Top Social

TRAVEL AND LIFESTYLE BLOGGER

Kerjasama Bancassurance FWD Life dan Bank BTN

Senin, September 25, 2017
Saya pernah menulis tentang masih minimnya nasabah asuransi di Indonesia. Asuransi masih menjadi produk keuangan yang enggan didekati. Bahkan mendengar nama asuransi saja sudah membuat sebagian orang ‘alergi’. Jika bicara data, dari 261 juta penduduk Indonesia, hanya 2,7 persen saja yang menjadi nasabah asuransi. Jumlah yang sangat kecil kan?

Padahal banyak sekali manfaat yang dirasakan jika menggunakan asuransi jiwa. Siapa yang bisa menjamin hidup kita terlindungi dengan baik jika perlindungan jiwa belum kita miliki? Apalagi untuk melindungi keluarga tercinta. Salah satu bentuk perlindungan kepada keluarga dan diri yang bisa dilakukan adalah memberikan perlindungan ke keluarga dalam bentuk asuransi.



Tapi sebagian orang enggan menjadi nasabah asuransi karena anggapan premi yang terlalu besar, perlindungan yang kurang maksimal hingga tak bisa memproteksi diri jika melakukan olahraga ekstrem. Tak percaya? Teman saya pernah berniat untuk mendaftarkan diri sebagai pengguna nasabah asuransi. Tapi kemudian dia memilih ‘mundur ‘ karena asuransinya tidak meng-cover kegiatan olahraga ekstrem yang dia lakukan. “Tapi kalau ada asuransi yang bisa mencover olahraga esktrem dengan premi terjangkau, saya mau,” kata teman saya.

Jumat, 22 September 2017 saya menghadiri Peluncuran Bancassurance antara PT FWD Life dengan PT Bank Tabungan Negara (BTN) di Wisma BTN, Jakarta. Saat datang, di meja registrasi para peserta diberikan stick berwarna biru dan kuning. Saya sempat bertanya-tanya kegunaan menggunakan alat itu. Nggak mungkin kan digunakan untuk memukul teman disamping? Hheheh. Saya sempat bertanya saat registrasi tapi teryata mereka hanya senyum-senyum saja. Duh kan makin penasaran.

Seseruan bareng teman blogger. Foto : Febrianty
Sambil menunggu acara dimulai, saya dan 10 teman blogger yang menghadiri acara itu sibuk melakukan beragam pose dengan alat itu. Ketahuan norak ya? Tapi ya itulah adanya. Hahahaa 

Sekitar pukul 14.30 WIB acara dimulai dan dibuka oleh Direktur Utama Bank Tabungan Negara (BTN), Bapak Maryono. Menurut Pak Maryono, kerjasama yang dilakukan antara BTN dan FWD Life memiliki keistimewaan. Premi yang dibayarkan dan dijual ke masyarakat sangat murah yakni hanya Rp 100 ribu. “Produk asuransi ini diharapkan dapat dinikmati masyarakat luas dan tak terbebani,” ungkapnya.

Bank Tabungan Negara (BTN) selama ini dikenal sebagai bank yang bergerak di sektor perumahan yang mengutamakan KPR subsidi yang banyak dinikmati oleh masyakat  mikro. Jumlah nasabah Bank Tabungan Negara sebanyak 4-6 juta nasabah ini diharapkan dapat membantu peningkatan jumlah nasabah asuransi FWD. Kerjasama ini, kata Pak Maryono, dapat dilakukan di seluruh cabang seluruh Indonesia. ”Kami berharap kerjasama tak hanya memasarkan produk FWD melainkan lebih daripada itu,” katanya lagi.  


Direktur Utama Bank BTN, Pak Maryono. Foto : SIndonews
Bahkan diharapkan FWD dapat menjadi konsultan di bidang asuransi. “Kami merasakan kebanggaan dapat bekerjasama dengan FWD,” katanya lagi. Hingga kini, pertumbuhan Bank BTN sangat cepat. Rata-rata pertumbuhan mencapai 20-22 persen dan ini di atas rata-rata industri perbankan. Tak hanya itu saja. Peningkatan pertumbuhan dari segi nominal rekening Bank BTN pun bertambah. Transaksi keuangan Bank BTN yang dulu hanya rata-rata di bawah Rp 1 juta, kini meningkat menjadi Rp 18 juta.  “Ini tentu sangat luar biasa” katanya lagi. Selain itu Bank BTN semakin memantapkan diri sebagai digital banking dan memberikan service yang sangat komprehensif sehingga setara dengan bank-bank lain.

Suasana peluncuran kerjasama FWD Life dan Bank BTN
Presiden Direktur FWD Life, Choo Sin Fook mengatakan FWD dan Bank BTN memiliki komitmen yang sama untuk memberikan akses seluas-luasnya agar masyarakat Indonesia bisa menggunakan produk asuransi. “FWD Life ingin memberikan perlindungan khusus kepada Bank BTN melalui produk asuransi yang memberikan proteksi optimal,” kata Choo Sin Fook.

Sejak FWD Life berdiri di Indonesia pada tahun 2014, FWD telah menunjukkan pertumbuhan positif dan telah membangun infrastruktur dan produk inovatif serta teknologi terbaik. Harapannya, FWD Life dapat mengubah cara pandang masyarakat terhadap asuransi. “Dengan pendekatan FWD Life yang berani tampil beda, kami harap bisa membuat FWD menjadi produk asuransi berbasis digital dan mengembangkan era baru dalam dunia asuransi jiwa.

Apa kendala yang dihadapi?
Seperti yang saya sampaikan sejak awal, hingga kini penetrasi asuransi masih rendah di Indonesia. Hal ini di satu sisi memberikan peluang yang luar biasa di dunia asuransi. Jumlah penduduk Indonesia yang lebih dari 261 juta jiwa dan hanya 60 juta orang yang memiliki rekening bank, hanya 7 juta orang saja yang memiliki polis asuransi. Berdasarkan data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), penetrasi Indonesia di Indonesia per kuartal I/2017 masih berada di angka 2,7% dari produk domestik bruto. Angka ini lebih rendah dari negara tetangga seperti Singapura, Malaysia dan Thailand yang berada di atas 5%.  
    

FWD Life kemudian mengoptimalkan peluang tersebut melalui berbagai insiatif termasuk pengembangan produk dan asuransi jwa yang inovatif untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dan investasi masa depan. “Kerjasama ini dilakukan di momen yang sangat tepat karena pertumbuhan ekonomi Indonesia yang menunjukkan 5,01 persen di kuartal kedua di tahun 2017 sejalan dengan ekonomi makro yang semakin baik,” kata Choo Sin Fook.

Produk asuransi yang diluncurkan adalah asuransi Bebas Rencana Plus. Produk asuransi ini merupakan asuransi jiwa berjangka yang memberikan total bonus sebesar Rp 105 % dari total premi yang dibayarkan. Bagi penggemar olahraga ekstrim, produk asuransi Bebas Rencana Plus ini merupakan pilihan yang tepat. Mengapa? Karena produk asuransi ini bisa memberikan perlindungan maksimal sehingga nasabah dapat menjalani passion tanpa kuatir kehilangan uang. Selain itu, jangka pembayaran premi selama 5 tahun lebih singkat dibandingkan dengan jangka waktu perlindungan yang lebih panjang yakni selama 8 tahun.

Penandatanganan kerjasama
Tertarik untuk memiliki asuransi Bebas Rencana Plus? Nah, saya akan sampaikan dulu ada tiga manfaat asuransi Bebas Rencana Pluas yakni :
1.  Manfaat pemberian bonus sebesar 105 % dari total premi yang telah dibayarkan selama 5 tahun apabila tak ada klaim dari pemegang polis.
2.  Manfaat meninggal pada tahun pertama. Jadi, seluruh premi yang sudah dibayarkah akan diberikan jika pemegang polis meninggal dunia bukan karena kecelakaan, atau 200% uang pertanggungan jika meninggal dunia karena kecelakaan.
3. Manfaat meninggal pada tahun kedua dan seterusnya. Nantinya, sebanyaki 100% uang pertanggungjawaban akan dibayarkan jika pemegang polis meninggal dunia bukan karena kecelakaan atau 200% uang pertanggungan jika meninggal dunia karena kecelakaan.

Apa hanya itu saja keuntungan asuransi Bebas Rencana Plus? Tidak. Ada yang menarik yang sejak awal disampaikan yakni hanya memberlakukan dua pengecualian dalam melakukan klaim yakni percobaan bunuh diri atau melanggar hukum. “Di luar itu, nasabah akan mendapatkan perlindungan maksimal dari produk ini,” kata Choo Sin Fook lagi. Oh ya, produk asuransi Bebas Rencana Plus ini dapat diperoleh dengan menjadi nasabah Bank BTN.

Padang KulinerRUN 2017
Setelah pemaparan, para pengunjung kemudian diajak untuk bergerak mengikuti musik dengan menggunakan stick dalam gerakan pound fit. Gerakan demi gerakan ini dilakukan secara bersamaan dan membuat suasana menjadi lebih semarak. Gerakan pound it ini dilaksanakan selama hampir 10 menit dan cukup membuat badan bebas bergerak.

Kegiatan pound it 
Usai bergerak bersama, acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan tentang kegiatan Padang KulinerRun 2017. Apa kaitannya antara FWD Life, Bank BTN dan Padang KulinerRUN 2017? Jadi, produk bancassurrance ini diperkenalkan oleh FWD Life dan Bank BTN melalui kegiatan Padang KulinerRUN 2017. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 25 September 2017. FWD Life sebagai official insurance partner memberikan perlindungan asuransi kecelakaan diri untuk seluruh peserta lari di ajang Padang KulinerRUN dengan uang pertanggungan hingga Rp 20 juta.

Seru banget ya 
Sesuai namanya, Padang KulinerRUN adalah kegiatan yang memadukan antara olahraga lari dengan wisata kuliner. Setelah melakukan olahraga lari yang terbagi pada lomba lari jarak 2,5 km, 5 km, 10 km dan Family Run, para peserta akan menikmati aneka kuliner khas Minang. Para peserta diperkenalkan lagi dengan berbagai keindahan Kota Padang yang merupakan kota yang memiliki panduan aneka kuliner yang menggugah selera.  Wilayah yang dilewati adalah Pantai Padang, Pantai Muaro Lasak, Pantai Tugu Perdamaian, Museum Adityawarman,kawasan Pondok dan Tugu Nol Kilometer Padang.

Lari merupakan salah satu olahraga yang tentunya didukung jika sesuai dengan passion yang dimiliki. Dengan adanya asuransi Bebas Rencana Plus, diharapkan nasabah tak perlu lagi kuatir melakukan passion yang diinginkan.


56 komentar on "Kerjasama Bancassurance FWD Life dan Bank BTN "
  1. Hahhaa narsis nya tetep ya wkwk. Duhh semangatnya pak dirut ikutan senam yg bikin heboh kemaren xixi. Btw Manfaatnya bisa 105% itu bikin nyaman pastinya ya mbak. Murah pula preminya mulai dari 100 ribu perbulan xixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah aku pun jadi semangat kalau heboh gitu. Hahaha
      Iyaa nggak kebayang sebelumnya kalau preminya terjangkau, mba. Hhehee

      Hapus
  2. iya betul, penetrasinya masih kurang dan imagenya terlanjur buruk. hiks..padahal asuransi itu penting banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau adanya inovasi seperti ini kan bisa bagus ya mba Putu :)

      Hapus
  3. Kalo boleh tahu apakah ada jenis olahraga ektrem yang menjadi pengecualian? Semisal profess pemanjat tebing.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejauh ini nggak ada pengecualian mbaa. Panjat tebing bisa mba

      Hapus
  4. Nah aku termasuk nasabah yang maju mundur syantiek ummi buat ikutan asuransi karena aku fikir klo tidak klaim ga bakal baliklah tuh duit wkwkwkk ternyata kalau ini bisa bonus 105% yah?*manggut2 bisa dipertimbangkan ini

    BalasHapus
  5. Ngebayangin waktu undangan mengikuti gerakan dengan menggunakan stick pasti seru tuh.Sekarang sudah ga alergi lagi saya kalau dengar Asuransi karena produk yang ditawarkan beragam, apalagi dengan premi mulai 100 ribu / bulan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga skarang nggak alergi kalau dengar kata asuransi, mba. Hehhee

      Hapus
  6. Ternyata ada ya Asuransi yang mendukung passion. Asyik banget, bisa tetap menekuni passion plus tercover asuransi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa. Nggak perlu lagi mengejar passion y mba

      Hapus
  7. Iya banyak yang maju mundur cantik kalo ngomongin asuransi ya mbak.

    BalasHapus
  8. masuk golongan maju mundur kayak herva wakaka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah Bunda Herva nih menularkan ke Bunda Shona. Hahaa

      Hapus
  9. kirain itu tongkat lari XD

    makin banyak pilihan asuransi nih, yg ini preminya murah banget mak

    BalasHapus
  10. Preminya terjangkau ya mulai 100rb sampai 1 juta. Klaim asuransi tentu ga mau tamggung khusus untuk kasus bunuh diri dan melanggar hukum ya mbak Alida 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. IYa ada dua pengecualian aja kok mba :)

      Hapus
  11. Aku suka ngedance hahaha, asyik pake alat itu.pengen banget punya,beli di mana ya? So, asuransinya kutetarik nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahha mba ENi sejak awal emang udah naksir stik itu yaaa :p
      asuransi dengan premi terjangkau emang cakeep

      Hapus
  12. Mba Lid...
    Aku gak bisa komentar apa-apa masalah asuransi.
    Karena di keluarga ku gak ada yang ikut. Kecuali asuransi dari tempat bekerja ((karena rata-rata di keluarga bekerja di BUMN atau PNS))

    Tapi memang inovasi baru ini yaa, mba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Inovasi untuk menguatkan dukungan masyarakat ke asuransi ya

      Hapus
  13. Wah seru banget acara Padang Kulinerunnya. Coba diadakan di Bogor, mau deh ikutan.

    BalasHapus
  14. Jadi kesindir saya juga termasuk yang maju mundur ikut asuransi xixixi

    BalasHapus
  15. Apalagi teman sy pernah gagal klaim asuransi untuk operasi hernia anaknya. Jadi sy makin ragu. Hehehe. Makasih pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Smoga ga terulang lagi ya mba kasus gagal klaim :)

      Hapus
  16. Hahaha ternyata sticknya buat nari2 ya? Dibawa pulang gak?
    Aku KPR pakai BTN tpi yg syariah sih...
    Lagi nimbang2 jg ttg asuransi, nanti aku maen ke web FWD deh TFS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh asyik nih kalau pakai asuransi BTN Syariah mba :)

      Hapus
  17. Asuransi memang dekat banget ya dengan masalah pelayanananya bukan hanya brandingnya. Inovasi yang mumpuni itu yang dicari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penting kan untuk selalu inovasi ya mba :)

      Hapus
  18. berarti yang sedang nyicil rumah pakai KPR BTN bisa sekalian daftar asuransi bebas rencana plus ya. Gampang mendapatkannya.

    BalasHapus
  19. Hohoho... habis lari 10km, trus kulineran padang yg bikin org nambo cie terus.. habis dibakar diisi lagi lemaknya ^_^

    BalasHapus
  20. Aku pikir, dengan premi yang murah, kita bakal dapet yang "murahan" juga. Tapi ternyata enggak, ya. Bank BTN baik banget. Apalagi bonusnya itu mencapai 105% persen. Suka!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak, mba. Membantu banget deh pokoknya

      Hapus
  21. Bonus jika tidak ada klaim itu menarik banget buat saya. Soalnya saat membeli asuransi saya selalu berharap tidak ada klaim atau tak harus sakit dan mengalami risiko yg harus klaim asuransi :D
    Jadi, ini tidak gambling ya? Bonus 105% itu real! Luar biasa!

    BalasHapus
  22. Masyarakat Indonesia yang sadar pentingnya asuransi itu baru sekitar kurang dari 3% padahal asuransi itu penting bgt utk proteksi diri dan keluarga. Dan sekarang bnyk pula asuransi yg menawarkan produk asuransi yg menguntungkan untuk nasabahnya seperti produk kerjasama FWD dan BTN itu ya Mbak. Jadi harusnya masyarakat enggak perlu ragu lagi dong utk memiliki asuransi. Mupeng ih dg bonusnya itu lho.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penting banget untuk perlindungan diri ya mba :)

      Hapus
  23. Keren bonusnya. Makin kece aja ya asuransi jaman sekarang.

    BalasHapus
  24. konsepnya dengan menggunakan Padang KulinerRun ini menarik dan kekinian, sekaligus aneh karena habis bakar lemak malah disuruh nimbun lemak :D tapi keren, salut dengan FWD dan BTN ya, Mbak, thanks for sharing :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahhahaa. Kan abis itu disuruh lari lagi, mba. Hahhaa

      Hapus
  25. Waah aku baru ngeh itu gerakan "pound it" ya ternyata, kirain drumstik dance aja. FWD Life dan Bank BTN Kolaborasi yang mantap nih ya,semakin mudah berasuransi nggak perlu selalu berurusan dengan agen, yang alergi agen asuransi bisa ke bank BTN

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba. Jadinya sangat membantu ya :)

      Hapus
  26. Pinter nih asuransinya kerjasama sama bank. Jadi bisa menjangkau masyarakat lebih luas, ya. Mulai dari 100 ribu lagi yah mba, terjangkau banget..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biar makin banyak yang berasuransi ya mba

      Hapus
    2. kerjasama yang wokeh. semoga menjadi solusi permasalahan yang ada dan sesuai dengan apa yg diharapkan masyarakat

      Hapus
  27. Keren nih, atlet olahraha ekstrem jadi bisa pakai asuransi ini ya mba, kan jd aman. Inovasinya mantep nih BTN dan FWD.

    BalasHapus

Auto Post Signature

Auto Post  Signature