Persiapan Menyambut Tahun Ajaran Baru

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Persiapan Menyambut Tahun Ajaran Baru


Alhamdulillah

Bagaimanapun segala puja dan puji tak henti saya ucapkan karena Ayyas, anak saya kini menjadi siswa kelas 1 SMP (Sekolah Menengah Pertama). Sesuatu yang mungkin butuh perjuangan selama menjalani kegiatan belajar mengajar selama pandemi ini. Jujur, tak tahu sampai kapan pandemi ini akan berakhir. Tapi satu sisi saya yakin bahwa insyaAllah pandemi akan berakhir dan kita bisa hidup normal seperti dulu lagi. InsyaAllah. 


Banyak hal yang kemudian dilakukan untuk menyambut tahun ajaran baru. Dan mau tak mau harus dilakukan karena Ayyas memasuki sekolah baru dengan guru serta teman-teman baru. Semua serba baru. Saya sebagai orangtuanya pun memasuki dunia baru karena menjadi bagian dari persiapan menyambut tahun ajaran baru. 


belajar online
Sumber foto : pixabay.com


Apa yang saya dan anak lakukan untuk menyambut tahun ajaran baru ini ? Pertama, kami mempelajari bagaimana sistem sekolah baru ini. Misalnya bagaimana guru-gurunya, panggilan apa yang biasanya diberikan kepada guru, serta kebiasaan baik dari sekolah yang dilakukan setiap harinya. 


Kedua, berkenalan dengan guru serta orangtua murid barunya. Jadi begini, karena sekolah baru maka kelas anak saya diisi oleh anak-anak dari berbagai asal sekolah ketika SD. Hanya beberapa saja yang dulunya satu sekolah dengan anak saya.  Oleh karena itu, saya dan anak kemudian memiliki temna-teman baru yang nantinya akan bekerjasama mengghadapi tahun ajaran baru ini. Kami sudah bergabung di berbagai whatsapp grup seperti whatsapp grup kelas dan whatsappgrup satu sekolah. Hal ini tentunya memudahkan untuk berkomunikasi apalagi saat ini semua dilakukan serba online. 


Ketiga, mempersiapkan pakaian sekolah menyambut tahun ajaran baru ini. InsyaAllah pekan depan, pembagian seragam sekolah anak diberikan. Rencananya saya akan ambil seragam sekolah saat jadwal pembagian. Bersyukur juga pas hari libur kerja jadi bisa lowong meluncur ke sekolah untuk ambil seragam. Seragam yang dibagikan hanya atasan saja. Bagian bawah informasinya harus beli sendiri oleh orangtua murid. Baiklah. 


Keempat, mencatat rencana pelajaran selama setahun. Di awal pembelajaran tahun ajaran baru, guru sudah memberikan informasi jadwal pelajaran apa saja lengkap dengan nama guru serta durasi belajar setiap pelajaran. Jadwal belajar dimulai pukul 07.00 dan berakhir pada pukul 14.00 WIB. Jadwalnya hampir sama dengan jadwal kerja saya. Hehehe. 


Keenam, cek kegiatan ekstrakurikuler di sekolahnya. Saya sejak awal sudah sampaikan ke anak. Walaupun semua dilakukan online tapi kesempatan untuk mengikuti kegiatan ekstrakulikuler sebaiknya dilakukan. Hal ini juga untuk mengasah kemampuan anak diluar pelajaran sekolah. Selain itu juga tentunya untuk menambah teman. Anak saya rencananya akan mengambil kegiatan extrakurikuler fotografi. Sama dengan kegiatan ekstrakurikuler yang dulu saya ambil saat kuliah. 


Hal ketujuh yang juga harus dilakukan adalah mengecek alat kerja apa yang dilakukan selama pelajaran. Informasi awal dari sekolah, siswa diharapkan untuk menggunakan tablet/ipad/laptop atau komputer. Tapi khusus untuk kelas anak saya adalah kelas bilingual maka diharapkan menggunakan ipad. Sebetulnya belum ada ‘ketok palu’ terkait ini. Saya belum beli juga ipad kepada anak karena belum tahu spesifikasi apa yang dibutuhkan. Sapa tahu ada perubahan alat belajar yang digunakan yakni bisa menggunakan laptop atau handphone. Bagaimanapun, kami berusaha memberikan yang terbaik untuk anak, semampu kami. 


Oh ya ngomong-ngomong soal ipad atau laptop, anak saya yang satu ini belum punya. Jadi dia khusus menabung untuk membeli kebutuhannya. Darimana uangnya ? Pertama dari uang pemberian bapak, kakek atau suadara saat lebaran serta uang hasil dia membantu saya dalam kehidupan sehari-hari. Setidaknya dia paham bahwa membeli sesuatu harus diusahakan terlebih dahulu. 


Apa lagi yang kami siapkan untuk menyambut tahun ajaran baru ? Kami memutuskan anak untuk mengikuti bimbingan belajar online. Kala pandemi seperti sekarang, belajar online adalah piilhan terbaik dikala kasus masih tinggi. Kami memilih bimbingan belajar online yang sudah terbukti kinerjanya. 


Bimbingan belajar online apa yang dipilih ? Kami rencananya menggunakan Brain Academy dari Ruangguru. Dengan menggunakan Brain Academy, ini bisa membantu Anak belajar tanpa kesulitan jarak dan waktu. 





Mengapa menggunakan Brain Academy? Jadi di Brain Academy ini  ada beberapa hal yang menjadi keunggulan yakni :

  • Tes awal untuk diagnostik di setiap sesi untuk mengukur kekuatan dan kelemahan siswa. 
  • Sistem merekomendasikan materi belajar 
  • Guru stand by untuk menjelaskan materi yang belum dipahami 
  • Peserta bisa konsultasi diluar kelas (offline dan online) 
  • Semua materi berupa video, latihan soal, modul dan try out bebas akses 24 jam dari handphone dan laptop 


Nah kira-kita hal itu yang saya lakukan untuk menyambut tahun ajaran baru. 


9 komentar

Avatar
Ade UFi 22/07/21 08.34

wah brain academy ini ada test kemampuan awal anak dulu ya. Keren nih. Nggak ujug-ujug main kasih materi dan test ya. Jadi bisa keukur kemampuan anak bagaimana.

Reply Delete
Avatar
Dian Restu Agustina 22/07/21 10.36

Selamat untuk putrinya Mbak Alida, sudah SMP sekarang Ayyas ya. Memang ada persiapan buat sambut tahun ajaran baru . Meski tahun ini PJJ lagi semangat menyiapkannya tetap harus dong ya...Apalagi untuk persiapan bimbelnya di Brain Academy.
Btw, sama dengan anak saya kelas 1 SMP juga. Sayang kemarin dia enggak bisa ikutan MPLS karena positif Covid

Reply Delete
Avatar
Cindy Vania 22/07/21 13.24

mba kalau gini tuh kapan sih bisa mulai dilepas? ini anak2ku masih kelas 6,5, dan 3 belum bisa dilepas kalau belajar. bahkan kalau zoom/gmeet masih malu2 juga. tiap buka video pembelajaran masih maju mundur. aku mikirnya ini kapan mau mandirinya, sementara mamanya jg perlu kerja dan urus adeknya, hihihi.. tahun sebelumnya sudah ikut ruang guru tapi ya gitu masih ditungguin semua.

Reply Delete
Avatar
Nurul Sufitri 22/07/21 14.59

Ruangguru menjadi solusi belajar online yang bisa diandalkan anak dan orang tua ya terutama saat PJJ di masa pandemi ini :) Bisa tanya sama guru kalau sekiranya kurang paham dengan materi2nya :) Harganya juga terjangkau. Fitur2nya oke sangaaat mendukung pembelajaran anak2 kita. Keren deh Ayyas udah makin gede, udah abg hehehe.

Reply Delete
Avatar
diane 22/07/21 15.42

Tahun ajaran baru kali ini ternyata masih seperti tahun lalu ya... Harus daring lagi..daring lagi... Nah ada Brain Cademy yang bakal bantu proses PJJ nih...ntar anak-anak jadi makin paham sama materi belajarnya

Reply Delete
Avatar
Dyah happydyah[dot]com 22/07/21 15.55

Brain Academy bisa konsul offline juga ya. Produk dari RuangGuru ini selalu inovatif dan solutif untuk ortu dan siswa.

Reply Delete
Avatar
Katerina 23/07/21 08.52

Alhamdulillah sudah duduk di kelas 1 SMP. Selamat memasuki tahun ajaran baru ya Ayyas. Semoga diberi kelancaran dalam menimba ilmu di jenjang sekolah baru.

Bimbel online di Ruangguru jadi pilihan bijak buat bantu anak belajar online di masa pandemi ya mbak. Dan, produk Brain Academy dari Ruangguru ini, menurut beberapa teman, memang jadi pilihan yang tepat. Keunggulannya banyak, harganya pun sangat terjangkau.

Reply Delete
Avatar
tantiamelia.com 23/07/21 10.12

Alhamdulillaah udah naik tingkat nih jadi anak SMP!
Sesudah baca baik baik, memang lebih baik menggunakan Brain Academy , Al

Reply Delete
Avatar
Sapamama 23/07/21 10.44

Ruangguru memang inovatif. Ternyata Brain Academy ngga hanya online ya, mereka juga ada bimbel offline di 29 kota? wah, keren banget deh. Anak-anak bisa makin terfasilitasi ya.

Reply Delete