Pengalaman Menyiapkan Ramadhan bersama Anak

Ramadhan tak lama lagi tiba. Menyiapkan ramadhan bersama anak semoga menjadi penyemangat untuk bisa ramadhan kini. Apa saja yang harus disiapkan?

Pengalaman Menyiapkan Ramadhan bersama Anak


Ku menantimu. Saban waktu. Bangkit jiwaku. 

Kau suluh hatiku. Dengan sinar. Kudus kasihmu 

Kuharap kan terus bersamamu selamanya 

Ramadhan ramadhan. Ramadhan dihati. Ramadhan ramadhan. Ku mohon usah pergi.  


Lirik lagu berjudul Ramadhan yang dinyanyikan oleh Maher Zain ini seolah mengungkap suasana hati menjelang ramadhan. Alhamdulillah tak sabar rasanya menunggu kehadiran bulan ramadhan. Bulan yang penuh berkah dan rahmat. Bulan ramadhan memiliki banyak keutamaan seperti bulan dilipatgandakan amal, bulan diturunkan Al Quran, bulan penuh pengampunan. 


Tak hanya itu saja. Bahkan di dalam bulan ramadhan, terdapat malam Lailatul Qadar, malam yang lebih baik daripada 1000 bulan. Malam lailatul qadar ini terjadi di sepuluh malam terakhir di bulan ramadhan. Tepatnya pada malam ganjil. Tapi tidak ada kepastian pada tanggal berapa terjadinya malam lailatul qadar ini. 


menyiapkan ramadhan

“Carilah malam lailatul qadar di malam ganjil dari sepuluh malam terakhir bulan ramadhan” (HR Bukhari). 


Bulan ramadhan yang segera datang tentunya harus disiapkan agar ramadhan tak sekedar berlalu begitu saja. Apalagi, belum tentu kita diijinkan untuk mendapatkan ramadhan di tahun yang akan datang. 


Saya mendiskusikan rencana persiapan ramadhan kepada keluarga. Satu anak saya tinggal dan kerja di Bogor, satu lagi di Cikarang. Dan satu tinggal bersama saya dan suami serta papa di Jakarta Timur. Kepada dua anak yang sudah besar, sejak awal saya meminta mereka saat awal ramadhan bisa berkumpul bersama di rumah. Alhamdulillah insyaAllah awal ramadhan kami bisa berkumpul karena anak saya libur cuti di awal ramadhan. 


Sejak anak kecil, alhamdulillah saya dan suami sudah mengenalkan tentang ramadhan dan pelaksanaan puasa. Dan yang paling penting, kami juga memberikan contoh untuk anak semakin merasakan manfaat melaksanakan puasa di bulan puasa serta berbagai kegiatan mengasyikan di bulan ramadhan. 


Bagaimana Menyiapkan Ramadhan bersama Anak? 

Hal pertama yang kami lakukan adalah memperkenalkan pentingnya melaksanakan puasa serta segala keutamaan di bulan ramadhan. Saya bersyukur anak juga bersekolah di sekolah Islam sehingga di sekolah juga anak diajarkan tentang pentingnya berpuasa di bulan ramadhan. 


Kedua, menyiapkan menu makanan berbuka puasa dan sahur yang disukai oleh anak. Jadi sejak dulu, saya selalu mengajak anak diskusi tentang makanan kesukaannya. Ada menu-menu khusus yang mungkin hanya disukai anak sehingga dengan menyiapkan menu tersebut, bisa jadi membuat anak semakin bersemangat menyiapkan ramadhan tiba. Jika sudah ada menu makanan berbuka puasa dan sahur, maka mulailah kami berbelanja bahan makanan untuk ramadhan.  


menyiapkan ramadhan bersama anak


Ketiga, membersihkan rumah bersama-sama. Saat libur sekolah jelang ramadhan, saya berencana membersihkan rumah bersama anak dan suami. Mulai dari hal-hal sederhana seperti merapikan barang, memilah barang-barang mana yang masih dipakai dan mana yang tidak dipakai tapi masih bagus sehingga bisa disumbangkan. Kalau dilakukan  bersama anak, saya jadi tahu juga mana yang masih digunakannya dan mana yang tidak. 


Keempat  menyiapkan perlengkapan ibadah. Misalnya menyiapkan mukena dan sajadah bersih yang digunakan untuk shalat. Termasuk untuk menjalankan shalat tarawih di masjid dekat rumah. Saya sudah reminder anak saya untuk membawa sajadah besar tebal untuk dibawa ke masjid saat hendak shalat tarawih. 





Maklum ramadhan awal biasanya selalu penuh dan jamaah perempuan kebagian di luar masjid (masih dalam lingkungan masjid) tapi tanpa karpet. Jadi lebih nyaman untuk bawa sajadah tebal agar lebih nyaman digunakan untuk shalat tarawih. Saya sudah persiapkan perlengkapan ibadah untuk ramadhan nanti. 


Keenam, menambah ilmu agama melalui jaringan internet. Jaringan internet yang kencang tentunya membantu menambah ilmu di bulan ramadhan. Kok bisa ? Saya jelaskan detailnya di postingan dibawah ini ya. 


Ketujuh, membuat target bersama anak di bulan ramadhan. Misalnya, target sehari diupayakan satu juz sehingga bisa khatam Al Quran dalam waktu sebulan. InsyaAllah. Selain itu melaksanakan shalat tarawih di masjid selama bulan puasa juga saya sampaikan kepada anak, jika ia tak berhalangan, untuk shalat. Selain itu juga diharapkan pada 10 hari terakhir ramadhan, diharapkan bisa itikaf. Syukur-syukur kalau bisa dimalam-malam ganjil. Target-target ini insyaAllah akan diupayakan jika bertujuan mendapatkan berkah dan keutamaan di bulan ramadhan. 





Manfaat Jaringan Internet untuk Ramadhan 

Saya bersyukur memiliki akses internet yang kencang, tanpa hambatan. Berkat adanya wifi rumah IndiHome dari Telkom Indonesia, akses untuk mendapatkan informasi terkait bulan ramadhan. Apa saja informasi yang bisa diperoleh dengan menggunakan internet ? 


  • Informasi terkait puasa di bulan ramadhan 
  • Informasi kajian muslimah offline di Jabodetabek 
  • Informasi kajian online melalui zoom atau youtube 
  • Mengaji online sehari dua juz menggunakan zoom 
  • Kegiatan one day half juz 
  • Kegiatan pengajian di masjid dekat rumah 
  • Kegiatan pengajian khusus muslimah rutin di kawasan Pasar Rebo 
  • Kegiatan pengajian pasca haji 
  • Dan lain-lain. 


Informasi ini tentunya amat sangat bermanfaat bagi saya berkat adanya wifi rumah. Seperti sekarang, saya mengikuti berbagai kegiatan yang bisa menambah keislaman berkat informasi yang diperoleh melalui internet. Syukurlah, wifi rumah juga kencang sehingga memudahkan mendapat informasi. 


Jadi misalnya saya mendapat informasi tentang Ustadzah Halimah Alaydrus melalui media sosial. Dari situ, saya kemudian berselanjar di jaringan internet menggunakan wifi rumah, tentang Ustadzah Halimah, termasuk membaca buku-bukunya serta mengikuti kajian onlinenya. Dan alhamdulillah bisa mengikuti kajian offlinenya. 


ramadhan tahun ini


Berkat internet wifi rumah pula, saya tergabung dengan grup-grup whatsapp yang memberikan banyak informasi soal ilmu iman dan Islam. Misalnya nih, saya rencana mengajak anak untuk bergabung di grup whatsapp pengajian khusus muslimah yang membantu anak untuk menambah ilmu. 


Dan termasuk berkat internet pula, informasi tentang pesantren kilat untuk anak bisa diperoleh. Saya yakin, internet jika dimanfaatkan dengan baik akan menambah ilmu kita tentang keagamaan. Termasuk menyiapkan ramadhan yang akan datang beberapa hari lagi. 


Bismillah insyaAllah semoga Allah ijinkan menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan tahun ini. Aamiin


Bagaimana persiapan ramadhan teman-teman untuk menyambut ramadhan bersama anak ? 


17 komentar

Avatar
Ila Rizky 15/03/23, 22.13

Alhamdulillah aku juga bersyukur karena kita diberi kesempatan untuk merasakan kebaikan teknologi di bulan Ramadhan. Jaringan internet telah menawarkan kita berbagai cara untuk menghidupi suasana Ramadhan.

Kita bisa mencari tahu tentang persiapan Ramadhan yang dilakukan orang lain, mencari doa-doa khusus untuk Ramadhan, belajar tentang ceramah-ceramah ustadzah yang diselenggarakan di masjid-masjid, dan banyak lagi. Teknologi ini juga memungkinkan kita untuk tetap berhubungan dengan keluarga dan teman-teman meskipun kita tidak berada di tempat yang sama.

Jadi, mari kita gunakan jaringan internet dengan bijaksana dan manfaatkan semua manfaatnya untuk meningkatkan ibadah ya, mba.

Reply Delete
Avatar
winda - dajourneys.com 16/03/23, 09.14

ga berasa udah mau bulan ramadhan lagi ya mba, anak semakin besar semakin seru mempersiapkan bersama anak apalagi ada bantuan jaringan internet yang super cepat yang bisa bantu cari kegiatan buat anak dan resep2 buat berbuka puasa

Reply Delete
Avatar
Nurul Fitri Fatkhani 16/03/23, 15.15

Persiapan untuk menyambut ramadhan bersama anak saya gak jauh berbeda dengan keluarga Mbak Alida.
Memang bersyukur banget, dengan adanya teknologi internet kita bisa lebih mudah mendapatkan tambahan ilmu agama. Bahkan pernah juga bergabung dalam grup WA untuk mencapai target khatam Al-Qur'an bersama teman-teman. Supaya lebih terpacu ya ...

Reply Delete
Avatar
Diah Alsa 16/03/23, 15.23

MasyaAllah, Ramadan sudah semakin mendekati ya Mbak, dag dig dug juga nih, semoga masih bisa bertemu lagi dengan Ramadan dan bisa memaksimalkan ibadah di Ramadan kali ini.
dengan Wifi rumah kita jadi bisa belajar agama lebih banyak lagi ya Mbak, internet cepat memang benar-benar membantu kita dalam berbagai hal di hidup ini, salah satunya ya meningkatkan pengetahuan agama.
banyak banget ya Mbak kegiatan Mbak yang menggunakan internet ini :)

Reply Delete
Avatar
Jalan-Jalan KeNai 16/03/23, 16.05

Pengalaman saya, anak-anak harus diberi kesibukan di saat Ramadan. Supaya gak nanya kapan waktunya berbuka puasa terus. Seringkali, saya mencari informasi berbagai aktivitas seru untuk anak melalui internet. Banyak ide seru di internet

Reply Delete
Avatar
Fenni Bungsu 16/03/23, 19.12

Hi kak Lida. Mengesankan ini buat daku coba praktekkan ke keponakan biar menyiapkan Ramadhan tahun ini makin gereget lagi. Apalagi memanfaatkan internet buat kebaikan ya

Reply Delete
Avatar
Zahra Rabbiradlia 17/03/23, 01.59

Alhamdulillah minggu depan sudah Ramadan lagi ya :" semoga kita disampaikan ke sana. aamiin... Dengan internet cepat, aku pun bisa mengenalkan anak-anak dengan vibes Ramadan melalui video2 di Youtube :)

Reply Delete
Avatar
Nia K. Haryanto 17/03/23, 12.20

Seru banget pastinya ya prepare berbagai hal untuk ramadhan bersama anak. Anak jadi bisa siap-siap. Mereka juga pastinya exciting. Aku juga kudu nih, termasuk nyiapin menu sahur dan buka dengan searching di internet ya. Anak-anak pasti seneng.

Reply Delete
Avatar
Indah Nuria Savitri 17/03/23, 12.45

waaaah memang benar ya mba... banyak cara, jalan dan metode yang bisa kita pakai untuk mendekatkan diri pada-Nya, termasuk dengan teknologi yang makin canggih ini

Reply Delete
Avatar
lendyagassi 17/03/23, 13.01

Alhamdulillah..
Marhaban ya Ramadaan.

Semoga Allah mudahkan Ramadan tahun ini.
sehat semua sampai akhir shaum.

Rasanya kebiasaan kami menghias rumah di tahun-tahun sebelumnya belum kami lakukan. Seru banget kalau sekeluarga ikut bekerjasama dalam memenuhi target yang harus dicapai di sepanjang bulan penuh berkah ini.

Reply Delete
Avatar
Irawati Hamid 17/03/23, 23.07

gak terasa yaa sebentar lagi kita akan memasuki bulan suci ramadan. untuk persiapannya, gak ada yang spesial, tapi rencananya saat ramadan nanti mau lebih fokus ibadah

Reply Delete
Avatar
Monica Anggen 17/03/23, 23.40

Terima kasih sudah berbagi pengalaman menyiapkan Ramadhan bersama anak ya, Mbak. Seru banget dan jadi dapat banyak insight positif yang bisa diikuti.

Reply Delete
Avatar
Siska Dwyta 17/03/23, 23.53

Alhamdulillaah tidak terasa ya Ramadan sudah di depan mata, sebentar lagi kita akan masuk di bulan suci dan emang sudah harus dipersiapkan ya Mbak biar kita bisa menyambut dan menjalani ibadah di dalamnya dengan lancar. Termasuk juga mempersiapkan anak

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti 18/03/23, 10.54

Insya Allah masih diperkenankan untuk bertemu bulan suci yang tidak lama lagi akan menyapa ya mbak. Awal2 Ramadhan ini sepi tanpa anak2. Mereka baru pulang dari pondok ntar di pertengahan bulan, mbak.

Reply Delete
Avatar
Nabilla DP 18/03/23, 15.41

saya juga berusaha mneyiapkan ramadan sama anak nih mba, dengan mengedukasi bahwa sebentar lagi harus berpuasa dan kita akan sahur dll

Reply Delete
Avatar
Yuniari Nukti 19/03/23, 17.11

Mumpung belum puasa, anak-anak sudah saya ingatkan untuk servis motor mulai sekarang Mbak, soalnya klo udah puasa nanti klo gak dibenerin, setirnya motor suka belok-belok ke Warung Soto pas siang hari, hehe..

*Candaan netizen jelang Ramadhan*

Reply Delete
Avatar
Fera Marentika 12/04/23, 15.52

bener mba, internet kenceng mendukung aktivitas di rumah ^^ aku ngandelin wifi sih, hihi.. ramadhan harus di prepare sebelum masuk ramadhan menurutku. anak2 mesti di briefing biar ga kaget xD soalnya bakal banyak perubahan mengenai habit mereka kan. dari daily activity, ibadah, sekolah, pola/ ritme nya akan berubah di bulan ramadhan.

Reply Delete