Tetap Sehat Berolahraga Selama Puasa

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Tetap Sehat Berolahraga Selama Puasa

Assalamu Alaikum teman-teman apa kabar ? 
Tahun ini, kita berpuasa dalam keadaan yang berbeda di bandingkan tahun-tahun sebelumnya. Namun demikian, kita harus tetap bersyukur karena diberikan kesehatan dan keberkahan untuk tetap menjalankan ibadah puasa. 

Dalam keadaan seperti ini, adakah yang tetap berolahraga? Mungkin sebagian orang menganggap nggak mungkin olahraga ketika berpuasa. Apalagi di kondisi pandemi wabah virus corona ini melanda. Banyak yang kuatir olahraga ketika berpuasa dan dalam keadaan seperti ini membuat badan jadi mudah ngedrop. Dan kalaupun mau olahraga, mau olahraga dimana ? Karena toh kita semua diminta untuk tetap di rumah saja. 

Sumber foto : [pixabay.com

Akhirnya batal deh olahraga. Padahal, ada banyak olahraga yang bermanfaat bagi tubuh. Olahraga membuat badan tetap sehat dan juga bugar. Olahraga juga mengeluarkan hormon yang membuat kita menjadi lebih bahagia dan kuat. 

Ada banyak olahraga yang bisa kita lakukan selama berpuasa. Pertama adalah jalan santai. Jalan santai sebetulnya bisa dilakukan di sekitar rumah tempat tinggal dan tetap menjaga jarak serta menggunakan masker ketika keluar rumah. 

Olahraga yoga pun dapat dilakukan di bulan puasa. Yoga ini bisa dilakukan sendiri ataupun bersama keluarga di rumah. Kita juga bisa melakukan workout atau latihan di rumah loh. Nggak percaya ? 

Workout Bersama FWD 

Jadi, Rabu 6 Mei 2020 FWD melakukan kegiatan workout bersama Zeezee Shahab dan Sistya Windasari, instruktur GOFIT. Workout ini dilakukan melalui akun instagram FWD live pada pukul 16.30 WIB. 

Jujur, ini pertama kali saya melakukan workout secara live melalui akun instagram. Saya seringnya mengikuti workout melalui channel youtube. Namun dengan live di akun instagram ini, kita bisa langsung bertanya jika ada yang ingin ditanyakan dan langsung dijawab. Asyik banget kan ? 

Gerakan-gerakan workout yang dilakukan selama lebih dari 30 menit itu buat saya susah-susah gampang. Maklum walaupun suka nonton workout di rumah, saya lakukan ya sesuka hati saya. Kalau ada yang gerakannya susah ya dilewati. Hahhaa … 

Nah saat lakukan workout bareng, gerakan angkat kaki walau kelihatan mudah tapi bikin paha berasa kemenng-kemeng alias pegal. Tandanya saya jarang lakukan kegiatan ini. Hahhaa. Padahal di rumah bisa dilakukan sederhana dengan mempersering naik turun tangga. Tapi ya itulah, malas! 

Mengikuti workout ini, juga sekaligus dibagi beberapa tips yang menurut saya bermanfaat bagi saya untuk tetap olahraga di rumah saja ketika masa pandemi wabah virus corona ini. Penasaran kan apa saja tips agar tetap bisa olahraga selama bulan puasa ? 

Lakukan Kegiatan di rumah 
Olahraga di masa pandemi di bulan puasa ini bisa dilakukan di rumah saja. Kita bisa lakukan melalui akun instagram atau chanel youtube yang memberikan gerakan-gerakan yang dapat di lakukan di rumah dengan mudah. 

Jangan lupa Pemanasan Sebelum workout 
Walaupun olahraga di rumah bukan berarti kita seenaknya saja lakukan workout. Jadi, ikutin sebelumnya pemanasan agar badan juga lebih mudah untuk menerapkan gerakan-gerakan. 

Gunakan Pakaian yang Nyaman 
Olahraga di rumah akan menjadi menyenangkan jika melakukan kegiatan olahraga di rumah. Pakaian yang dikenakan sebaiknya mudah menyerap keringat sehingga tubuh pun menjadi lebih aktif bergerak. 

Lakukan Jelang Berbuka Puasa 
Sebaiknya workout atau olahraga apapun dilakukan jelang berbuka puasa. Baiknya sekitar pukul 16.00 atau 16.30 WIB. Kalau dilakukan di siang hari, kuatirnya kehausan trus khilaf dan malah minum. Ups! 

Sistya Windasari mengatakan workout bisa dilakukan dalam keadaan apapun. Bahkan kalau baru bangun tidur pun bisa langsung mengerakkan anggota badan. Selain itu, workout ini bisa dilakukan tanpa melakukan peralatan apapun sehingga walaupun tanpa sepatu khusus atau apapun, workout masih bisa dilakukan. Tapi kalaupun butuh peralatan, sepatu dan pakaian olahraga yang nyaman sudah membuat kita jadi lebih aktif workout. 

Zeezee mengatakan di bulan puasa ia pun merasa tetap harus menjaga asupan konsumsi minuman yang cukup yakni 2 liter setiap hari. Seperti saat berbuka puasa, ia minum dua gelas air. “Jangan sampai kurang konsumsi air minum karena ini bagus untuk tubuh,” katanya. 

Kolaborasi FWD dengan SOS Children’s Village untuk Anak-Anak yang Membutuhkan 

Mungkin teman-teman bertanya-tanya, apa hubungannya antara olahraga bareng FWD dengan SOS Children’s Village ? Jadi, FWD adalah perusahaan asuransi yang yakin bahwa perlindungan jiwa harus tetap dilakukan ketika melakukan passion. Salah satu passion adalah olahraga. 

Jumat 8 Mei 2020, saya dan sekitar 80 an orang mengikuti #BukabarengFWD secara digital melalui aplikasi zoom. Namanya buka bareng, kami diberikan voucher makan melalui aplikasi FWD Max yang nantinya akan di reendem melalui aplikasi Gojek sebesar Rp 45 ribu. Yeay alhamdulillah!!. Saya gunakan voucher itu untuk beli minuman dan makanan untuk saya dan keluarga. Berkah alhamdulillah … 


Saat kegiatan virtual #BukaBarengFWD ini disampaikan bahwa melalui olahraga ini, FWD mengajak untuk bisa melakukan passion namun satu sisi tetap bisa dapat berbagi kepada sesama. Dan saat ini kolaborasinya bersama SOS Children’s Village melalui gerakan #BerbagiBarengFWD. 

Kondisi pandemi ini membuat banyak yang kehilangan sumber pendapatan. Apalagi untuk keluarga yang berasal dari kalangan menengah ke bawah yang tentunya sangat terdampak dengan adanya wabah pandemi ini. 

Evelyn Simanjuntak - Head of Bancassurance Business at FWD Life Indonesia mengatakan satu Keluarga di SOS Children’s Village ini membutuhkan paling tidak Rp 1 juta per bulan untuk dapat memenuhi kebutuhan dasarnya sehari-hari. “Ini angka yang minimal mereka butuhkan untuk sebulan,” katanya. Dengan adanya kegiatan  ‘Kolaborasi untuk Berbagi’ ini diharapkan bisa membantu anak-anak untuk mendapatkan hak-haknya. 

Luthfi Moch Zaky, Corporate Partnership at SOS Children’s Villages Indonesia mengatakan masih banyak anak-nak yang tidak mendapatkan pengasuhan orangtua yang memadai. Apalagi dalam kondisi seperti ini yang tentunya berdampak bagi kesejahteraan dan perkembagan hidup anak-anak. Mereka berasal dari 2400 keluarga rentan yang tersebar di 60 komunitas di 10 lokasi yang berbeda dan terkena dampak wabah pandemi virus corona ini. “Wilayah terjauh di kawasan Meoulaboh, Aceh,” kata Zaky. 

Nantinya, donasinya akan diberilkan untuk beberapa hal misalnya : 

Perlindungan dan pencegahan penyebaran virus corona untuk 5.500 anak yang telah atau berisiko kehilangan pengasuhan orang tua. Memastikan tercukupinya kebutuhan pengasuhan, nutrisi, dan pokok harian bagi anak-anak dan 2.300 keluarga rentan di Indonesia. Selain itu, menjamin proteksi kesehatan mereka dengan suplai obat-obatan, vitamin dan alat medis serta kebutuhan higienis yang mendukung, seperti masker, sabun, dan lainnya

Memperkuat penghidupan dan memberikan dukungan sosial bagi keluarga yang berisiko ambruk karena dampak dari penyebaran corona. SOS Children’s Villages Indonesia mendampingi 2.300 keluarga di 72 area di Indonesia. Bagi keluarga yang sudah berada di bawah tekanan ekonomi, krisis corona akan semakin memperburuk situasi genting mereka. Bahkan, lebih banyak keluarga kemungkinan akan jatuh berantakan dalam situasi krisis ini 

Memberikan perlindungan dan dukungan psikososial untuk kesejahteraan mental anak-anak dan keluarga yang rentan. Anak-anak yang berisiko dipisahkan dari orang tua atau mereka yang hidup tanpa orang tua mereka, sering mengalami trauma. Krisis corona dapat menambah kecemasan bagi anak-anak ini, terutama ketika dihadapkan dengan kata 'penguncian' dan karantina 

Memastikan kebutuhan pendidikan bagi 5.500 anak yang rentan. Pendidikan terganggu. Sekolah sangat penting bagi anak-anak yang rentan untuk memiliki kesempatan menjadi sukses dalam kehidupan. Dalam situasi krisis ini, akses ke pendidikan merupakan tantangan besar. Homeschooling menggunakan alat virtual seringkali merupakan satu-satunya solusi. Namun, anak-anak rentan yang menjadi fokus SOS Children’s Villages Indonesia sering kali memiliki keterbatasan atau tidak memiliki akses ke alat dan teknologi virtual yang diperlukan. 


Lalu, bagaimana cara berbagi bareng FWD? Teman-teman bisa langsung ke https://kitabisa.com/campaign/berbagibarengFWD ya. Selamat berbagi :) 

56 komentar

Avatar
Aminnatul Widyana 14/05/20, 20.06

Dimas a pandemic seperti sekarang memang sebaiknya segalanya dilakukan dari rumah saja. Termasuk kegiatan olahraga... Aku juga mulai nyoba olahraga senam sambil lihat di YouTube. Kalau dari Instagram belum pernah sih...

Reply Delete
Avatar
Mporatne 14/05/20, 20.44

Selama puasa ini mpo cuma sekali olahraga. jalan pagi, enak sepi tanpa bunyi petasan. Hari-hari berikutnya absensi di tempat tidur alias motor. Opst

olahraga penting banget di bulan puasa agar kita tetap sehat.

Reply Delete
Avatar
Rismayani 14/05/20, 21.34

Olahraga tetap jalan terus ya Kak walaupun kondisi pandemi begini. Btw, salut banget dengan kegiatan berbagi FWD ini untuk anak2 rentan ekonomi ke bawah 👍

Reply Delete
Avatar
NiaNastiti 14/05/20, 22.21

Seru banget Mak olahraga live bareng sembari menunggu buka puasa. Plus bisa berbagi kebaikan ke anak2 yang membutuhkan pula, semoga berkah ya :)

Reply Delete
Avatar
Lidya Fitrian 15/05/20, 05.28

Puasa gak menghalangi kita untk olahraga ya mbak cuma harus diatur aja waktunya supaya tetap sehat. Unik juga ya buka bersama FWD ini secara online &dapet vocer untuk menu berbukanya

Reply Delete
Avatar
Lidya Fitrian 17/05/20, 10.38

smeinggu aku gak olahraga nih padahal pas gak puasa, gak tau bawaannya kalau lagi haid malah jadi malesn hehehe

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti 17/05/20, 12.35

Iya seru gitu ya olahraga online bareng dengan FWD. Asyik banget lah bisa dapetin voucher untuk berbuka juga.

Reply Delete
Avatar
Kanianingsih 15/05/20, 05.50

Kegiatan yg bagus banget untuk saling menolong selama masa pandemi. BTW, kalo saya jarang olahraga nih. Tiap hr udah gerak terus ke dapur, ngasuh anak dll. Pdhl kayanya perlu juga ya olahraga yg beneran ya :D

Reply Delete
Avatar
Roy Vandi Tambunan 15/05/20, 08.45

Semenjak di terapkan nya untuk beraktifitas dirumah aja, tetap dong rajin olaraga dan menjaga inum tubuh agar pikiran tetap positif

Reply Delete
Avatar
Caroline Adenan 15/05/20, 09.22

Salut sama programnya FWD, tetap concern terhadap anak2 yg membutuhkan, terlebih lagi masa pandemi ini banyak orgtua yg terkena PHK ya.

Reply Delete
Avatar
blogger parenting 15/05/20, 12.12

Hiks mba, selama di rumah aja saya malah jarang berolahraga. Lebih banyak berjemur aja..

Reply Delete
Avatar
winda - dajourneys.com 15/05/20, 14.56

wah keren mba, berolah raga sambil berdonasi :) saya jujur jarang banget olah raga hahaaa

Reply Delete
Avatar
Mei 15/05/20, 14.59

aku masih tetep olahraga mba Lid, karena badannya memang harus dibawa olahraga terus, biasanya sama sore hari olahraganya, sudah punya gerakan rutin sih tiap hari tapi kadang kalau bosan ya liat di youtube atau ikutan live IG. Wah keren ya FWD semoga aksinya dapat membantu pemutusan penyebaran virus ini ya mba buat anak-anak yang membutuhkan

Reply Delete
Avatar
Reyne Raea 15/05/20, 20.17

Selama pandemi saya jarang olahraga sih, sok rempong hahaha.
tapi tetep usaha untuk gerak-gerak sehat meski nggak olahraga yang beneran olahraga.
Kalau dipikir-pikir, kerjaan di rumah juga sama dengan olahraga sih :)

Reply Delete
Avatar
Rey - reyneraea.com 16/05/20, 22.46

Btw keren banget ya bisa work out dengan Zeezee Shahab, salut deh sama para public figure yang mencintai dunia olahraga.

Reply Delete
Avatar
Diah Dwi Arti 15/05/20, 21.59

Saya masih belum rutin nih. Palingan senam tabata sama anak-anak. Itupun pas puasa mendadak pada males. Cuma si bungsu yg sigap ngejar-ngejar buat senam. Hehe...

Reply Delete
Avatar
Risa mutia 15/05/20, 22.08

Olahraganya saya sambil beresin rumah, hehe en main sama anak.

Reply Delete
Avatar
Lusi 15/05/20, 22.33

Duuuh udah nggak olahraga lagi nih sejak pandemi. Dulu olahragaku jalan2 muterin danau tiap habis ngantar anak kuliah. Harus ada gantinya nih karena merasa lemes & ngantuk melulu akhir2 ini.

Reply Delete
Avatar
Riawani Elyta 15/05/20, 23.15

jadi tertohok baca ini, selama bulan puasa hanya 1x olahraga hiks, mau buka malah sibuk di dapur hihi

Reply Delete
Avatar
Keke Naima 15/05/20, 23.31

Berolahraga memang penting banget. Kalau di keluarga saya tuh Keke yang paling rutin olahraga. Tersaat saat sedang puasa

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi 16/05/20, 00.46

Ingat kitabisa aku jadi ingat dr. Tirta yang sangat masif menyuarakan pentingnya mencuci tangan, menjaga kebersihan hingga menjelaskan dengan bahasa yang mudah mengenai bahaya Covid-19.

Semoga kita semua selalu sehat dan bugar.

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi 17/05/20, 11.24

Olahraga agar tubuh tetap bugar di masa pandemi.
Dan paling happy kalau olahraganya rame-rame, walau hanya via online.

Reply Delete
Avatar
Lia Yuliani 16/05/20, 03.19

Selama di rumah aja jarang banget olahraga,kudunya disempetin, ya. Kalau jelang buka jam 16.30 biasanya saya sibuk nyiapin takjil plus menu buka.

Reply Delete
Avatar
Demia 16/05/20, 05.02

walaupun di bulan ramadhan, olahraga itu kegiatan wajib sehari hari donk yaa,a bisa nyempetin pas sekalian sambil berjemur nih hehehe

Reply Delete
Avatar
Tetty Hermawati 16/05/20, 06.23

akuuuu jadi jarang olah raga nih selama corona, pengennya sih lari tapi kan ga mungkin, iya ah aku nyari video buat workout d rmh, makasih inspirasinya ummi

Reply Delete
Avatar
Ruli retno 16/05/20, 06.35

Keren banget sih mbak fwd ini, ibaratnya kalo nolong tu gak tanggung2, bener2 di pikirkan dan menyeluruh gitu

Reply Delete
Avatar
Indah Julianti br Sibarani 16/05/20, 09.49

FWD ini konsen banget ya sama masalah kesehatan. Sesuai misi dan visinya ya.
Ku udah beberapa kali ikutan olahraga via Instagram, lumayan lah buat gerak badan, karena nggak bisa ke luar rumah.

Reply Delete
Avatar
Apura 16/05/20, 12.49

Aku selama WFH ini olahraga mengandalkan YouTube sebagai gurunya. Yaa senam SKJ aja deh sekitar 15 menit. Agar tetap sehat. Keren juga nih FWD concern terhadap kesehatan.

Reply Delete
Avatar
Dewi Rieka 16/05/20, 12.58

Wah bagus nih programnya FWD ya Mbak membantu sesama yang membutuhkan, aku olahraga bareng bocah di rumah biasanya ngikutin acara workout tv kabel atau main bulu tangkis hehe

Reply Delete
Avatar
S. Fauzia 16/05/20, 16.09

Mantap betul mba. Jujur aku ini jadi kurang gerak deh gara-gara di rumah aja. Padahal bisa banyak macamnya ya olah raga ringan yang bisa dilakuin di rumah. Kayaknya perlu dicoba nih workout sama FWD.

Reply Delete
Avatar
Larasatinesa 16/05/20, 17.33

Aku selama di rumah baru workout sekali lewat panduan aplikasi. Seringnya malah kejar-kejaran sama kocheng.. mayan keringetan. 🤣

Reply Delete
Avatar
Widyanti Yuliandari 16/05/20, 19.34

Yang suka mager, libur oleh raga alasan puasa kayak Aku, jadi ketabok nih Mbak. Wkwkwk. Berfaedah banget yaaa

Reply Delete
Avatar
Indah Nuria Savitri 16/05/20, 20.44

Aku workoutnya ngga heboh - heboh dan mostly stretching menjelang buka juga mbaa

Reply Delete
Avatar
Gioveny 16/05/20, 22.08

Asli sih niat untuk olahraga saat puasa tuh memang harus dikencengin banget ya kak. Suka banyak alesan aku tuh

Reply Delete
Avatar
Sara Neyrhiza 16/05/20, 22.29

aku yang rajin lari, jujur aja selama pandemi dan puasa males banget olahraga. Kaya tenaga udah habis buat ngurusi kerjaan dan kerjaan rumah. Berasa lenganku gelambir lagi nih

Reply Delete
Avatar
Dewi Sulistiawaty 16/05/20, 23.03

Jadi pas puasa dan juga selama di rumah aja, bisa lakukan olahraga yang ringan aja di rumah ya Mba. Kalo aku biasanya olahraga yang nyaman aja Mba hehe

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti 16/05/20, 23.14

Boleh juga nih dicoba workout jelang buka puasa. Semoga aja enggak numpuk-numpuk dengan keriwehan menyiapkan menu buka puasa ya mba. :))

Reply Delete
Avatar
Ririe 16/05/20, 23.32

Cara yang jitu dan aman di saat pandemi ini, tetap olah raga dengan instruktur"online", dari YT atau video senam lainnya. (dapat reminder ini, sejak masa pandemi aktifitas olah raga mengalami penurunan drastis. harus lebih concern lagi untuk menambah aktivitas fisik, terlebih banyak WFH )

Reply Delete
Avatar
Melissa Olivia 16/05/20, 23.33

Di rumah olahraganya ngejar2 anak biar ga melakukan tindakan berbahaya 😅😅😅

Reply Delete
Avatar
Arda Sitepu 16/05/20, 23.39

Selalu berolahraga di masa pandemi ini mampu menjaga kebugaran tubuh demi tercapainya kesehatan ya mbak. Btw acara ini keren banget apalagi sebagai perantara bantuan untuk SOS Children Village, semoga kita juga dapat menjadi para donaturnya ya mbak.

Reply Delete
Avatar
Indah Nuria Savitri 16/05/20, 23.44

Aku berusaha istiqomah olahraga sih mba..tapi kadang beberes rumah dan turun naik tangga aja udah keringatan bangeet hehehe

Reply Delete
Avatar
Nchie Hanie 17/05/20, 02.02

Beneran nih olah raga wajib banget. Aku sukanya yoga healing Maak, rutin tiap hari, alhamdulillah membantu diri untuk sehat jiwa raga. Btw ku salut program olahraga bareng FWD ini, tetep yaa meski puasa gerakan badanmu sambil berdonasi.

Reply Delete
Avatar
Yuni Handono 17/05/20, 02.05

Dulu pernah ikut acara SOS Children Village yang keren ini mbak....kalau lihat anak-anak yang butuh dukungan seperti ini rasanya tergerak ya untuk membantu mereka... terlebih disaat pandemi seperti sekarang. Bersyukur ada FWD yang selalu support bantuan untuk anak-anak yang membutuhkan. Dan benar banget meski di rumah saja masih ada banyak cara untuk tetap bugar. Aku pengen nyobain workout nih kayaknya menjadi olahraga tantangan bagi aku hehehe...,

Reply Delete
Avatar
. 17/05/20, 02.07

Wadidawwww seru bangeeet ya bisa ikut Booty & Core lewat online bareng2 gitu. Keren banget ya, FWD bekerja sama dengan SOS Children’s Villages. Jadi anak2 masih bisa terhibur di kala pandemi ini berkat bantuan2 yg diberikannya...

Reply Delete
Avatar
Ranny 17/05/20, 10.36

Wah kegiatan olahraga selama puasa agak menurun klo saya. Hehehe ... Baru tau tentang FWD ini, salut juga dengan kegiatannya yang mengajak banyak orang untuk berbagi.

Reply Delete
Avatar
Rani Yulianty 17/05/20, 11.43

Wah asyik nih workout di rumah bareng FWD, selain sehat pastinya dapat banyak ilmu bermanfaat, programnya juga keren nih untuk menjaga anak-anak dari penyebaran virus coron

Reply Delete
Avatar
Eni Martini 17/05/20, 22.13

Aku selama corona olahraga jalan keliling kompleks, nyapu halaman, maculin rumput depan rumah. Keringetan habis haha. Btw fwd inovasinya bagus ya

Reply Delete
Avatar
Bundabiya.com 17/05/20, 22.16

Pasti seru workout bareng FWD ya mbak, lumayan mengobati karena sedang PSBB di Jakarta :D badan jadi sehat dan jadi lebih semangat

Reply Delete
Avatar
Noorma Fitriana M. Zain 17/05/20, 23.39

The more we share the more we get ya mba. Makin banyak yang membantu. Covid ssgera berakhir. Aamiin

Reply Delete
Avatar
Prita HW 17/05/20, 23.51

olahraga di rumah ini agak berat, banyakan magernya, haha. Btw, keren ya program2 FWD nya

Reply Delete
Avatar
Lubnah Lukman 18/05/20, 09.42

Aku terbantu juga dengan youtube, jadi bisa workout dari rumah, tapi biasanya gak dipersiapin sih mba, sambil lihatin anak-anak, dan waktu senggang yokkss pakaian seadanya lanjut workout hehehe

Reply Delete
Avatar
Tika Samosir 19/05/20, 05.30

Betul banget mba, meskipun puasa harus olahraga juga ya. Minimal 15 menit supaya meningkatkan kekebalan tubuh.

Reply Delete
Avatar
Dee_Arif 20/05/20, 08.51

Selama di rumah saja aku juga tetap olahraga...
Biasanya plank dan lari diatas treadmil

Reply Delete
Avatar
Meilia Wuryantati 22/05/20, 08.53

Olahraga memang dibutuhkan saat untuk menjaga kesehatan. Seru banget yah mba bisa olahraga live bareng2 gitu sama FWD. Makin semangat deh gerak nya

Reply Delete
Avatar
kartika 05/06/20, 03.57

Masyallah, seram banhet ya kalau lihat kenyataan mengani anak anak yang terpaksa dipisahkan dari orang tuanya. Semoga mereka cepat dipertemukan dan menjadi anak anak hebat semuanya

Reply Delete
Avatar
Diayu Refina Sembiring 16/06/20, 14.57

Menjaga kesehatan penting banget dimasa pandemic gini ya mba, olahraga di gym ga mungkin jadi bagus banget kalau bisa olahraga lihat video online

Reply Delete