Top Social

TRAVEL AND LIFESTYLE BLOGGER

Yuk, Datang ke Pameran Pendidikan Islam Internasional 2017

Kamis, November 23, 2017
“Dan katakanlah,‘Wahai Rabb-ku, tambahkanlah kepadaku ilmu’“. (QS. Thaaha [20] : 114)

“Menuntut ilmu itu wajib atas setiap muslim”. (HR. Ibnu Majah. Dinilai shahih oleh Syaikh Albani dalam Shahih wa Dha’if Sunan Ibnu Majah no. 224)

Ayat Al Quran dan Hadis di atas itu menegaskan pentingnya untuk menuntut ilmu untuk umat muslim. Bahkan menuntut ilmu adalah wajib bagi umat muslim. Bagi saya, ayat Al Quran dan Hadis ini membuat saya selalu berkeinginan untuk selalu menempuh ilmu. Tak pernah ada rasa cukup untuk mendapat informasi baru yang bermanfaat.
 
Pameran Pendidikan Islam
Ilmu bagi saya tak hanya terbatas ilmu-ilmu sosial saja. Melainkan juga ilmu agama. Tapi saya sendiri sadar bahwa ilmu agama saya masih sangat kurang. Selama ini saya lebih banyak mendapat ilmu agama melalui chanel-chanel telegram di handphone. Atau mendengar ceramah melalui youtube. Tapi jujur, saya berkeinginan juga untuk menuntut ilmu terkait pendidikan Islam bagi saya dan juga keluarga. Keinginan itu hingga kini masih terpendam dan belum direalisasikan hingga kini.

Hingga suatu ketika, sahabat saya menyampaikan ada Pameran Pendidikan Islam Intenasional (Internasional Islamic Education Expo –IIEEE) yang dilaksanakan Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementerian Agama di ICE BSD Tangerang. Acara ini dilaksanakan sejak Selasa, 21 November hingga Jumat 24 November 2017.

Mungkin ada yang penasaran mengapa dilaksanakan Pameran Pendidikan Islam ini? Nah, kali ini saya akan menuliskan lebih banyak tentang Pameran Pendidikan Islam.

Jadi, pameran ini bertujuan untuk menampilkan pendidikan Islam Indonesia agar dikenal dengan baik oleh masyarakat luas secara nasional maupun internasional. Harapannya, dengan mengunjungi Pameran Pendidikan ini, para pengujung akan mendapatkan banyak manfaat tentang pendidikan Islam di Indonesia.
 
Suasana pameran Pendidikan Islam. Foto Jun Joe
Pendidikan Islam yang diharapkan diperoleh tak hanya tentang pendidikan Islam masa kini saja, tapi juga sejarah Islam masa lampau pun dapat diperoleh dengan mengunjungi pameran ini.

Jangan salah loh, Indonesia memiliki banyak sekali potensi pendidikan Islam yang tak boleh diragukan. Misalnya terkait jumlah lembaga pendidikan Islam di Indonesia. Bayangkan saja, di Indonesia saat ini terdapat 600 pendidikan tinggi Islam, 75.000 madrasah tingkat menengah dan 28.000 pesantren.

Jumlah itu kemudian didukung kondisi Indonesia yang walaupun memiliki keberagaman etnis, budaya dan agama tapi bisa mengembangkan keislaman yang rahmatan lil alamin. Bahkan, Indonesia menjadi obyek studi keislaman inklusif karena di negara ini berbagai perbedaan dapat hidup berdamaian secara damai dan harmonis. “Hal ini berbeda dengan di Afrika dan Arab,” kata Pak Kamaruddin Amin, Direktur Jendral Pendidikan Islam Kementerian Agama.


Acara yang diikuti oleh banyak orang 

Jadi ya jangan heran, Indonesia ini adalah tujuan yang tepat bagi studi ilmu-ilmu agama karena berbagai keunggulan yang dimiliki oleh Indonesia. Pendidikan Islam Indonesia adalah pendidikan Islam yang mengajarkan kedamaian dan menghargai perbedaan.

Saat pembukaan pameran Pendidikan Islam, Pak Kamaruddin mengatakan ada tiga alasan mengapa IIEE 2017 ini penting untuk diselenggarakan yakni :

Indonesia adalah negara demokratis yang menempati peringkat tinggi di dunia. Prestasi ini sangat membanggakan, di satu sisi, dan menjadi tantangan di sisi yang lain.

Kondisi situasi sosial-politik yang kurang menguntungkan yang terjadi pada beberapa negara muslim, masyarakat muslim dunia, saat ini, tengah mencari kiblat pendidikan Islam yang dibanggakan. "Pendidikan Islam Indonesia adalah pendidikan yang mengajarkan untuk meneguhkan nasionalisme keindonesiaan," tegas Guru Besar UIN Alauddin Makassar.

Jangan lupa datang ya 
Pameran ini iktikadnya untuk menjadi ajang silaturahim dan pengenalan secara lebih mendalam. Pengenalan islam secara mendalam ini bisa dilakukan melalui curah gagasan pengembangan pendidikan dan keilmuan Islam, tukar menukar kreasi dan keunggulan masing-masing, serta menawarkan sejumlah inovasi dan pengembangan kebijakan publik yang layak dikonsumsi masyarakat luas.
Pameran ini menarik banget dikunjungi karena diikuti oleh 200 stand yang terdiri dari lembaga-lembaga pendidikan dan mitra dari dalam dan luar negeri.

Kegiatannya pun sangat beragam misalnya :
Seminar Internasional  Tahunan tentang Studi Islam (Annual International Conference on Islamic Studies, AICIS)
Deklarasi Jakarta
Apresiasi Pendidikan Islam (API)
Seminar Internasional tentang Studi Pesantren
Pentas Seni Pelajar dan Mahasiswa

Pelaksanaan Seminar International Tahunan ini diikuti ratusan orang yang terdiri dari rektor dan guru besar se Indonesia serta peserta dari 20 negara seperti Jepang, Abu Dhabi, Singapura, Inggris dan lain-lain. Guru-guru besar dalam negeri antara lain Prof Azyumardi Azra, Prof Dr. KH. Hasaruddin Umar, KH Husein Muhammad serta masih banyak lagi yang hadir dan membahas tentang studi keislaman di Indonesia.

Saat pelaksanaan pameran hari pertama, banyak juga pengunjung yang datang secara berombongan dengan teman-teman sekolahnya. Bahkan banyak yang datang masih menggunakan seragam sekolah karena seusai pulang sekolah langsung meluncur ke Pameran Pendidikan.
 
Antusiasme pengunjung di Madrasah Terpadu Kota Malang. Foto : Jun Joe 
Nah, salah satu stand yang ramai dikunjungi adalah stand milik Madrasah Terpadu Kota Malang. Di sana, pengunjung melihat berbagai piagam dan hadiah yang diterima oleh sekolah ini. Tak hanya itu saja. Hasil karya para siswa pun ikut di pamerkan di stand ini.

Ingin melihat smart book? Mampirlah ke booth milik FKG PAI. Datang ke booth ini, para pengunjung bisa melihat rangkaian huruf yang disusun di kain-kain dengan warna-warna yang ceria. Tak percaya? Lihat saja foto di bawah ini.

Oh ya, di acara ini juga pengunjung yang ingin belajar kaligrafi juga bisa loh. Salah satunya ya di IAIN Jember. Di stand ini, pengunjung bisa melihat secara langsung cara untuk belajar kaligrafi. Selain itu, di Pekalongan ini juga memamerkan batik-batik khas Jember. Belum pernah lihat secara langsung batik Jember? Jangan lupa mampir ke booth IAIN Jember ya.

Pengunjung bisa lebih banyak belajar tentang teknologi dengan mengunjungi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Di stand ini, pengunjung bisa melihat berbagai karya-karya mahasiswa Universitas Islam Maulana Ibrahim yang telah diciptakan. IAIN Pekalongan seolah tak mau kalah dengan stand stand lembaga pendidikan Islam lainnya.
 
Stand Universitas Islam Ibrahim Maulana. Sumber : Kurnia Amel 
IAIN Pekalongan berusaha menonjolkan ciri khas mereka seperti batik Pekalongan. Batik-batik Pekalongan yang selama ini sangat terkenal juga turut memeriahkan pameran ini. Warna-warna batik Pekalongan sangat cantik-cantik. Mulai dari warna merah, kuning, hijau dan biru serta dengan motif- motif yang sangat indah.  Jangan salah, semua batik-batik ini merupakan karya mahasiswa IAIN Pekalongan loh. Harganya pun cukup terjangkau yakni sekitar Rp 130 ribu per lembar kain.
 
Kain cantik di booth IAIN Pekalongan
Memang, karya-karya mahasiswa yang dipamerkan di Pameran Pendidikan Islam Internasional ini. Pameran ini menonjolkan bahwa mahasiswa-mahasiswa yang menempuh pendidikan di lembaga Islam juga memiliki ketrampilan yang sangat mumpuni. Misalnya karya UIN Walisongo Semarang yang memamerkan kerajinan tangan dari sampah yang disulap menjadi dompet dan tas-tas cantik.

Nggak hanya karya kreatifitas saja melainkan juga produk makanan yang bernilai gizi juga dipamerkan. Datanglah ke stand MAN 3 Malang yang memamerkan banyak produk makanan bergizi itu. Misalnya sempol bamshira yang mengandung bayam merah, jamur shitake dan jamur tiram yang mampu membakar kolesterol dan melawan kanker. Okra yang selam aini dianggap sebagai tanamana yang berkhasiat, diolah menjadi permen. Nah permen okra ini diolah menjadi pengganti makanan ringan bergizi yang dapat membantu tumbuh kembang anak.

Sebagian karya mahasiswa. Foto : Twitter Febrianty 
 Selain itu, ada juga manuscrip Al Quran dengan tulisan tangan karya orang Banten pada abad 18 juga ikut dipamerkan. Masih ada waktu hingga Jumat, 24 November 2017 untuk datang ke International Islamic Educational Expo di ICE BSD City, Tangerang ini. Tunggu apa lagi? Jangan ragu ajak keluarga dan teman-teman untuk melihat langsung pameran ini ya. Apalagi masuk ke pameran ini GRATIS!

Saya sendiri berharap pameran seperti ini rutin dilaksanakan setiap tahun hingga banyak sekali informasi tentang pendidikan Islam yang tersampaikan. Harapan lainnya, pameran ini nggak hanya berlangsung selama empat hari tapi selama seminggu sehingga weekend saat berkumpul bersama keluarga, bisai dilakukan dnegan mencari informasi menarik dari pameran pendidikan Islam ini.





42 komentar on "Yuk, Datang ke Pameran Pendidikan Islam Internasional 2017 "
  1. Besok udah mulai berakhir nih infonya, sayang kalau ga kesini terutama buat yg lagi cari info pendidikan dan beasiswa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku tak sabar menunggu diadakan lagi sesegera mungki, mba

      Hapus
  2. lewat acara ini jadi tahu y mba lembaga pendidikan islam di Indonesia banyak semoga lebih banyak yang ingin tahu dan bisa hadir kesini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa. Bener banget mba Herva 😍😘

      Hapus
  3. Rame banget ya yang datang. Aku jadi mupeng. Insyaallah ntar hari terakhir aku kesana, mau cari tau pesantren buat abhi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tempat ini memang pas banget buat mencari pilihan temmpat pendidikan agama islam terbaik, mbaa

      Hapus
  4. Wah besok terakhir ya acaranya. Malem gini liat sempol kok aku jadi lapar yak. Hahaha

    BalasHapus
  5. Masya Allah, diajarin wirausaha juga ya. Semoga jadi pengusaha Islam yang andal ke depannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaamin, mbaaa. Ilmunya biar berguna ya mbaa

      Hapus
  6. Lembaga pendidikannya bagus2 ya mbak..salut deh ada yang mengajarkan ekonomi kreatif juga. Jadi menyiapkan anak didik tuk bisa mandiri setelah lulus nanti. Makasih infonya ya.

    BalasHapus
  7. Acara yg menarik, ngga cuma pameran tp kita bs mengenal lebih dekat sejarah islam. Smoga bisa kesana

    BalasHapus
  8. Ayuk, ada berapa info yang aku butuhkan memang. Ciba ya diperpanjang pamerannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Moga next diperpanjang ya mbaa waktu acaranyaa

      Hapus
  9. Kira2 dari Ambon Iain Ambon ada kaseng e..

    BalasHapus
  10. Woh hasil karya dari lembaga pendidikan berbasis agama Islam gak kalah ya mutunyaaa :D

    BalasHapus
  11. wah hari ini terakhir ya, asyik banget ya, pameran pendidikan agama penting banget nih. Sayang saya belum bs ke sana, nunggu reportase temen deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Datang lagi ya mba kalau diadakan lagi

      Hapus
  12. Kemaren aku maju mundur buat masukin ponpes ternyata banyaaak yang bagus sekolah Islam ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Datang ke pameran ini jadi makin banyak tau ya mbaa

      Hapus
  13. keren eventnya semoga bisa kesana. sampe minggu ini aja ya mba?

    BalasHapus
  14. Kalau punya anak bagus banget ke acara ini. Jadi bisa memilih calon sekolah yang bagus tanpa harus repot-repot datengin satu-satu. Semoga acaranya bisa jadi acara tahunan ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah bener banget mba Dian.Kita tak perlu datang satu per satu ke sekolah ya. Wasting time soalnya. Hehhehe

      Hapus
  15. Bagus banget acaranya. Sosialisasi ini baiknya tidak hanya di Jakarta ya, semoga tahun depan bisa roadshow di kota2 besar Indonesia..

    BalasHapus
  16. Yah udah lewat yaa. Tumben ga sampai weekend

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa. Moga next bisa sampai weekend ya mbaa

      Hapus
  17. 200 lembaga pendidikan yang ikut semua pilihan dan terbaik.

    BalasHapus
  18. Acaranya penuh dng informasi sekolah Islam ya,smg tahun dpn ada lagi

    BalasHapus
  19. Setiap stand punya ciri khas masing-masing ya mbak dengan daerah asalnya yang pastinya memiliki nilai jual di mata calon pelajar atau mahasiswanya. Jadi kita pun tinggal memilih dong ya pastinya antara passion anak dengan kualitas pendidikan yang ditawarkan. Yang aku salut tuh sampai dari bagian timur Indonesia pun juga ada lho mbak xixi. Kerennn pokoknya, semoga bisa jadi agenda tahunan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mereka juga ingin menunjukkan keunikan dan kemmapuan mereka ya mba

      Hapus
  20. Karena semasa sekolah dulu aku selalu masuk sekolah umum, dengan pameran pendidikan islam begini bisa tau banyak ya tentang pendidikan Islam di Indonesia.. ^^

    BalasHapus
  21. Acaranya menarik dan seru dan memberi manfaat.

    BalasHapus
  22. Aku belum kesampaian nih mbak ngajak anak dan suamiku ke pameran ini. Secara aku mau ngajarin hal penting dalam hidup ke anakku sedini mungkin. Apalagi soal iman dan aqidah. Tempat positif ini wajib banget jadi kunjungan wajib buat aku nih mbak. Makasih sharenya ya mba, aku mau kasih tau suamiku . 😊

    BalasHapus

Auto Post Signature

Auto Post  Signature