Liburan Cara Aku ala Pekerja Kantoran

Pekerja kantoran punya waktu untuk liburan. Tapi bagaimana mengatur jadwalnya ?

Liburan Cara Aku ala Pekerja Kantoran


Saya dan suami, sama-sama pekerja kantor. Tapi walaupun sama-sama pekerja kantor, jadwal kerja kami tak sama. Pun begitu jadwal libur kami yang berbeda. Ketika suami kerja, terkadang saya libur. Takkala suami libur, terkadang saya kerja. Jadi untuk menentukan waktu liburan, harus benar-benar direncakan dengan matang dan jauh-jauh hari. 


Ada saat-saat ketika saya bisa libur, tapi suami tak bisa mengajukan cuti karena kesibukannya di kantor. Ataupun sebaliknya. Ketika suami bisa libur, saya tak bisa liburan bersama. Belum lagi harus menyesuaikan waktu dengan jadwal harian anak-anak. Pernah saya hanya liburan berdua dengan anak. Pernah juga saya dan suami liburan hanya dengan dua anak. Ketika anak masih kecil, jadwal kegiatannya belum sepadat sekarang. Sehingga mau tak mau harus lebih berkompromi dengan kegiatan anak-anak. 


liburan cara aku



“Umi kenapa sih Umi nggak libur saat weekend atau tanggal merah kayak bapak?,’ kata anak saya dengan nada protes. Ya, walaupun tercatat sebagai pekerja kantor, jadwal kerja saya memang tak menentu. Seperti yang saya ulas di atas, jadwal kerja dan libur saya berbeda dengan jadwal pekerja kantor pada umumnya. 


Maklumlah. Bekerja di perusahaan media berarti harus menyesuaikan dengan iklim pekerja media yang bisa dikatakan standby 24 jam. Dan selama hampir dua dekade bekerja di perusahaan media, walaupun keluarga kadang protes jadwal libur saya, tapi sebetulnya mereka menerima. Ya, karena ini kenyataannya. 


Sebagai pekerja kantoran yang jam kerja tak pada umumnya, saya berusaha untuk menyiapkan strategi agar bisa tetap menikmati liburan. Apa saja yang saya lakukan agar bisa tetap liburan ? Pertama, tentukan liburan mau kemana. Apakah di dalam kota atau di luar kota. Karena ini akan menentukan rencana liburan secara keseluruhan. Kalau memilih liburan dalam kota tentunya waktunya lebih pendek dan juga biaya yang dibutuhkan tak terlalu banyak. Berbeda jika ingin liburan di luar kota.


Kedua, menentukan kapan mau liburan. Misalnya apakan sebulan kemudian atau dua pekan lagi. Kalau menentukan jadwal liburan bulan depan tentunya masih ada waktu lebih untuk persiapan. Selain itu juga menentukan berapa lama akan liburan. Saya kalau liburan sebetulnya tidak pernah lama. Maksimal tiga hari. 


Takkala pentingnya adalah menyiapkan anggaran untuk liburan. Setidaknya ada dana lebih yang dialokasi untuk liburan sehingga jangan sampai pulang liburan malah kehabisan uang. Anggaran ini harus ada untuk akomodasi, hingga sekedar oleh-oleh makanan khas di tempat liburan. Jangan lupa sediakan juga uang tunai karena tak semua tempat wisata memiliki akses mudah ke ATM (Anjungan Tunai Mandiri). 


Melibatkan keluarga untuk rencana liburan ini juga penting. Misalnya saat hendak liburan bersama keluarga, saya ajak obrol misalnya mau kemana saja jika berkunjung ke suatu tempat. Atau saya sampaikan rencana detail liburannya sehingga anak-anak punya gambaran nanti akan liburan di tempat seperti apa. 


Karena sudah lama sekali saya ingin berlibur, maka saya pun merencanakan jadwal liburan ala saya sebagai pekerja kantoran.

Rencana Liburan di Yogyakarta 

Yap, saya ingin sekali berlibur ke Yogyakarta, Jawa Tengah. Padahal sudah lebih dari lima kali saya ke Yogyakarta. Entah karena urusan kerjaan, organisasi atau sekedar berlibur. Yogyakarta seolah memanggil untuk terus dikunjungi. Atau hanya perasaan saya saja yang ingin selalu ke Yogyakarta. 


Namun yang pasti, Yogyakarta emang ngangenin! Setuju kan ? 


Rencananya, saya akan berlibur ke Yogyakarta selama tiga hari dua malam yakni pada Jumat hingga Ahad. Kepergian kami ke Yogyakarta inginnya menggunakan kereta saja karena lebih nyaman dan tak ingin terlalu terburu-buru. Dan sudah lama juga tak menggunakan transportasi kereta api untuk perjalanan ke luar kota.  


Menginap dimana ? Tak perlu kuatir mau menginap di mana selama di Yogyakarta. Kenapa? Karena Yogyakarta menyediakan banyak penginapa hingga hotel yang bervariasi mulai dari segi pelayanan hingga fasilitas yang disediakan. 


Namun yang pasti, inginnya saya menginap di kawasan Jalan Malioboro saja sehingga memudahkan akses untuk kemanapun. Kawasan ini selain melegenda juga amat sangat strategis. Dan di Malioboro juga menyediakan beragam penginapan. Saya pernah sekali menginap di hotel di kawasan Malioboro. Tempatnya nyaman dan fasilitas lengkap. Bahkan ada kolam renang walaupun letaknya di dalam gang di kawasan Malioboro. 


Lantas, kemana saja selama liburan di Yogyakarta? Jadi rencananya selama di Yogyakarta, saya tak menyewa kendaraan. Inginnya hanya berkunjung ke tempat-tempat yang lokasinya di kawasan Malioboro. Termasuk mencicipi kuliner khas di sekitar sana. Tapi kalaupun harus menggunakan transportasi umum, becak adalah pilihannya karena hanya dengan paket pengantaran menggunakan becak sudah bisa ke beberapa tempat. 


Awalnya, saya berencana untuk berjalan-jalan saja di sekitar kawasan Malioboro. Lokasi awal yang ingin saya kunjungi adalah Pasar Beringharjo. Agak terkesan berbeda dibandingkan yang lainnya ya ingin liburan tapi ke pasar ? Pasar ini berbeda karena menjual beragam khas ala Yogyakarta dan juga telah ada sejak lama yakini sekitar tahun 1751. Di pasar Beringharjo ini pula saya bisa menemukan beragam pakaian batik, oleh-oleh dan lainnya. 


Saya menjadikan kawasan Titik Nol Kilometer sebagai salah satu tempat yang ingin saya kunjungi jika ingin ke Yogyakarta. Lokasinya di pusat kota Yogyakarta yang menghubungkan Jalan Ahmad Dahlan, Jalan Senopati, Jalan Ahmad Yani dan jalan menuju Alun-Alun Utara. 


Taman Pintar juga menjadi rencana ingin saya kunjungi. Tempat ini merupakan tempat wisata edukasi yang terletak di Jalan Panembahan Senopati No 1-3 Ngapusan, Gondomanan, Yogyakarta. Kalau jalan kaki sekitar delapan menit karena letaknya sekitar 750 meter dari Malioboro. 


Karena ingin tahu lebih banyak tentang Yogyakarta, maka Keraton Yogyakarta adalah pilihannya karena bangunan yang terletak di Jalan Rotowijayan Blok No 1 Panembahan, Keraton ini dapat ditempuh dengan menggunakan becak atau bisa juga jalan kaki. Jaraknya sekitar 1,1 kilomter dari Malioboro. Kawasan Keraton Yogyakarta ini didirikan oleh Sri Sultan Hamengkubowono I pada 1755 setelah Kerajaan Mataram Islam terpecah menjadi dua. Berkunjungi kesini membuat Kita bisa melihat koleksi benda-benda milik kesultanan. 


Selain ke Keraton Yogyakarta, Museum Sonobudoyo juga menjadi pilihan saya. Lokasinya dekat dengan Malioboro. Tanah dan bangunan Museum Sonobudoyo ini memiliki kurang lebih 43.260 koleksi berupa benda artefak seperti keris, batik, arca, senjata tradisional dan lain-lainnya. 


Saat ke Yogyakarta sekitar tahun 2018, saya sempat berkunjung ke Taman Sari. Tempat ini adalah bangunan bersejarah dan memiliki keunikan arsitektur. Tapi saat kesana, saya kurang puas berkeliling karena hanya sebentar saja. Jadi, kalau ada kesempatan mau ke Yogyakarta, saya ingin lebih banyak menghabiskan waktu di taman Sari ini. 


Masjid Gedhe Kauman juga menjadi pilihan tempat yang ingin saya kunjungi jika ke Yogyakarta. Masjid yang dibangun oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I pada 29 Mei 1773 ini adalah simbol harmonisasi yang digunakan keluarga raja dan masyarakat Yogyakarta pada umumnya. 


Wujudkan Rencana Berlibur ala Pekerja Kantoran Bersama Traveloka 

Sekarang, mewujudkan rencana liburan ala pekerja kantoran semakin mudah dengan adanya Traveloka. Saya pengguna lama Traveloka dan selama ini sangat terbantu dengan adanya Traveloka. Dengan Traveloka, mau kemana saja, menginap dimana saja dan mau liburan apa saja, semua tersedia. 


Jadi ketika memutuskan untuk liburan, saya memutuskan untuk rencanakan liburan di Traveloka. Misalnya ketika memutuskan hendak menggunakan kereta api untuk ke Yogyakarta, maka langsung pilih rencana menggunakan kereta api ke Yogyakarta. Nanti ada pilihan tanggal, kelas kereta api, jenis kereta api, durasi perjalanan hingga harganya. 


Bahkan jadwal rencana keberangkatan ke Yogyakarta bisa dipilih hingga dua bulan ke depan. Jadi kalau ada rencana luar kota jauh-jauh hari sudah dapat gambaran berapa total biaya yang dibutuhkan. Membantu sekali kan pastinya ? 



Selain itu, mau nginap di Yogyakarta juga saya menggunakan Traveloka. Jadi ada detail lokasi hotel atau tempat menginap yang bisa dipilih. Lengkap dengan informasi fasilitasi dan harga. Ada juga review jujur dari para pelanggan Traveloka sehingga bisa menjadi pilihan maksimal mempertimbangkan sebelum memilih. 


Dan yang saya juga suka dari Traveloka adalah bisa memilih tempat wisata yang dekat dengan penginapan. Jadi, di pilihan hotel, ada peta yang menginformasikan lokasi tempat wisata terdekat yang bisa dijangkau jika menginap di hotel itu. 


Tak menunggu lama, yuk pesan hotel dan juga kereta di Traveloka. Jangan lupa selalu ikutin suara hati dan jalani hidup dengan caramu #LifeYourWay 

27 komentar

Avatar
Nurul bukanbocahbiasa 15/12/22, 08.42

Memang Jogja ki ngangenin pol mbaaaa
Seneng bgt liburan ke Jogja.
Pingin dehhh thn depan aku k sana ama kluarga.
Bismillah, mg ada rezekinya

Reply Delete
Avatar
Nurul Sufitri 15/12/22, 16.12

Wah, memang udah hawa liburan nih :) Siap2 mantengin Traveloka lagi dan lagi tentunya. Pilih destinasi wisata, hotel dan transportasi sesuai kebutuhan kita. Banyak promo pula ya jadi bingung mau yang mana hahha..Jogja emang ngangenin, aku aja kepengen main lagi ke Sungai Mudal di Kulon Progo dll.

Reply Delete
Avatar
Nchie Hanie 15/12/22, 18.16

Huhuuu, nasib pekerja kantoran yaa susah ketemu jadwalnya yaa, sama kek aku pekerja online, ya di office ya malam juga jaga gawang 24 jam teruus yaa mantengin.

Tapi alhamdulillah tuh kalo dah nemu waktu liburan ya Mba apalagi ke Jogya yang selalu ngangenin, bisa direncanain di Traveloka.

Reply Delete
Avatar
Ade UFi 15/12/22, 18.35

Duh, ke keluarga aja susah nyatuin liburan ya, Mba. Apalagi ke temen2... hahahaha... bisa kayak intan, begitu syuliiiit... Liburan kalau mau bareng2 butuh perncanaan matang ya, Mba.. Kalaupun dadakan kita bisa lihat dari traveloka ya, Mba. Banyak pilihan disana baik transportasi, tempat wisata ataupun hotel.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 16/12/22, 10.10

Hahhaa malah kalo ke teman kan milih yang bisa sesuai ama jadwalku. Jadwal anak anak dan suami mah yang suseeh :p

Reply Delete
Avatar
Lidha Maul 15/12/22, 19.42

udah masuk musim liburan ya. Buat saya ke Yogya aja udah liburan, jadi mau ke mana pun hepi, walau cuma duduk-duduk di Malioboro ndak papa lah.

Reply Delete
Avatar
Siti Hairul Dayah/ catatansiemak 15/12/22, 21.36

ntar kalau ke Jogka kita kopdar ya mbak Alida. Pengen banget nih ketemuan sama budir KAI kita ini hahaha

Reply Delete
Avatar
Dian Restu Agustina 16/12/22, 05.08

Wah kebayang nyocokin jadwalnya...aku juga anak yang satu SMP (swasta) satu SMA (negeri) itu aja bisa beda jadwalnya , belum nyocokin waktu sama bapaknya ...hihi
Btw, Jogja mmang selalu ngangeni, berkali-kali ke sini sejak kecil tapi tetap saja pengin lagi dan lagi. Senangnya pesan-memesan makin dimudahkan pula oleh Traveloka ..jadi cus kapan saja mudah deh ke Jogja

Reply Delete
Avatar
Suciati Cristina 16/12/22, 05.53

Fiturnya asyik ya, jadi bisa tau titik2 wisata di kisaran tempat penginapan... masya Allah sesibuk apapun tetap menyempatkan waktu untuk keluarga ya mba, pasti anak2 seneng nih^^. Kalau ke jogja aku pengin nyobain bandara yg baru tapi pas berangkatnya naik kereta hihiiii

Reply Delete
Avatar
Ririe Khayan 16/12/22, 14.51

Yogya memang ngangenin ya Mbak, meski udah berulang kali ke Yogya, selalu ada kerinduan yang memanggil untuk datang plesiran lagi ke Yogya. Seperti saya ini, Alhamdulillah jadi kebablasan tinggal di Yogya :)

Reply Delete
Avatar
Nanik nara 16/12/22, 16.31

Malioboro dan sekitarnya pun kalau dijelajahi udah banyak yang bisa dikunjungi ya mbak, apalagi kawasan malioboro sekarang udah nyaman banget.
Ah iya, jalan Dagen malioboro itu, walau gangnya nggak lebar, tapi ternyata banyak banget hotel di situ mbak, banyak tempat makan juga. Mau ke malioboro tinggal jalan aja

Reply Delete
Avatar
Ovianty 16/12/22, 22.26

Aduh aku juga mau ke Jogja tapi nggak ada ajakin hehe.. Memang Jogja kangenin ihhh. Udah lama banget ada kali 10 tahun nggak ke Jogja, Enaknya itu bisa naik kereta juga selain pesawat. Dengan aplikasi Traveloka jadi serba mudah deh liburan.

Reply Delete
Avatar
Istiana Sutanti 17/12/22, 04.37

aah, setuju mbaakk Yogyakarta emang ngangenin! beberapa kali ke sana rasanya gak akan pernah cukup ya. entah kenapa, mungkin karena memang suasananya seenak itu ya, tenang, asri, dan nyaman aja gitu di sana. Semoga terwujud liburan ke Jogjanya segera ya mbaak :D

Reply Delete
Avatar
Helenamantra 17/12/22, 05.43

Teringat kertas di belakang HPmu isi jadwal kerja, hehe
iya ya kerja di media ga pake sabtu-minggu libur. Kadang anak sekolah libur, mbak Alida tetap masuk. Perlu atur dg baik jadwal liburan.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 18/12/22, 07.29

Hahahaa iyaa. Karena aku pun nggak hapal jadwal kerjaku. Jadi harus sering sering cek. Hehhee.

Reply Delete
Avatar
Era Wijaya Sapamama 17/12/22, 06.18

Akupun meski bukan pekerja kantoran juga pakai traveloka mba, soalnya kan yang paling praktis, apalagi kalau ada promo.

Reply Delete
Avatar
Idah Ceris 17/12/22, 07.31

Ya ampun, emang cukup susah mengatur jadwal liburan kalau pasangan juga pekerja kantoran ya, Mak. Hihihi. Semoga rencana liburan ke Yogyakarta terwujud, ya. Nanti bisa nggandeng sekalian ke Jawa Tengah, kan berdekatan. Hahaha. Aku malah belum pernah ke Senobudoyo, nih.

Reply Delete
Avatar
Nanik nara 17/12/22, 10.09

Jojga emang ngangeni banget. Dan memutuskan menginap di sekitar Malioboro menurut saya juga pilihan yang tepat, di Jalan Dagen tuh banyak banget hotel juga mbak, berbintang maupun tak berbintang. Ke Malioboro tinggal jalan kaki aja

Reply Delete
Avatar
Andiyani Achmad 17/12/22, 14.35

ini juga yang aku alami mba, ketika liburan sekolah harus atur waktu dan cuti jauh-jauh hari supaya bisa liburan bawa anak dan tentunya cari tiket murah juga hehehhe

Reply Delete
Avatar
Hidayah Sulistyowati 17/12/22, 17.30

Aku selama pandemi akun Traveloka sepi, karena gak kemana-mana. Bersyukur akhirnya terpakai akhir tahun kemarin pesan tiket pesawat ke Pekanbaru. Aku juga suka baca review Jujur pelanggan Traveloka, beneran jujur deh di sana.

Titik Nol dan Taman Pintar itu berdekatan, aku suka juga lewat situ kalo ingin menikmati suasana Yogyakarta. Paling enak saat sore, karena matahari udah gak terik.

Reply Delete
Avatar
Lidya Fitrian 17/12/22, 20.41

Jadwal liburnya gak bareng ya mbak sama suami, jadi harus cari waktu yg klop kalau mau liburan keluarga. Jadi harus diolanning betu ya mbak suoaya realisasi liburan bareng bisa berjalan sesuai. Duh jadi kangen ke Jogja juga aku mbak

Reply Delete
Avatar
Dee_Arif 17/12/22, 21.10

Liburan ke Yogyakarta emang nggak ada bosannya ya mbak
Jogya selalu memanggil kita kembali
Apalagi kalau berlibur bersama Traveloka
Makin asik jadinya

Reply Delete
Avatar
Jiah Al Jafara 17/12/22, 21.48

Kalau suami istri jadwal kerja dan liburnya beda, emang jadi PR buat pergi bareng. Kudu direncanakan jauh-jauh hari dan nyesuain kegiatan anak juga. Untungnya sekarang bisa atur ini itu secara online kaya di Traveloka. Jadi bantu banget sih

Reply Delete
Avatar
April Hamsa 17/12/22, 23.34

Aku udah pernah ke Taman Pintar tapi gak bawa anak2, pengen juga bawa mereka ke sana, karena kyknya udah direnov gede2an lagi saat ini dan makin bagus aja.
Semoga aku juga bisa nih kesampaian soon balik ke yogya lagi, masih banyak yang kudu dieksplor :D

Reply Delete
Avatar
Nyi Penengah 18/12/22, 04.31

Jogja tuh emang magis banget ya mbaaa, aku ke Jogja selain jalan-jalan biasanya sekalian kulakan bahan buat suvenir

Reply Delete
Avatar
Eni Martini 21/12/22, 18.09

Keren banget deh klo mb Alida biar wanita karir kulihat selalu bisa membagi waktu buat keluarga berlibur atau menikmatiiburan bersama. Bahkan temen juga kebagian jalan bareng

Reply Delete
Avatar
fanny_dcatqueen 27/12/22, 12.53

Yogyakarta memang ga pernah bosenin mbaaaa. Aku aja yg kampung suami di solo, tapi tiap mudik kami lebih lama di Jogja drpd solo 🤣.

Krn memang wisatanya lebih menarik.

Kalo cuti beda kerjaan gitu susah juga arrangenya biar bisa bareng yaaa. Apalagi kalo media ga bisa cuti lama . Aku dan suami untungnya Krn pekerja bank, jadi memang cutinya malah ada yg wajib diambil dan ga boleh putus. Malah kantor ku dulu mau diambil semua jatah setahun dianjurin banget. Supaya akhir THN ga bentrok Ama staff lain, yg malah bikin kurang staff.

Jadi kami kalo cuti, biasanya 3 mingguan, sekalian ngabisin jatah 😄.

Trvlk selalu jadi OTA pertama yg aku cek kalo mau liburan. Krn biasanya memang jauuuh lebih murah. Berkali2 dpt tiket murah ke LN juga dr trvlk. Blm lagi hotel. Dan aku seneng Krn ada poinnya.

Reply Delete