Selasa, Juli 12, 2016

Bebas Selfie Karena Wajah Bersih

Kegembiraan terbesar selama mudik adalah tiba di kampung dalam kondisi sehat dan selamat, serta bisa berkumpul dengan keluarga. Mudik tahun ini sekaligus nengok ibu mertua yang kondisinya masih belum begitu sehat. Saat bulan puasa kemarin, bahkan sempat masuk rumah sakit karena tekanan darah dan gulanya, naik drastis. Alhamdulillah, sebelum puasa bisa keluar rumah sakit sehingga dapat berkumpul bersama keluarga.

Oh ya, selama di Kudus lima hari, panasnya sangat terasa menyengat. “Sejak akhir puasa bahkan belum pernah hujan,” kata adik ipar saya. Bagi saya yang terbiasa tinggal di Ambon dan Surabaya, panas di Kudus entah mengapa memang terlihat sangat terasa. Pernah tahun lalu, Kudus sangat panas, sehingga dua sumur di lingkungan rumah mertua, kering. Untuk mandi pun sempat kesulitan. Keluarga akhirnya membuat sumur pompa lagi untuk di salah satu rumah di lingkungan keluarga. Alhamdulillah, kondisinya sedikit menjadi lebih baik.
 
Wajah bersih bebas selfi bersama keluarga 

Saat mudik kemarin, salah satu kosmetik yang saya bawa adalah sunblock untuk melindungi wajah dari sengatan panasnya matahari. Mmh .. sebenarnya, kemanapun saya pergi memang selalu membawa sunblock yang sekaligus berfungsi sebagai pelembab.

Khusus selama mudik kemarin, saya termasuk ketat dalam menjaga kesehatan kulit wajah. Panasnya matahari tentu saja dapat menyebatkan kulit wajah berubah. Dan tentu banyak debu-debu yang menempel sehingga kulit wajah menjadi kotor dan berpotensi timbulnya jerawat. Saya tak ingin pas kumpul-kumpul bersama keluarga dan diajak selfie, eh malah kulit kelihatan kusam. Saya mempraktekkan beberapa cara membersihkan wajah dengan benar.   

Membersihkan Wajah Menggunakan Susu Pembersih
Biasanya, saya selalu membersihkan wajah terlebih dahulu dengan susu pembersih. Jadi, susu pembersih saya tuang ke tangan lalu saya oleskan ke wajah. Saya gunakan kapas untuk mengangkat sisa-sisa kotoran yang menempel di susu pembersih. Kelihatan kotornya kalau melihat di kapas itu. Setelah itu, saya gunakan cairan pembersih yang dituangkan di kapas dan di oles ke wajah. Biasanya wajah menjadi lebih terasa bersihkan

Gunakan Sabun Pembersih Muka
Setiap kali mandi, tak puas rasanya jika tidak membersihkan wajah dengan sabun pembersih. Sabun pembersih muka yang saya sukai adalah yang tak memiliki banyak busa. Apalagi untuk udara panas, sabun yang memiliki banyak busa bisa membuat kulit wajah semakin kering.

Gunakan Handuk Setelah Membersihkan Wajah
Setelah membersihkan wajah dengan sabun pembersih muka, jangan lupa untuk mengeringkan wajah dengan handuk bersih. Awalnya, setiap kali menggunakan handuk, saya kerap kali menggosokgosokkan handuk di wajah. Tapi teryata cara itu keliru. Seharusnya, cukup menepuk-nepuk handuk di wajah. Pas mudik saya pun memilih menggunakan handuk untuk membersihkan wajah.

Bagi saya, mudik pun bukan halangan untuk kita membersihkan wajah. Panasnya matahari bisa diminimalisir dengan melindungi kulit wajah serta membersihkan wajah dengan baik. Kulit terjaga, mudik pun tetap lancar. Selfie bersama keluarga? Siapa takut ... 



  

Wulansari Rach Alida Bahaweres

Seorang Ummi, istri, jurnalis dan blogger. Aktif menulis dan memberikan pelatihan menulis. Kontak kerjasama ke @lidbahaweres dan lidbahaweres@yahoo.com. Twitter dan instagram : @lidbahaweres. Terima kasih

14 komentar:

  1. saya pakai saun pembersih aja, gapake susu pembersih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mau praktis, biasanya emang pakai sabun pembersih aja, mba :)

      Hapus
  2. Kalau wajah bersih, selfie pun jadi semakin percaya diri ya mba. Saya biasanya pake sabun pembersih juga mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bakalan sering selfie melulu mbaa Hihiii

      Hapus
  3. wah hebat nih jadi kesan nya natural gak pakai efek kamera yang mampu menipu penglihatan :)

    BalasHapus
  4. makasih tipsnya mak,, boleh dicoba neh, sapa tau wajah bisa kinclong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah kinclong bakalan makin kinclong :)

      Hapus
  5. membersihkan wajah itu perlu (selain berwudhu)
    pengalaman saya, beberapa taun lalu malas cuci muka sepulangnya dari bepergian, eh, jerawat itu sampai menjamur...
    Setelah rajin cuci muka, alhamdulillah jerawat dan kotoran berangsur hilang
    kebersihan memang sangat dianjurkan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuaca pas lagi nggak bersahabat bikin wajah makin kotor jika tak dibersihkan mba :)

      Hapus
  6. Kulit bersih wajah terang memang modal pede buat selfie ya mbak :)

    BalasHapus
  7. saya masih harus sering mendisiplinkan diri untuk urusan bersihin wajah, nih. Masih suka males. Seringnya dikasih air aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asal dipersering memebrsihkan air ya, mba Myra ;)

      Hapus