Optimisme Membuat Terang di Tahun Menantang

Tahun depan, tantangan apa yang akan dihadapi?

Optimisme Membuat Terang di Tahun Menantang


Hanya dalam hitungan hari, tahun 2023 akan segera tiba. Tahun penuh optimisme. Tahun penuh harapan agar semuanya menjadi semakin baik dari waktu ke waktu. Lebih dar tiga tahun lalu, kita disadarkan pada satu hal, bahwa sesuatu bisa terjadi tanpa diduga. Sesuatu yang datang kemudian mengubah banyak hal. 


Saya sendiri merasakan perubahan ketika terjadi masa-masa pandemi di tahun 2020. Kala itu, pekerjaan yang dilakukan secara offline akhirnya di uji coba dilakukan secara online. Tapi di divisi saya, bekerja online alias work from home tak sepenuhnya efektif. Jadi ketika banyak yang melakukan work from home, divisi saya masih lebih banyak melakukan pekerjaan work from office.  


Tahun berganti, pandemi belum juga berakhir. Penyesuaian demi penyesuaian pun dilakukan. Di era tahun 2021 dan 2022 ini, mau tak mau harus hidup di keadaan yang belum sepenuhnya normal. 







Aturan penggunaan masker masih diterapkan, menjaga jarak wajib dilakukan untuk benar-benar memutus mara rantai pandemi. Di tahun ini pula, saya bersyukur Allah ijinkan bisa menunaikan rukun Islam yang kelima bersama suami setelah tertunda selama dua tahun. 


Alhamdulillah …


Tahun depan, saya optimis segalanya akan menjadi semakin lebih baik. Saya percaya bahwa semuanya akan semakin terang di tahun yang mungkin penuh tantangan. Tantangan ini bisa datang dari berbagai hal. Misalnya untuk pekerjaan kantor, tantangan yang dihadapi bisa jadi semakin berlomba-lomba mendapat informasi yang lebih cepat, akurat dan juga benar. Dengan kemajuan teknologi seperti sekarang, untuk kecepatan menjadi keniscayaan. Namun di satu sisi, kecepatan juga belum berarti informasi yang diperoleh benar sehingga harus tetap dilakukan pengecekan. 


Tantangan lain adalah menantang diri untuk lebih memaksimalkan melakukan gaya hidup sehat. Saya harus lebih banyak mengatur pola hidup seperti harus lebih banyak makan sayur-sayuran, perbanyak olahraga dan juga mengurangi begadang. Sebetulnya saya jarang begadang walau kadang saat libur kerja, kadang kebablasan untuk begadang. Saya juga menantang diri untuk lebih menjaga berat badan ideal. 


Sedikit cerita, sepulang dari tanah suci berat badan saya naik lebih dari empat kilogram. Hingga kini saya berusaha untuk mencapai berat badan ideal supaya badan terasa lebih sehat, nyaman dan tak menganggu aktifitas. 


Tantangan untuk bisa mencapai kebebasan finansial mungkin tak mudah saya peroleh. Tapi keinginan untuk pensiun dini saya berharap insyaAllah akan tercapai. Ya, saya harus menyiapkan dana pensiun sedari dini. Harapan saya, saya bisa lebih memaksimalkan usia tua saya dengan fokus pada kumpul bersama keluarga dan fokus melaksanakan ibadah. Tentu saja hal ini bisa tercapai apabila saya mampu mengumpulkan pendapatan untuk ditabung agar dapat digunakan sebagai bekal pensiun dini. Kalaupun nanti saya tetap beraktifitas, semua lebih banyak dilakukan dalam keadaan sehat di rumah bersama keluarga. 


Saya juga tertantang untuk bisa menyiapkan dana pendidikan untuk anak. Bersama suami, kami telah menyiapkan dana pendidikan anak bungsu sejak dini. Dana pendidikan ini telah mulai sejak dia masih kecil dengan harapan kelak dapat digunakan untuk dia bisa kuliah. Apalagi, biaya pendidikan semakin naik sehingga perlu diantisipasi sejak dini. 


Tantangan demi tantangan ini yang saya harapkan bisa dilalui. Kalaupun ada rintangan, tak menjadi penghambat untuk mencapai keinginan. 


Kompas100 CEO Forum Membuat Terang di Tahun Menantang

Saya yakin di tahun mendatang, bangsa juga akan semakin maju. Ada optimisme yang muncul melihat perkembangan dari waktu ke waktu. Saat saya membaca informasi tentang Kompas100 CEO Forum, saya semakin sadar potensi yang dimiliki oleh Indonesia menjadikan Indonesia mampu untuk maju dan berkembang dari waktu ke waktu. 


Dalam pidato yang disampaikan Presiden Republik Indonesia, ada empat optimisme untuk menghadapi tahun 2023. Pertama, Indonesia kaya sumber daya alam. Kedua, Indonesia memiliki sumber daya manusia yang besar. Ketiga, ada pasar yang besar termasuk pasar ASEAN dengan akumulasi penduduk sekitar 600 juta jiwa. Keempat, Indonesia terletak di jalur perdagangan yang sibuk. 


Hadir pada Kompas 100 CEO Forum adalah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrwati, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, CEO Kompas Gramedia Lilik Oetama. 





Kompas 100 CEO Forum ini adalah forum diskusi CEO yang diselenggarakan Harian Kompas ini menghadirkan dari berbagai perusahaan yang bergabung dalam Indeks Kompas100. Forum yang diselenggarakan sejak tahun 2008 ini melibatkan para pimpinan perusahaan.  


Kegiatan Kompas100 CEO Forum ini juga dihadiri oleh Presiden Direktur JNE, Bapak M Feriadi Soeprapto. Kehadiran Presiden JNE ini menandakan eksistensi dan juga komitmen JNE untuk bersama-sama membangun bangsa menjadi semakin lebih baik dari waktu. 


Selama 32 tahun JNE hadir di tengah masyarakat, JNE telah membuktikan dirinya sebagai perusahaan yang memperhatikan UMKM yang merupakan salah satu motor penggerak perekonomian bangsa. 





Komitmen JNE sebagai perusahaan ekspress dan logistik ini diwujudkan dalam berbagai langkah bisnis yang menjadi peluang bagi masyarakat. Apa yang dilakukan ini juga sesuai dengan tagline JNE yakni ‘Connecting Happiness”. 


Namun saya yakin JNE mampu menjawab tantangan demi tantangan yang mungkin hadir dalam pengembangan bisnisnya. Namun dengan kemampuannya selama ini, tentunya JNE dapat memberikan yang terbaik untuk bangsa. Mau tahu informasi lebihnya ? Baca di https://jnewsonline.com/ 


Siapkan membuat terang di tahun penuh tantangan mendatang ? 

21 komentar

Avatar
Herva Yulyanti 12/12/22, 09.27

Ummi senangnya bisa naik 4 kilo sepulangnya Haji alhamdulilah semoga senantiasa sehat selalu apalagi menyambut tahun depan ya ummi

Reply Delete
Avatar
Farida Pane 12/12/22, 13.18

Mantap nih para CEO. Kalau sebanyak ini CEO keren yang optimis, masa iya sih roda perekonomian tahun depan tetep macet?

Reply Delete
Avatar
Ida Raihan 12/12/22, 20.10

Rasanya belum puas atas pencapaian 2022, belum kelar PR yang kudu dikerjakan, eh sudah mau berganti tahun aja. Secepat itu.

Semangat Mbak, semoga ke dwpannya semua keinginan tercapai dengan penuh bahagia.

Reply Delete
Avatar
Bibi Titi Teliti 12/12/22, 20.54

Semoga kita bisa semakin optimis dalam menyambut tahun 2023 yaaaah
Cita2ku banget tuh bisa merdeka financial dan sama2 lagi ngumpulin dana pendidikan juga buat anak. Semangat terus yaaah!

Reply Delete
Avatar
Nurul Sufitri 13/12/22, 09.49

Hebat sekali Pak Feri Presiden Direktur JNE yang masuk dalam KOmpas 100 CEO Forum dan turut hadir di Istana Negara. Semoga di tahun 2023 kita semakin maju melangkah penuh optimisme tinggi aamiin. Mudah-mudahan kinerja JNE semakin maku terutama dalam mensejahterakan UMKM dan program2nya berkesinambungan.

Reply Delete
Avatar
Istiana Sutanti 14/12/22, 04.10

4 faktor yang membuat Indonesia optimis ituu memang tidak diragukan lagi ya. semoga semua warganya pun bisa optimis dalam menggapai masa depan bersama :D

Reply Delete
Avatar
Lintang 14/12/22, 09.44

Yap. Meskipun gebcar isu resesi taun depan, semoga semakin terlecut optimisme menyambut taun depan dengan bahagia. Selalu dapet insight nih dari program dan inovasi JNE yang menginspirasi.

Reply Delete
Avatar
Nurul bukanbocahbiasa 14/12/22, 16.55

Apapun itu, Bismillah 😍 tetap semangat utk menyambut masa depan ya mbaa.

Banyak yg bilang resesi dll...tapi insyaAllah...
All is well 😍

Reply Delete
Avatar
Dennise Sihombing 14/12/22, 19.11

Kalau tahun depan Indonesia ada diprediksikan mengalami resesi, setelah baca ulasan kak Al aku jadi semangat deh. Apalagi negara kita kaya akan sumber daya alam, manusianya dan terpenting memang optisnya ya

Reply Delete
Avatar
Andiyani Achmad 14/12/22, 19.29

100 CEO ngumpul di istana melakukan diskusi terkait tahun depan yang katanya akan resesi satu dunia, semoga di Indonesia mah aman-aman aja ya, aamiin

Reply Delete
Avatar
Hidayah Sulistyowati 14/12/22, 19.31

Kebalikan dengan aku, sepulang haji BB ku turun gara-gara di sana banyak jalan. Meski ada bus shalawat tapi kadang aku suka jalan karena jaraknya ke masjid 1,5 km.

Kalo 100 CEO ngumpul pasti ada banyak hal keren yang dibagikan ya. JNE sering dapat penghargaan, termasuk Pak Feriadi yang sering diundang jadi narasumber

Reply Delete
Avatar
Rina s 14/12/22, 19.34

Setuju mba harus diawali dengan optimis, walaupun kabarnya tahun depan resesi, insyallah bisa survive ya

Reply Delete
Avatar
Eri Udiyawati 14/12/22, 19.42

Tantangan tahun 2023 memang banyao, tapi kita harus optimis bahwa kita bisa menghadapinya. Seperti halnya JNE yang terus semangat memberikan layanan terbaik, dan Presiden Direktur JNE hadir dalam Kompas 100 CEO. Mantap, dan keren banget.

Reply Delete
Avatar
Dian Restu Agustina 14/12/22, 20.33

Semoga sehat selalu,Mba Alida, segera balik ideal berat badannya, lancar karir dan terwujud doa dan harapan di tahun 2023. Tahun yang menantang semoga kita bisa menjalaninya dengan lancar seperti halnya optimisme dari para CEO yang hadir di Forum ini

Reply Delete
Avatar
Gusti yeni 14/12/22, 21.06

Semangat maak semoga menutup tahun 2022 dengan semangat baruu, cita cita baruuu.

Reply Delete
Avatar
Dee_Arif 14/12/22, 21.19

Wah sebentar lagi sudah ganti tahun ya
Agak deg deg an, karenà banyak yang bilang kalau tahun depan adalah tahun yang berat
Ah, semoga kita semua dimudahkan dalam menjalani hari-hari ke deoan ya mbak

Reply Delete
Avatar
Jiah Al Jafara 14/12/22, 22.32

Sebenarnya agak deg-degan karena kabar resesi di tahun depan, tapi mau berpikir positif dan optimis saja sih. Kita bisa melewati semua. Btw, Kompas 100 CEO Forum, ramai bener yaaa

Reply Delete
Avatar
lendyagassi 14/12/22, 23.56

Selamat untuk JNE.
Semakin banyak kiprahnya dan semakin hebat dalam setiap capaiannya.

Semoga di tahun 2023, kita semua bisa semakin optimis dalam mewujudkan semua mimpi dan doa kebaikan yang diucapkan.

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti 15/12/22, 08.14

Semoga para pemangku kebijakan dan pelaksana usaha bisa memberikan semangat dan support kepada seluruh lapisan masyarakat, agar ketakutan pada prediksi resesi 2023 bisa diatasi. Takut juga ya kadang-kadang kalau baca prediksi ekonomi yang sering disampaikan itu.

Reply Delete
Avatar
Nia K. Haryanto 18/12/22, 09.50

Tahun 2023 memang diprediksikan bakalan lebih susah dari tahun ini ya. Ya gimana, imbas pandemi pastinya gak akan bisa cepat pulih. Tapi setuju deh dengan apa yang digaungkan di forum tersebut. Kita harus optimis. Jika usaha maksimal, apalagi dengan percaya sama yang di atas, kita pasti bisa. Salut deh buat JNE yang bisa hadir di forum tersebut. Tapi memang JNE ini memang sudah jadi perusahaan yang melibatkan masyarakat ya. Jadinya sudah tepat ada di forum tersebut. Semoga JNE bisa menyemangati kita semua untuk optimis menghadapi tahun depan.

Reply Delete
Avatar
Ima Satrianto | www.tamasyaku.com 19/12/22, 17.52

Semoga kiprah JNE dalam mendukung umkm secara bisnis online semakin membuat optimis dan semangat teman2 umkm, aamiin.

Reply Delete