Kamis, April 21, 2016

Lima Bahan Alami Mengatasi Jerawat

Saya termasuk orang yang memiliki kondisi kulit normal cenderung kering. Apabila saya tak memakai pelembab, bedak tidak akan menempel dengan baik. Namun terkadang kulit berminyak pun muncul sehingga jerawat datang tanpa diundang. Jumlahnya sih nggak banyak. Hanya saja lokasi terkadang di titik yang tak pas. Pernah, jerawat muncul di ujung hidung! Jika ini yang terjadi, tentu menganggu penampilan. Tak hanya itu saja, jerawat pun terkadang bikin gatal sehingga ingin selalu saya garuk. Tapi ya, saya tahan-tahan daripada nanti merusak wajah. Setelah bertanya-tanya dan banyak browsing, saya jadi banyak tahu tentang jerawat.

Toner, Skin, Skincare, Cooling, Facial, Slice, Natural
Bahan Alami
Teryata banyak faktor penyebab jerawat. Pertama adalah faktor lingkungan. Hidup di kota yang penuh polusi dan memilih menggunakan kendaraan umum, pasti sulit untuk terhindar dari debu. Alhasil, debu pun menempel di wajah sehingga terjadi penyumbatan pori-pori dan muncullah jerawat. Kedua adalah faktor hormon. Adanya peningkatan hormon juga menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat.   

Lalu bagaimana cara mencegah terjadinya jerawat?. Pertama, harus menghindar dari polusi dan debu yang menyebabkan jerawat muncul. Sehabis pulang, seharusnya langsung membersihkan wajah. Ini yang seringkali saya lupa dilakukan. Terkadang jika capek, berasa ingin langsung istirahat. Alhasil kotoran semakin menumpuk sehingga menyebabkan jerawat muncul. Jika ini terjadi berulangkali, tentu saja semakin memperparah kondisi jerawat. Kedua, sebaiknya menggunakan masker untuk mencegah debu dan kotoran menempel di wajah. Tujuannya agar debu dan kotoran tidak menempel di wajah.

Pencegahan dan pengatasi jerawat juga dapat digunaOh ya, ada bahan-bahan alami yang dapat mencegah dan mengatasi jerawat. Bahan-bahan ini dapat digunakan untuk perawatan wajah berjerawat. Jadi, bahan-bahan alami ini dapat berfungsi sebagai anti inflamasi (peradangan), mempercepat penyembuhan luka bekas jerawat hingga mengurangi aktivitas kelenjar minyak. Ada lima bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi jerawat.

Kunyit. Teryata, kunyit mengandung kandungan aktif yaitu curcumin yang memiliki kandungan anti peradangan, dan mempercepat luka karena jewarat.

Manggis. Kulit buah manggis mengandung bahan aktif yang berfungsi sebagai anti oksidan dan anti bakteri. Ini tentu dapat membantu mencegah timbulnya jerawat

Bawang Putih. Dengan memiliki sifat anti jamur, bawang putih teryata dapat mengatasi bakteri penyebab jerawat. Caranya mudah. Ambil beberapa siung bawang putih lalu haluskan. Kemudian bawang putih yang sudah dihaluskan itu diaplikasikan pada area kulit yang berjerawat. Bilas setelag lima belas menit.

Tomat. Menggunakan tomat yang telah dihaluskan ke wajah, teryata juga efektif. Mama saya seringkali mengajarkan cara seperti ini kepada saya. Kandungan vitamin A, C, K dan likopen yang seringkali terdapat di obat jerawat teryata ada di tomat.

Telur. Untuk menyamarkan bekas luka jerawat juga dapat menggunakan telur. Putih telur memiliki kandungan protein dan vitamin yang dapat membantu membangun sel-sel putih. Putih telur juga dapat mampu menyerap kelebihan minyak dari kulit. Penggunaan putih telur mudah. Cukup oleskan putih telur di wajah dan setelah 15 menit langsung dibilas.

So, bagaimana cara teman-teman agar terhindar dari jerawat? perawatan alami apa yang dilakukan untuk perawatan wajah berjerawat ? Yuk, berbagi ...  

Sumber : dari berbagai sumber 











Wulansari Rach Alida Bahaweres

Seorang Ummi, istri, jurnalis dan blogger. Aktif menulis dan memberikan pelatihan menulis. Kontak kerjasama ke @lidbahaweres dan lidbahaweres@yahoo.com. Twitter dan instagram : @lidbahaweres. Terima kasih

24 komentar:

  1. Aku biasa pakai lemon walaunpun keras dan pedih haha. Bawang putih kayaknya menarik nih, belum pernah coba. *brb ke dapur*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebayang kalau pakai lemon, mbaa. Hihii. Ya namanya usaha ya mba :)

      Hapus
  2. Cocok nih, aku jadi tambah ngerti ada buah atau tumbuhan lain yang bisa mengobati jerawat. Biasanya aku hanya pakai kulit sisa perasan jeruk nipis atau jeruk peras.

    BalasHapus
  3. aku biasa pake tomat sama telur, agak ampuh sih tapi pemakaiannya harus secara rutin ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang kuncinya harus teratur ya mba. Kalo sekali aja kayaknya nggak mempan :)

      Hapus
  4. Dulu aku suka pakai tomat buat maskeran mba.
    Sekarang nggak rajin, qiqiqi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mmhh ... harus semakin rajin ya mbaa :)

      Hapus
  5. Wah muantappp mbak tapi saya sih suka pakai lemon soalnya langsung terasa.

    BalasHapus
  6. Belum berani pakai perawatan alami sendiri, Mbak. Sensitive soalnya kulit saya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, kalau kulit sensitif emang harus hati-hati ya ..
      Moga aja nggak kenapa-napa, mba :)

      Hapus
  7. Kalau aku sih nggak terlalu rajin ngerawat muka mbak hehe. Tapi ya perlu juga sih biar wajah mulus. Makasih sudah berbagi (y)

    BalasHapus
  8. Aku baru tau kalau kunyit, manggis dan bawang putih bisa mengatasi jerawat juga. Taunya telur sama tomat hehe . makasih infonya mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisaa, mbaaaaa Gilang :)
      Terima kasih kembali

      Hapus
  9. kalau dikasih bawang putih apa engga perih itu ntar?
    membantu banget artikelnya. mungkin nanti bisa saya terapkan.
    salam bloggr

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama kayak jeruk juga agk perih, mas :)

      Hapus
  10. hana baru tahu soal semua bahan di atas :O
    selama ini kalau ada jerawat dibiarin aja, cukup sering rajin cuci muka terus ilang deh..

    ternyata ada bahan-bahan alami :D
    makasih tipsnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillaah kalau dengan cuci muka aja udah langsung cling alias bersih ya, mba :)

      Hapus
  11. Yang ada disini satupun aku malah belum pernah coba Mbak xixixi
    pernah nyoba yang alami palingan jeruk nipis, tapi kalau jerawat pas lagi radang-radangnya, perihnya sampai nangis mbak :(

    BalasHapus
  12. Wah aku malah baru tau kalo 5 bahan alami ini bisa mengatasi jerawat. Bawang putih dulu aku pernah coba dioles di alis sebelum cabut bulu alis hahaha, ternyata bisa juga buat jerawat ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku belum pernah nyoba bawang putih buat cabut alias. Bisa juga nih tipsnya mbaaa

      Hapus