10 Pelajaran Hidup di Buku Make Your Bed

Bagaimana caranya revolusi diri dimulai dari merapikan tempat tidur? Buku Make Your Bed mengulasnya dengan apik.

10 Pelajaran Hidup di Buku Make Your Bed


Sejak awal membaca tulisan di buku Make Your Bed karya William H. McRaven ini, saya langsung jatuh hati. Apa yang ditulisnya mampu teraplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Semuanya dimulai dari sesuatu yang sederhana. 


Sesuatu yang diawali dengan merapikan tempat tidur. Mungkin teman-teman yang membaca tulisan ini akan bertanya-tanya, “Bagaimana caranya melakukan revolusi diri dimulai dengan merapikan tempat tidur?”. Sebelum saya bahas detail buku buku yang dinobatkan sebagai #1 New York Times Bestseller ini, kata pengantar Ade Rai bisa membuka sudut pandang. 


make your bed


Binaragawan Indonesia ini, mengaitkan apa yang dilakukan selama ini sesuai dengan buku yang ditulis oleh McRaven. Ade yakin bahwa apa dia lakukan memiliki investasi masa depan dan ini dilakukan dari hal-hal sederhana seperti menjaga ketat apa yang dimakan, waktu istirahat hingga mengelola segala distraksi yang dihadapinya.

Kedisiplinan yang dilakukan diyakininya akan membantu hidup menjadi lebih nyaman. Dan perilaku yang dilakukan secara terus menerus akan menjadi suatu kebiasaan dan kebiasaan akan menjadi karakter. Karakter akan menjadi sebuah identitas yang disebut repetition is the mother of skill


Siapakah William H. McRaven? Lahir di Pinehurst, Calonia Utara merupakan lulusan terbaik di bidang jurnalistik yang kemudian melanjutkan sekolah di Pascasarjana Angkatan Laut. Ia menjadi Komandan Navy SEAL di tahun 1999-2001. Setelah pensiun sebagai Laksamana bintang empat, di tahun 2014, setahun kemudian ia menjadi Rektor University of Texas. Buku Make Your Bed ini diterbitkan pertama kali pada tahun 2017 dan telah mendapat beragam penghargaan. 


Total ada empat penghargaan yang diperoleh buku Make Your Bed yakni : 

  • Axiom Business Book Award 2018 kategori ‘Personal Succes’ 
  • Bestseller The New York Times dan Wall Street Journal 
  • Nautilus Book Award 2017 kategori ‘Personal Growth & Self-Help’ 
  • Audie Award 2018 kategori ‘Best Narration by The Author of Authors 


Bagaimana buku Make Your Bed bisa memunculkan revolusi diri yang dimulai dari merapikan tempat tidur ? Apa yang ditulis ini berdasarkan pengalaman hidupnya mulai dari saat mengikuti pelatihan dasar SEAL. Selama pelatihan, pemeriksaan detail bahkan dilakukan pada tempat tidur. Mulai dari bentuk lipatan selimu hingga penempatan bantal yang harus membentuk garis potong besudut 90 derajat dengan selimut di ujung tempat tidur. Standar ini harus diterapkan karena jika tidak hukuman direndam di laut, berguling-guling di pantai harus dilakukan. 


make your bed
Sumber : pixabay.com

Tugas ini terkesan sederhana namun penting dan harus dikerjakan dengan benar setiap harinya. Tugas yang menunjukkan kedisiplinan pada hal-hal detil dan kecil dan memunculkan kebanggan jika bisa dilakukan dengan benar dan tepat. 


Pelajaran-pelajaran Hidup untuk Sehari-hari


Sikap yang mementingkan kebersihan dan kerapihan ini berlaku pada setiap aspek. Tak hanya di dunia militer saja. Namun McRaven menuliskannya di buku ini berdasarkan karirnya di dunia militer. 


Buku ini memuat 10 pelajaran hidup yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Kesepuluh pelajaran hidup ini dibahas per point dalam buku ini. Apa saja sepuluh pelajaran hidup yang dimaksud : 

  • Awali hari dengan menuntaskan tugas
  • Anda tidak bisa melakukannya sendiri 
  • Yang terpenting adalah seberapa lapang hati anda 
  • Hidup terkadang tidak adil, tapi teruslah melangkah 
  • Kegagalan menjadikan anda lebih kuat 
  • Anda harus menjadi si pemberani 
  • Lawan para perundung
  • Lakukan yang terbaik 
  • Bangkitkan semangat orang lain 
  • Jangan pernah menyerah 


Saya akan membahas beberapa inti dari pelajaran hidup yang dimaksud. Pelajaran pertama tentang tak bisa melakukannya sendiri, menunjukkan seberapa kuat dan berasa mampu atas apapun, adakalanya membutuhkan bantuan orang lain. Seperti yang dialaminya saat mengalami cidera berat kala terjun payung. 


Walaupun selama dua puluh lima tahun pernah menjadi pemimpin pasukan SEAL di wilayah Pantai Barat Amerika Serikat, ia pernah tak berdaya dan selama lebih dari dua bulan hidupnya di tempat tidur karena kecelakaan fatal itu. Hidupnya harus dibantu sang istri hingga kolega-kolega yang datang memberikan semangat untuknya berjuang untuk tetap hidup dan berkarya. 


Apakah kegagalan membuat diri kemudian hancur untuk selamanya ? Dalam buku ini disebutkan, pelajaran hidup tentang kegagalan membuktikan bahwa kegagalan malah teryata bisa membuat diri menjadi lebih kuat. Bagaimana bisa ? Ia menceritakan pengalamannya pernah diberhentikan dari tim karena mencoba mengubah tata tertib, metode pelatihan hingga pendekatan tim. 


Setelah dikeluarkan dari tim, ia diberikan kesempatan  bergabungan dengan tim SEAL yang lain. Namun selalu saja ada omongan bahwa ia telah gagal sehingga dia dihadapkan pada dua pilihan yakni keluar dari dunia militer atau membuktikan ia adalah perwira SEAL yang baik. Ia memilih yang kedua dan diberikan kesempatan memimpin peleton SEAL di luar negeri. Kerjakerasnya membuktikan bahwa ia mampu menjadi lebih baik kemudian membuatnya memimpin tim SEAL di wilayah Pantai Barat Amerika Serikat. 


Ia mengaku belajar dari kegagalan masa lalu yang kemudian menjadi termotivasi semakin kuat dan sekaligus membuktikan tak ada satupun yang bisa luput dari keselahan. 


Pelajaran-pelajaran hidup lainnya dibahas dengan bahasa yang mudah dipahami serta memberikan contoh dari apa yang dimaksud. Buku ini tidak hanya cocok dibaca di kalangan dunia militer tapi juga menjadi buku yang pas untuk semua kalangan, termasuk anak muda untuk selalu menjadi lebih baik. 


Buku yang diterjemahkan dan diterbitkan oleh Renebook pada Maret 2023 ini bisa menjadi panduan untuk melakukan kebiasaan-kebiasaan sederhana secara terus menerus untuk memperoleh hasil yang lebih baik di masa depan. Mengapa? Karena tak ada yang sia-sia jika kita melakukan sesuatu yang sederhana secara benar dan tepat serta terus-menerus. 

26 komentar

Avatar
Nanik nara 13/04/23, 09.35

Ya ampun sampai sedetail itu ya di Navy SEAL, posisi bantal dan selimut yang telah dilipat pun harus membentuk sudut yang presisi, dan kalau sudutnya nggak tepat dapat hukuman direndam di laut, dan berguling-guling di pantai.

Jadi penasaran pengen baca buku ini, apalagi telah memenangkan 4 penghargaan pula bukunya

Reply Delete
Avatar
nurul rahma 13/04/23, 12.08

widiiihhh ini filosofi yg lahir dari sosok luar biasa. takjub bgt 🙏 aku juga setuju dgn kalimat AdeRai✅

Reply Delete
Avatar
Cindy Vania 13/04/23, 22.22

baca sinopsis bukunya kok jd tertarik buat baca ya. aku mau coba cari ebooks di perpus dulu deh. kalau ga ada beli ebooksnya jg aja. nasib minim budget tp pengen baca >.<

Reply Delete
Avatar
tantiamelia.com 13/04/23, 23.31

Aku pernah dengar disiplin seperti itu di militer - di NAVY SEAL - plus nonton GI Jane yang bintangnya si cantik Demi Moore - duh kagum sama actingnya yang all out

Tambah kagum dengan para tentaranya - ternyata seberat itu mereka berjuang ya!

Reply Delete
Avatar
Nurul Fitri Fatkhani 14/04/23, 12.25

Memang ya, katanya kebiasaan baik yang terus dilakukan berulang-ulang itu akan menghasilkan sesuatu yang baik di masa depan. Meskipun kebiasaan kecil sekalipun.

Reply Delete
Avatar
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) 14/04/23, 18.28

Bener banget deh, memang kedisiplinan itu menjadi kunci hidup. Terutama kayak di kehidupan sehari-hari saja, di rumah misalnya. Menyelesaikan tugas tepat waktu dan tidak menundanya. Tapi aku biasanya merapikan kamar itu menunggu orang rumah sudah pada beraktivitas karena biar leluasa membersihkan rumah.

Reply Delete
Avatar
Okti Li 15/04/23, 00.50

Mendapatkan penghargaan itu tandanya buku ini menuai banyak prestasi. Penasaran pengen banget baca bukunya juga.
Semua nilai hidup yang dijabarkan dalam bukunya jadi saya ingat terus...
✓Awali hari dengan menuntaskan tugas
✓Anda tidak bisa melakukannya sendiri
✓Yang terpenting adalah seberapa lapang hati anda
✓Hidup terkadang tidak adil, tapi teruslah
melangkah
✓Kegagalan menjadikan anda lebih kuat
✓Anda harus menjadi si pemberani
✓Lawan para perundung
✓Lakukan yang terbaik
✓Bangkitkan semangat orang lain
✓Jangan pernah menyerah

Mantul...

Reply Delete
Avatar
Eri Udiyawati 15/04/23, 05.48

Merapikan tempat tidur meskipun hal sepele tapi bermanfaat luar biasa. Jadi inget jaman SMK dulu. Entah gurunya bercanda atau tidak, pas membaca tulisan muridnya yg tidak rapi, beliau berkomentar "Tulisanmu mencerminkan tempat tidurmu,"

Dsn memang benar, itu anak tidak pernah merapikan tempat tidur.

Hal sederhana yang terus dilakukan dengan tepat dan benar, maka hasilnya juga akan baik ya. Buku yg menginspirasi nih.

Reply Delete
Avatar
Istiana Sutanti 15/04/23, 08.30

Aku juga sering banget baca, kegagalan itu justru jadi batu pijakan supaya kita jadi lebih kuat dan jadi tambah semangat melakukan sesuatu. Jadi emang gak usah takut gagal ya. karena walaupun gagal mendapatkan yang kita inginkan, kita tetap akan mendapatkan pelajaran dari kegagaln itu.

Reply Delete
Avatar
Mutia Erlisa Karamoy 15/04/23, 09.08

Relate banget dengan cerita temanku saat SMA, di mana kami berasal dari SMP yang berbeda, di SMP-nya dulu buku harus disampul rapi dan ngak bolek lecek selama satu semester. Hal sederhana itu ternyata menjadi basic dari keahlian besar lainnya, bahkan berdampak jangka panjang membuat anak ketika dewasa kelak lebih teliti, detail, dan terbiasa rapi. Bagus nih bukunya, noted ah mau baca juga.

Reply Delete
Avatar
Antung apriana 15/04/23, 11.30

Wah bukunya menarik banget nih buat yang suka buku pengembangan diri kayaknya wajib baca bukunya ya, mbak

Reply Delete
Avatar
TIAN 15/04/23, 12.26

Kegagalan membuat kita makin kuat, jika kita ulik yah . Masya allah saya jadi penasaran ingin baca buku ini deh.

Reply Delete
Avatar
Indah Nuria Savitri 15/04/23, 13.49

sounds like a powerful book ya mba. Memang hal - hal sederhana ini yang justru membuat kita kuat dan banyak belajar dalam hidup

Reply Delete
Avatar
Gusti yeni 15/04/23, 14.04

Bukunyaa kereen aku membacanya jadi terbawa pesan2 yang disampaikan. Jadii pengen memiliki bukunya

Reply Delete
Avatar
Jiah Al Jafara 15/04/23, 18.27

Buku yang menarik. Nasihat pertama buat menuntaskan tugas. Kadang tuh masih pengen santai dan duduk manis dulu. Akhirnya nunda-nunda deh. Padahal ini kurang baik ya

Reply Delete
Avatar
Jiah Al Jafara 15/04/23, 18.28

Buku yang menarik. Nasihat pertama buat menuntaskan tugas. Kadang tuh masih pengen santai dan duduk manis dulu. Akhirnya nunda-nunda deh. Padahal ini kurang baik ya

Reply Delete
Avatar
Dee_Arif 15/04/23, 19.05

Wah, buku yang kaya inspirasi ya mbak
Buku pengembangan diri seperti ini membuat kita jadi semangat untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi

Reply Delete
Avatar
Lia Yuliani 15/04/23, 20.09

Bukunya bagus buat memotovasi Kita dalam menjalankan kehidupan. Kegagalan jangan sampai membuat terpuruk tapi jadikan pelajaran untuk masa yang akan datang

Reply Delete
Avatar
Dzulkhulaifah 15/04/23, 22.02

Sebagai makhluk sosial, meski sekuat apa pun kita tetap membutuhkan bantuan orang lain, ya. Jadi ya nggak apa-apa banget kalau kita butuh seseorang untuk membantu kita melakukan hal-hal yang sulit dilakukan sendiri. Suka dengan poin-poin pelajaran hidup yang menjadi inti buku ini.

Reply Delete
Avatar
Ida Raihan 15/04/23, 22.30

Sepertinya saya kudu baca buku ini, biar semangat beberes kamar di pagi hari.

Reply Delete
Avatar
April Hamsa 15/04/23, 23.14

Wah kyknya bagus nih bukunya untuk motivasi hidup.
Aku suka banget kondisi tempat tidur yang rapi soalnya bikin mood sebelum tidur membaik.
Btw iya ya sebelum tidur satu hari emang sebaiknya emnuntaskan tugas biar esoknya gk kepikiran2

Reply Delete
Avatar
Rahmah 'Suka Nulis' Chemist 15/04/23, 23.18

Wawasannya luas karena banyak buku
Jadi pengen baca juga isi buku ini
Siapa tahu bisa ambil insight

Reply Delete
Avatar
Gustinyemi 15/04/23, 23.59

Bukunyaa jadi pengen beli dan membacanya buat semangat diri sendiri disaat down

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti 16/04/23, 21.51

aku tim yg memang gatal kalau bangun pagi ga lgsg beresin kasur rasanya tuh ga enak kalau belum beberes hehehe..bagus ya ummi bukunya jadi pengen punya dan baca

Reply Delete
Avatar
Siti Hairul 20/04/23, 05.56

Bagus ini membawa hal2 yang bisa ditiru di dunia militer ke masyarakat awam. Tapi aku setuju sih memulai hari dg membersihkan tempat tidur dan membuatnya rapi itu mood booster untuk seharian lo

Reply Delete
Avatar
Adriana Dian 20/04/23, 18.35

Menarik banget nih mak kayanya buku mqke your Bed ini. Buku motivasi gitu ya maaaak.. mau coba cari di tokbuk online aaaaah

Reply Delete