Selasa, April 12, 2016

Sewa Kostum di Rizrha Rumah Kostum

Saya pernah mengalami kebinggungan saat anak akan mengadakan kegiatan dan membutuhkan kostum yang unik. Untuk beli baru, kayaknya sayang banget karena akan jarang dipakai. Nggak mungkin juga kan jalan ke mall pakai baju ala tuan putri?. Atau ke kondangan nikahan pakai baju tradisional suatu negara? Mmh .. buat saya sih nggak banget. Kalaupun harus menyewa, harus menyewa dimana?

Dengan berjalan waktu, saya berkenalan dengan Ami Rizrha Puspita. Dari hasil obrolan, saya kemudian tahu bahwa Mba Ami, menyewakan beraneka kostum untuk berbagai keperluan. Nama tempat penyewaan kostumnya adalah Rizrha Rumah Kostum. Ketertarikannya di usaha penyewaan kostum dmulai pada tahun 2011. Sebelumnya, kakaknya yang mengawali usaha kostum pada tahun 2008. Kebetulan sang kakak adalah guru tari dan guru PG-TK (Playgroup dan Taman Kanak-Kanak). “Muridnya banyak yang minta kostum,” kata Mba Ami.

Mba Ami dan Chika, buah hatinya 
Lama kelamaan, ia membantu mengelola. Modal awal yang dimiliki dibelikan kostum kemudian hasil penyewaan kostum diberikan kostum lagi. Dana yang diperoleh selalu digunakan untuk membeli kostum. Hingga kini, total design kostum yang dimilikinya mencapai ratusan!

Saking banyaknya, kostum yang disewakan disimpan di rumahnya di kawasan Grand Depok City dan di rumah kakaknya di kawasan Puri Depok Mas Sawangan, Depok, Jawa Barat. Kostum yang disewa kerapkali digunakan untuk beragam kegiatan. Mulai dari Kartinian- Hari Pahlawan, Pentas Seni Akhir Tahun, hingga foto kelas. Kostum yang disewa pun berbeda-beda setiap kegiatan. Jadi, tak bisa ditentukan satu jenis kostum. Alhasil, ada yang menyewa kostum sampai ratusan untuk satu sekolah. Kebayang repotnya mengurus penyewaan kostum sebanyak itu.
Model cilik!

Nah, bicara soal harga, harga sewanya tergantung modal beli atau membuat baju. “Rata-rata 1/3 dari harga modal,” kata Mba Ani. Tapi ada juga yang harga sewanya 1/10 dari harga modal. Namun dari sekian banyak kostum yang ia miliki, kostum karakter binatang yang paling susah dibuat karena proses pengerjaannya yang lama dan pembuatannya memakan waktu yang lama. Bahkan baju ala princes atau dance yang unik, ia pesan khusus di Bali. Kalau pakai penjahit sendiri, ia mencari bahan dan rendah di kawasan Tanah Abang. Untuh tahun ini, tema pentas seni adalah kostum internasional. Alhasil ia pun membuat kostum beberapa negara sesuai pesanan. Untuk perawatan kostum, ia memilih membersihkan baju ke laundry

Hingga kini, Mba Ami lebih banyak memasang foto-foto hasil kreasinya di facebook miliknya. Di facebook miliknya, saya melihat beraneka kostum. Mulai dari kreasi kostum saur-sayuran, penari India hingga kostum binatang beraneka rupa. Semuanya lengkap tersedia di penyewaan kostum milik mba Ami. Mba Ami juga kerap kali melakukan pertemuan demi pertemuan dengan calon kostumer. Berbagai peralatan pun dibawa. Mulai dari contoh kostum yang akan dipesan hingga banyak hal lainnya.  Apalagi saya mengenalnya sebagai sosok yang supel sehingga tak menemui kesulitan dalam bergaul. Tak hanya itu saja, kerap kali ia sendiri yang menjadi model untuk kostum yang disewakan. Kostum yang disewakan, kemudian ia kenakan dan di foto untuk di pajang di facebook miliknya. Sementara itu, Mba Ami lebih banyak melayani pemesanan di wilayah Depok-Cinere-Cibubur- Jagakarsa-Lenteng Agung. Tertarik? Silakan hubungi mba Ami langsung yaa ...  






Wulansari Rach Alida Bahaweres

Seorang Ummi, istri, jurnalis dan blogger. Aktif menulis dan memberikan pelatihan menulis. Kontak kerjasama ke @lidbahaweres dan lidbahaweres@yahoo.com. Twitter dan instagram : @lidbahaweres. Terima kasih

39 komentar:

  1. Saya juga punya pemikiran yang sama, Mbak. Sayang rasanya beli kostum yang hanya akan dipake sekali dua saja. Mending nyewa ya. :)

    Enak juga kalo punya bisnis penyewaan kostum gini. Bisa berfoto dg aneka kostum tanpa harus nyewa. Hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba Al. Sewa yang terbaik. Hiihi. Emang bener juga bisnis penyewaan kostum bisa bikin bolak2 balik poto sekaligus promosi, mba Al. Hehee

      Hapus
  2. Kira-kira satu baju brp ya chi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Colek pemiliknya langsung, Ika. Ada di facebook chici

      Hapus
  3. Kira-kira satu baju brp ya chi?

    BalasHapus
  4. Aiih lucunya! Mau juga dong sewa kostum buatku dan Icha :D

    BalasHapus
  5. Kebetulan saya lagi cari baju adat untuk perayaan Kartini nanti, ini bajunya lucu2 banget :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener ya. Pas Perayaan Kartini, baju adat paling dicari :). Hihiii. Makasih, mba

      Hapus
  6. Pas banget nih infonya, lagi nyari kostum sewaan untuk karnaval Kartini di sekolah anakku :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pas banget, mba MUti. Ntar bisa colek pemiliknya langsung. Hihii

      Hapus
  7. Wah kalau anakku dah sekolah dan ikutan karnaval bisa nih pinjem di Mbak Ami :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mba April. Kan deket ya dari Depok :)

      Hapus
  8. Jauh banget, kalo daerah jakarta pusat melayani ngak ??? hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya hanya wilayah Depok dan sekitarnya aja, mas. Ribet di packingnya :)

      Hapus
  9. kalau kostum mmenag mendingan nyewa, ya. Sayang kalau beli sendiri :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, mba. Lagian susah juga buat sendiri. Hehehee

      Hapus
  10. Saya sering bingung pas anak yg TK ada acara yg membutuhkan kostum. Coba di tempat saya ada persewaan kostum jg ya... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Atau mba bisa loh buat usaha penyewaan kostum gitu :)

      Hapus
  11. Kostum-kostum gini banyak dicari saat mau Kartinian atau karnaval ya. Memang enak sewa daripada beli atau bikin sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa mba Lianny. Apalagi pas pekan seni atau perpisahan acara tahunan :)

      Hapus
  12. Pas banget lagi mau nyari baju untuk kartinian malah baca ini. Depok pula! Makasih untuk sharingnya ya mbak. Aku udah lihat galeri mereka di fb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillaah moga berkah dan nemu yang pas ya, mba :). Makasih

      Hapus
  13. wah baru tau ada penyewaan baju deket bgt sama lokasi rumah, mmg perlu ya nyewa kostum drpd beli sayang numpuk di rumah. Thanks infonya mbak :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-samaa, mba Lia :)
      Moga bermanfaat yaa :)

      Hapus
  14. Hi mbak Alinda, lucu-lucu yah kostum sewaannya hihihi :))

    BalasHapus
  15. Bulan April biasanya tempat penyewaan kostum rame ya, soalnya ada kartini day :)

    BalasHapus
  16. mba maaf ada kostum buat nari india .?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada, mba. Bisa langsung ke mba Ami yang punya kostum :)

      Hapus
  17. mba maaf ada kostum buat nari india .?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada mba. Bisa langsung ke Mba Ami yang punya kosum :)

      Hapus
  18. Ada baju model 80an utk pria dewasa mba?

    BalasHapus
  19. Nama facebooknya mba Ami apa ya? Terima kasih :)

    BalasHapus