Mencicipi Bir Kotjok, Kuliner Khas Bogor yang Tak Memabukkan

Bagaimana rasa bir kotjok ?

Mencicipi Bir Kotjok, Kuliner Khas Bogor yang Tak Memabukkan

Sebetulnya saya tak sengaja mencicipi bir kotjok, kuliner khas Bogor ini. Ceritanya, saya, Ayyas dan Mba Ade serta anaknya berniat keliling Bogor untuk kuliner khas Bogor pada akhir tahun 2019. Dan kami mampir di soto Bogor di Jalan Suryakencana. Dan pas di depan kedai soto Bogor, ada gerobak sederhana bir kotjok. Namanya Es Bir Kotjok Bogor Si Abah.

Es bir kotjok si Abah ini telah memulai usaha bir kotjok sejak tahun 1965. Ini berarti sudah hampir 56 tahun! Selama 56 tahun masih konsisten menjual kuliner khas Bogor tentunya membuktikan kuliner ini adalah salah satu kuliner yang disukai dan melegenda.

Menuangkan bir kotjok 


Apa yang membuat bir kotjok ini masih bertahan selama ini ? Dan apakah memabukkan ? Satu yang ingin saya sampaikan bir kotjok ini tidak memabukkan. Sama seperti bir pletok, minuman khas Jakarta.

Bahkan mengkonsumsi minuman bir kotjok ini membuat badan jadi lebih sehat. Mengapa? Walaupun namanya bir kotjok tapi kuliner khas ini terbuat dari rempah-rempah yakni jahe, kayu manis dan gula aren. Jahe yang digunakan adalah jahe merah yang menyehatkan badan. Harga satu porsi pun terjangkau yakni hanya Rp 5000.   

Karena penasaran, saya pun memesan es bir kotjok Bogor ini. Sesuai namanya, cara membuat minuman ini dengan cara dikocok. Pertama-tama, penjual mengambil minuman bir kotjok yang di masukkan di botol kaca.

Bir kotjok sebelum di kocok


Kemudian minumannya di tuang di sebuah wadah dari bahan almunium. Lantas memasukkan beberapa es batu dan mengocoknya berulangkali. Mungkin sekitar semenit bir kotjok itu dikocok.

Nah setelah di rasa cukup, bir kotjok itu pun di tuangkan di gelas kaca. Hasilnya? Buih-buih dari hasil kocokan bir kotjok ini keluar. Ya seperti bir pada umumnya. Mungkin sensasi inilah yang membuat bir ini menamakan diri sebagai bir kotjok.  



Saat buih berlimpah itu saya pun segera menkonsumsi bir kotjok, kuliner khas Bogor ini. Rasanya ? Buat saya, rasa rempah-rempahnya tidak terlalu menyengat. Tak ada satu bahan rempah yang dominan menonjol.

Menurut saya, proses mengocok ini yang juga membuat semua bahan-bahan menjadi tercampur dengan baik. Rasa jahe merah terasa, begitu pula rasa kayu manis. Rasa manisnya berasal dari gula aren yang tercampur di bir kotjok ini.

Tertarik ingin mencoba bir kotjok?

 

22 nhận xét

Avatar
nurul rahma 14:26, 22/02/2021

aku selalu sukaaaakk minuman kayak gini mbaaa
apalagi pakai gula aren, masyaALLAH kebayang segerr dan wanginya.
Sayang, kudu ke Bogor dulu yak :D
Ya wis, aku mimik beras kencur aja dah di Sby :D

Reply Delete
Avatar
Lisdha 15:49, 22/02/2021

waah pengen nyoba...tapi kapan ke bogornya? hehehe
belakangan saya rutin bikin minuman teh dengan jahe, kayu manis, cengkeh, dan serai. Kira-kira mirip nggak ya rasanya dengan bir kocok? hehehehe

Reply Delete
Avatar
Nurul Sufitri 15:54, 22/02/2021

Wah, udah dari tahun 1965 nih minuman bir botjok Bogor :) Aku lupa deh pernah atau ga ya nyobainnya? Murah amat 5 ribu hihihi. Ini seru amat jalan2 ke Kota Hujan. Manisnya pakai gula aren bagus dong ya menyehatkan. Perpaduan jahe merah dan kayu manis hhmm.. aku bayangin dulu deh :D

Reply Delete
Avatar
Mia Yunita 17:15, 22/02/2021

Tertarik banget nih aku buat nyicip bir kotjok. Udah 2 kali ke Bogor kok ya nggak nemu ya dengan jenis minuman yang satu ini. Duh..jadi pengen ke Bogor lagi deh akuuh.

Reply Delete
Avatar
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) 09:54, 23/02/2021

aku pernah nyobain ini juga mbak, pas lagi di acara kuliner gitu. berawal dari penasaran lihat namanya terus lihat bahannya, tapi waktu itu aku pakai es minumnya.

Reply Delete
Avatar
Nanik nara 14:54, 23/02/2021

Wah jahe merah dengan gula aren. Kalau ke Bogor mesti menyempatkan diri buat nyobain bir kotjok ini

Reply Delete
Avatar
Bibi Titi Teliti 21:28, 23/02/2021

Wah, asalkan gak bikin mabok sih aku kepengen banget nyobak nyeruput bir kotjok ini kayaknya syegeeer bener deh yaaah

Ntar kalo lagi main2 ke Bogor mau cari ah ehehe

Reply Delete
Avatar
Keke Naima 00:06, 24/02/2021

Penasaran deh ma rasanya. Mirip gak ya dengan bir pletok Betawi? Hangat di badan nih kalau lihat bahan-bahannya

Reply Delete
Avatar
Ruli retno 09:51, 24/02/2021

Wahhg kalo pake gula aren, aman donk buat mereka yg sedang diet gula pasir ya. Mungkin ini hampir mirip kaya bir pletok ya

Reply Delete
Avatar
Astin Astanti 15:39, 24/02/2021

bahan-bahannya sederhana ya, tapi cara membuatnya mungkin menggunakan sistem yang enggak semua orang tahu ya

Kalau seduhan jahe, gula aren dan kayu manis saya pernah buat. Dan baru tahu ada minuman dari bahan-bahan di atas, dan namanya bir kotjok

Reply Delete
Avatar
HM Zwan 16:24, 24/02/2021

Aku kira tadi salah nulis, eh ternyata bener ya bir kotjok. Mungkin ini hampir sama ya sama bir pletok khas betawi. Penasaran banget sama rasa bir kotjok

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi 16:40, 24/02/2021

Unik bangeett...
Aku uda lama denger Bir Kotjok, tapi baru kali ini lihat foto proses pembuatannya.
Ini tu bener-bener khazanah Indonesia banget yaa...

Reply Delete
Avatar
Dee_Arif 19:55, 24/02/2021

wah klo bir yg seperti ini ya memang nggak memabukkan ya mbak
justru sehat, karena terbuat dari rempah rempah
minuman khas ya ini mbak

Reply Delete
Avatar
Nia K. Haryanto 20:35, 24/02/2021

Duh duh, kayak gimana itu rasanya bir kotjok Bogor. Bikin penasaran deh ih. Kayaknya iya ya, rasanya mirip bir pletok?

Reply Delete
Avatar
diane 20:56, 24/02/2021

wah belum pernah nih cobain bir kotjok.. Kayaknya enak ya..seger di badan karena ada jahenya..hehe Harganya juga murah pisan..

Reply Delete
Avatar
Ade UFi 21:07, 24/02/2021

Mba Al... huhuhu.. jadi kangen kulineran lagi. Kapan ya, Mba? Ntar coba yang jauhan dikit yuuuk di Jepang.. hahaha.. Aamiinin aja dulu, siapa tau qobul.

Reply Delete
Avatar
Hidayah Sulistyowati 21:40, 24/02/2021

Aku pernah minum bir kotjok ini, mbak. Seger, rasa jahe nya krasa banget.
Ujan ujan gini jadi ingat dan pengen minum bir kotjok lagi, hihii

Reply Delete
Avatar
April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com 21:41, 24/02/2021

Wah aku baru tahu kuliner minuman kyk gini ada di Bogor haha. Kyknya ya masih saudaraan ma bir pletok kali ya?
Kangen banget eui sama Jl. Suryakencana. Pantauan terakhir sih di sana tetep rame haha

Reply Delete
Avatar
Rahmah 'Suka Nulis' Chemist 22:16, 24/02/2021

Wah ajak ke sini dong kak Alida
Saya penasaran mau coba
Semoga aman untuk busui seperti saya

Reply Delete
Avatar
Liswanti Pertiwi (PenaLiswanti) 22:30, 24/02/2021

Pas ke Bogor aku lihat bir kotjok ini. Tapi belum pernah nyobain, cuma nemenin temen aja hehe

Reply Delete
Avatar
khairiah 23:52, 24/02/2021

Penasaran sama rasanya, baru pertama kali dengar ada nama minuman yg namanya bir kocok tapi nggak terbuat dari alkohol

Reply Delete
Avatar
Ira Guslina Duniabiza 03:30, 25/02/2021

gula merah bikin makanan jadi gurih2 gimana gitu ya mba... Bakalan senang nih anak-anak. eh aniwei, waktu lihat namanya ada pake bir gitu mba alida sempat ragu ga sih.. hihi jadi penassaran kenapa diberi nama bir

Reply Delete