Cara Menjaga Kesehatan Keluarga Saat Ramadhan

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Cara Menjaga Kesehatan Keluarga Saat Ramadhan


Saya ingin bercerita tentang pengalaman menjalankan ramadhan di tahun 2022. Saya bersyukur, ramadhan tahun ini masih bisa tetap berkumpul bersama keluarga tercinta. Tahun ini, wabah penyakit covid sudah agak berkurang sehingga pelaksanaan shalat di masjid menjadi semakin sering. Sejak awal, saya sudah berniat ramadhan tahun 2022 melaksanakan shalat taraweh di masjid di dekat rumah. Selain itu juga mengikuti pengajian dan buka puasa bersama jamaah masjid sepekan sekali.

Ramadhan di kawasan tempat tinggal saya selalu penuh warna dan berbagai kegiatan. Sejak awal sebelum ramadhan, sudah dilakukan pembagian jadwal menyiapkan menu berbuka di masjid. Jadi dalam sehari, ada tiga keluarga yang bertugas menyiapkan makanan. Satu keluarga biasanya membawa salah satu makanan sesuia pilihan mereka. Ada yang membawa makanan, ada yang membawa minuman.

cara menjaga kesehatan keluarga
Sumber : pixabay.com

Biasanya, sore hari sekitar pukul 16.00 WIB, makanan sudah diantar ke masjid untuk disiapkan sebagai menu makanan berbuka puasa. Sepekan sekali, tepatnya saat Ahad dilakukan pengajian sejak pukul 16.30 WIB hingga menunggu waktu berbuka puasa. Nah untuk setiap ahad selama ramadhan, ada empat keluarga yang bertugas per hari. Jadi satu keluarga, satu hari yang menyiapkan nasi kotak untul 50-60 nasi kotak untuk berbuka puasa. Saya yang seharusnya kebagian Ahad 1 Mei 2022, maju menjadi Sabtu, 31 Mei 2022. Supaya praktis, saya pesan nasi kotak di langganan dan alhamdulillah dikirim tepat waktu.

Selama ramadhan, kesibukan saya tak berkurang. Tapi malah bertambah. Sejak dulu, selama ramadhan ya kerja seperti biasa. Masih naik commuterline juga seperti biasa. Alhamdulillah Allah berikan kesehatan sehingga saya bisa melaksanakan ibadah puasa ramadan dengan baik bersama keluarga.

Saya tak ingin terlaLu ngoyo melakukan semuanya sendiri. Alhamdulillah suami selalu membantu urusan dapur. Begitu juga anak-anak saya yang sudah besar dan selalu ringan tangan membantu saya mengurus rumah tangga.  Lantas, apa saja yang saya lakukan untuk menjaga kesehatan keluarga selama bulan ramadhan ?

Persiapkan Sejak Awal

Sebelum ramadhan, saya dan keluarga buat daftar kebutuhan rumah selama ramadhan. Biasanya ami belanja kebutuhan rumah tangga bersama-sama. Jadi saling tahu juga kebutuhannya apa saja. Saya juga beli misalnya ayam kemudian saya ungkep untuk taruh di kulkas. Jadi kalau mau makan, bisa langsung goreng. Ada daging, saya buat rendang sehingga bisa jadi tambahan makanan.

Konsumsi Makanan Bergizi

Karena menyiapkan sejak awal, maka bisa disiapkan juga apa saja makanan bergizi yang bisa dikonsumsi. Buah-buahan saya siapkan buah yang tak mudah rusak atau basi. Misalnya apel dan melon. Tapi diluar itu, sesekali saya beli pisang dan juga pepaya. Paling enak tuh pisang di bekukan dan di hancurkan halus untuk dikonsumsi. Sayur-sayuran juga ada yang saya beli sejak awal, ada juga juga yang saya beli per hari. Jadi ya tergantung jenis sayurannya. Olahan makanan, saya hindari makanan yang ribet tapi yang sederhana saja sehingga tak merepotkan.

Konsumsi Air Mineral yang Cukup

Selama ramadhan, jangan lupa juga untuk konsumsi air putih. Ini penting agar mencegah tubuh tidak kekurangan cairan. Jadi kalau kekurangan cairan, tubuh jadi mudah terdehidrasi. Jadi, konsumsi air mineral sehari delapan gelas harus tetap dilakukan dengan pengaturan waktu yang tepat.

Jangan Lupakan Sahur

Sahur itu membawa berkah bagi yang melaksanakan ibadah puasa. Tapi satu sisi, mengkonsumsi sahur itu juga sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh selama ramadhan. Apalagi, tubuh sangat membutuhkan energi untuk puasa dan ini bisa diperoleh dengan makan sahur.

Kurangi Makanan Berlemak dan Goreng-Gorengan

Makan goreng-gorengan saat berbuka puasa tuh emang nikmat. Apalagi ditambah cabe hijau. Duh nikmatnya. Kemudian makannya nasi berlemak yang ada santannya. Siapa sih yang tak tergiur? Nah selama bulan puasa ini, walaupun agak tak mudah, saya tetap berusaha untuk mengurangi makanan berlemak dan juga goreng-gorengan.

Konsumsi Minuman untuk Menambah Daya Tahan Tubuh

Karena sebaiknya menjaga kesehatan ini sangat diperlukan, saya memilih juga konsumsi minuman khusus untuk menambah daya tahan tubuh. Minuman yang saya konsumsi buat saya dan juga untuk anak. Untuk anak, saya berikan Antangin Junior Honey yang merupakan sirup herbal dengan kandungan meniran, madu dan jahe. 

cara menjaga kesehatan keluarga


Pas banget untuk membantu memelihara kesehatan tubuh dan juga buat tubuh tetap sehat. Untuk saya, Antangin Habbatussauda adalah pilihan yang pas. Apalagi, Antangin Habbatussauda ini terbuat dari 100 persen bahan alami dan telah bersertifikasi halal.

Bagaimana cara teman-teman menjaga kesehatan keluarga selama bulan ramadhan ?

 

 

17 komentar

Avatar
Parenting By Rey 14/05/22 20.18

Setuju banget tuh, kurangin makanan berlemak dan goreng-gorengan bikin tubuh lebih sehat, anak saya juga dibatasin banget makan gorengan, Alhamdulillah bisa puasa sebulan dengan lancar.
Apalagi kami selalu siapin Antangin :)

Reply Delete
Avatar
Alienda Sophia 14/05/22 22.10

Betul sekali ya, puasa kali ini mengurangi gorengan selain menyehatkan tubuh juga menyehatkan jiwa menjadi tenang tanpa panik perlu antri beli minyak goreng. Sayur sup dan sayur sawi menjadi menu andalan yang paling sering dihidangkan setelah agar-agar. Tentu saja dibantu sirup herbal anti masuk angin yang selalu siap sedia, Antangin!

Reply Delete
Avatar
Helena 15/05/22 05.40

masya Allah, di bulan Ramadan makin produktif yah termasuk ngurus kegiatan di masjid. Alhamdulillah ibadah selama Ramadan berjalan lancar dan juga tetap aktif bekerja.

Reply Delete
Avatar
Shafira Adlina 15/05/22 06.04

Betul mbak lid, aku juga ngerasain bedanya ketika mengurangi gorengan. Alhamdulillah di rumah juga setia Antangin, pas anak masuk angin atau berpergian pasti kita konsumsi

Reply Delete
Avatar
Dee_Arif 15/05/22 06.22

Menjaga kesehatan keluarga saat Ramadan itu penting ya mbak
Agar bisa tetap fokus beribadah
Aku juga sedia Antangin di rumah untuk menjaga kesehatan keluarga

Reply Delete
Avatar
trlitha11 (lithaetr) 15/05/22 09.37

Makanan yang berminyak itu nikmat tapi bahaya kalau berlebihan. Alhamdulillah, kalau bisa memakan makanan yang lebih sehat agar tubuh tetap sehat saat berpuasa. Apalagi ditambah minum sirup herbal antangin, insyaallah puasa lancar dan sehat, deh

Reply Delete
Avatar
Diah Agustina 15/05/22 10.57

hampir sama mbak cara saya menjaga kesehatan, tapi ada satu cara yang masih sedikit sulit saya lakukan yaitu mengurangi makan gorengan :(

Reply Delete
Avatar
Damar Aisyah 15/05/22 11.29

Batasi gorengan sama minuman manis. Sebagai gantinya banyakin air putih, sayur dan buah. Alhamdulillah puasa tahun 2022 ini meskipun panasnya warbiyasa, tapi lancar dan tetap produktif bekerja.

Reply Delete
Avatar
SHalikah 15/05/22 11.59

Wah kompak ya warga di tempat tinggal Mbak.. Bergantian menyiapkan makan berbuka. Persiapan sebelum memasuki Ramadhan juga penting agar bisa fokus beribadah.. Sedia Antangin untuk ikut menjaga kesehatan keluarga..

Reply Delete
Avatar
lendyagassi 15/05/22 12.36

Semangat bekerja tetap harus banget yaa..kak Alida.
Jangan sampai lemes saat sedang shaum Ramadan. Dan bisa dibooster saat sahur dan berbuka konsumsi yang sehat dan berbahan alami seperti Antangin.
Terutama varian Habbatussauda ini bikin tubuh hangat.

Reply Delete
Avatar
Hikmah Khaerunnisa 15/05/22 13.08

Sama mba apalagi mudik kemarin selalu sedia antangin kemana-mana. Secara mudik antar kota dan kabupaten bawa bayi lumayan ya mba. Antangin habbatussauda juga biasanya aku minum buat daya tahan tubuh

Reply Delete
Avatar
Dyah Kusuma 15/05/22 15.01

betul banget, menjaga kesehatan keluarga sangat penting apalagi saat Ramadan agar dapat beribadah optiy

Reply Delete
Avatar
Ana Ike 15/05/22 15.03

MasyaAllah, keren bangeet, mbak. Aku jug dulu seneng bikin acara berbagi nasi terutama saat ramadan. Tapi karena kesibukan, jadi berkurang deh, huhu.
Puasa tu memang aktifitas kudu makin semangat ya

Reply Delete
Avatar
Wiwid Wadmira 15/05/22 15.29

Mbak Lid, salut sama suaminya yang masih mau bantu urusan dapur. Bagian tersulitku adalah mengurangi makan gorengan selama puasa. Rasanya kok ada yang kurang lengkap. Haha.. Btw, andalan Antanginnya sama banget nih. Apalagi kalau harus lembur pas puasa, udahlah, antangin dan teh tawar anget saja sajenku. Menjaga imun biar tetep setrong.

Reply Delete
Avatar
Juliastri Sn 15/05/22 16.13

Setelah sebulan berpuasa lalu merayakan bersama keluarga besar pastinya menu makanannya enak, lezat dan ada 6ang bersantan ya. Maka menjaga pola makan dan berolahraga sangat penting agar badan tetap sehat. Jangan lupa konsumsi Antangin yang baik untuk menjaga imunitas tubuh

Reply Delete
Avatar
Andiyani Achmad 15/05/22 19.09

kurang tidur dan kurang istirahat saat beribadah di bulan Ramadan tentu butuh Antangin untuk jaga kondisi tubuh tetap fit dan bebas masuk angin

Reply Delete
Avatar
Nurhilmiyah 16/05/22 19.54

Saya juga kebagian menyiapkan penganan berbuka puasa di masjid di lingkungan permukiman kami, Mbak. Btw, setuju banget dengan cara2 menjaga kesehatan keluarga di saat Ramadhan,, Antangin membantu mengatasi masuk angin jg ya

Reply Delete