SLIDER

Menu Piring Gizi Seimbang untuk Keluarga


Hampir setiap malam, saya sekeluarga membiasakan diri makan malam bersama. Sambil menikmati makan malam, kami ngobrol tentang apa saja. Tentang keseharian di sekolah, kemacetan perjalanan hingga pekerjaan yang seolah tak ada habisnya. Melihat keluarga tertawa lepas sambil menceritakan kekonyolan-kekonyolan yang dialami seolah membuat penat saya hilang.

Ketika mereka menghabiskan makanan yang disajikan juga memberikan kebahagiaan buat saya. Menu makanan yang biasa saya sajikan kepada keluarga tak pernah berlebihan.

“Ummi masak apapun tak masalah. Asalkan jangan lupa tetap perhatikan gizi seimbang untuk keluarga,” kata Bapak suami.  
 
Menu makanan dengan gizi seimbang

Suami saya tahu bahwa saya awalnya termasuk orang yang makan sekedar makan agar kenyang. Nasi, ayam goreng dan sambal hampir selalu menjadi makanan sehari-hari saya. Sebetulnya bukan berarti saya tak tahu bahwa pemenuhan gizi seimbang itu sangat penting. Tapi semua itu terjadi karena saya malas, tak mau ribet.

Namun setelah menikah, secara perlahan-lahan pola makan yang keliru itu pun berubah. “Kan kita nggak mungkin beli makanan siap makan terus, Mi,” kata suami lagi. Saya kemudian memotivasi diri untuk mulai belajar banyak hal tentang menu makanan yang mengandung gizi seimbang.

Mengapa harus ada menu seimbang? Jadi, menu seimbang adalah menu yang terdiri dari beraneka ragam makanan dalam jumlah dan porsi yang sesuai sehingga memenuhi kebutuhan gizi seseorang. Dengan terpenuhinya menu seimbang, diharapkan dapat memelihara dan memperbaiki sel-sel tubuh dan proses kehidupan serta pertumbuhan dan perkembangan.

Satu hal yang harus diperhatikan, pemenuhan gizi setiap orang itu berbeda-beda karena tergantung usia, jenis kelamin dan aktivitas yang dilakukan. Misalnya, kebutuhan gizi anak-anak tentu berbeda dengan orang dewasa atau lansia.
 
Sumber : SO GOOD
Dalam tubuh, kebutuhan zat meliputi beberapa hal yakni :
Karbohidrat
Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh. Jumlah pemenuhan karbohidrat yang dibutuhkan tubuh dianjurkan sekitar 60%. Bahan makanan sumber karbohidrat meliputi padi, gandum, kentang, singkong, ubi jalar, roti dan lain-lain.
Protein
Pemenuhan protein dalam tubuh bisa diperoleh dari protein hewani (meliputi telur, daging, susu, keju, ikan, dan lain-lain) juga protein yang berasal dari tumbuh-tumbuhan yakni kacang-kacangan, biji-bijian, gandum, dan lain-lain. Protein ini sangat dibutuhkan dalam pembentukan dan pertumbuhan jaringan tubuh.
Lemak
Makanan sumber lemak berasal dari daging, telur, minyak jagung, minyak kacang, kedelai, ikan, susu dan lain-lain
Vitamin
Vitamin adalah zat yang tidak bisa diproduksi tubuh dan kebutuhan dalam tubuh pun sedikit. Namun mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin tetap saja sangat dianjurkan. Vitamin diperlukan untuk pertumbuhan, kekebalan tubuh, dan reproduksi.
Mineral
Mineral berfungsi sebagai bahan pembentuk berbagai jaringan tubuh, misalnya tulang dan gigi (Ca dan P), rambut, kuku, dan kulit (S), sel-sel darah merah (Fe). Mineral juga berfungsi untuk proses penggumpalan darah, metabolisme tubuh, mengatur keseimbangan keasaman cairan tubuh. Bila kita kekurangan mineral, tubuh dapat menderita penyakit defisiensi.
Air
Air sangat penting bagi tubuh sebab air berfungsi sebagai medium berbagai reaksi kimia dalam tubuh, mengangkut nutrisi ke berbagai jaringan, mengangkut sisa metabolisme keluar tubuh, dan sebagai pelarut senyawa-senyawa lainnya. Tubuh manusia mengandung air sekitar 60% – 65% dari berat tubuh.

Mengkonsumsi aneka ragam makanan juga sangat dianjurkan oleh Departemen Kesehatan RI. Keanekaragaman makanan adalah hidangan yang paling tidak terdiri dari 4 kelompok bahan makanan yaitu :
  • Satu jenis atau lebih karbohidrat 35% misalnya beras, jagung, gandum, ubi kayu, kentang, sagu, dan sebagainya.
  • Satu jenis atau lebih Protein 15% misalnya kacang-kacangan, tempe, tahu, telur, ikan, daging, dan sebagainya.
  • Satu jenis atau lebih makanan kelompok buah-buahan 15% + sayuran 35% sebagai sumber vitamin dan mineral misalnya buah pisang, apel, pepaya, jeruk, dan sebagainya. sayuran wortel, bayam, kangkung, dan sebagainya.

Pemenuhan protein jangan dianggap sebelah mata. Hal ini karena protein merupakan sumber energi, membantu meningkatkan massa otot, produksi hormon, serta membangun, memelihara, dan mengganti jaringan tubuh yang rusak.

Salah satu sumber protein yang sangat disukai keluarga saya adalah ayam dan aneka olahan ayam. Pilihan untuk membeli ayam kini semakin mudah karena hadirnya SO GOOD. Mengapa SO GOOD?
 
SO GOOD Kesukaan saya sekeluarga
Enak dan kaya protein
Hampir semua produk SO GOOD telah saya coba dan rasanya emang benar-benar enak. So Good diolah dari bahan-bahan berkualitas terbaik dan diproses dengan teknologi tinggi untuk memastikan rasa yang enak dan kualitas gizi protein yang terjaga utuh saat dihidangkan.

Praktis dan higienis
Seluruh produk So Good diolah dan dikemas dengan teknologi tinggi untuk meminimalisir kontaminasi, sehingga kehigienisan terjaga. SO GOOD juga sangat praktis sehingga memudahkan saya untuk memasak

Hasil karya inovasi dan Terjaga Kualitasnya
So Good berkomitmen untuk selalu berinovasi dalam menghasilkan produk-produk daging olahan dengan rasa yang enak serta mengandung gizi protein yang baik untuk mencukupi kebutuhan gizi seimbang keluarga Indonesia. Produk So Good melewati proses pemasakan hingga suhu 170° C selama tidak kurang dari 3 menit, langsung dibekukan cepat menggunakan teknologi IQF untuk menjamin kesegaran, kelezatan, dan nutrisi kandungan produknya.

Pemenuhan gizi seimbang pun saya lakukan dengan mencari menu-menu makanan yang praktis untuk di olah. Biasanya saya browsing di internet atau membeli tabloid yang memberikan resep-resep masakan kesukaan. Aneka resep-resep yang saya peroleh kemudian saya praktekkan untuk dimasak.
 
SO GOOD selalu tersedia di kulkas
“Jangan lupa ya Ummi. Menu makanannya harus memenuhi gizi seimbang,” kata  Bapak suami mengulang-ngulang kalimat pamungkasnya.
“Iya Ummi tahu. Kan Bapak udah sering bilang,” kata saya.

Tapi suami saya tak sekedar memberikan saran. Tapi sesekali ia pun turun ke dapur untuk  bergantian masak dengan saya. Semuanya ia lakukan tanpa paksaan dan karena memasak termasuk favoritnya.

Teman saya pernah heran ketika saya mengatakan saya selalu masak walaupun saya adalah seorang ibu bekerja. “Apa kamu nggak kerepotan,” katanya. Kalau dibilang nggak kerepotan ya nggak juga. Kadang saya merasa repot tapi dengan adanya SO GOOD yang praktis dan mengandung gizi, semuanya menjadi lebih mudah.

Biasanya saya belanja bulanan bersama keluarga untuk memenuhi isi kulkas dan lemari. Namun untuk sayur-sayuran saya membeli di pasar atau di warung dekat rumah. Untuk ayam, seringkali saya membeli SO GOOD yang dijual di supermarket terdekat.
 
Contoh menu piring gizi seimbang SO GOOD
Satu hal yang mempermudah, saya juga membiasakan diri membuat menu masakan seminggu.  Menu masakan seminggu ini bervariasi agar suami dan anak tak mudah bosan dan tetap bersemangat untuk makan menu piring gizi seimbang .

Contoh Menu Makanan Seminggu :
Senin : Nasi + Ayam Goreng Mentega SO GOOD + Tumis kangkung + + Jeruk + Air putih
Selasa : Nasi + Cumi goreng + Sayur bayam bening + Pisang + Air putih
Rabu : Nasi + Pecel + Ayam Bakar SO GOOD + Tahu + Apel + Air putih
Kamis : Nasi + Spicy Wings SO GOOD + Tumis kacang panjang + pisang + Air putih
Jumat : Nasi + Ayam Balado Kemangi SO GOOD + Urap-urap + Anggur + Jeruk + Air putih
Sabtu : Nasi + Chicken Nugget SO GOOD + Sup Sayuran + Pisang + Air putih
Minggu : Nasi + Sop Kimlo +  Ayam Goreng SO GOOD + Apel + Air putih

Nah, salah satu menu makanan kesukaan keluarga adalah Ayam Balado Kemangi SO GOOD. Resepnya sangat mudah dan bahan-bahan yang digunakan pun mudah diperoleh. Untuk ayam yang digunakan, saya memilih menggunakan SO GOOD Ayam Potong. Penasaran resepnya? Saya lampirkan di bawah ini ya.
 
Ayam Balado Kemangi SO GOOD
Bahan :
1 bungkus ayam potong SO GOOD
1 buah jeruk lemon, peras dan ambil airnya
1 sdt garam
3 sdm bumbu balado
3 siung bawang putih cincang
4 ikat daun kemangi, ambil daunnya
Minyak goreng secukupnya

Bahan Bumbu Balado :
½ kg cabai merah besar, giling kasar
250 gram bawang merah, iris tipis
500 ml minyak goreng

Cara membuat :
Panaskan minyak goreng dalam wajan, lalu tumis bawang merah hingga layu dan masukkan cabai giling. Masak hingga api kecil dan masakan masak. Diamkan.

Cuci ayam, beri garam dan air jeruk lemon lalu aduk rata dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu goreng hingga matang.

Panaskan minyak goreng, tumis bawang putih hingga harum. Tambahkan bumbu balado, aduk sebentar lalu masukkan ayam dan aduk rata. Masukkan daun kemangi, angkat dan sajikan.
 
Selamat makan
Oh ya, pemenuhan gizi seimbang itu akan semakin baik jika diiringi dengan aktifitas fisik yang cukup dan minum air putih delapan gelas sehari. Hayo, siapa yang sudah melakukan pemenuhan gizi seimbang kepada keluarga?  

35 komentar

  1. aku juga uda ulai berubah nih ummi mesti memperhatikan gizi seibang demi hidup sehat sepanjang masa heheheboleh nih ummi aku coba resep ayam kemanginya mmm sedep banget liatnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuk kita makan bareng ya abis masak :p

      Hapus
  2. Wah diatur untuk seminggu. Mantap ini, Mba Al :D Jadi bisa nyobain banyak jenis dari produk So Good ya. Masak pun jadi makin praktis, apalagi sekarang ayam So good juga udah ada yang langsung dikasih bumbu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biar nggak ribet, mbaaa. nah iya SO Good juga enak dan banyak pilihannya euy

      Hapus
  3. Ya Allah jadi laper liat ayam balado kemangi,,, rasanya pasti enak tuh bumbunya medok banget.

    BalasHapus
  4. Kebetulan saya pecinta makanan pedas termasuk balado mba lidha. :) kayaknya enak banget ya dikombinasi sama kemangi. Sy jg udh coba loh ayam potong so good ini rasanya enak n kaldunya mirip kaldu ayam kampung. Dibikin sop banjar pun enak. Wah, jadi pengen makan. Hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asiikk mau dong resep sop banjarnyaa :p

      Hapus
  5. Ayam balado kemangi...yaampun jadi laper ini hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai nasi putih makan panas panas wah enaakkk

      Hapus
  6. Produk olahan soo good disukai semua orang. Ga anak ga orang dewasa pasti suka pokoknya :)

    BalasHapus
  7. PR banget ini.....mba Lidha.
    Selama ini di rumah ada yang bantu masak. Tapi bulan depan, kami berencana pindah rumah. Dan yang bantu gak bisa ikutan pindah.

    Jadi aku mesti sering-sering baca blognya sahabat bloher kece yang jago masak niih...


    ((aku ikut nyatet menu hariannya yaa, mba Lidh..))
    Haturnuhun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aih kebayangkan repotnya kayak gimana kalau masak sendirian :(

      Hapus
  8. So good emang mantap, praktis dan macam-macam pula jenisnya, jadinya bikin acara masak gak ribet lagi :)

    BalasHapus
  9. Wah ada menu selama seminggu. Makin di cintai keluarga nih.

    BalasHapus
  10. Wah boleh nih dicontek menu untuk seminggunya. Maklum, kadang suka bingung mau masak apa, hehehe.. Makasih ya mbak..

    Btw itu ayam balado kemanginya bikin ngiler deeh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaaa aku juga suka banget mba dan bikin ketagihan :)

      Hapus
  11. Dari sekian yang pernah dibeli, saya belum pernah nyoba ayam potongnya mba. Katanya ga amis ya dagingnya, macam ayam kampung jadinya.

    Kalo saya belum bisa menyajikan menu piring seimbang dalam satu waktu, soalnya buahnya biasanya makan terpisah dari makanan berat. Mudahan masih memenuhi gizi seimbang harian ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener mba. Apaagi yang berbumbu. Aduh cepet banget masaknya dan enaakkk

      Hapus
  12. Saya jg selalu sedia So Good.. Tapi varian yang sudah berbumbu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pernah nyoba mba dan emang enaak. Bumbunya meresaap

      Hapus
  13. piring saji nya cantiik aku jadi salah fokus hihi

    BalasHapus
  14. Eh baru tau ada nugget yang bentuknya donat. Cari dimana ya mbak AL? Anak2 biasnaya semangta makan nugget so good :D

    BalasHapus
  15. Wah enak banget mbak. Nonton foto menunya jadi salfok. Huehehhe

    BalasHapus
  16. Sama mba.. aq juga makan suka asal kenyang aja. Tau2 kebanyakan karbo, eh malah lemes. Asik ya ada panduan so good, ga bingung lagi..aku belum pernah ni bikin ayam masak kemangi..makasi idenya mba

    BalasHapus
  17. Ayam beladonya menggoda sekali mba :D saya jg stock ayam potong so good, suka gede2 ayamnya

    BalasHapus
  18. Aku belum konsisten nih utk gizi seimbang so good, hehe. Salut sama menu makanmu seminggu deh mba

    BalasHapus

© Rach Alida Bahaweres • Re-Design By momsodell