Rabu, Mei 24, 2017

Paket Wisata ke Bandung Bersama Keluarga

Coba tebak, kota mana yang jaraknya dekat dengan Jakarta dan selalu menjadi destinasi liburan favorit? Pasti banyak yang menjawab Bandung. Saya juga termasuk salah satu yang senang dengan kota Bandung. Dulu sebelum nikah bahkan kerap bertugas ke Bandung. Setelah urusan pekerjaan selesai, kemudian dilanjutkan dengan menikmati kota kembang.

Sebelum bepergian, saya selalu mendiskusikan rencana tempat wisata yang akan dikunjungi. Kebetulan rencananya saat ke Bandung saya hanya berdua saja dengan Ayyas karena anggota keluarga yang lain tak bisa ikut. Nah karena berdua, saya pun menyiapkan beberapa rencana wisata di Bandung. Rencananya saya dan Ayyas hanya 2 hari 1 malam di Bandung.  
 
Traveling menggunakan pesawat

The Lodge Earthbound Adventure Park
Obyek wisata ini menjadi popler karena berada dengan pemandang hutan pinus sehingga menjadikan tempat ini menjadi spot favorit untuk berfoto dengan backround hutan pinus. Siapa yang tak tertarik?. Jika ingin naik sepeda layang, disini pun tersedia. Kalaupun lapar, ada restoran yang menarik da menawarkan harga terjangkau.

Tebing Keraton
Lokasi wisata ini saya baru tahu loh karena biasanya saya lebih memilih menikmati pemandangan kota di Bandung. Tebing Keraton ini berasal dari bahasa Sunda yang artinya Kegemahan Alam. Kawasan ini berada tepat di Dago Pakar sekitar 1200 mdpl. LOkasinya memiliki udara sangat dinggi dan kondisi jalan agak licin sehingga harus berhati-hati.  Untuk biaya masuk ke Tebing Keraton juga murah yakni hanya Rp 11.00. Untuk mau datang ke Tebing Keraton silakan datang pada pukul 05.00 hingga pukul 18.00 WIB. Kalau kesini juga nggak perlu kuatir karena sebagian besar jalan sudah di aspal sehingga bisa naik sampai ke atas Tebing keraton.  
 
Tebing Keraton. Sumber : Bintang.com
Kawah Putih Ciwidey
Setiap kali melihat orang yang berfoto disini, saya jadi ngiri bener. Soalnya beberapa kali melihat orang berkunjung ke sini selalu terlihat asik. Harga tiket masuk Rp 18 ribu. Datang ke Kawah Putih Ciwidey, pemandangannya amat sangat indah. Jadi tak heran, banyak yang menjadikan tempat ini untuk menjadi tempat foto prewedding.

Nah, setelah menentukan ketiga tempat wisata itu, saya kemudian beberapa hal yang harus dilakukan agar rencana liburan di Bandung berjalan lancar dan menyenangkan. Beberapa hal yang saya lakukan adalah :

Menyiapkan Barang yang Harus Dibawa
Saya selalu menyiapkan pakaian sesuai lamanya perjalanan. Misalnya untuk perjalanan dua hari satu malam, saya membawa satu celana panjang, satu baju tidur dan tiga baju ganti. Tapi untuk anak, saya selalu membawa dalam jumlah banyak. Jangan lupa untuk membawa jaket karena cuaca di kawasan Bandung sangat dingin. Saya lebih nyaman menggunakan sandal gunung dibandingkan sandal saja. Hindari mengunakan sepatu atau sandal ber-hak karena perjalanan lama tentu tak akan tersiksa.  


Menyiapkan budget liburan
Jangan anggap sepele budget liburan. Kalau anggap sepele, kuatirnya pas pulang malah duit habis nggak ada sama sekali untuk biaya hidup. Apalagi kalau harus berhutang. Ih, amit-amit deh. Nah, biasanya saya sebelum berangkat sudah menyiapkan berapa budget untuk libuarn. Termasuk untuk membeli oleh-oleh. Bagi saya, membeli oleh-oleh itu merupakan tanda kita juga membagikan kebahagiaan dengan orang lain. Termasuk sahabat dan keluarga. Saya lebih memilih membeli oleh-oleh khas daerah yang saya kunjungi dibandingkan belanja barang-barang branded yang diskon.

Menentukan budget penginapan dan transportasi
Biasanya saya kalau ke Bandung menggunakan kendaraan pribadi. Tapi itu kalau bersama suami. Tapi selama ini setiap kali ke Bandung selalu terjebak macet panjang yang sangat lama. Liburan yang diharapkan bisa menyenangkan tapi malah buat mood nggak bagus karena terjebak macet. Pakai mobil pribadi saja sudah seperti itu, apalagi kalau pakai mobil travel? Ah, kenapa tak sekali-sekali menggunakan pesawat dari Jakarta ke Bandung. Kalau tak ingin macet dan perjalanan ditempuh dengan jarak dekat, pesawat bisa menjadi pilihan. Tapi kendalanya, selama ini, mencari tiket pesawat menghabiskan banyak waktu. Kita harus membanding-bandingkan harga antara satu maskapai dengan maskapai lain untuk mendapatkan harga terbaik.
 
Naik pesawat yuk ke Bandung

Itu baru mencari pesawat. Untuk membeli hotel juga mengalami masalah yang hampir sama. Hotel yang dicari adalah hotel yang menawarkan harga terbaik dengan pelayanan terbaik. Namun proses pembanding-membandingkan harga teryata memang menghabiskan waktu.

Nah setelah lihat dan membanding-bandingkan, saya tahu bahwa Traveloka telah membuka pemesanan tiket dan hotel sebagai satu paket. Wah keren banget ya. Akhirnya saya pun tak sabar untuk memesan paket wisata traveloka tiket dan hotel agar tak menghabiskan waktu.
 
Sumber : traveloka.com
Saya langsung memesan tiket pesawat untuk berdua ke Bandung dan memesan hotel untuk menginap di hotel. Teryata prosesnya lebih mudah dan tak menghabiskan waktu. Tak lama, saya pun langsung membayar paket hotel dan pesawat yang telh saya belo. Teryaata, harganya juga lebih murah dibandingkan untuk memesan hotel dan pesawat secara terpisah. Asiik, kebayang nih uang lebihnya bisa digunakan untuk menambah budget oleh-oleh buat keluarga dan teman.

Teman ingin mencoba?
Yuk bisa langsung mencoba dan dapatkan langsung keuntungan seperti yang saya peroleh. Pas banget kan menghabiskan waktu lebaran dengan keluarga tercinta menggunakan paket wisata Traveloka.




Wulansari Rach Alida Bahaweres

Seorang Ummi, istri, jurnalis dan blogger. Aktif menulis dan memberikan pelatihan menulis. Kontak kerjasama ke @lidbahaweres dan lidbahaweres@yahoo.com. Twitter dan instagram : @lidbahaweres. Terima kasih

32 komentar:

  1. sebagai warga Bandung coret aku merasa gagal mba karena aku belum pernah ke tempat keceh kek gitu hahahaha..
    penasaran pengen cuman males klo macet makanya kita diem aja dah dirumah :p
    mesti dicoba juga buat rekan2 yang mau ke Bandung pake Traveloka y mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayook pergilah kesana sambil ajak-ajak aku Bundaaa :p

      Hapus
  2. Aku kira td yg 11 itu jam 11. Ternyata harganya ya 11rb. Murah banget ya

    BalasHapus
  3. Saya kalo ke hutan pinus bandung biasanya di Tahura
    Agak segen juga klo pas libur panjang. jalannya pasti pdt sangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh aku malah belum pernah ke Tahura nih mbaa

      Hapus
  4. Sudah lama sepertinya saya tidak berkunjung ke Bandung, paling ke Bandung cuma ketemu buat meeting aja. Pengen gitu liburan disana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menyenangkan sekali mba liburn di Bandung. Obyek wisatanya banyak :)

      Hapus
  5. ya Allah Bandung memang kece ya...tak salah dari dulu pengeeen sekali ke Bandung, tapi belum kesampaian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga suatu saat kesampaian ya mba Rika :)

      Hapus
  6. Aku belum nih ke tebing keraton, ngenes banget mbak hiks.
    Ayo mbak kalau ke Bandung, bareng yuks ke sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku malah pengen ke Bukit Mako yang waktu itu mba Yasinta tulis :)

      Hapus
  7. ini butuh bnaget infohnya buat aku yang rencanya in sya Allah November mau ke Bandung

    BalasHapus
  8. belum pernah ke bandung. Insyaallah smoga bisa ke sana, catat dulu deh tmpat2 wisatanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Smoga kesampaian y mba bisa ke Bandung :)

      Hapus
  9. Dari Jakarta kw Bandung naik pesawat apa gak kelamaan nunggu di bandaranya, mba?
    Tapi asiikk juga siih...sekarang tiap bandara ada kids cornernya.
    Anak-anak bisa main, emaknya nongkrong di Periplus. Hahhaa....indahnya~~


    raveloka jagoan kalo soal kasih diskon. Kami sering banget pake Traveloka.
    Bukan suka traveling, tapi karena tuntutan pekerjaan suami yang mesti sering-sering pergi.
    Terima kasih traveloka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa kan bisa menikmati perjalanan mba. Ya alternatif lain kalau nggak mau macet jalanan mba. HIhihi

      Hapus
  10. Saya pikir Bogor atau Cianjur. Coba lihat itu di Puncak. Selalu macet dan padat sama kendaraan leter B kan kalau liburan...
    Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Padat banget ya Teh kalau yang ke kota kota buat liburan

      Hapus
  11. Wuah jadi pengin liburan ke Bandung bersama keluarga. Belum pernah ke sana.

    BalasHapus
  12. Kangen nih dengan kawah putih ciwidey. Sudah lama banget nggak kesana kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku malah belum pernah ke Ciwidey sama sekali mas :(

      Hapus
  13. Aku ke Bandung pengen lagi Mbk. Dulu cuma mampir sebentar aja karena mau ziarah makan saudara kakak ipar. Semoga bisa ke Bandung suatu hari kelak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamin mba. Smoga kelak bisa mampir yaaa

      Hapus
  14. Aku dua kali ke Lembang tapi belum pernah benar2 ke Bandung, ajakin aku ke sana donk mbaaaakkk hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku ajakin sekalian satu keluarga tambah sodaramu di Surabaya ya mba :p

      Hapus
  15. LEbih enak emang kalo manfaatin paket wisata, jadi ga perlu repot dan bingung destinasi dan juga penginapan hehe :D

    BalasHapus