Cara Mengatur Keuangan Keluarga Selama Masa Pandemi

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Cara Mengatur Keuangan Keluarga Selama Masa Pandemi

Pandemi sudah setahun. Dan selama setahun ini, kita semua pastinya mencoba bertahan dengan keadaan yang diluar perkiraan. Tak pernah menduga berada dalam kondisi seperti sekarang. Entah kapan berakhir, tapi bagaimanapun kita harus tetap bertahan dan tetap bersyukur. Bersyukur masih tetap sehat dan bisa berkumpul bersama keluarga. 

Salah satu dampak pandemi adalah keuangan yang tergerus dengan cepat. Belum lagi pekerjaan yang mungkin hilang selama pandemi. Ada juga yang pekerjaan yang berkurang selama pandemi ini. Salah satu kenalan saya terpaksa harus beralih profesi sebagai penjual makanan di rumah karena menjadi korban pemutusan hubungan kerja (PHK) di kantornya.

Kehidupan keluarga yang dulunya baik-baik saja terpaksa berubah. Keluarga ini pun memutar otak, membanting tulang untuk bisa bertahan selama pandemi ini. Beberapa pengeluaran dipangkas demi bisa menyambung hidup. Bukankah hidup harus tetap berjalan ?

Sumber foto : pixabay.com


Saya tak bisa mengatakan keluarga saya tak terdampak pandemi ini. Saya dan suami bersyukur masih bisa tetap bekerja seperti biasanya. Tapi bagaimanapun, kehidupan tak hanya melulu untuk keluarga inti juga tapi berbagi kepada keluarga lain yang terdampak corona.

Karena kita tak pernah tahu kapan pandemi karena virus corona ini berakhir, mau tak mau harus mengatur keuangan keluarga. Satu sisi yang menguntungkan bagi keluarga saya adalah kami selalu terbiasa menabung. Ada uang, kami tabung untuk rencana pendidikan anak, pensiun saya dan suami serta dana darurat.

Lalu, bagaimana cara mengatur keuangan keluarga selama masa pandemi ? Ada tiga hal yang menurut saya bisa dilakukan untuk mengatur keuangan keluarga selama masa pandemi. Pertama, melakukan financial check-Up. Saran saya sebelum mengatur keuangan keluarga, terlebih dahulu melakukan financial check up apakah pendapatan atau pengeluaran seimbang atau tidak. Selain itu juga untuk untuk cek kemana saja pengeluaran terbesar dan mana pengeluaran yang bisa di minimalisir.

Kedua, diskusikan bersama pasangan. Urusan keuangan menurut saya harus dilakukan keduanya. Tidak hanya suami atau istri saja karena dengan membahasnya bersama maka bisa di ketahui mana yang harus dilakukan.

Kedua, atur prioritas kebutuhan. Prioritas kebutuhan keluarga harus diketahui sehingga pengeluaran keluarga sesuai. Terkadang, kita membeli yang bukan kebutuhan karena berdasarkan keinginan. Hal ini yang harus dihindari. Dengan melakukan prioritas kebutuhan.

Ngomong-ngomong soal mengatur prioritas kebutuhan sehari-hari, salah satu pengeluaran tambahan yang membengkak adalah urusan internet. Kok bisa ? Sekarang semuanya serba dilakukan secara online. Mulai dari belajar online hingga bekerja online di rumah saja.


45 komentar

Avatar
Sovi Nur Wakhidah 01/04/21, 15.01

Apa-apa yang serba online emang bikin kuota boros bangeeeett. Apalagi adik di rumah suka minta tethering buat ngerjain tugas. Asyik nih kalau ada paketan keluarga begini.

Reply Delete
Avatar
thya 01/04/21, 15.35

Wih.. manteb juga nih paket akrab.. kuota besar, harga juga terjangkau. bisa dipakai sekeluarga pula..

Reply Delete
Avatar
Lidya Fitrian 01/04/21, 15.40

walaupun kecil ikut kena dampak pandemi juga ya mbak, sama nih. Tapi Alhamdulllah masih tetap bekerja yang oenting bisa mengatur keuangan lebih baik lagi selama pandemi termasuk pemakaian kuota internet, XL ada pajet kuota bersama ya dengan kuota lebih besar jadi bisa digunakan besama keluarga

Reply Delete
Avatar
winda - dajourneys.com 01/04/21, 15.42

duh bener banget mba, selama pandemi ini jujur saya kesulitan mengatur keuangan, karena keluarga kami termasuk yang terdampak :( tapi puji Tuhan sampai setahun ini kami masih bisa bertahan walaupun untuk nabung masih agak sulit rasanya

Reply Delete
Avatar
Unknown 01/04/21, 15.56

Salah satu pelajaran puentiiingg banget dari pandemi ini adalah: Financial planning yg bijak dan konsisten. Selama ini, ngga sedikit yg anggap sepele urusan keuangan. Padahal, super duper pentiiing ya Mba.
Btw, cihuy banget ituuuu paket internet keluarga dengan kuota internet besar yang bisa di bagi-bagi. Paket Akrab ini juga memiliki kuota besar yang bisa dipakai bersama-sama oleh keluarga dan kerabat. Mantab!

Reply Delete
Avatar
Andiyani Achmad 01/04/21, 17.32

wow ada paket akrab dari XL ya?? aku pengguna XL juga nih mba, anakku pun, bisa ya sharing kuota ke sesama keluarga trus harga paketnya juga cukup terjangkau dengan jumlah kuota yang bikin pengen

Reply Delete
Avatar
Ana Ike 01/04/21, 17.44

Aku juga pakai XL nih. Tapi bukan paket keluarga. Cuma bonusannya bulan ini luarr biasa menyenangkan memang. Bisa dapet hampir 80GB. Sukaaa. Moga-moga setiap bulan begini, haha.
Biar nggak usah pindah ke lain hati kan ya

Reply Delete
Avatar
Indah Nuria Savitri 01/04/21, 18.04

selama pandemi memang banyak yang musti kita siasati ya mba.. yang pasti komunikasi dengan keluarga harus selalu dijaga

Reply Delete
Avatar
Indah Nuria Savitri 01/04/21, 18.35

kalau bisa berhemat kenapa tidak yaa mba.. dan kita memang harus banyak lakuakn penyesuaian agar bisa menjalani berbagai tantangan saat pandemi

Reply Delete
Avatar
Bibi Titi Teliti 01/04/21, 20.23

Betul sekali mbak, di masa pandemi seperti sekarang kita harus lebih ketat lagi mengatur keuangan. Apa lagi sekarang semua lebih banyak dilakukan secara online baik sekolah mau pun kerja yah, Paket Akrab Keluarga dari XL pastinya ngebantu banget yaah

Reply Delete
Avatar
Reyne Raea 02/04/21, 00.00

Saya pakai XL Mba, di tempat tinggal saya yang paling bagus sinyalnya cuman XL yang paling lancar, Kalau dipakai buat zoom.

saya sering lihat di paket akrab, mau nyobain wah kayaknya aku lebih menarik ya bisa dipakai buat bareng-bareng, lebih irit ya.

apalagi di masa pandemi ini ya, yang namanya irit kuota itu sangat penting karena pemakaian kuota memang lebih banyak di masa pandemi ini.

Reply Delete
Avatar
Farida Pane 02/04/21, 05.32

Baru tau nih xl punya paket akrab keluarga. Aku coba, ah. Bisa buat cadangan kalau wifi mati

Reply Delete
Avatar
Jiah Al Jafara 02/04/21, 10.33

Mulai Pandemi, meski belum berkeluarga aku udah berusaha ngurangi pengeluaran. Paket internet kan wajib, tapi ya harus tetap nyari yang murah dan lancar. Jadi aktifitas tetap jalan tanpa drama

Reply Delete
Avatar
Hani S. 02/04/21, 15.29

Aku merasakan banget semenjak Pandemi, pengeluaran rumah tangga semakin membengkak, susah dilawannya terutama soal kebutuhan internet. Penting ya cari provider yang ada paket Akrab seperti ini supaya keuangan kita tidak defisit.

Reply Delete
Avatar
Dee_Arif 02/04/21, 20.14

ah benar sekali ya mbak
selama pandemi memang kita harus bijak atur keuangan
paket data termasuk kebutuhan yg meningkat saat pandemi gini, makanya penting pilih yg terbaik ya mbak
yg terjangkau tapi juga berkualitas seperti XL ini

Reply Delete
Avatar
Mugniar 02/04/21, 20.50

Wow Paket Akrab Keluarga dari XL ini menguntungkan ya .. buat anak2 juga buat emaknya yang suka ikutan webinar. Ah, noted.

Reply Delete
Avatar
Apura 02/04/21, 21.41

Di awal pandemi aku ngerasain banget mba, pemasukkan berkurang. Meskipun gaji pokok masih ada. Tapi pengeluaran untuk data internet meningkat tajam. Sampe pusing ngisi kuota. Coba dari dulu tau ada Paket Akrab ini.

Reply Delete
Avatar
nchie Hanie 02/04/21, 21.46

Setuju banget nih Mba, keluargaku pun termassuk yang kena dampak pandemi, pintar2 mengelola keuangan jaman now, insyaallah . Cuma kadang pengeluaran biaya inet yang kadang butuh banget, wah paket akrab boljug nih buat dampingi wifi di rumah kalo lagi ngadat.

Reply Delete
Avatar
Keke Naima 02/04/21, 22.03

Saya termasuk yang terkena dampak pandemi banget. Makanya bener-bener harus diatur deh urusan keuangan. Termasuk kuota juga karena kebutuhan lagi tinggi. XL ini membantu banget ketika WiFi di rumah mati berhari-hari.

Reply Delete
Avatar
Kartika Nugmalia 03/04/21, 01.41

Masa pandemi gini memang dibutuhkan keterampilan untuk bisa mengelola keuangan dengan baik, Bener banget sih, kuota internet bisa jebol karena anak dan suami yang harus zoom tiap hari. Belum lagi kerjaan emaknya yang juga sangat butuh internet. untungnya ada paket hemat kuota internet dari XL

Reply Delete
Avatar
Siti Nurjanah 03/04/21, 05.14

Pandemi ini benar-benar merubah segala lini kehidupan termasuk perekonomian. Bahkan tidak sedikit keluarga yang pendapatannya berkurang. Oleh karenanya harus lebih bijak dalam memanagement keuangan dengan prioritaskan yang penting dahulu

Reply Delete
Avatar
Dewi Rieka 03/04/21, 06.35

Iya nih lumayan berat masa pandemi untuk keuangan keluarga harus pandai mengatur dan mengencangkan ikat pinggang.. Terutama paket data karena kami belum langganan wifi kudu cari yang ekonomis kayak XL ya Mbak

Reply Delete
Avatar
Dian Restu Agustina 03/04/21, 08.18

Setuju mbak, keuangan keluarga memang mesti diatur ekstra hati-hati apalagi saat pandemi ini. Senangnya ada Paket Akrab XL yang kuotanya bisa untuk sekeluarga begini, jadi lebih hemat pasti

Reply Delete
Avatar
Eka Rahmawati 03/04/21, 08.41

Waah baru tahu nih sama XL akrab. Saya juga biasanya pake paket XL yg combo 10+10 GB. Tapi emg boros sih. Tiap Minggu saya beli 89.000. pengeluaran bisa lebih dr 300 ribu sebulan.

Saya jadi tertarik banget nih pake xl akrab hehe

Reply Delete
Avatar
Emanuella Christianti 03/04/21, 09.09

Betul mbak, masa pandemi ini kebutuhan untuk internet yang lancar nggak terelakkan lagi ya.... untuk kerja dan juga sekolah anak anak.... thanks info paket internet hematnya ya....

Reply Delete
Avatar
CIci Desri 03/04/21, 09.21

sama sih mba, banyak project yang cancel karena ngga memungkinkan untuk dilakukan offline. Beberapa rencana pun harus tertunda.

Reply Delete
Avatar
Nyi Penengah 03/04/21, 10.02

hepi nih pake paket akrab ya bisa sekeluarganya pakek
aku jadi pengen juga mba Lid. Pandemi memang kudu hemat pengeluaran

Reply Delete
Avatar
bundabiya.com 03/04/21, 10.30

saat pandemi, aku juga lebih ketat mencatat pengeluaran, mba. bahkan untuk urusan pulsa pun.. aku terbantu dengan adanya wifi di rumah, tapi, aku juga tetap aktifkan paket XL ku buat jaga-jaga dan kalau lagi ke luar rumah :D

Reply Delete
Avatar
Nia K. Haryanto 03/04/21, 10.58

Paket keluarga kayak gini jatuhnya lebh irit ya. Mana biasanya suka banyak bonusnya. Kepengen deh bisa pake paket keluarga kayak begini. Sayangnya anak-anak beda provider. Dapet nomor dari sekolah sih ya.

Reply Delete
Avatar
Rani Yulianty 03/04/21, 11.52

Masa pandemi pemakaian internet emang naiknya gede banget, bikin boros keuangan hehe kayaknya paket akrab bisa jadi solusi nih

Reply Delete
Avatar
Zahra Rabbiradlia 03/04/21, 12.12

Kereeen bgt xl! Cuma ngeluarin 55 rb dpt 160 giga. Masyaallah. Membantu sekali selama pandemi ini ya

Reply Delete
Avatar
Nyi Penengah 05/04/21, 05.23

bisa hemat ya mbak, jadi keungan keluarga nggak keluar banyak karena bisa diake beramai-ramai

Reply Delete
Avatar
Idah Ceris 03/04/21, 19.57

Masa-masa sulit menjadi pelajaran bagi kita semua ya, Mbak. Terlebih dalam pengelolaan uang. Solusi bangett ada paket akrab ini, bisa sharing dg keluarga. Lebih iriit pemgeluaran untuk internet.

Reply Delete
Avatar
Aswinda Utari 03/04/21, 20.41

Mmg rada tricky ya mengatur keuangan pas pandemi gini. Dikondisi luar sana ad yg di phk, ad yg berkurang dsb. Jd memang hrs pinter n memilih pengeluaran yg pokok aja.

Reply Delete
Avatar
Sri Widiyastuti 07/04/21, 04.34

Betul banget mbak, aku juga ngerasa masa pandemi ini harus pintar ngelola keuamgan,terutama yang berhubungan dengan online. Kalau ga pinter manaj bisa besar pasak daripada tiang

Reply Delete
Avatar
Rani R Tyas 03/04/21, 21.11

Paketan yang bisa dipakai sekeluarga banyak dicari nih apalagi semuanya serba online ya sekarang ini termasuk sekolah dan kerja

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi 03/04/21, 21.51

Nama paketnya unik yaah...Pake Akrab.
Bisa dibagi melalui nomer XL juga yaa...kak?

Reply Delete
Avatar
Utie. Adnu 03/04/21, 22.27

Noku yang biasa internet kartu xl baru Tau kalau Ada paket keluarga harganya murah lagi .. Lebih hemat pastinya siap langsung isi ini

Reply Delete
Avatar
Efi Fitriyyah 03/04/21, 23.21

Bayar 55 ribu tapi dapat kuota sampe 160 ribu. Wih aku sampe skroll balik saking amazenya. Ini sih super irit banget

Reply Delete
Avatar
Ruffie Lucretia 05/04/21, 00.39

memang di masa kaya sekarang ini kita harus rajin2 ngatur keuangan ya mak. btw mau nanya, klo pake XL ini mandek2 gak koneksinya apa lancar jaya?

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti 05/04/21, 08.00

Cukup terjangkau ya harga Paket Akrab ini. Kini segala aktivitas yang membutuhkan koneksi internet pun aman dengan adanya paket ini.

Reply Delete
Avatar
Sri Widiyastuti 05/04/21, 19.10

wah baru tahu Xl ada program akrab keluarga ini bu dirut. padahal aku pakai Xl juga lgho, untung aja baca artikelnya di sini, langsung cus ah biar tetep bisa sharing sama anak anak

Reply Delete
Avatar
Tian lustiana 08/04/21, 16.18

Saya sejak lama pakai XL juga nih, seneng dengan paketan internet yang terjangkau dan kualitas signal yang stabil.

Reply Delete
Avatar
Adam Muiz 22/04/21, 00.52

Bermanfaat infonya,
sangat membantu dikala masa pandemi yang mana pendapatan berkurang banyak

Reply Delete
Avatar
Monica Anggen 12/05/21, 01.52

Pandemi memberi dampak pada banyak orang dan banyak bidang kehidupan ya, Mbak. Sama saya sekeluarga juga merasakannya. Tapi bersyukurnya, masih dijaga Tuhan juga kita semua ya hingga bisa bertahan seperti sekarang. Kemampuan mengelola keuangan dibutuhkan banget pada saat ini. Dan paketan XL yang bisa dipake rame-rame membantu sekali ya

Reply Delete