Selasa, Juni 28, 2016

Mencari Sepenggal Kenangan di Film Finding Dory

Sudah lama saya tak mengajak keluarga untuk menonton film kartun di bioskop. Beberapa kali ingin nonton, tapi batal melulu. Niat itu kemudian terlaksana saat anak libur panjang dan kebetulan saya pun libur di hari kerja. Sekalian hadiah bagi A karena di usia enam tahun ia semangat untuk berpuasa hingga magrib sejak puasa hari pertama. Alhamdulillah....

Film yang kami pilih adalah, Finding Dory. Film ini merupakan sekuel dari film Finding Nemo yang telah diputar tahun 2003. Saya pribadi penasaran menonton film ini karena film Finding Nemo sangat memikat dan menghibur. Tak salah jika 13 tahun kemudian saya ingin menonton sekuelnya yakni Finding Dory.
 
Keseruan Dory bermain bersama teman-temannya
Finding Dory menceritakan petualangan ikan Dory untuk menemukan kedua orangtuanya. Perpisahan yang telah terjadi sejak Dory kecil. Namun pencarian ini tak mudah karena Dory memiliki ingatan jangka pendek. Ia hanya mampu merekam sepenggal kenangan. Berbekal sepenggal kenangan itu pula, Dory melakukan pencarian bersama sahabatnya Marlin dan anaknya, Nemo hingga Teluk Morro, California. Petualangan seru selama proses pencarian kemudian mempertemuan Dory dengan Destiny, hiu paus periang namun mengalami masalah penglihatan. Ada juga Hank, seekor gurita yang memiliki kemampuan berubah warna dan bentuk. Hank mampu berubah bentuk menjadi pot bunga, tangga, dan lain-lain. Terakhir ada Bailey, seekor paus beluga yang tak percaya diri dengan kemampuan yang ia memiliki.

Sama seperti Finding Nemo, film Findong Dory ini menggabungkan rasa haru, tawa dan bahagia. Keharuan muncul saat Dory kecil berkeliling, bertanya pada satu per satu ikan yang ditemui tentang kedua orang tuanya. Tapi, bagaimana mengingat orangtua jika ia sendiri tak ingat?. Di sisi lain, keterbatasan daya ingat juga terkadang menimbulkan tawa. Akankan Dory bertemu dengan kedua orangtuanya? 
 
Dory dan Hank
Bagi saya, banyak nilai moral yang disampaikan dalam film ini. Kepada orangtua, film ini mengajarkan agar orangtua menerima kondisi anak dalam keadaan apapun namun mampu membantu anak untuk menggali potensi dalam diri anak. Film ini juga mengajarkan kasih sayang anak kepada orangtua, begitupun sebaliknya.

Nilai moral tentang persahabatan juga menjadi nilai utama dalam film ini. Persahabatan antara Dory dengan Marlin yang memiliki sifat berbeda (Dory ceria dan agak kekakan-kanankan sedangkan Marlin lebih dewasa) tersaji dengan baik. Sifat Dory yang tak mudah menyerah menjadi penyemangat bagi Marlin.

Pengulangan kalimat yang dilontarkan oleh Dory mungkin agak membingungkan bagi anak yang belum bisa membaca. Orangtua yang sebaiknya membantu untuk menjelaskan itu kepada anak. Namun anak bisa menyaksikan pemandangan bawah laut yang luar biasa indah. Film ini secara keseluruhan mampu menyajikan visual yang terbaik. Film ini bisa menjadi salah satu alternatif menonton film kartun bersama keluarga.   




Wulansari Rach Alida Bahaweres

Seorang Ummi, istri, jurnalis dan blogger. Aktif menulis dan memberikan pelatihan menulis. Kontak kerjasama ke @lidbahaweres dan lidbahaweres@yahoo.com. Twitter dan instagram : @lidbahaweres. Terima kasih

36 komentar:

  1. Dulu nonton Finding Nemo pas kelas 2 SMA *lalu inget umur* :p
    Pengen banget nonton ini, tapi nggak ada bioskop Mba di Kebumen sini, hiks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daya ingatnya masih tajam kan ya walau sudah sekian tahun berlalu. Hihii. Wah, harus ke Jakarta ya kalau nonton. Moga di Kebumen segera ada bioskop ya mba :)

      Hapus
  2. aku blom nonton niih...blom sempet ajakin krucils..
    btw in fact ikan dory itu katanya aslinya smart dan pintar yaa.
    katanya dikirtik juga film ini krn tokohikan dory gak sesuai aslinya..cmiiw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ajak krucils kayaknya bakalan senang, mba Ophie. Ikan Dory pintar dan kalau dimakan dagingnya enak, mba. #EH. Hihiii
      Nah, kalau aku lebih suka Dory kecil sih, mba. Menggemaskan :)

      Hapus
  3. AKu belum nonton, liburnya masih sabtu entar
    Minggu depan masih ada enggak, ya? Mau ajakin anak lanang nonton nih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya masih ada, mba. Karna baru main pertengahan bulan ini :)
      Selamat menonton, mbaa

      Hapus
  4. waktu nonton ada anak kecil sedih liat filmnya gak mbak? Konon katanya film ini menyayat hati anak-anak yang nonton.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sedihnya pas Dory kecil bertanya ke ikan-ikan yang lewat tentang keluarganya, mas ...

      Hapus
  5. Bagus ini filmnya, tapi pas nonton aku ga bisa nyimak sampe kelar karna si adik minta jalan naik turun bioskop. Daripada ganggu penonton lain jadi nya aku ajak keluar deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin karena agak lama ya, mba :)
      Jadi anak terlalu kecil nggak betah :)

      Hapus
  6. waduh jadi penasaran pengin nonton. Putri sulungku malah sudah nonton bareng teman-temannya, mamanya malah belum ��

    BalasHapus
  7. pengen nonton fnding dory sama Marwah nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren mba kalau nonton ama anak. Smoga kesampaian ya mba bisa nonton ama Marwah :)

      Hapus
  8. Seneng bnget pas liat animasi sejenis Finding dory dan Finding nemo. kesannya hidup banget animasinya hhee

    BalasHapus
  9. Pemandangan bawah lautnya itu bikin nambah wawasan tentang biota laut juga, ya, Mba. Jadi pengen nonton sekalian cuci mata ah, menyegarkan ingatan dan lepas kangen akan suasana bawah laut Sabang yang mirip2 tuh. *Hayyah....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Alaika, bener-bener memanjakan mata pemandangan bawah lautnya :)

      Hapus
  10. G wpengen nonton karna engen denger suara syahrini yg isi dubbing nya ajjajaja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hanya di bioskop tertentu saja, kakakk :p

      Hapus
  11. Makasih mba reviewnya jadi pengen nonton. Mudah-mudahan kesampean

    BalasHapus
  12. Makasih mba reviewnya jadi pengen nonton. Mudah-mudahan kesampean

    BalasHapus
  13. Sejak nonton film Dory yang pertama, saya jadi alergi ikan dorry. Padahal sebelumnya, favorit. Kebayang dia berenang di perut kayak akuarium. Reviewnya menghibur deh

    BalasHapus
  14. Memang seru filmnya ya Mba. Lucu. Saya penasaran sama Hank yg bisa berubah bentuk itu, kalau dalam kenyataannya gurita gitu juga, gak, ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dalam kenyataan gurota sepert itu, bisa bahaya. Hihiii

      Hapus
  15. belum tertarik nonton
    tapi kayaknya boleh di coba deh...buat hiburan liburan kali ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba Avy. Nonton rame-rame seruu ... :)

      Hapus
  16. Nemo favorite nya anak-anak Mbak. Seru juga yak. Btw, saya baru tahu ada sekuelnya, finding dory. Wah, pantes anak-anak ribut melulu pengen nonton di bioskop.

    BalasHapus
  17. anakku udh ribut bgt mw nonton film ini.. kmrn2 kita blm bisa penuhi krn kerjaan.. tp skr udh lbur kayaknya mw ngajakin dia deh besok.. :)

    BalasHapus