Ide Kegiatan di Rumah Selama Bulan Ramadan

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Ide Kegiatan di Rumah Selama Bulan Ramadan

Bulan ramadan tahun ini mau ngapain ? Sepertinya sama dengan tahun lalu karena ini tahun kedua pandemi melanda. Jika tahun-tahun sebelumnya ada agenda buka puasa bareng rekan kantor di luar kantor atau bahkan dengan keluarga besar, tahun lalu dan tahun ini tak ada. Semuanya dilakukan lebih banyak di rumah saja.   

Menjalani kegiatan ramadan lebih banyak di rumah saja tentunya butuh kreatifitas supaya tak membosankan. Namun bagaimana pun juga kegiatan yang dilakukan tidak mengurangi nilai ibadah. Ide kegiatan ini menurut saya bisa dibahas bersama keluarga sebelum dilakukan.

Sumber foto : pixabay.com


Misalnya ke anak, kita bisa tanyakan apa rencana atau kegiatan yang bisa dan ingin dia lakukan. Hal ini penting juga agar anak tak melakukannya secara setengah-setengah dan lebih semangat. Nah teman-teman penasaran kan kegiatan apa saja yang bisa dilakukan di rumah selama bulan ramadan?

Tadarus

Bulan ramadan, bulannya Al Quran. Oleh karena ini, kebiasaan untuk mengaji di bulan ramadan harus ditingkatkan. Apakah ada target dalam bulan puasa ini ? InsyaAllah saya pribadi berharap bisa khatam satu kali di bulan ramadan. Suami kayaknya target lebih dari sekali khatam Al Quran di bulan Ramadan, seperti tahun-tahun sebelumya. Anak pun demikian. Saya berharap niat baik ini bisa dikabulkan oleh Allah SWT. Aamiin

Membersihkan rumah

Sebetulnya sebelum puasa saya telah membersihkan rumah. Tapi selama puasa ini, salah satu cara mengisi waktu adalah membersihkan rumah. Apalagi saat weekend, teteh yang biasa kerja pulang pergi di rumah, tak masuk. Jadi biasanya saya membagi tugas bersama suami dan anak-anak agar kondisi rumah tetap bersih dan membuat kami nyaman berkegiatan di rumah.

Menciptakan Kreasi Masakan

Salah satu kebiasaan kami juga adalah makan. Kalau makan, kadang juga mengolah aneka makanan
berdasarkan resep masakan. Menu masakannya sederhana-sederhana saja. Misalnya olahan masak tahu telur atau bikin tumis udang, atau bahkan juga membuat steak ayam. Biasanya kami masak bersama di dapur.

Nonton Bersama Keluarga

Karena sudah langganan tv kabel dan banyak tayangan yang menarik ditonton, agenda nonton bareng bisa menjadi pilihan. Sebetulnya tontonan utama yang disukai keluarga adalah tayangan masak-masak. Tapi belakangan juga kami menonton bareng drama korea atau film korea lainnya yang menarik.

Bercocok Tanam

Kegiatan ini paling disukai suami dan anak. Jadi saya belikan anak paket menanam di online shop. Harganya Rp 50 ribu. Dalam paket menanam itu 5 poto mini. Lengkap dengan tanah, bibit dan alat menanamnya. Jadi anak menyibukan diri dengan mengurus tanaman yang saya beli itu. Selain itu, kami juga membeli beberapa tanaman. Jadi ada waktu untuk sekedar mengurus tanaman.

Untuk agenda berbuka puasa tak dilakukan di luar rumah karena kami merasa lebih nyaman untuk berbuka puasa di rumah saja. Hal ini juga sesuai dengan panduan ibadah ramadan dan Idul Fitri yag dikeluarkan oleh Kementerian Agama.

Tahun ini, ada jadwal saya kerja dan pulang malam. Oleh karena saya harus pintar membagi waktu dan menyiapkan makanan bersama suami dan anak agar semuanya berjalan baik.

Semoga tahun depan bisa selesai wabah corona ini ya sehingga bisa melaksanakan puasa seperti tahun-tahn sebelumnya. Sehat-sehat semuanya J

2 komentar

Avatar
fanny_dcatqueen 21/04/21 11.08

Aku juga bertekad THN ini harus bisa khatam Alquran :D. Aku sengaja udh cicil dr sebelum ramadhan, supaya pas nanti DTG bulan, setidaknya udh banyak juz yang dibaca. Jd pas HR trakhir Ramadhan udh bisa tamat :D.

Lebih enak sih, Krn skr aku juga udh ga kerja. Jd memang bisa lebih fokus.

Sampingan selain baca Qur'an, palingan baca buku, ngedrakor ato nge-game mba :D . Ampuuuh buat nunggu waktu berbuka :D

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti 22/04/21 15.46

Tiduran juga ummi salah satu kegiatanku wkwkwk bercocok tanam trauma puasa taun lalu suami beli anggrek sampe 5 pot mati semua :((

Reply Delete