Minggu, September 10, 2017

Pisang Cavendish Selalu Menemani Aktifitas Harian Saya


Rutinitas harian saya dimulai sejak pukul 4 pagi. Di kala orang lain mungkin masih terbuai mimpi indah, saya harus berjibaku dengan aktivitas rumah tangga dan persiapan menjelang berangkat kerja. Satu jam kemudian, saya harus memacu motor menembus dinginnya angin menuju stasiun Pondok Cina, Depok. Perjalanan menggunakan commuterline ditempuh selama hampir satu lebih. Berdesak-desakan, terkadang terasa gerah dan melawan ngantuk di pagi hari adalah perjuangan saya di pagi hari. Perjuangan itu dilakukan di sela-sela membaca berita melalui telepon seluler.

Tiba di kantor pukul stengah 7 pagi, saya tak bisa langsung bersantai menikmati pagi. Bekerja sebagai jurnalis di televisi membuat waktu seolah berputar begitu cepat. Belum juga duduk di kursi kantor, seorang teman produser sudah menanyakan materi liputan daerah yang akan digunakan di programnya. Proses pencarian materi liputan kemudian dilakukan sambil menyiapkan materi rapat yang dilakukan pada pukul 7 pagi.


Dan untuk menyiapkan materi rapat, saya harus melakukan pengecekan liputan sebanyak ratusan materi yang dikirim tim lapangan ke Jakarta. Ini baru sekedar mengecek naskah. Setelah pengecekan naskah kemudan dilanjutkan pengecekan visual liputan. Itu saja? Tidak. Pekerjaan kemudian dilanjutkan untuk menghubungi biro-biro daerah untuk persiapan agenda liputan hari itu. Termasuk apakah ada proyeksi live untuk program siang atau tidak. Persiapan live juga termasuk menyiapkan standupper, titik live hingga materi yang akan disampaikan saat live.

Aktivitas Harian Saya 
Sudah selesai? Belum!. Saat rapat redaksi, kami harus saling adu argumentasi mengapa suatu materi layak untuk live. Termasuk membahas materi liputan apa saja yang akan tayang pada pukul 11.00 WIB. Pertanyaan-pertanyaan seperti “Mba, update kasus pembunuhan sudah sejauh apa? Apakah sudah ada penetapan tersangka” atau “Mba, apakah ada penambahan korban investasi bodong? Tersangka sudah ditangkap atau masih buron” harus dijawab saat rapat redaksi. 

Rapat selesai kemudian dilanjutkan menghubungi tim liputan untuk persiapan materi live bahkan terkadang diskusi tentang baju yang akan dikenakan saat live. Kurang dari tiga jam sebelum on air, hidup seperti roller coaster, naik turun tak menentu. Apalagi jika mendekati deadline, materi liputan belum ada atau tim liputan tak bisa dihubungi. Ampunnnn ....

Ketika program running, belum berarti waktu istirahat tiba. Persiapan untuk program selanjutnya sudah menanti. Rapat demi rapat kemudian berlanjut tanpa putus. Koordinasi dengan tim liputan dilakukan tanpa jeda. Pengecekan materi liputan juga harus dilakukan. Ini rutinitas standar yang dilakukan setiap hari. Jika ada kejadian yang menyebabkan harus breaking news, deadline hampir setiap menit. Semuanya harus dilakukan secepatnya seperti menghubungi pihak berwenang untuk konfirmasi, mencari visual untuk tayang secepatnya, menggerakan tim liputan agar segera tiba di lokasi.
Sata rapat 
Setiap hari, bekerja sebagai koordinator daerah sebuah televisi swasta nasional membuat ritme kerja sangat cepat. Kerja bak roller coaster yang terkadang harus ‘naik atau turun’ mendadak. Tapi selama lebih dari empat tahun menjalani, pekerjaan itu masih menjadi pekerjaan yang menantang sekaligus menyenangkan bagi saya.

Manfaat Mengkonsumsi Pisang
Terkadang saya hampir tak sempat untuk sarapan. Kalaupun makan siang, biasanya di atas pukul 2 siang atau dilakukan di sela-sela pekerjaan. Aktivitas makan tak lagi dinikmati di kantin dan duduk bercengkrama bersama teman-teman selama satu jam untuk memanfaatkan waktu. Tapi aktivitas makan dilakukan di depan komputer sambil berkoordinasi dengan tim lapangan atau produser.

Namun di luar itu, saya selalu menyempatkan mengkonsumsi pisang di sela-sela aktivitas harian. Pisang menurut saya adalah penyelamat saya saat lapar melanda. Dengan segala aktivitas yang sangat sibuk itu, lapar terkadang datang saat rapat pagi di mulai atau bahkan mendekati deadline. Tak mungkin juga saya turun ke kantin untuk membeli makanan karena program terus berjalan. Mau minta tolong office boy? Mereka punya jam-jam untuk membeli makanan dan kalaupun pesan, datangnya agak lama karena banyak yang pesan. Padahal perut sudah berbunyi keroncongan. Pisang itu buah yang mengenyangkan. Setiap potong buah pisang, terdapat 3 gram serat. Ini akan membuat pisang menjadi makanan yang mengenyangkan.

Pisang Cavendish Sunpride Pilihan Saya 
Pisang mengandung serat, baik larut dan tidak larut. Serat merupakan nutrisi penting dalam tubuh karena dapat membantu mengatur kecepatan pencernaan, berjalan lebih pelan. Jadi saat saya mengkonsumsi pisang, saya akan merasakan rasa kenyang lebih lama dan juga dapat membantu masalah sembelit. Mengkonsumsi pisang di pagi hari membuat saya menjadi lebih berenergi lebih lama. Bahkan, pisang tidak hanya mengurangi permasalahan pencernaan, tetapi juga menguatkan saluran pencernaan dan membantu memulihkan mineral yang hilang setelah diare.

Bahkan, dikutip dari liputan6.com, menurut penelitian Dr Alan Hirsch dari Smell and Taste Treatment dan Research Foundation di Chicago, mencium aroma pisang ketika lapar dapat mengelabui otak, dan berpikir bahwa sudah benar-benar makan. Cara mengkonsumsinya pun mudah. Kupas kulitnya tak perlu pakai pisau dan bisa langsung di konsumsi. Praktis banget kan? Setiap berangkat kerja, saya biasanya membawa pisang di dalam tas untuk dapat dikonsumsi kapan saja saat lapar melanda.  

Nah bicara soal pisang, buah ini sudah menjadi favorit saya sejak dulu. Saat hamil anak saya yang bernama Ayyas, saya tergila-gila dengan pisang dan aneka olahan pisang. Selain mengenyangkan, hal paling utama adalah banyaknya manfaat dari mengkonsumsi pisang setiap hari. Selain mengenyangkan, dikutip dari liputan6.com, ada beberapa manfaat dari mengkonsumsi pisang yakni :

Pisang membantu menciptakan sel-sel tubuh kembali sehat
Pisang mengandunng vitamin B6 yang membantu tubuh memproduksi insulin, hemoglobin dan amino nonesensial asam diperlukan untuk membuat sel-sel sehat. Hal ini juga membantu dengan produksi antibodi untuk melawan infeksi.

Pisang Kaya Vitamin C
Tahukah teman kalau pisang mengandung vitamin C yang memilki antioksidan penting yang menetralkan radikal bebas berbahaya dalam tubuh. Radikal bebas adalah atom bermuatan molekul atau ion yang terus menghancurkan sel-sel dalam tubuh Anda

Pisang Membuat Suasana Hati Senang
Pisang mengandung 27 magnesium yang dapat  membantu meningkatkan mood dan membantu tidur yang baik. Pria dan wanita membutuhkan 420 mg dan 320 mg magnesium per hari, masing-masing. Jika tubuh kekurangan magnesium, akan menyebabkan kecemasan, depresi dan gangguan lainnya.

Pisang Canvendish Sunpride Pilihan Saya
Kalau ditanya apa pisang pilihan saya? Jawaban saya sudah pasti, Pisang Pasti Sunpride! Banyak alasan mengapa saya memilih Pisang Cavendish Sunpride. Secara fisik pisang Cavendish juga lebih baik. Kulitnya tebal dan mengilap karena pori-porinya kecil. Rasanya lebih manis.

Mungkin sebagian besar orang mengira Pisang Cavendish Sunpride adalah buah impor. Anggapan itu muncul karena melihat penampilan fisik Pisang Cavendish yang memiliki kulit pisang yang mulus, rasanya yang manis dan warnanya yang kuning cerah. Padahal, Pisang Cavendish Sunpride adalah 100 % buah lokal nusantara. Pisang Cavendish merupakan komoditas buah tropis yang banyak dikembangbiakan menggunakan metode kultur jaringan.

Proses Pisang Cavendish Sunpride di Lampung. Sumber : detik.com
Pisang Cavendish merupakan komoditas buah tropis yang sangat popular di dunia, Pisang Cavendish banyak dikembangbiakan menggunakan metode kultur jaringan. Pisang Cavendish Sunpride ditanam dikebun milik group Gunung Sewu yang ada di Lampung. Kulitnya yang mulus dikarenakan perawatan yang maksimal mulai dari pemilihan bibit dan pengemasannya sehingga memiliki kualitas standar ekspor dan membuat kulit Sunpride mulus. Ini rahasia mengapa kulit Pisang Cavendish Sunpride mulus : 

1. Kebun pisang dibagi per blok, berdasarkan waktu penanaman dari bibit. Bibit yang digunakan dalam proses penanaman merupakan bibit unggul melalui hasil riset dan development dari sunpride
2. Setiap sisir pisang dibatasi agak tidak bergesekan satu dengan yg lain
3. Kemudian dibungkus keseluruhan tandan nya, untuk menghindari serangan hama. Step ini merupakan kunci kenapa pisang Sunpride memiliki kulit yang mulus
4. Masa panen dibagi per blok, 1 tandan pisang yang telah dibungkus itu dipotong, kemudian digantungkan di rel, untuk dibawa ke packing house
5. Di packing house, pisang dibersihkan, per sisir yang tadinya kertas diganti dengan bantalan busa
6. Setelah itu pisang dipotong per sisir, kemudian dicuci di kolam
7. Di potong2 menjadi sisir yang lebih kecil
8. Setelah dikeringkan, Pisang ditempeli label
9. Dikemas di kardus, siap dikirim ke Jakarta. Setelah sampai di Jakarta pisang kemudian di kirim ke cabang-cabang di luar kota Jawa, Bali dan Sumatera
Pisang Sunpride di Lampung. Sumber : Sunpride.co.id
Ada tiga hal yang harus dimiliki produk sehingga layak ekspor atau masuk dalam produk grade A, yakni memiliki kulit yang mulus, panjang buah sekitar 7,5 inci, dan memiliki kalibrasi pada kisaran angka 3,9 sampai 4,9. Apabila buahnya lebih kecil atau lebih besar dari standar itu maka akan masuk dalam grade B.

Pisang Cavendish yang dijual di Supermarket
Jika kita ke Supermarket, kita akan melihat beberapa jenis Pisang Sunpride yang dijual di pasar yakni cluster, finger dan single. Cavendish cluster terdiri dari 3-8fingers , Cavendish finger terdiri dari 1-2 fingers. Sedangkan Cavendish single hanya ada 1 finger yang dikemas dalam plastik khusus yang berlubang agar bisa menjaga suhu buah dan tidak menyebabkan jamur.

Dengan berbagai keunggulan dan manfaat mengkonsumsi Pisang Cavendish Sunpride, tak heran pisang merupakan penyelamat saya di kala sibuk. Sekarang, jangan ragu lagi untuk konsumsi buah ya. Ayo, makan buah!







  

Wulansari Rach Alida Bahaweres

Seorang Ummi, istri, jurnalis dan blogger. Aktif menulis dan memberikan pelatihan menulis. Kontak kerjasama ke @lidbahaweres dan lidbahaweres@yahoo.com. Twitter dan instagram : @lidbahaweres. Terima kasih

45 komentar:

  1. Setiap hari memang harus membiasakan makan buah ya, terutama pisang yang banyak khasiatnya bagi tubuh kita

    BalasHapus
  2. Wah ini mah pisang langganan saya mba, rasanya memang beda dengan pisang lainnya, lebih padat, manis dan fresh... BTW saya juga ikutan loh.

    Salute sama aktivitasnya yang padat banget mba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mas Hendra. Semangat untuk berkatifitas.

      Hapus
  3. Pasang Cavendish penolong saat lagi lapar Mbak Libda, langsung Kenyang hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iye benr banget mba Dira. Mengenyangkan banget

      Hapus
  4. Porsi satu pisang pas bgt buat sarapan sehat :)

    BalasHapus
  5. Pisang Cavendish dari Sunpride memang favorit! Pas buat diet, makan satu saja rasanya kenyang. Apalagi udah banyak dijual di minimarket berupa pisang satuan.

    BalasHapus
  6. Pisang buah favoritku, apalagi kalo susah tidur aku selalu konsumsi pisang dan susu hangat sebelum tidur biar tidurnya nyenyak.

    BalasHapus
  7. ini kesukaan istri dan ibu mertua bgt

    BalasHapus
  8. Anakku dari usia batita sudah terbiasa makan pisang sunpride ini dipagi hari sesaat setelah bangun tidur dan minum air putih/susu. Terkadang dilanjutkan dg mkn roti atau langsung mandi dan berangkat sekolah. Pisang adalah buah wajib yg hrs ada di rumah. Alhamdulillah kebiasaan ini membuat anakku memiliki ketahanan tubuh yg cukup baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ya kalau ketahanan tubuh anak semakin bagus dnegan konsumsi buah

      Hapus
  9. Iiih jd inget wkt jaman2 ngajar. Saya juga pasti bekal pisang kalau dilihat waktunya ga memungkinkan utk sarapan atau malah ke makan siang. Memang nambah energi banget walau cuma 1 potong. ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah jadinya ngebantu banget ya mba Ade. energi makin terkumpul

      Hapus
  10. Boleh juga mba sesekali bagi-bagi pisang pas lagi inspeksi di KRL hehe.. becanda. Tapi ini pisangnya emang enak banget dan bergizi.

    BalasHapus
  11. ini pisang kesukaan anakku :D kalo makan cavendish langsung habis

    BalasHapus
  12. Aku suka banget pisang mbak dari kecil, enak dan ngenyangin pisang itu.

    BalasHapus
  13. Pisang Cavendish bisa jadi penyelamat cepat di kala lapar

    BalasHapus
  14. memang rasanya lebih enak dibanding pisang jenis lain ya mba :D
    sayangnya di daerah saya susah nyarinya :(

    BalasHapus
  15. Pisang bisa jadi teman buah harian yang menyehatkan ya bunda. Tetap sehat melakukan aktifitas dengan 2 buah pisang setiap hari... Perempuan itu hebat

    BalasHapus
  16. anakku suka banget pisang Cavendish, hmm..membayangkan ritme kerjanya mba Alida wow banget yaa, jempol..

    BalasHapus
  17. Aku juga suka pisang, soalnya ngenyangin jadi lebih puas kalau cemil ini. Eh btw, baru inget kalau deadline lombanya kemarin, hahaha, ga jadi ikut

    BalasHapus
  18. pisang cavendish buah paling murah tapi penuh gizi + mengenyangkan dan bisa dibeli satuan di minimarket dekat rumah

    BalasHapus
  19. akh aku pernah liat itu di TV proses pisang dari kebun sampai ke meja makan kita. Asyik nontonya. Ternyata pisang juga membuat hati bahagia ya. Yuk akh konsumsi tiap hari.

    BalasHapus
  20. Aku juga suka pisang mba. Aku juga awal denger namanya, kukira cavendish teh dari luar negeri. Eh ternyata dari Lampung. Kulitnya itu lho mulus. Jadi rahasia mulusnya begitu ternyata. Makasih infonya mba.

    BalasHapus
  21. nggg kayaknya aku udah komen, udah masuk ato belum yak ? komen lagi ah

    pisang cavendish rasanya enak + ngenyangin + mudah didapat (bisa dibeli di minimarket dekat rumah) dan yg terpenting adalah makan pisang itu banyak manfaatnya ya mak

    BalasHapus
  22. Mba Alidaaa warbyasaaa ritme kerjanya.. Semangat terus ya mbaaa, jaga kesehatan juga.. :D Pisang Sunpride juga favoritku, rasanya enak manis.. Lha aku baru tau kalo kebunnya di Lampung, tho. Aku pikir tadinya ini pisang impor.. :D

    BalasHapus
  23. Sebetulnya saya gak terlalu suka pisang kecuali diolah dulu. Tapi pisang cavendish ini memang andalan saya kalau lagi malas makan tapi perut tetap harus kenyang :D

    BalasHapus
  24. Pisang Cavendish memang juara dari segi tampilan dan rasanya 😅

    BalasHapus
  25. mbaaa, aktivitasmu jadi ngingetin aku akan drakor pinochio, aaakkk jadi jurnalis yg baek ya mba wkwk 😘

    btw, samaan ni pisang cavendiah sunpride kesukaan kami sekeluarga

    BalasHapus
  26. Ane juga bangun jam 4 tapi nonton tv Dan sholat. Wah jam segitu gak takut apa mba. Jalan sendirian ke Kerja Dan stastiun

    BalasHapus
  27. Dulu kukira ini pisang dr luar negeri lho tibake dr negeri sendiri :D

    BalasHapus
  28. Pisang Sunpride Cavendish ini juga gampang ditemuinya. Kalau ke minimarket pasti digantung deket kasir.Saya kalau mau bayar belanjaan ngeliatin pisang ini ( ngeliatin doang, ga beli, hehe...)

    BalasHapus
  29. aku kenal pisang ini waktu sma dan aku kira ini pisang impor wkwkk *katro nyak* krn kulitnya begitu mulus semulus wajahnya teteh bella 🤣😂 gudluck mba mantap rutinitas aktifitasnya 😍

    BalasHapus
  30. Waktu hamil aku suka pisang dan betul bikin kenyang

    BalasHapus
  31. Ternyata nanamnya di Lampung ya,baru tau hehe....
    salam kenal mak^^

    BalasHapus
  32. Wah, ini sih buah favorit keluarga dari Sunpride. Selain nanas noni dan jambu Kristal. Enyaaaak...

    BalasHapus
  33. pisangnya enak memang ..anak-anak aku juga sukaaa mbaaa

    BalasHapus
  34. Aku suka semua buah Sunpride rasanya enak-enak dan kualitasnya ok punya.

    BalasHapus
  35. dari dulu buah pisang emang jadi favorit banget nih,
    manfaatnya juga bagus buat kesehatan

    BalasHapus
  36. Cavendish dari Sunpride salah satu buah favorit keluarga :)

    BalasHapus