Rabu, Desember 02, 2015

Mengapa Komentar di Blog Menghilang?

Sore ini membuka blog saya dan saya terkejut. Komentar di blog saya hilang tak berbekas. Iya, hilang …

Saya tidak pernah menghapus komentar-komentar di blog saya. Iya, bukan saya yang menghapusnya. Semuanya baik-baik saja selama ini. Senin, perpindahan domain dari blogspot milik saya ke dot com berlangsung sukses. Saya senang sekali. Tak ada yang berubah. Hanya dari blogspot dot com saja yang berubah. Komentar di blog masih ada, postingan masih ada, label dan desain pun masih sama.
Hari Selasa, saya tidak membuka blogspot saya sama sekali. Tapi hari ini, Rabu 2 Desember saya membuka blogspot dan komentar di blog saya benar-benar hilang. Saya mencoba bertanya ke grup blog yang saya ikutin. Saya bertanya langsung ke kawan-kawan blogger juga. Dan saya juga menghubungi perusahaan yang mengubah domain saya. Hasilnya? Komentar di blog saya masih tetap hilang tak berbekas.



Saya kehilangan komentar-komentar kawan-kawan yang di blog saya.  Komentar kawan-kawan yang tak hanya sekedar berkunjung melainkan juga menyapa. Menyapa dan berkomentar tentang berbagai hal. Kehilangan komentar di blog saya seperti sayur tanpa garam. Seperti rumah tak memiliki ‘jiwa’. Saya merasa seperti menulis untuk diri sendiri. Tanpa ada yang lihat, tanpa ada orang yang tahu dan tanpa ada orang yang berkomentar. Blog saya terasa sepi. Adakah yang tahu bagaimana cara mengembalikan blog saya seperti dulu?

Wulansari Rach Alida Bahaweres

Seorang Ummi, istri, jurnalis dan blogger. Aktif menulis dan memberikan pelatihan menulis. Kontak kerjasama ke @lidbahaweres dan lidbahaweres@yahoo.com. Twitter dan instagram : @lidbahaweres. Terima kasih

10 komentar:

  1. Duh, sedih bangeeet.. Komentar-komentar itu jg penambah semangat ya.. Coba googling, mungkin ada tips mengatasinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Leyla, iya sedih hiks. Aku udah nyoba gugling tapi belum nemu juga caranya. Makasih ya mba

      Hapus
  2. Mbak, dulu yang komen cuma bisa pake Google Plus .... seingat saya, pernah saya berkomentar ttg kota komentarnya, kenapa pake Google Plus :)

    Coba diutak-atik di bagian COMMENT (komentar) di dasbornya. Tapi kalo komennya kemudian yang diaktifkan, yang ini mungkin tersembunyi lagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Mugniar, iya dulu kan ya gitu. Lalu aku otak atik lagi trus balik lagi. Tapi ini tetap aja nggak berubah, Berharap keajaiban ini. Makasih mbaa

      Hapus
  3. Hmm waktu migrasi, lewat agensi apa? Atau dikau migrasi sendiri?
    Coba Tanya si agensi tersebut, apakah itu impact dari migrasi.

    Bener juga kata mbak Niar, bisa jadi settinh comment nya berganti.

    Semoga segera pulih blognya. Salam kenal mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku udah hubungi agensinya, mba. Mereka mengaku nggak mengubah apapun. Aku udah otak atik juga tuh setting comment. Makasih mba. Salam kenal kembali :)

      Hapus
  4. dah kelamaan gk login kali ke google plus nya

    BalasHapus
  5. Mba Momogrosir, nggak kelamaan mba. Hanya jeda sehari aja nggak buka. Makasih mba

    BalasHapus
  6. alhamdulillah ya mbak sekarang sudah bisa nongol lagi komentarnya.
    oya, solusinya gimana mbak cara mengembalikan komentar yang hilang soalnya blog yang pertama kali saya buat juga begitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kang Jum, komentar yang hilang nggak balik lagi kang. Tapi hanya saja kalau ada yang posting ya tidak hilang. Settingannya nggak berubah, padahal :(

      Hapus