Rekomendasi Permainan Memasak untuk Anak

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Rekomendasi Permainan Memasak untuk Anak

Jelang libur sekolah, tentunya orangtua ingin menghabiskan waktu bersama anak. Ada yang mungkin memilih menghabiskan waktu keluar kota bersama anak saat libur sekolah. Tapi banyak juga yang memilih untuk lebih banyak menghabiskan waktu di rumah saja bersama anak. 

Kalau yang memutuskan keluar kota bersama anak saat libur sekolah tentunya harus persiapkan jauh-jauh hari apa saja yang dibutuhkan. Misalnya dana, penginapan, akomodasi dan lain-lain. Tapi kalau memutuskan untuk tidak keluar kota, bisa juga mengunjungi tempat wisata di dalam kota atau lebih banyak menghabiskan waktu di rumah dengan bermain berbagai permainan termasuk permainan memasak untuk anak. 


Ngomong-ngomong soal permainan memasak untuk anak, teryata ini tak hanya sekedar permainan tapi ada banyak manfaat. Dengan melakukan permainan memasak, anak jadi belajar kreatif. Memasak membuat anak kreatif misalnya menata makanan di piring, hingga kreatif menambahkan bahan masakan atau bahan-bahan yang menambah cita rasa masakan. Permainan memasak ini juga mengasah anak untuk belajar berhitung. Misalnya menghitung berapa takaran bahan-bahan makanan di suatu menu masakan. 

Manfaat permainan memasak ini juga membuat anak menjadi belajar managemen waktu. Karena di permainan memasak biasanya ada durasi penyelesaian memasak. Sehingga dengan melakukan permainan memasak maka anak pun jadi tahu pengaturan waktu agar dapat menyelesaikan tepat waktu. 
Melakukan permainan memasak juga membuat kosakata anak bertambah. Misalnya anak jadi semakin tahu apa saja sayur sayuran, buah-buahan hingga bumbu masakan. Anak ketika melakukan permainan memasak juga belajar mempelajari warna karena di permainan memasak ini penuh warna. 



Bukankah belajar sambil bermain adalah sesuatu yang menyenangkan ? 

Permainan memasak jaman dulu tuh identik dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada untuk diolah menjadi masakan atau bahkan disulap menjadi kompor atau bahkan wajan. Kok bisa ? Misalnya dengan membuat tungku sederhana dari serabut kelapa yang dibakar. Ada juga memaksimalkan daun pisang sebagai piring untuk mensajikan masakan. 

Kemudian ada juga yang menjual alat masakan untuk dijadikan permainan memasak untuk anak-anak. Nah biasanya anak-anak menggunakan alat permainan memasak ini untuk bermain masak-memasak bersama teman-temannya. 


Kini, jaman telah berbeda. Permainan masak-memasak kini juga bisa dilakukan melalui permainan online. Dan tentunya dengan adanya permainan online ini, bisa dilakukan olehanak-anak.  Nah, permaianan memasak ini bisa dilakukan secara online melalui https://www.culinaryschools.org/kids-games/ . Permainan online ini telah didirikan sejak tahun 2007 dan pada tahun 2024 telah dilakukan penambahan beberapa permainan. 

Di Culinary School ini, ada beberapa kategori yang bisa dipilih yakni permainan edukasi memasak, penyajian makanan,  hingga permainan menyenangkan lainnya yang bertema masak-memasak. Untuk kategori Cooking and Kitchen Work ini misalnya ada permainan berjudul The Boiled Work alias merebus telur. Cara bermainnya adalah para pemain harus merebus telur dalam beberapa panci berbeda secara bersamaan dengan melacak suhu panci berbeda dan menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan. Permainan merebus telur ini cukup sederhana namn satu sisi menunjukkan bagaimana seseorang yang bekerja di dapur harus mencatat banyak hal selama masa sibuk. 

Kalau ingin mencoba latihan bekerja di restauran bisa mencoba permainan Burger Shop. Jadi permainan ini adalah permaian simulasi restoran yang menyajikan hamburger atau burger keju kepada pelanggan yang sesuai dengan pesanan mereka. 

Permainan ini dimulai dengan nampan lalu membuat bahan-bahan yang diminta pelanggan sesuai dengan urutan yang benar dari atas ke bawah. Jadi pesanan harus benar dan tepat. Nah setelah menyelesaikan pesanan maka pelanggan akan melakukan pembayaran. Jika menyelesaikan satu tahapan, maka akan ada penambahan-penambahan lainnya dalam penyajian makanan itu misalnya menambah bumbu tertentu, kentang goreng hingga menambah donat untuk makanan yang disajikan bersama burger. 

Penggemar SpongeBob seperti saya pasti senang ada permainan berjudul SpongeBob SquarePants Krabby Patty Crisis. Permainan ini adalah permainan menembakkan makanan ke pelanggan sebelum pelanggan mencapai counter. Gunakan tombol panah kiri dan kanan untuk bergerak ke kiri atau kanan. Untuk menembakkan makanan, gunakan spasi. Sedangkan jika ingin mengambil lebih banyak burger maka berpindah ke tepi kiri atau kanan. 

Nah, itulah beberapa permainan memasak yang bisa dilakukan anak untuk menambah ilmu sekaligus belajar. Ada yang sudah pernah mencoba memainkan aneka permainan memasak di Culinary School? 


18 komentar

Avatar
Susi Susilawati 23/05/24, 20.01

Anak saya dua - duanya cewek dan sejauh ini baru main masak - masakan versi mainan :D Sepertinya harus coba ya versi gamenya :)

Reply Delete
Avatar
rejekingalir.com 24/05/24, 06.48

pastinya jadi permainan yang nggak hanya menghibur tapi ada edukasinya juga ya mbak buat si kecil. Mereka bisa mengenal soal per-dapur-an dengan cara yang asik ya

Reply Delete
Avatar
Armita 24/05/24, 08.59

Baru tau ada main masak-masakan di Culinary Schools, pas banget salah satu anakku ada yang suka masak-masakan. Cuss ah kasih tau dia

Reply Delete
Avatar
Andiyani Achmad 24/05/24, 10.04

menjelang libur sekolah memang biasanya orangtua paling sibuk dalam menyusun rencana liburan ataupun permainan dan aktivitas yang bisa dilakukan oleh anak2 biar gak bosen

Reply Delete
Avatar
Dian Restu Agustina 24/05/24, 11.43

Iyes, belajar sambil bermain tentu akan lebih menyenangkan. Maka permainan memasak untuk anak seperti aneka game dalam culinaryshool ini pas jadi pilihan untuk edukasi memasak anak

Reply Delete
Avatar
Helenamantra 25/05/24, 05.57

aku juga main gim di culinary school, favorit main dengan anak-anak ya game watermelon. Seru dan greget, belum bisa pecahkan high score, hahah... mengisi liburan sambil main gim di sini asik!

Reply Delete
Avatar
Lia Yuliani 25/05/24, 07.47

Seneng ada Culinary Schools ya, Mba, jadi anak-anak bisa belajar tentang kuliner dari permainan ini. Belajar tentang kuliner jadi makin menyenangkan

Reply Delete
Avatar
Lala 25/05/24, 08.20

Belum pernah memainkan Culinary School, ternyata sangat menarik banget ya. Aku sih yakin anak-anak bakalan suka, terpenting bukan hanya bermain, anak-anak bisa sambil belajar 🤩 Seperti konsep kurikulum jaman now, bermain sambil belajar lebih efektif dan diingat sama anak-anak. Semangat membersamai anak selama liburan

Reply Delete
Avatar
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) 25/05/24, 11.25

Kalau permainan masak-masakan gini sih aku juga suka maketu, wakakaka... Apalagi untuk menjadi teman untuk menunggu gitu ya. Permainan masak-masakan gini juga bisa jadi permainan edukasi untuk anak ya.

Reply Delete
Avatar
duniaeni.com 25/05/24, 12.47

Abang Pendar waktu itu mainin gamenya nih dan seru memang, Umi. Aku juga sudah coba yang merebus telur itu wkwkwk. Aduh salah mulu, yang kepanasanlah.. Seru pokoknya

Reply Delete
Avatar
Molzania 25/05/24, 13.01

molly yang udah dewasa aja masih suka main games masak2an. sekalian sambil nostalgia masa kecil

Reply Delete
Avatar
tantiamelia.com 25/05/24, 15.23

Anak-anakku juga sebenernya senang memasak, berhubung ortunya rada protektif jadi ya dilarang terus hihihi...
sayang ya jaman dulu belum ada permainan masak masakan beneran kayak gini

Reply Delete
Avatar
Dee_Arif 25/05/24, 17.37

Aku punya dua anak perempuan, mereka suka main masak-masakan
Sekarang main masak-masakannya bisa melalui berbagai game yang ada di Culinary Schools ini

Reply Delete
Avatar
Tian Lustiana 25/05/24, 19.52

Aku juga suka banget loh main di culinary school, asik permainannya.

Reply Delete
Avatar
lendyagassi 25/05/24, 20.38

Memasak selain membutuhkan bahan juga membutuhkan urutan yang benar agar jadinya sesuai dengan keinginan. Suka banget main di Culinary School yang menginspirasi anak bahwa kalau ingin makan aja... kudu ada proses yang harus diikuti.

Reply Delete
Avatar
Adriana Dian 25/05/24, 23.34

Anak cewe biasanya suka bih mainan masak-masakan, nggak cuma anak kecil aja sih, sebagai roang dewasa aku juga suka main masak-masakan.. hihii

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti 26/05/24, 09.10

Klo permainan masak memasak gini sih saya aja suka mbak heheee.. dulu gemar banget nyobain aneka permainan time management, termasuk yang masak2 gini. Boleh juga nih cobain culinary school ini.

Reply Delete
Avatar
Fajarwalker.com 01/06/24, 08.44

Aku udah coba gamenya seru juga ya.. Simpel dan ringan di browser.
Dulu mah game gini pakenya Flash, tapi sekarang udah berubah jadi HTML5.

Reply Delete