Rabu, Juli 13, 2016

Kurma Muda Dipercaya untuk Program Hamil

Saya ingin menulis pengalaman umrah Mei lalu (6 Mei-16 Mei 2016) secara bertahap. Kali ini, saya ingin cerita tentang salah satu info menarik yang saya peroleh selama umroh. Salah satu jamaah umroh bernama Pak Sigit bercerita kepada saya tentang kurma muda saat kami di Perkebunan Kurma di Madinah. Saat keluar dari toko di perkebunan kurma, ia membawa satu plastik yang berisikan kurma muda. “Sayangnya hanya satu plastik, kalau ada banyak saya mau beli,” kata Pak Sigit kepada saya. Awalnya saya mengira kurma muda itu seperti kurma lainnya. Tapi teryata, teman saya mengatakan kurma muda dipercaya dapat membantu untuk program hamil.

Kurma Muda sekilas mirip anggur hijau


Kepada saya, ia bercerita setelah menikah selama empat tahun, pernikahannya tidak membuahkan anak. Berbagai upaya pun dilakukan untuk persiapan kehamilan. Ia dan istri mendatangi berbagai dokter hingga berbagai pengobatan alternatif agar cepat hamil. Berdasarkan pemeriksaan dokter, di rahim sang istri ada gangguan yang tidak memungkinkan untuk hamil. “Kami syok mendengar kabar itu,” katanya. Tapi perjuangannya untuk memperoleh anak tetap dipertahankan. Kemudian, pasangan suami istri itu diperkenalkan saudara dengan kurma muda. Kurma muda ini dipercaya dapat membantu agar cepat hamil.  Bagi pasangan yang belum memiliki anak, kurma muda dianggap berkhasiat untuk kesuburan pasangan yang belum mempunyai keturunan. Warnan kurmanya hijau dan bentuknya lebih kecil dibandingkan kurma lainnya. Rasanya lebih sepet dan agak sedikit keras. Saya sendiri belum tahu apa kandungan di kurma muda ini, tapi manfaat kurma muda sangat terkenal untuk kesuburan pasangan suami istri.

Kebetulan saat itu, saudaranya baru tiba dari umrah dan membawa pulang oleh-oleh kurma muda. Berbekal keyakinan dan tetap yakin atas kehendak Allah, pasangan suami istri itu kemudian mengkonsumsi kurma muda sebagai makanan penunjang kehamilan. Kurma muda itu dikonsumsi setiap hari. Sehari tiga hari yakni pada waktu pagi, siang dan malam. Kurma itu dihancurkan kasar, kemudian dikonsumsi langsung. Kurang dari sebulan, berkat ijin Allah, sang istri hamil anak perempuan. Dua tahun kemudian, sang istri pun kembali hamil anak perempuan. “Kami langsung datang ke dokter yang sempat mengatakan istri tak bisa hamil. Dokter takjub dengan keberhasilan kami,” katanya.

Pohon Kurma di Perkebunan Kurma, Madinah
Keberhasilan Pak Sigit itu kemudian diketahui banyak tetangga. Saat umroh kemarin, ia dipesankan untuk membeli kurma muda untuk dibawa pulang. Nah, karena kurma muda yang dijual di toko Perkebunan Kurma sudah habis, kami pun bergegas ke halaman belakang perkebunan. Di sana ada beberapa pohon kurma yang tumbuh lebat.

Nah, di bawahnya ada berbagai buah kurma yang masih segar. Kami pun bergegas mengambil buah kurma tersebut. Setelah itu, kurma dicuci bersih. Sayangnya aps di Mekkah, buah kurma tersebuh warnanya menghitam. Mungkin karena tidak dijemur agar lebih kering dulu sehingga penyimpananya lebih awet. Tiba di Jeddah, saat hendak kembali ke Jakarta tepatnya di Mesjid Terapung, saya pun menemukan kurma muda yang dijual di sekitar Mesjid Terapung itu. Ada beberapa jamaah umroh yang juga membeli kurma muda untuk di bawa ke Jakarta. 


Penjual kurma muda di Jeddah
Harganya sekitar 10 real (1 real=Rp 3636) untuk satu plastik kecil. Ada juga yang menjual dalam bentuk bubuk, tapi banyak juga yang memilih dalam bentuk buah utuh. Saya sempat bawa pulang untuk saudara saya. Namun hingga kini, keinginannya untuk memiliki anak belum terwujud. Ya, semuanya kembali kepada pribadi-masing-masing. Manusia hanya bisa berencana, Allah yang menentukan.     



Wulansari Rach Alida Bahaweres

Seorang Ummi, istri, jurnalis dan blogger. Aktif menulis dan memberikan pelatihan menulis. Kontak kerjasama ke @lidbahaweres dan lidbahaweres@yahoo.com. Twitter dan instagram : @lidbahaweres. Terima kasih

68 komentar:

  1. Hebat nih buah kurma ini bisa di konsumsi untuk wanita yang lagi melaksanakan program kehamilan :)

    BalasHapus
  2. baru tau jika kurma muda bisa membantu program kehamilan, nice info mbak :)
    bisa aku share ke tante aku yang udah lama pengen punya anak ^^

    makasiih banyak artikelnya :)


    rusydinat.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awalnya aku juga nggak ngeh, mba. Ya tapi semua ya kehendak Allah. Smoga segera dikabulkan keinginannya ya, mba

      Hapus
  3. Kurma itu obat dari segala obat ya, makasih infonya mba, jadi makin tau khasiat kurma :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa mba.
      Semoga yang terbaik yang selalu kita terima ya, mba. Amin

      Hapus
  4. Benar banget mba, kurma muda bisa untk program hamil, pernah bawain untk temen alhamdulillah hamil.btw enak jg kurma muda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kalau ada yang berhasil ya, mba :)

      Hapus
  5. Baru tahu khasiat kurma muda, semoga kapan-kapan bisa umroh dan bawa oleh-oleh untuk saudara yang juga sedang promil...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin amin, mba :)
      InsyaAllah ya moga berhasil :)

      Hapus
  6. makasih infonya, kebetulan lg ada rencana program hamil :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Namanya aja usaha ya, mba. Semoga berhasil

      Hapus
  7. Wah ada tambahan info utk ikhtiar ya mba.. sy pnh denger cara ini tp belom pnh denger ada yg sukses berkat cara ini.. akhirnya skrg baca kisah sukses nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya aku malah awalnya nggak tahu tentang kurma muda ini mba :)

      Hapus
  8. Wah informasi yg bermanfaat..bukan utk program hamil saya tentu saja hahaha.... makasih ya mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siapa tahu berguna bagi yang lain ya mba

      Hapus
  9. Saya juga pernah dengar soal kurma muda buat Ikhtiar biar bisa hamil, namun belum pernah dengar kasusnya langsung. Semoga saudara Mbak segera diberi amanah ya.

    Btw, di paragraf pertama yang keluar dari toko perkebunan itu siapa, Mbak? Terus yang bilang mau beli kurma siapa? Kok saya baca berulang-ulang, agak ga nyambung, hehe....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin atas doanyaa, mas.
      Terima kasih koreksinya. Maksudnya, Pak Sigit yang baru keluar toko perkebunan dan bilang mau membeli kurma

      Hapus
  10. Tapi kalau memang ada gangguan rahim (alat reproduksi ), gak ada hubungan nya dengan kesuburan lagi.. Btw aku baru tau ada kurma muda ini loh mba, tapi termasuk murah ya dibanding kurma nabi. Mungkin di tanah abang ada yang jual hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba. Aku juga baru tahu. Ada yang jual dalam bentuk bubuk warna hijau. Mmh kalau di tanah abang, aku nggak tahu ada yang jual atau nggak mba :)

      Hapus
  11. Kalau di Jakarta, ada yang jual nggak mba?. Kalau ada biar saya rekomendasikan buat adek.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku nggak tahu kalau di Jakarta. Mungkin kalau ada yang pas umroh ya mba. Kayaknya ga tahan lama. Moga saudaranya bs terkabul keinginannya ya mba :)

      Hapus
  12. Kurma muda ini bermanfaat juga buat kesehatan kah? apa mungkin kita tanam sendiri di pekarangan rumah yaa..lumayan bisa menghemat hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya iya mba Muti. Kalau tanam sendiri, kontur tanahnya sebaiknya harus sangat kering

      Hapus
  13. Wah aq baru tau mba...
    Mudah mudahan segala ikhtiarnya di ijabah oleh Allah SWT..Amiiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin mba Widhie. Aku ya baru tahu pas umroh itu. Selama ini nggak ngeh mba

      Hapus
  14. Saya juga tahu info ini kebetulan waktu itu pas ada tayangan film, kurma muda bisa menyuburkan rahim untuk yg sukar punya momongan. Alhamdulillah, berkat izin Allah ya, Kak.
    Semoga senantiasa diberi kesehatan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semuanya atas kehendak Allah :)
      Amin amin doanya :)

      Hapus
  15. aku pernah dikasih temen. makannya bentuk frozen, nungu cair dulu.
    enak... untung aku ga langsung hamil hihihi

    BalasHapus
  16. rasanya gimana tuh mba??/ tetep manis kah?

    BalasHapus
  17. Baru tau kurma muda bisa untuk program hamil. Kurma memang banyak khasiatnya ya. Waktu anakku kena DBD bulan lalu, kuberi sari kurma.

    BalasHapus
  18. Wah, baru tau nih ttg khasiat buah kurma muda. Infoin adik ipar ah. Tq, Mba Lida. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bermanfaat ya mba Al ;)
      Terima kasih kembali

      Hapus
  19. Banyak bgt manfaat kurma ya ... Baru tahu hihi :)

    BalasHapus
  20. blm pernah makan kurma muda

    smoga bs ke sana langsung utk ibadah tentunya

    BalasHapus
  21. Aku pengen nyobain kurma muda nya mbak biar lekas hamil huhu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini salah satu iktiar, mba Tuty :)
      InsyaAllahs emoga disegerakan ya mba. Amin amin

      Hapus
  22. Wah baru tahu ttg kurma muda ini.. khasiatnya ternyata war biasa ya mba. Eh tapi di Indonesia belum ada yg jual ya mba? Di tanah abang ada ga ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, aku nggak tahu ada yang dijual di Indonesia atau nggak. Nggak tahan lama soalnya mba

      Hapus
  23. Saya dulu waktu promil juga sempat dapat kurma muda dari kenalan ibu saya yang pulang umroh. Yang amsyong banget itu kalo disuruh minum serbuk kurma...rasanya itu gimana gitu...nggak bisa diungkapkan lewat kata-kata...hihihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Serbuk yang bubuk warna ijo itu ya mba ...
      MMh aku belum nyicip mba yang serbuk :)

      Hapus
  24. Ternyata kurma muda bisa menyuburkan ya mbak, saya baru tau, nih he he...
    Nanti saya beri tahu teman saya, soal ini. Makasih infonya ya Mbak ;)

    BalasHapus
  25. Kurma yang masih buahnya sepertinya emang lbh manjur buat "obat" ketimbang yang sudah berbentuk manisan atawa ciran kali ya mbak? Atau khasiatna sbnrna sama aja ya? Tapi mendpatkannya jauh jg ya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak yang mengatakan demikian, mba April. Lebih baik langsung buahnya ya :)

      Hapus
  26. Saya baru tahu lho Mbak. TFS ya

    BalasHapus
  27. Semoga bermanfaat infonya ya mba :)

    BalasHapus
  28. Bisa di informasikan buat teman yang sedang sulit dapet momongan, mudah2n dengan kurma muda bisa jadi perantaranya.. Aamiin.

    BalasHapus
  29. Saya suka sama kurma muda klu pas ada yg umroh suka nitip...makasih infonya mba...

    BalasHapus
  30. saya juga pernah dengar kurma muda utk terapi hamil, tapi kembali pada Yang Maha Memberi ya mba semuanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mba. Kita hanya mengusahakan ya mba

      Hapus
  31. Baru tahu ada yang jual kurma muda Mbak. Dan baru tahu khasiatnya. Ah, semoga yang belum memiliki keturunan segera mendapatkannya. Sedmangat ya Mbak, makan kurma muda terus dengan penuh keyakinan dan doa

    BalasHapus
  32. Obat alamai dan atas izin Allah, in sya Allah berhasil.

    BalasHapus
  33. bu boleh di copas tulisannya?tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan dengan mencantummkan nama saya dan alamat blog saya ya :)
      makasih

      Hapus
  34. terimakasih untuk artikelnya mbak.. kebetulan juga lagi program ney, sepertinya bisa diterapkan. cuma disini adanya kurma biasa, kira2 khasiatnya sama juga gak yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba WInda, aku nggak tahu nih beda khasitanya. Hanya saja memang ya semua sesuai keputusan Allah :)

      Hapus
    2. Assalamualaikum. Saya jual kurmud mbak.. saya lgsg dtngkan dr Jedah. Bisa WA saya di 085707060919

      Hapus
  35. Assalamualaikum.

    Saya sendiri berhasil hamil dgn makan kurma muda kuning. Setelah menunggu kurleb 2 tahun, konsumsi dlm wkt 1 bulan Alhamdulillah sdh dikarunia buah hati. Dari pengalaman saya, saya berniat membantu pasangan lain yg ingin ikhtiar dgn kurmud. Alhamdulillah bbrp teman dan cust hamil jg. Bbrp dr mereka jg ttp konsumsi terutama saat semester 2 dan 3 sbg penguat kandungan alami. Jika berminat bisa WA di 085707060919 atau follow Instagram saya @tokosaudiarabia. Makasi sharenya mbak Alida. :)

    BalasHapus