Mencicipi Udon dan Tempura di Marugame Udon

Semangkok mie udon di Marugame Udon tersaji dengan rasa kuah nikmat dan topping lezat. Mie udon yang bisa jadi pilihan. Harga Rp 50.000 lebih

Mencicipi Udon dan Tempura di Marugame Udon


Sering lihat  Marugamen Udon tapi belum pernah mencicipinya. Sebetulnya penasaran buat cobain tapi nggak pernah terwujud. Tapi saat 17 Desember 2022 lalu ke Cikarang untuk bertemu Mba Farah yang ngekost, akhirnya mampir di mall yang dekat kostnya untuk makan siang. Dan menu makan siang pilihan itu adalah Marugame Udon. 

Kebetulan walaupun ramai tapi masih banyak tempat kosong dan tak ada antrian. “Umi udah pernah cobain nggak? Kalau belum, cobain ya,” kata suami. Akhirnya kami pun sepakat untuk makan siang mie udon di Marugame Udon.

Apa itu udon ? Udon ini salah satu mie Jepang yang terbuat dari tepung terigu dan berwarna putih cerah. Udon juga cenderung lebih tebal dan teksturnya lebih kenyal. Udon ini bisa dinikmati tanpa kuah atau dengan kuah tanpe mengurangi kenikmatan mie udon yang tersaji. 

marugame udon

Kebetulan suasana di dalam Marugame Udon tidak padat walau cenderung ramai. Kami langsung memilih menu makanan untuk mencoba udon. Ada beberapa pilihan menu yang bisa dipilih yang ditampilkan lengkap dengan harganya. Ada juga beberapa pilihan menu selain udon.




Pilihan menu yang kami pilih adalah :

  • Teriyaki Abura Udon Rp 58.000
  • Gyu Jiru Udon Rp 64.000
  • Beef Abura Udon Rp 62.000
  • Spicy Tori Baitan Udon Rp 58.000
  • Skewered Tofu Roll Rp 14.000
  • Ebi Tempura Rp 19000 x 2 = Rp 19.000
  • Gyoza Rp 12.000
  • Hot Ocha Rp 14.000
  • Cold Ocha Rp 18.000 x 2 = Rp 28.000

Proses pemesanan makanan di Marugame Udon cenderung cepat dan praktis. Pilih menu ramen, pilih menu aneka gorengan, ambil menunya dan langsung bayar. Untuk ochanya bisa dipesan ulang tanpa bayar karena disediakan ocha yang bisa diambil kapan saja. Selain itu juga ada remah-remah gorengan, daun bawang iris serta cabai rawit iris serta saos sambal yang bisa diambil gratis oleh pembeli. Kami pilih duduk di tengah. Walau jam makan siang, ada beberapa tempat yang kosong.


Review Udon dan Tempura di Marugame Udon

Bagaimana rasa berbagai pilihan di Marugame Udon ? Saya mencoba Spicy Tori Baitan Udon. Kuahnya berwarna putih susu yang sangat terasa kaldu ayamnya. Mie udonnya kenyal. Potongan dagingnya besar-besar bercampur dengan jamur. Kuahnya sedikit agak kental menurut saya dan rasanya pas banget. 



Saya suka banget sama kuahnya dan jadi agak kekenyangan karna mencicipi kuahnya Spicy Tori Baitan Udon ini. Karena mau agak pedas, saya tambahkan irisan cabai rawit. Porsinya buat saya agak kebanyakan. Jadi saya bagiin juga ke suami. “Sebetulnya porsinya sama dan pas. Tapi Umi kebanyakan minum kuahnya jadi kekenyangan,” kata Mba Farah. Bener juga.

Menu Beef Abura Udon ini tanpa kah. Jadi mie udon ini disajukan dengan saus abura (saya kurang paham racikan saus ini) yang kemudian disajikan dengan irisan daging sapi sukiyaki yang dijadikan topping.




Menu pilihan suami adalah Gyu Jiru Udon. Ini menu yang paling mahal yang dipesan. Isinya mi udon dan ada irisan daging sapi bakar yang tebal namun juicy. Kuahnya berempah dan rasa kaldu dagingnya juga berasa banget. Ada taburan irisan daun bawang dan cabai rawit yang membuat Gyu Jiru Udon ini makin nikmat. 

“Ini enak banget. Aku suka,” kata suami.

Gyu Jiru Udon

Kalau Terikayi Abura Udon, sesuai namanya, terasa dengan bumbu teriyaki. Namun yang membuat berbeda, adanya saus abura yang disajikan di mie udon. Semakin lengkap juga dengan ada potongan ayam yang ukurannya lumayan gede. Oh ya, Teriyaki Abura Udon ini tidak berkuah.



Kalau menu selain udon disajikan masih dalam keadaan panas. Jadi abis digoreng, langsung disajikan untuk dipilih. Saya suka ebi tempura ukurannya besar dan juga panjang. Lapisan tepungnya tak terlalu tebak dan terasa kriuk ketika dimakan. Untuk gyoza hanya satu dan ukurannya nggak terlalu kecil.

Kalau ditanya apakah ingin makan lagi di Marugame Udon lagi? Jawabannya mau. Karena ada banyak varian mie udon enak dan halal. Ya halal karena Marugame Udon ini telah mendapat serifikasi halal dari MUI (Majelis Ulama Indonesia) sejak 7 Oktober 2015.

33 komentar

Avatar
Anonim 07/01/23, 12.35

Mantap. Tp masnya yg ganteng kenapa tidak ada :(

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 07/01/23, 14.00

Hahhahaahaa. Next time insyaAllah mas :D

Reply Delete
Avatar
PWWidayati 08/01/23, 17.54

Wah mantap nih enak-enak menunya ya mbak, sesekali pengen cobain juga ah

Reply Delete
Avatar
Wiwied Widya 09/01/23, 11.42

Akupun blom nyoba nih marugame udon.. Yg paling recommended menu yg mana, mbak? Kayaknya semua enak nih 😁

Reply Delete
Avatar
Nurul Sufitri 09/01/23, 14.33

Aku baru satu kali menikmati udon dan tempura di Marugame Udon, itu di Pejaten VIllage mall :D Memang enak deh rasa kuahnya, tekstur mie dan perintilannya hahaha :D Kalau aku suka kuah pedas. Lupa dulu pesan mie yang mana, yang jelas ada irisan daging sapinya sih. Ketagihan ya hehehe. Di Depok restonya gede banget tuh, mau ke sana kapan2 ajak anak2 ah :)

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 13/01/23, 07.18

Oh iya yang di Jalan Margonda ya ba. Iyap gede tapi aku belum sempat ksana

Reply Delete
Avatar
Lendyagassi 09/01/23, 15.11

Andalan banget makan di Marugame Udon ini buat makan besar keluarga. Karena masku dulu pernah tinggal di Jepang 10 tahun, Marugame Udon katanya yang rasa mie dan kaldunya mirip sama mie di Jepang.

Kadang kan ada resto yang mentingin rasa dan lidah pengunjung yaa..jadi bumbu Jepangnya kurang berani.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 13/01/23, 07.18

Pantesan cita rasanya enak dan terjaga banget

Reply Delete
Avatar
Nanik nara 10/01/23, 20.24

Hihi kebanyakan "nyicip" kuahnya, akhirnya jadi kekenyangan padahal mienya masih ada. Saya juga belum pernah makan mi udon mbak.
Remahan gorengan tuh kalau ditaburin di makanan bisa bikin tambah lezat pastinya ya, dan boleh ambil gratis pula

Reply Delete
Avatar
Larasatinesa 10/01/23, 21.24

Marugame Udon ini memang comfort food! Kalau main ke mall dan bingung makan apa yang enak, pasti udah paling aman makan di sini. Favoritku beef curry udon.

Reply Delete
Avatar
fanny_dcatqueen 10/01/23, 23.21

Aku jadi suka dengan Marugame udon sejak ada menu Gyu jiru udon 😁😄..sebelum menu itu ada, aku biasa aja Ama udon mba.

Sbnrnya memang ga terlalu suka udon. Lbih milih ramen Krn kuah ramen cendrung lebih gurih. Udon light banget

Tapiiii suamiku Krn pernah tinggal 4 THN di Jepang zaman sekolah, dia terbiasa Ama tempura udon di sana. Kebawa sampe JKT. Jadi tiap ke resto Jepang, yg dicari pak suami cuma tempura udon mba, dia ga mau cobain udon rasa lain 🤣. Makanya mau ga mau kdg aku nemenin dia makan di Marugame. Dia pilih tempura udon, aku biasanya cari yg kuahnya lebih berat 😁. Tpi sjk ada Gyu jiro, JD ga pengen pesen menu lain

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 13/01/23, 07.19

Emang tempura udangnya enak. Pas panas panas pulaaa

Reply Delete
Avatar
Nunung Yuni Anggraeni 11/01/23, 10.02

Pertama kali ke Marugame Udon akhir tahun 2018 . Setelah itu jarang banget ke sana karena kami tidak begitu suka dengan Mie udon . Hehehe si ayah lebih suka makan di Rumah Makan Sederhana Padang meski orang Jawa. Jadi kalau weekend keluar rumah atau ngemall ya yg dicari warung padang. Hahaha..

Reply Delete
Avatar
Istiana Sutanti 11/01/23, 10.13

wah, favorit aku nih sama suami. anak2 pernah ngerasain tapi mie nya kegedean kata mereka, ahaha. jelas beda karena ini jenisnya juga emang beda ya, ya yang namanya udon ya begini, jadi kalau jalan bareng anak sekarang gak ke sini, kalau jalan berdua suami baru deh ke sini. emang enak2 sih ya kuah dan toppingnya cukup melimpah :D

Reply Delete
Avatar
Ophi Ziadah 11/01/23, 10.18

Meski udah beberapa menu dicoba, tapi favorit aku memang Beef Abura Udon mba. Rasa original kuahnya itu ga ada yang ngalahin hehehe...klo aku pake daun bawang yang banyak mba, plus irisan cabe secukupnya

Reply Delete
Avatar
Suciati Cristina 11/01/23, 10.21

Aku nyoba ini pas ketemuan sama sahabat aku, yaudah ngunyem aja kita :)) tempatnya juga lumayan banyak seatnya..
Enak, aku juga cocok mba. Porsinya gedai buatku yg skrg mencoba makan dikit dari diriku yg dulu :D, alhamdulillah aku blm makan jadinya habis deh semangkuk...

Reply Delete
Avatar
April Hamsa 11/01/23, 16.48

Nyaaamm enak marugame udon apalagi kalau anget2 pas dingin2 ya cuacanya.
Seneng krn udah halal sejak lama juga nih restonya.
Ahaha jadi tau yaa next time habiskan mie dan pelengkapnya dulu baru sruput kuahnya biar gak kenyang duluan.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 13/01/23, 07.19

Jangan lupa ajak aku kalau mau kesana ya :)

Reply Delete
Avatar
Helena 11/01/23, 17.01

enaaaak makan di marugame udon.
terakhir ke sana makan sama ponakan tapi lupa pesan menu yang mana. Yang jelas udon karena ku suka mie yang gede-gede gitu. Menyeruput kuah hangat juga makin nikmat.

Reply Delete
Avatar
Dawiah 11/01/23, 17.21

Pertama kali kenal Marugame Udon itu sewaktu ada grand opening di salah satu mal di Makassar dan sejak saat itu saya jatuh hati, tapi saya sukanya yang original saja terus ditambah dengan berbagai gorengan yang maknyus.

Reply Delete
Avatar
Eri Udiyawati 11/01/23, 19.23

Tampak sekali memang Gyu Jiru Udon rasanya mantap. Perpaduan mie dengan daging sapi bakar dan kuah kaldu. Aduuh, itu nikmat sekaliii.

Reply Delete
Avatar
Jiah Al Jafara 11/01/23, 20.46

Kelihatan Udonnya enak ya. Pas banget deh dimakan hangat-hangat gitu. Kalau udah ada sertifikasi halalnya, jadi lebih tenang deh

Reply Delete
Avatar
Jiah Al Jafara 11/01/23, 20.46

Kelihatan Udonnya enak ya. Pas banget deh dimakan hangat-hangat gitu. Kalau udah ada sertifikasi halalnya, jadi lebih tenang deh

Reply Delete
Avatar
Nurul bukanbocahbiasa 11/01/23, 21.51

Looks so yummm.
Aku blm pernah k marugame
Kapan2 mau coba yg d TP atau Royal mbaaaa
Enaakkk nih

Reply Delete
Avatar
Hidayah Sulistyowati 11/01/23, 21.56

Enak nih tempuranya ukurannya lumayan besar ya mbak, tapi Gyoza nya juga besar tuh. Aku kalo makanan Jepang gitu cuma suka kedua menu ini. Anak-anak paling senang minta diajak makan resto Jepang, karena mereka suka semua menunya. Nah kalo makan di Marugame Udon baru sekali aja, saat anak sulung ultah dan hadiahnya makan-makan aja di resto ini

Reply Delete
Avatar
Siti Hairul Dayah/ catatansiemak 11/01/23, 22.24

udonnya Marugame Udon andalan anakku yang perempuan nih mbak Alida. kalau pas ada promo pasti minta jajan di sana hahaha

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti 12/01/23, 00.26

Aku udah pernah ke Marugame bareng suami dan anak. Banyak pilihan yang bisa tentukan saat mengambil makanan di bagian penyajian itu yaaa...

Reply Delete
Avatar
Dewi Rieka 12/01/23, 05.37

Marugame udon ini kesukaan keluargaku jadi kalau mudik ke Bogor, ibu dan bapakku pasti ajak anak-anakku ke restoran ini di Botani Mal. Selain udonnya yang endeus, gorengannya juga enak-enak ya

Reply Delete
Avatar
Gusti yeni 12/01/23, 07.26

Ini langgananku maak marugame udon yg sukaa anak2ku sejak awal marugame ada di jakarta.

Enaak emang kuahnya juga seger.

Reply Delete
Avatar
Aswinda Utari 13/01/23, 16.30

Hmm.. aku cm baca kok berasa bs nyium baunya..huhu. jd pengen makan udon sm tempura jg. Kemarin cm lewat aja di mall tp gak beli.haha.baca ini auto mau beli deh Minggu ini

Reply Delete
Avatar
Momtraveler 14/01/23, 11.14

Muragame udon tu kesukaan aku bangeet mbak. Comfort food banget. Begitu duduk di depan semangkok udon lgs deh aromanya bikin semangat makan. Slruupp jd laper deh

Reply Delete
Avatar
Indah Nuria Savitri 16/01/23, 06.45

ini salah satu restoran favorit aku dan anak - anak mbaa.. Ya ampuuun ngga ada matinya makan udon dengan segala variasinya

Reply Delete
Avatar
Liza-fathia.com 16/01/23, 13.40

Aku dulu waktu ke Medan pernah makan disini kak. Udon dan tempuranya juara. aku suka banget. Sayangnya di aceh engga ada. Hiks hiks

Reply Delete