Sejarah dan Aksesoris Hanbok, Pakaian Tradisional Korea

Hanbok, pakaian tradisional Korea memiliki makna. Penggunaan Hanbok ini makin lengkap dengan adanya aksesoris yang beragam.

Sejarah dan Aksesoris Hanbok, Pakaian Tradisional Korea


Penggemar drama Korea mana suaranya ? Saya tuh penggemar drama dan fim Korea. Walaupun hanya sekedar penonton setia tapi kegemaran nonton drama dan film Korea ini menyebar hingga ke suami dan anak-anak. Jadi, sering banget kami nonton film dan drama Korea di rumah. Nah secara tak sengaja, Sabtu, 17 Desember 2022 saya datang ke Lotte Shopping Avenue untuk mencari pakaian suami. Sekaligus juga mengantar anak ketemu sahabatnya di kawasan Tebet, Jakarta Selatan. 

Pas tiba di Main Atrium Lotte Shopping Avenue, saya baru ngeh kalau ada Pameran Foto, Pengalaman, Sejarah, Pembuatan Aksesoris Hanbok. Senang banget bisa melihat secara langsung Hanbook dan aksesoris yang selama ini lebih banyak saya lihat di film dan drama Korea.  


Kalau kita lihat drama Korea bertema kerajaan, tentu akan melihat pakaian serta aksesoris yang digunakan amat sangat lengkap, dan banyak aksesoris yang digunakan. Bahkan tak jarang, penggunaan Hanbok ini tidak dilakukan sendiri karena tak jarang dibantu orang lain. Kebayang kan juga ribetnya penggunaan Hanbok. Hanya saja, Hanbok ini bagus banget dan terkesan mewah dan elegan.

Apa itu Hanbok? Hanbok adalah pakaian khas Korea yang telah ada sejak 5000 tahun. Hanbok ini telah melalui berbagai perubahan mengikuti budaya, perkembangan jaman dan lainnya. Nah kalau membaca informasi yang ada di pameran Hanbok, Hanbok yang digunakan pada Dinasti Joseon.




Hanbok pria, berbeda dengan Hanbok perempuan. Kalau Hanbok perempuan terdiri dari celana dalaman, rok dalaman, rok luar, jeoksam (sejenis atasan tradisional Korea) yang digunakan sebagai dalaman, atasan, gaun, beoseon (kaos kaki tradisional Korea) serta sepatu.

Sedangkan Hanbok untuk pria terdiri atas celana, atasan, rompi dan gaun (iya, gaun). Hanbok ini menjadi daya tarik karena ada aksesoris. Dan tentu saja, aksesoris untuk perempuan berbeda dengan aksesoris untuk pria.

Kalau aksesoris Hanbok pria ada tali punggang dan daenim (tali untuk lipat kelim kaki celana), beoseon (kaos kaki tradisional pria) dan juga sepatu. Aksesoris yang digunakan saat menggunakan Hanbok untuk perempuan lebih rumit karena ada norigae (semacam hiasan Hanbok yang digantung) hingga bunga di belakang kepala dan lainnya.  

Hanbok yang paling sedehana bagi perempuan dan pria berbeda dan masing-masing memiliki nama. Kalau untuk pria ada baeja (rompi pendek yang dikenalkan pria baik tua atapun muda) dan baji (celana untuk laki-laki). Sedangkan untuk perempuan di bagian bawah menggunakan chima (pakaian bagian bawah untuk perempuan). Namun Hanbok pria dan perempuan ada kesamaan yakni adanya jeogori yakni pakaian atasan yang selalu digunakan pria dan perempuan usia tua ataupun muda.

Pakaian Tradisional Korea yang digunakan di Kerajaan Korea

Senangnya lagi di pameran ini kita juga bisa melihat pakaian yang digunakan oleh keluarga kerajaan. Jadi ada pakaian kerja yang digunakan pada raja-raja dinasti Joseon. Pakaian kerja yang berbahan sutra merah dan pola naga yang disulam dengan benang emas pada bagian dada, punggung  dan bahu ini disebut Gongryongpo.

Nah teryata, Gongryngpo ini tidak hanya digunakan raja saat upacara penting tapi juga untuk urusan sehari-hari dan bahkan melaksanakan perjalanan jarak dekat. Pakaian resmi ini, bahkan telah digunakan sejak tahun 1444.


Bagaimana dengan ratu ? Ratu menggunakan jubah seremonial yakni Wonsam. Bagian depan womsam ini lebih pendek di bagian depannya dan lengan bajunya melebar. Ada juga penutup tangan (hansam) yang lebar dijahit di ujung lengan. Untuk kegiatan sehari-hari, ratu punya pakaian yang berbeda yakni dangui. Dangui ini digunakan di atas jeogori selama Dinasti Joseon.

hanbok pakaian tradisional Korea

hanbok pakaian tradisional Korea


Aksesoris untuk Hanbok, Pakaian Tradisional Korea

Hanbok yang dikenakan ini akan semakin tampak mewah dan menarik dengan adanya aksesoris. Aksesoris yang saya maksud ini bukan seperti gelang, cincin, jam tangan. Tapi ada aksesoris khas yang digunakan dan memiliki kegunaan yang juga berbeda-beda. Apa saja aksesoris Hanbok ?

hanbok pakaian tradisional Korea





  • Unhye : alas kaki yang digunakan perempuan. Sering juga disebutkan sepatu bunga 
  • Taesahye : alas kaki laki-laki yang terbuta dari kulit atau potongan kain
  • Nambawi : topi musim dingin yang bisa digunakan semua orang dari segala umur
  • Jokdori topi yang dikenakan perempuan saat pernikahan
  • Gat : Topi yang dikenakan pria saat keluar atau ada upacara ritual
  • Galmo : topi yang dikenakan di atas gat ketika hujan atau salju yang berfungsi seperti payung
  • Sseugaechima : jubah panjang yang digunakan perempuan untuk menutup wajah saat pergi keluar
  • Gulle : topi anak-anak yang digunakan untuk meghalangi dingin atau menghiasi kepala
  • Beoseon : kaos kaki yang digunakan saat menggunakan Hanbok

Menarik sekali untuk mengetahui tentang Hanbok serta kebudayaan dan juga aksesoris yang dikenakan. Ada yang sudah menggunakan Hanbok lengkap dengan aksesorisnya ? 

Semoga pameran kebudayaan seperti ini tak hanya dilaksanakan dua hari yakni 16-17 Desember 2022 saja tapi juga kerap dilaksanakan dalam waktu lama. 

15 komentar

Avatar
bundayati.com 29/12/22, 20.36

Assalamualsikum my dear brilliant Alida. Bunda sangat mengagjmi pakaian traditionil Korea@, begitu indah, megah dan gemerlap. Begitu juga udah mulai suka draKor wlp seringkali kesal dengan kesulitan mengingat nama2 artis/aktornya tp terobati melihat kecantikan terutama kegantengan aktor2nya.

Reply Delete
Avatar
Dian Restu Agustina 29/12/22, 21.03

Hanbok perempuan memang terlihat banyak juga aksesorisnya lebih rame ya, cantik tapi...suka sekali saya lihat pakaian tradisional Korea yang ternyata punya sejarah yang menarik ini

Reply Delete
Avatar
Yayat 29/12/22, 21.23

hanbok itu ada ukuran-ukurannya kan ya mak... kebayang aku pake hanbok takut tenggelem hihi.. cuman cangtip banget perempuan kalo pake hanbok.. sayang euy kelewat jadwal pameran, padahal deket aku sama lotte

Reply Delete
Avatar
Andiyani Achmad 30/12/22, 09.11

pakaian tradisional Korea. Hanbok ingetin aku sama pakaian tradisional ada bugis hanya beda di tipe kain saja

Reply Delete
Avatar
Nanik nara 30/12/22, 10.23

Seneng ya mbak, bisa menyaksikan pameran hanbok ini. Saya pun turut senang karena mampir sini dan memperoleh informasi tentang hanbok.

Kesan saya, pakai hanbok ini ribet ya, pastinya mesti ada yang membantu untuk mengenakannya. Apalagi kalau ditambahkan asesorisnya. Tapi emang sih kalau lihat orang Korea mengenakan hanbok ini kelihatan elegan banget

Reply Delete
Avatar
Era Wijaya Sapamama 31/12/22, 01.47

20 tahun lalu, budaya Jepang happening di Indonesia dan semua orang pengen belajar dan pakai kimono. Sekarang masuk ke budaya korsel (hanbook). Semoga, kelak budaya pakaian kita bisa digemari juga di negara lain ya mba.

Reply Delete
Avatar
khairiah 31/12/22, 07.27

Wah detail banget penjelasannya, lihat hanbok langsung keinget drakor yang setting kerajaan. Pasti cantik banget kalau cewek-cewek pakai hanbok

Reply Delete
Avatar
Rosanna Simanjuntak 31/12/22, 08.22

Mengenakan Hanbok sudah ada dalam bucket list aku.
Tak harus menunggu travelling ke Korea sih.

Kalau ada destinasi nuansa Korea di Indonesia yang menyediakan kostum Hanbok dengan harga kompetitif, boleh tuh kayaknya dipertimbangkan.

Btw,
BuDir sudah pernah coba pakai Hanbok kah?

Reply Delete
Avatar
Eri Udiyawati 31/12/22, 08.27

Waduh waduh, senengnya bisa menghadiri pameran kebudayaan dari Korea. Ada baju hanbok ini. Jadi pengen nyobain saya. Dari bajunya aja udah cantik, apalagi kalau ditambah aksesories. Manis banget.

Reply Delete
Avatar
Dee_Arif 31/12/22, 10.35

Kalau suka nonton drama Korea genre Saeguk pasti akrab banget sama hanbok ini
Hanbok ini cantik cantik ya mbak
Aku kalau datang ke pameran seperti ini pasti betah

Reply Delete
Avatar
April Hamsa 31/12/22, 20.28

Yaaa sayang banget waktu pamerannya cuma dua hari ya, kok gak dibikin seminggu hehe. Cakep2 hanbook-nya. Ternyata banyak jenisnya Ada yang digunakan bangsawan ada yang buat rakyat jelata. Pas pameran ada persewaan kostum buat poto2 jg gk ya?

Reply Delete
Avatar
Lia Yuliani 31/12/22, 21.56

Senang ya kalau liat orang Korea pakai Hanbok, keliatan anggun dan elegan. Salah satu alasan seneng nonton drakor bertema kerajaan ya karena liat aktor ama aktrisnya pakai pakaian tradisonal Korea

Reply Delete
Avatar
Leyla Hana 31/12/22, 22.25

Seru banget nih nonton pameran sejarah hanbok. Apalagi aku suka drakor sejarah. Hanboknya cakep-cakep. Tapi itu yang dipakai bangsawan ya.

Reply Delete
Avatar
lendyagassi 31/12/22, 23.31

Cantiknyaaa~
Keanggunan orang Korea ketika menggunakan hanbok kerajaan dengan warna yang hanya dipakai Raja dan Ratu ini sangat menarik pun kelengkapannya. Pameran di Atrium Lotte Shopping Avenue ada term-nya ya, kak Lid?

Reply Delete
Avatar
andyhardiyanti 05/01/23, 15.17

Saya belum pernah pakai hanbok euy, lihat langsung aja belum pernah. Alhamdulillah jadi tahu lebih detail tentang hanbok ya dari tulisan ini. Ternyata ada banyak banget yaa printilannya.

Reply Delete