Sensasi Makan Siang di Bis Kuning Universitas Indonesia

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Sensasi Makan Siang di Bis Kuning Universitas Indonesia

Hampir setiap hari masuk wilayah Universitas Indonesia di Depok, saya baru tahu bahwa ada kafe yang berada di dalam bus kuning. Bus kuning ini adalah alat transportasi di kawasan Universitas Indonesia. Kalau naik bis kuning (bikun) tidak dikenakan biaya alias gratis. Nah, lalu apa jadinya jika biskun disulap menjadi kafe?

Karena penasaran, saya pun datang bersama Papa dan Mas Ghaffar ke Universitas Indonesia (UI). Kebetulan jarak dari rumah ke UI tak begitu jauh. Saya memilih naik ojek online sedangkan mas Ghaffar dan Papa naik motor. Sekalian ngantar mas Ghaffar naik kereta dari stasiun UI ke stasiun Senen. Saya sampai duluan karena Mas Gahffar dan Papa harus ke bengkel karena ban motor kempes. Saya sempat mencari-cari dimana sih posisi Bikun kafe ini. Saya hanya tahu kalau lokasinya di kawasan Fakultas Hukum.  Akhirnya setelah nanya ke mahasiswa  Fakultas Hukum, lokasi bikun di seberang masjid UI. Tepatnya di samping parkiran motor Fakultas Hukum UI. 

Penampakan Bis Kuning 

Namanya Bikun Coffe. Kafe ini dibangun oleh alumni-alumni Fakultas Hukum, Universitas Indonesia. Di bagian depannya ada tanaman berwarna kuning kehijauan yang tumbuh subur. Sebuah bus berwana kuning terletak di bawah pohon yang rindang. Pengunjung bisa memilih makan di luar bus atau di dalam bus. Sebelum makan, kami memesan makan terlebih dahulu. Saya pesan mie ayam bakso, mas Ghaffar pesan nasi goreng sedangkan Papa pesan roti bakar dan minuman wedang ungu. Harga makanan paling murah Rp 20 ribu untuk satu porsi mie ayam bakso.  

“Makan di luar aja, chi,” kata Papa. Saya menolak karena kuatir kalau makan di luar, Papa bakalan merokok. Makanya saya minta makan di dalam bus saja. “Di dalam aja, pa biar dapat sensasi makan di dalam bus,” kata saya ke Papa. Pas masuk ke dalam bus, udara terasa dingin karena ada dua AC terpasang.

Suasananya di dalam Bikun Coffe
Tak menunggu lama, makanan yang kami pesan pun tiba. Mie ayam baksonya banyak euy. Saya makan berdua ama papa. Oh ya selain ada irisan kecil ayam dan bakso, juga ada satu potong ayam bumbu pedas yang disajikan. Nasi goreng pun ada tambahan ayam goreng, padahal hanya pesan ayam goreng telur. Ini namanya bonus. Dari segi rasanya, menurut saya mie ayamnya enak. Mienya halus dan tak keras. Sayangnya kuahnya kurang panas. Mungkin karena saya suka kuah yang panas sehingga pas makan lebih enak. 

Mie ayamnya enak
Untuk nasi gorengnya juga enak. Porsinya juga banyak. Nah untuk wedang ungu, menurut saya kurang manis. Mungkin memang aslinya nggak perlu gula ya tapi menurut saya lebih enak kalau ada gula. Akhirnya ya saya pesan lagi gula. Kalau roti bakarnya porsinya gede dan kejunya nggak terlalu sedikit juga. Tapi makin enak kalau susu kental manisnya agak banyak di lapisan roti. 

Ada ayamnya juga :) 
Oh ya, disini  ada wifi sehingga pengunjung juga bisa menikmati makan sambil akses internet. Pas kami datang, beberapa mahasiswa tampak asyik mengerjakan tugas. Hanya saja, meja di dalam bus kecil sehingga kalau makan bertiga emang terlihat jadi sesak. Bagi yang ingin menikmati sensasi makan di atas bus, mungkin bisa mampir ke sini. 

Numpang mejeng ama Papa 






83 komentar

Avatar
ferna anindhita 03/12/16 13.56

Aaah UI deket sama rmh ku dlu d jkt. Bru tau ada cafe bikun. Kayaknya seru kpn2 klo plg jkt mampir mkn dsni aah

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 03/12/16 22.19

Seru buat dapat suasana lain mba :)

Reply Delete
Avatar
Dina Mardiana 03/12/16 14.16

Wah skrg bikun UI juga diberdayakan jadi tempat makan, baguslah :). Udah lama banget nih gak mampir kampus lagi..

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 03/12/16 22.19

Main sekaligus nostalgia ya mba Dina. Hihii

Reply Delete
Avatar
Ipeh Alena 03/12/16 14.55

Jadi kangen naik Bikun. Btw, idenya kreatif banget ya. Soalnya bikun ini kan simbolnya Ui banget. Jadi kafenya tuh bener2 mewakili kampus Ui ini.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 03/12/16 22.20

Iya mba Ipeh. Khas banget :)

Reply Delete
Avatar
Prananingrum 03/12/16 15.32

seneng banget ya mbak jalan2 ma ortu...tempatnya enak santai ya mbak...

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 04/12/16 13.01

Nyantai mba asyik lah buat keluarga :)

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti 03/12/16 18.01

Inovatif banget y mba mengubah bikun jadi cafe, warbiyash :) btw aku salfok sama mie ayamnya *langsung nelen ludah* hahaha

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 03/12/16 22.20

Potongan ayamnya gede yaakk
Salfok juga ke poto aku dungs :p

Reply Delete
Avatar
Dewi Nielsen 03/12/16 21.07

Mie ayamnyaaa...dah lama banget nggak makan ini...asli mupeng mbak...cocok buat cuaca saat ini..dingin banget..

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 03/12/16 22.21

Bisa bikin di Denmark mba Dewi. Ntar aku bantu buatin deh. Hihii

Reply Delete
Avatar
Maria Soraya 03/12/16 22.16

tempat wajib buat wisata kuliner, karena bikun bukan bis biasa :D

Reply Delete
Avatar
fanny fristhika nila 03/12/16 23.02

unik yaa... tapi kalo aku kesana, aku pasti milih yg diluar mbak :D.. soalnya aku agak phobia ama bus2 begini -__-. jd sebisa mungkin menghindari banget masuk ke dalam..

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 04/12/16 11.21

Aih, kenapa phobia bus mba Fanny :)

Reply Delete
Avatar
Nia K. Haryanto 04/12/16 00.36

Wuih unik banget ya tempatnya. Jadi kepikiran pengen bisnis yang sama. Punya tempat makan unik kayak gitu. Seruuuu...

Reply Delete
Avatar
HM Zwan 04/12/16 01.04

Wah,kreatif ya....seru juga makan2 di bis
Salam kenal mak^^

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 04/12/16 11.23

Hallo salam kenal kembali
Terima kasih :)

Reply Delete
Avatar
Tira Soekardi 04/12/16 03.15

jajanan sederhana ya semua suka

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 04/12/16 11.23

Iya mba Tira. Bisa diterima semua kalangan :)

Reply Delete
Avatar
Astin 04/12/16 04.51

Wah jd ikon ya his kuning ini. Aku datang ke UI tahun 2003 an pertama kali, buat yes masuk BI. Setelah itu semua hanya jadi kenangan. Loh kok curhat***

Reply Delete
Avatar
Molly 04/12/16 05.32

Iiih lucuuuu mba, makan mie ayam di dalam bikun :D. Bis ini khasnya UI kan ya?

Reply Delete
Avatar
arikus 04/12/16 06.59

Mie ayamnya lumayan mahal ya Bu, untuk ukuran Mahasiswa..hehehe, btw dari tampilannya terlihat enak..

Reply Delete
Avatar
Turis Cantik 04/12/16 11.15

Sensasi nostagia dalam bis kuning hahhaha patut dicoba, tapi kawasan hutan ui msh bnyak nyamuk ngak tuh mbak heheheh

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 04/12/16 11.28

Aku pernah iseng nyoba biskun UI, mba. Hehhe. Kalau untuk nyamuk, sejauh ini aku aman aman aja :)

Reply Delete
Avatar
Dita Indrihapsari 04/12/16 13.06

Hihi aku pernah makan di sini jg Mba Alida dan ngerasa harganya agak mahil yaa buat ukuran mahasiswa.. Eh tapi suka bgt sama suasana makan di dalam bisnya sih.. :D

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 04/12/16 13.10

Hihii
Buat aku yang bukan mahasiswa juga termasuk mahal. Mungkin karena itu ada potongan ayam gede setiap jenis makanan yang dipesan ya mba :)

Reply Delete
Avatar
Lidha Maul 04/12/16 13.37

alamak di dalam busnya itu lho yang seru.
Uniknya. Eniwe, kita sebenarnya saat mau makan nggak cuma cari makanan ya, tapi juga cari suasana. Nah, adakalanya yang dijual itu suasananya, ada sensasi apa gitu kalau makan disana, meski makanannya biasa saja

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 04/12/16 14.08

Iyaa mba. Sekali skali bolehlah. Asal jangan keseringan eeh karena sebetulnya, yang paling penting adalah kita makan dengan siapa. Hihiii

Reply Delete
Avatar
Unknown 04/12/16 19.03

wah keren,, ada juga tempat makan kaya gini. tempatnya unik sajiannya juga menggigit . . .

Reply Delete
Avatar
Wahyu Widyaningrum 05/12/16 09.27

Waw, aku belum pernah Mbak. KAyakna enak juga ya. Ganti pemandangan tempat makannya :)

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 05/12/16 14.41

Biar ada suasana lain ya :)

Reply Delete
Avatar
innnayah 05/12/16 10.40

whaaa unik banget ya mba, , bis kuning yg legend

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 05/12/16 14.41

Pas ya dibuat kafe seperti ini :)

Reply Delete
Avatar
Amir Mahmud 05/12/16 10.47

Wah lucu, konsep baru nih, tapi agak mahal ya harga paling murah 20rb

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 05/12/16 14.41

Itu untuk menu makanan berat seperti mie mas :)

Reply Delete
Avatar
Ranny 05/12/16 14.31

Sepertinya menyenangkan ya mbak makan di dalam bis :D hehehe mencoba hal yang baru apa salahnya. Inovasi seperti ini bikin orang tertarik dan menjadi magnet meraup konsumen yang banyak :D

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 05/12/16 14.43

Inovasi yang kreatif ya mba Ranny. JAdi orang pengen makan :)

Reply Delete
Avatar
Unknown 05/12/16 21.47

Ini bis kuning jaman dulu yg ngak kepake di buat cafe yaaa, kalo ada wifi nya di jamin betah

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 06/12/16 10.12

Betah buat berseluncur ya kakakk. Hihih

Reply Delete
Avatar
Risalahku 06/12/16 00.59

Waduhhhh., unik, menarik, dan asyik tentunya.
untung busnya gk berjalan, hehe

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 06/12/16 10.09

Kalau berjalan sensasinya beda yaa. Hihi

Reply Delete
Avatar
Gustyanita Pratiwi 06/12/16 09.58

Bikun ui makin agresif ni nglirik bisnisan lain selain transpot
Mb lidh ku naksir template mu, mau dong diposting ato kasi tau pake templatenya apa huhui

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 06/12/16 10.08

Mba NIta nggak naksir aku yaa #Eh. Hihihii
Itu aku pakai jasa mba Wulan Kenanga mba. Ntar aku colek mba di instagram yaaa :) Hihi

Reply Delete
Avatar
E 06/12/16 11.25

Unik ya, jadi pengen kesanaa. hehe

Reply Delete
Avatar
Anisa AE 06/12/16 11.59

Jadi laper. Sayangnya jauh. :v

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 07/12/16 22.45

Ntar kalau pas ke UI mba Anisa :)

Reply Delete
Avatar
Dian Kelana 06/12/16 13.02

Wah sayang banget, waktu berkunjung ke UI tiga bulan lalu belum tahu ada Bikun Coffee ini. Dan lagi saya datangnya pas Jumat, buru2 mau shalat Jumat, akhirnya waktu berkunjungnya cuma sebentAR

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 07/12/16 22.46

Iya nanti kalau pas main lagi ya ke UI, Ayah DIan :)

Reply Delete
Avatar
Disiniaja 06/12/16 13.33

asli keren dan unik.. mungkin akan lebih keren lagi kalau bus nya sambil jalan mbak. :D

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 07/12/16 22.46

Hahha bisa juga yaa
Sensasi makan di atas bus

Reply Delete
Avatar
Levina 06/12/16 19.59

Kreatif ya Mbak, bis pun dijadikan tempat makan/restoran....jadinya unik sih, terutama untuk para mahasiswa ataupun alumni UI yak...makan sambil bernostalgia

Reply Delete
Avatar
Sie-thi Nurjanah 06/12/16 23.25

Sederhana tp nyaman ya Mba nampaknya
Kteatif menjadi opsi lain jg utk mahasiswa ketika bosan dg menu kantin

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 07/12/16 22.47

Bener banget mba. Kreatif emang penting :)

Reply Delete
Avatar
Ahmad 07/12/16 20.07

suasana nya itu yang buat jadi keopingin makan di sana

Reply Delete
Avatar
Nefertite Fatriyanti 07/12/16 20.07

Wah kudu masuk UI nih, halan-halan sama nguliner di bus kuning ya mba, hehehe

Reply Delete
Avatar
Ratna Dewi 07/12/16 21.43

Mbak, wedang ungu kayak gimana sih? Oh ya, itu makan di dalam bus apa nggak sempit?

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 07/12/16 22.48

Itu yang fotonya ama nasi goreng mba. Ada daun2an gitu. Hihih

Reply Delete
Avatar
Ila Rizky 09/12/16 06.58

wah, ternyata ada makanannya juga ya, mba. kirain hanya untuk angkutan publik di kampus aja.

Reply Delete
Avatar
Mugniar 09/12/16 08.59

Ih seru juga ya makan di bis. Jadi pengen :D

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 10/12/16 14.36

Kalau iseng maen ke Jakarta mba :)

Reply Delete
Avatar
nita lana faera 09/12/16 14.26

Wow sensasi makan di dalam bus. Seru juga 😁 Mie ayamnya ada potongan ayam besar gitu ya, mantap

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 10/12/16 14.36

Iyaa, ayamnya gede mbaa :)

Reply Delete
Avatar
Rosanna Simanjuntak 09/12/16 17.30

Wah, unik banget yaa. Aku mau pesan bihun di bikun. Hihihi...

Reply Delete
Avatar
Ahmad 11/12/16 22.18

seru juga ya mbak bisa makan didalam Bis .... kreatif juga yg buat ide seperti ini

Reply Delete
Avatar
monda 12/12/16 09.18

kawasan UI asyik memamng jadi tempat jalan2 ya...
kalau ada acara keluarga ke Depok kami suka sengaja aja masuk kampus, muter2 ngadem lihat pohon2 sepanjang jalan..
nanti nyoba deh cari cafe bikun.., unik ya.. bus tua difungsikan daripada jadi rongsok

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 13/12/16 08.36

Iya jadi berfungsi ya mba :)

Reply Delete
Avatar
Bunda Saladin 14/12/16 12.42

wii mie ayam nya terlihat enak, lauknya banyak banget
kalau di malang ada juga yang jualan di dalam bis, tapi menu nya pecel :D

Reply Delete
Avatar
Hendra Media 14/12/16 16.12

Saya baru tau nih ada tempat makan di dalam bikun. Kalo saya sih pernahnya ke Gubug Mang Engking di area kampus UI juga, hehehe... Makanannya bikin ngiler aje nih

Reply Delete
Avatar
Ria Tumimomor 15/12/16 07.55

di dalam situ ada wifi juga? gimana ya kl mereka keenakan di dalam teruuuusss krn ada wifi. asyik mengerjakan tugas sambil makan sambil online pulak

Reply Delete