak banget, sampe sekarang masih ingat rasanya heheee

Reply Delete
Avatar
Eni Martini 30/12/22, 19.16

Kapan kita jalan cari kulineran lagi nih, kesannya seru ya kalau ramai-ramai

Reply Delete
Avatar
Jiah Al Jafara 30/12/22, 20.03

Beneran seharian makan-makan ya ini. Catet deh siapa tahu bisa ke Bogor. Alhamdulillah lagi gak hujan ya pas Mbak pergi. Jadi aman dan menikmati perjalannya

Reply Delete
Avatar
Yuniari Nukti 30/12/22, 23.05

Kapan-kapan kalau ke Bogor harus mampir ke Kedai Teh Jaya Abadi pingin merasakan sensasi jadulnya. Bogor selalu menyenangkan. Kalau ke sana setiap keluar dari stasiun bawaannya beli semua jajanannya.

Reply Delete
Avatar
Diah Alsa 31/12/22, 09.29

serunya kuliner seharian bareng sahabat blogger yang sehari-harinya ketemu di dunia maya sekarang seharian bisa jalan bareng, puas-puasin berburu kuliner yang murah meriah kenyang ya Mbak :)

Reply Delete
Avatar
lendyagassi 31/12/22, 10.55

Ya Allah..
Seru banget explore kuliner Bogor. Tapi memang kalau liburan tuh kudu banyak yang disiapin, gak hanya plan A tapi juga plan B, C, dan seterusnya. Karena ada banyak faktor termasuk cuaca. Lagi sering hujan dan mungkin jadi gak bisa semua rencana terpenuhi ya...

Dari kuliner sampai silaturahm ini perjalanan penuh makna banget..

Reply Delete
Avatar
Novitania 31/12/22, 11.03

Kemarin liat postingan IG nya mba Alida dkk mendadak kepengen deh. Street food begini pasti selain nikmat harga juga terjangkau ya. Kalo Bogor yg udah aku cobain baru roti Unyil doang huhuhu. Selebihnya belum coba, mudah mudahan nanti pas ke Bogor bisa icip rekomendasi kuliner ini 🤩🤩

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti 31/12/22, 12.00

Waahh dapet banyak jajanan ya mba. Seru juga nih janjian rame2 gini dengan teman blogger lainnya. Mau cobain juga ah siapa tau yang lokasi area Semarang mau diajakin maraton kulineran kayak gini.

Reply Delete
Avatar
April Hamsa 31/12/22, 12.49

Ooo kedai tehnya ke arah jembatan merah yaaa, pantes gak pernah nemu. Selama ini keluar stasiun selalu ke kanan. Moga kapan2 bisa deh kalau ke Bogor mampir ke sana juga.
Kangen banget jalan2 ke kota Bogor.

Reply Delete
Avatar
Nabilla DP 31/12/22, 13.06

enak emang yaa mba kalau berburu kuliner di kota tetangga, kadang ada aja yang nggak kita tau dan muncul beberapa kuliner baru yang patut dicoba.

Reply Delete
Avatar
Monica Anggen 31/12/22, 14.28

Kalo jalan-jalan ke Bogor, wajib banget emang kulineran. Ada banyak tempat kuliner yang enak-enak memang. Roti Unyil sama Es Bir Kotjok tu wajib banget. Kalo yang sapi-sapian aku kurang suka sih, lebih seneng jajan yang ringan-ringan aja

Reply Delete
Avatar
Fenni Bungsu 31/12/22, 15.20

Daku pikir minuman tradisional bir, ya bis pletok. Ternyata ada juga biar kotjok. Kalau baca bahannya menyegarkan juga ya mbak. Jadi mau coba juga

Reply Delete
Avatar
Nunu Halimi 31/12/22, 18.58

Bogor emang nggak abis-abis ya buat dijelajahi, nggak cukup sehari kulineran, setahun juga kurang deh kayaknya. Agendain lagi ya Mbak jalan-jalannya, semoga next time bisa ikutan

Reply Delete
Avatar
susie ncuss 31/12/22, 21.05

Aku udah bolak-balik ke bogor, tapi kuliner yg mbak kunjungi belum pernah aku denger malah...
Makasih infonya mbk.. bakalan jadi wish lists kulinerku

Reply Delete
Avatar
Dian farida ismyama 05/01/23, 23.35

Wah udah nulis aja. Seru euy ke Bogor kulineran. Aku masih penasaran martabak dan sate sumsumnya. Mau cek ke sana lagi. Hehe

Reply Delete
Avatar
Nyi Penengah 08/01/23, 17.43

MasyaAllah happy banget kak, ya kulineran ya silaturahmian ya.
aku ke Bogor sekali aja, itupun pas ada acara dari bekraft
kapan2 semoga bisa mampir ke sini

Reply Delete