Belanja Oleh-oleh di Makassar

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Belanja Oleh-oleh di Makassar

Selain mencicipi kuliner khas saat berkunjung ke suatu daerah, saya juga punya kebiasaan belanja oleh-oleh khas daerah tersebut. Kebiasaan ini sudah berlangsung sejak dulu. Ada sebuah kenikmatan tersendiri bagi saya untuk membeli oleh-oleh dan membagikannya ke keluarga atau kawan yang tidak sempat bepergian ke daerah tersebut. 


Saat ke Makassar Desember 2019, saya pun menyempatkan diri belanja oleh-oleh. Belanja oleh-oleh di Makassar ada banyak yang tempat yang bisa dikunjungi. Saya masih ingat saat ke Makassar tahun 2010 (agak-agak lupa) tante saya yakni Ibu Da mengajak saya belanja oleh-oleh di Toko Unggul. 




Dan saat ke Makassar tahun 2019 itu, adik sepupu saya juga kembali mengajak saya ke Toko Unggul. Belanja oleh-oleh di toko ini boleh dibilang paket lengkap. Lokasinya pun tak jauh dari pantai Losari, tepatnya di Jalan Pattimura No 8, Makassar. 


Toko ini boleh dibilang tak terlalu luas. Tergolong sempit. Mungkin karena banyak barang-barang juga untuk pembeli punya banyak pilihan belanja oleh-oleh Makassar. Di bagian depan terpasang desain rumah khas Makassar yang unik. Etalase-etalase toko dipenuhi barang-barang khas Makassar. 







Saat kaki melangkah, di dalam terdapat banyak pilihan oleh-oleh yang bisa menjadi pilihan. Saya sampai kalap mau beli apa saking ingin semuanya. Ada apa saja ? Ada banyak pilihan oleh-oleh khas Makassar yang bisa dibeli. 


Mulai dari kuliner hingga aksesoris khas Makassar. Kulinernya pun beragam. Ada pilihan cemilan seperti kacang khas Makassar, sambal roa yang terkenal enak dan pedas, sirup markisa yang menggoda serta aneka kue kering yang enak dari Makassar. 




Untuk pilihan aksesoris mulai dari kain khas, gantungan kunci dan lainnya. Tak hanya itu saja, ada juga pilihan minyak tawon, balsem khas Makassar dan lainnya. Saya memilih belanja sesuai kebutuhan untuk beberapa pihak. Mulai dari keluarga hingga untuk teman kerja dan tetangga. Untuk keluarga saya beli cemilan kue-kue, abon dan sambal roa yang terkenal dari Makassar. 


Saya juga membeli balsem khas Makassar yang direkomendasikan saudara saya di Makassar. Dan juga minyak telon spray untuk anak saya. Untuk suami dan anak laki serta papa saya, saya belikan sarung khas Makassar. 


Soal harga ? Bervariasi. Untuk kuliner pilihan kue-kuenya paling murah Rp 15 ribuan. Untuk sambal roa seingat saya ada yang harganya Rp 20 ribuan. Untuk kain-kain ada yang paling murah dan paling mahal dengan kualitas yang tentu saja berbeda. 


Enaknya belanja di sini, semua barang bisa di bungkus dengan kardus rapi dan tanpa di pungut biaya. Pengemasannya benar-benar rapi sehingga saat naik pesawat memudahkan untuk di bawa. Dan tentu saja ini membantu saya tak perlu lagi repot untuk membungkus lagi sebelum pulang ke Jakarta. 


Tempat belanja oleh-oleh berikutnya yang saya kunjungi adalah warung yang menjual jalangkote. Jalangkote yang di rekomendasikan tante saya, Ibu Da, adalah Jalangkote Lasinrang yang telah ada sejak tahun 1985. Jalangkote ini ukurannya gede. 




Lokasi tokoya di depan jalan raya sehingga mudah untuk di datangi. Lokasinya di Jalan LAsinrang No 11 A, Sawerigading, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar. Saran saya kalau mau beli jalangkote sebaiknya beli di hari yang sebelum keberangkatan ke kota asal. Misalnya saya waktu itu penerbangan sore, maka sekitar jam 10 pagi saya beli jalangkote ini. 


Nah untuk membeli jalangkote untuk oleh-oleh sebaiknya pilih yang setengah matang sehingga bisa di goreng setelah tiba di rumah. Saya lupa harganya berapa tapi seingat saya harganya cukup terjangkau. Tapi karna perjalanan pendek juga bisa beli yang sudah matang untuk bisa langsung dikonsumsi. 




Saya saking penasaran dengan jalangkote ini saya mencoba membeli yang sudah matang sehingga bisa langsung membeli untuk di makan. Dan rasanya? Enaak. Apalagi dimakan saat panas-panas, sungguh lezat! Untuk di rumah, saya belikan oleh-oleh jalangkote matang dan setengah matang. 


Duh menulis ini jadi membuat saya jadi ingin bisa ke Makassar suatu saat nanti. Jarak dari Jakarta bisa ditempuh dengan perjalanan sekitar dua jam dengan perjalanan udara. Kalau ingin ke Makassar, ada banyak tempat tinggal dan hotel yang bisa jadi pilihan. 




Salah satunya dengan membeli paket penginapan atau villa melalui payday Traveloka. Apalagi ada banyak promo payday yang bisa menjadi pilihan jika berkunjung ke Makassar. Ada yang sudah pernah ke Makassar ? Oleh-oleh apa yang pernah teman-teman beli jika ke Makassar ? 


39 nhận xét

Avatar
Aya 00:22, 02/03/2021

Wah lengkap sekali ya oleh oleh atau souvenir yang disediakan. Banyak pilihan untuk diberikan pada orang tersayang. Pastinya pengen beli buah tangan unik yang cuma bisa dijumpai di Makassar

Reply Delete
Avatar
Aminnatul Widyana 09:34, 02/03/2021

Jalangkote itu apa semacam pastel ya kalau di Jawa? Rasa dan isi variannya apa aja... Kalau di Jawa kan ada yang pastel basah sama pastel kering. Isinya juga beda-beda

Reply Delete
Avatar
Nurul Sufitri 11:41, 02/03/2021

Duh, enaknya kalau bisa mencicipi kuliner Makassar atau menikmati oleh2 lainnya. Dari fotonya aja kelihatan cihuy ulala gitu mbak Al. Itu jalangkote makannya pakai cabe rawit orens rasanya menggelegar kali ya hehe :D Baju2 dan kain Makassar-nya juga maulah kalau dibeliin hihi :D

Reply Delete
Avatar
Andiyani Achmad 13:30, 02/03/2021

seru memang mba belanja oleh-oleh di Makassar bisa-bisa kalap saking banyaknya pilihan dan model oleh-oleh

Reply Delete
Avatar
Andiyani Achmad 14:20, 06/03/2021

lalu karena aku punya sodara di Makassar kadang suka nitip dibeliin ikan asin khas sana sama baksonya juga

Reply Delete
Avatar
Ria Andika 20:20, 02/03/2021

MasyaAllah lengkap banget ya pilihan oleh olehnya, dari cemilan ringan sampai yg beratpun ada

Reply Delete
Avatar
Intan Daswan 21:47, 03/03/2021

Kalau aku suka sari buah markisa, Mbak. Pas waktu suami dapat tugas ke sana, nggak sempat beliin jalangkotenya sih. Kayaknya enak juga ya, Mbak.

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti 10:17, 04/03/2021

Dikepalaku masih ingetnya Ujung Pandang loh ummi hehehe btw sari markisa ini pernah kudapat tapi aku lupa siapa yang ngasihnya yah apa jangan2 ummi wkwkw

Reply Delete
Avatar
Rani R Tyas 11:00, 04/03/2021

Aku belum pernah ke Makassar sih Mbak, jadi cuma bayangin aja sama oleh-oleh yang dimaksud Mbak Alida. Hahahha. Tapi kenapa itu kalau di Jawa mirip pastel ya? Beda atau sama, Mbak?

Reply Delete
Avatar
aurabiru 15:53, 04/03/2021

Saya juga paling suka beli oleh-oleh kalau berkunjung ke suatu daerah, belum pernah ke Makasar, lua jawa yang pernah kukunjungi baru Kalimantan mbak hehehe

Reply Delete
Avatar
Astin Astanti 16:33, 04/03/2021

Jalangkote ini yang bikin aku fokus, pas laper juga nih. Bentuknya seperti pastel ya

Tapi jalangkote ini lebih tipis ya, dari pastel. Dan cocok sekali ya, dinikmati dengan cuka dan cabe rawit

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi 00:35, 07/03/2021

Ya ampuun iyaah...mau komen kalau jalangkote ini pastel kah?
Isiannya apa yaa..?
Suka banget ada toko oleh-oleh yang super lengkap begini.

Reply Delete
Avatar
nurul rahma 18:59, 04/03/2021

Jalangkote looks so yuuummyyyy!
trus itu sarung2nya juga baguuusss banget sih mbaa, kayaknya dijahitin jadi seragam Lebaran OK punyaaa

Duh, jadi baper deh, Lebaran ini pd bisa ngumpul apa kagak yak?

Reply Delete
Avatar
Eri Udiyawati 19:25, 04/03/2021

Jadi pengrn nyicipin Jalangkotenya. Iya ya, enak banget pad dimakan selagi panas. Aduuh, nikmat banget itu. Jalangkote yang direkomendasikan memang yang terbaik nih, karena udah ada sejak tahun 1985. Udah legend nih kuliner.

Reply Delete
Avatar
Nurul Sufitri 21:53, 04/03/2021

Meskipun toko Unggul ini ga gede2 amat, tapi hebat loh, komplit gitu persediaan oleh2nya. Udah cukup buanyaaak juga sekali belanja di sini ga perlu muter2 ke mana2 lagi hehehe. Sirup markisanya kepengen nyobain deh.

Reply Delete
Avatar
HM Zwan 04:21, 05/03/2021

Wah, toko oleh olehnya komplit banget ya mbk. Aku suka banget model toko oleh oleh kayak gini, bisa pilih banyak macam oleh okeh di satu tempat. Jalangkotenya bikin mupeng, enak banget..

Reply Delete
Avatar
Nanik nara 09:19, 05/03/2021

Aku kalau ke Makassar beli oleh-olehnya juga ke toko Unggul ini mbak. Senengnya nyampe sana pas cuaca panas dan sama penjaganya di kasih sebotol minuman dingin.

Barang dagangannya banyak macamnya, pas pertama sampai sana sampai bingung mana yang dipilih, harganya juga murah-murah

Reply Delete
Avatar
Lisdha 12:10, 05/03/2021

Tempo hari saya diminta tolong temen untuk belanjain oleh2 dr Makassar. Bukan jastip ya..tapi belanja di sini dan saya kirimkan via paket. Bukan cuma oleh2 yang tahan lama, tp juga makanan beku, waktu itu dia pesan bakso ati raja. Jadi pengalaman deh kirim paket via paxel.

Reply Delete
Avatar
Ade UFi 18:34, 05/03/2021

Namanya unik ya, Mba Jalangkote.. padahal mah kalau liat dari fotonya itu sih pastel.. xixixi.. Kayaknya kalau dpt kesempatan ke Makasar, saya akan incar Jalangkote ini dulu nih.

Reply Delete
Avatar
Jalan-Jalan KeNai 19:37, 05/03/2021

Kakak ipar saya tinggal di Makassar. Sebetulnya setiap beberapa tahun pindah-pindah. Malah bisa pindah pulau.

Kali ini lagi di Makassar. Dan katanya betah banget di sana. Dia suka cerita tentang kulinernya yang enak-enak. Baca postingan Mbak Alida ini jadi bikin saya semakin ingin ke sana

Reply Delete
Avatar
Mirna 23:04, 05/03/2021

Jalangkote favoritku tapi aku ga pernah spesifik sama brand tertentu pokoknya kalo ada yang bawain aja udah sueneng banget hehehe

Reply Delete
Avatar
Yanti Alif 06:30, 06/03/2021

Oleh2nyaa bkin kepingin heheh aku sukanya samba roa rasanya enak bngt buat temen makan nasi dijamin nambah trus tapi yang bkin penasaran tuh jalangkotenya apa itu rasanya mirip sma pastel ya mba..isinya apa mbaa

Reply Delete
Avatar
Fenni Bungsu 07:20, 06/03/2021

Bentuk jalangkote mirip pastel ya mbak, penasaran mau coba sendiri hehe, apalagi banyak Kuliner khasnya yang bisa buat oleh-oleh juga itu

Reply Delete
Avatar
Wiwin Pratiwanggini 07:35, 06/03/2021

Pertama kali lihat Jalangkote dulu saya kira itu pastel. Untung suami saya dulu lama menjadi orang Indonesia timur sehingga dia segera kasih tahu saya nama sebenarnya dan itu makanan dari mana.

Reply Delete
Avatar
April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com 15:24, 06/03/2021

Jalangkote ini ma pastel aslinya sama aja kan?
Asyik nih jd tahu kalau di Makassar ada toko oleh2 yg rekomended, lengkap ya isi tokonya mulai makanan, aksesori, baju dll. Semoga setelah pandemi kelar bisa mengunjungi neneknya suami yang tinggal di sana aamiin

Reply Delete
Avatar
Dewi Rieka 19:11, 06/03/2021

Duh duh kangennya jalangkotee ya ampuun kangen kuahnya..semoga nanti bisa mudik ke Makassar jika situasi sudah aman ya Allah aamiin...

Reply Delete
Avatar
Rina s 19:40, 06/03/2021

Mupeng sama kainnya...pernah ke makasar tp transit doang jd belj oleh2 cuma kaos di bandara, next semoga bisa halan2 ke makasar

Reply Delete
Avatar
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) 19:42, 06/03/2021

Aku belum pernah ke Makassar tapi sudah pernah dibawain oleh-oleh Makassar. Aku pernah lihat dari teman anak Makassar waktu dia post tentang jalangkote, yang aku pikir tadinya makanan apa gitu.

Reply Delete
Avatar
Dee_Arif 19:51, 06/03/2021

Wah iya, dulu saat suami dinas luar ke makasar, aku juga dibawain oleh oleh sari markisa
btw jalangkote itu pastel ya mbak?

Reply Delete
Avatar
Lina W. Sasmita 21:39, 06/03/2021

Wohooo saya kalau belanja oleh-oleh ke tempat yang lengkap seperti ini suka kalap. Pengen semua dibeli Mbak.

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti 22:37, 06/03/2021

Penasaran sama Jalmgkote ummi bentuknya sih mirip pastel yah tali aku belum pernah cobain hahah

Reply Delete
Avatar
Nia K. Haryanto 23:15, 06/03/2021

Waduh, bikin mupeng aja deh lihat oleh-oleh begini. Satu yang bikin bahagia dari traveling emang beli oleh-oleh ya. Unik-unik pastinya.

Reply Delete
Avatar
diane 23:43, 06/03/2021

Dulu pernah ke Makassar dan sirup markisa emang udah oleh2 favorit, sama kain songketnya..

Reply Delete
Avatar
Irra Octaviany 01:34, 08/03/2021

Dulu pernah dibawain jalangkote sama temen kuliah yang asli Makassar. Enaak rasanya. Sekarang kalau mau lagi jauh banget..

Reply Delete
Avatar
Nia K. Haryanto 09:17, 08/03/2021

Karena belom pernah ke Makassar dan belom pernah juga ada sodara ke Makassar, belom pernah tahu deh oleh-oleh dari Makassar. Palingan ya kulineran Makassar yang ada di sini. Semoga kesampaian deh main ke Makassar. :D

Reply Delete
Avatar
bundabiya.com 11:53, 08/03/2021

jadi inget dulu aku sampe masuk2 ke beberapa toko di tepi pantai losari buat cari oleh2.. yang aku suka tuh kacang apaa gitu namanya, enak!

Reply Delete
Avatar
Arda Sitepu 23:38, 08/03/2021

Belum pernah sampai Makassar dan memang banyak banget oleh-oleh dari sana. Btw saya pernah dapat jalangkote ini mbak dan rasnya asik.

Reply Delete
Avatar
Ima Satrianto | www.tamasyaku.com 22:48, 10/03/2021

huaaaa aku pengen sampai makassar blm kesampaian sampai skrg keburu pandemi, pengeen iciipp.

Reply Delete
Avatar
fanny_dcatqueen 15:08, 15/03/2021

Aduuuuuh kangeeen makan jalangkote :D. Dulu mamaku sering bikin mba.

Trakhir kali aku ke Makasar, puas deh makan jalangkote di sana. Trus itu toko oleh2nya, kayaknya aku juga sempet belanja di sana deh :D. Agak lupa sih, tp kalo ga salah inget namanya itu. Sbnrnya toko ini ga masuk dlm list temoat belanja yg dibikin travel tur. Tapi waktu itu temenku yg org Makasar ngajakin aku ksana pas free time. Dia bilang LBH murah drpd toko yg disarankn travel :D

Reply Delete