Dukungan Saratoga untuk SMK ORA et LABORA Agar Cetak Lulusan Terampil dan Siap Kerja

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Dukungan Saratoga untuk SMK ORA et LABORA Agar Cetak Lulusan Terampil dan Siap Kerja

Masa pandemi seperti sekarang, jumlah pengangguran semakin bertambah. Mereka yang dulunya memiliki pekerjaan tetap serta jabatan, tapi harus melepaskan semuanya karena pandemi. Padahal sebelum pandemi, jumlah pengangguran tak berkurang. Berapa jumlah pengangguran ? Berdasarkan Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, jumlah pengangguran di Indonesia mencapai 8,75 juta pada Februari 2021. Jumlah ini meningkat 26,26% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 6,93%. 
 
Mengapa banyak jumlah pengangguran di Indonesia? Penyebab pengangguran bukan hanya terjadi karena kurangnya lapangan pekerjaan dan kurangnya permintaan pasar. Tapi, pengangguran juga bisa terjadi karena calon tenaga kerja kurang memiliki kemampuan, ketrampilan sesuai bidangnya. Oleh karena itu, banyak yang berharap lulusan sekolah kelak menjadi lulusan yang siap kerja dan memiliki ketrampilan. 



 
Lantas apa yang harus dilakukan ? Salah satunya memilih sekolah yang memberikan ketrampilan serta pengetahuan sehingga kelak ketika lulus sekolah, bisa langsung siap kerja. Siapa yang tak ingin demikian? Lalu, dimanakan sekolah yang memberikan jaminan lulusannya memiliki ketrampilan siap kerja ? 
 
Saya ingin memperkenalkan teman-teman dengan SMK ORA et LABORA. Sekolah yang didirikan tahun 2017 ini, walaupun terhitung muda tapi terbukti lulusan angkatan pertamanya siap kerja. SMK ORA et LABORA Teknik Pembangkit Tenaga LIstrik sebagai Lembaga Formal yang bisa memiliki beberapa tujuan yakni : 
  • Mendukung program pemerintah dalam percepatan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan, pembangunan pembangkit listrik 35.000 MW 
  • Mendukung instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revatilisasi SMK untuk peningkatan kualitas dan daya saing Sumber Daya Manusia Indonesia 
  • Mempertemukan tamatan SMK dengan dunia usaha atau industri yang memerlukan tenaga kerja tingkat menengah yang terampil. 
 
Tahun ini, tepatnya Jumat 16 Juli 2021, SMK ORA et LABORA berhasil meluluskan angkatan pertama yang memiliki keahlian serta kemampuan siap kerjanya. Hal ini tentunya tak lepas dari dukungan penuh yang diberikan oleh PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (Saratoga). 
 


Bagi Saratoga, investasi di bidang Pendidikan akan menciptakan masyarakat berkualitas dan dapat berkontribusi secara aktif dalam pembangunan nasional.
 
Direktur Keuangan Saratoga, Lany D. Wong menjelaskan sejak SMK ORA et LABORA didirikan pada tahun 2017, perusahaan berperan aktif dan ikut andil dalam menciptakan kurikulum serta memantau proses belajar mengajar di sekolah. 
 
“Ini untuk memastikan bahwa program yang dijalankan dan lulusan SMK OeL sesuai dengan kebutuhan sektor kelistrikan,” kata Lany. Langkah konkrit tersebut merupakan bagian dari pilar tanggung jawab sosial Saratoga yang berfokus pada pengembangan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia (Human Capital Development). 
 
Pihaknya bersyukur dan bangga SMK ORA et LABORA hari ini menjalankan kelulusan angkatan pertama. Program pembelajaran selama tiga tahun ditambah satu tahun praktik kerja, mampu membekali siswa – siswi dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh industri. Terbukti lulusan sekolah ini telah diterima di perusahaan yang memiliki kredibilitas tinggi baik di sektor energi maupun non energi. 



Kehadiran SMK ORA et LABORA ini merupakan salah satu bentuk nyata dukungan terhadap Pemerintah dalam meningkatkan sekolah vokasi yang berorientasi pada penerapan ilmu, sehingga lulusannya kompeten dan terampil dalam bekerja. 

SMK ORA et LABORA yang merupakan vokasional teknik ingin menekankan pembelajaran yang terstruktur dan keahlian yang lebih driven atau terarah. Apalagi sektor kelistrikan ini sektor yang tahan krisis dan dalam situasi apapun akan dibutuhkan. "Dengan kebutuhan listrik nasional yang terus meningkat, ketersediaan SDM yang memahami dan menguasai sektor kelistrikan menjadi sangat penting,” kata Ketua Yayasan Ora et Labora, Sandi Rahaju

Harapannya kurikulum yang diterapkan oleh SMK OeL ini bisa membantu mengurangi tingkat pengangguran lulusan SMK yang cukup tinggi di Indonesia. Lulusan SMK ORA et LABORA selanjutnya akan bekerja di perusahaan PT Shandong Licun Power Plant Technology dan memiliki potensi besar bekerja di PT GPOS Daya Energi (O&M sebuah Pembangkit Listrik di Gorontalo), Primaya Hospital, PT Tanjung Power Indonesia, dan PT Astra Daihatsu Motor.

“Kami bersyukur sejumlah perusahaan menerima anak – anak kami untuk melakukan praktek kerja industri. Kolaborasi antara lembaga Pendidikan dan sektor swasta menjadi sangat penting untuk memastikan bahwa Pendidikan vokasi berhasil dengan baik,” tegas Sandi. 

 
Keunggulan SMK ORA et LABORA
 
Materi pendidikan yang diberikan adalah materi muatan nasional, muatan lokal dan pastinya muatan peminatan kejuruan yakni ketrampilan dan keahlian Pembangkit Tenaga Listrik (Power Plant) yang sesuai dengan kebutuhan industri. 
 
Ada beberapa keunggulan SMK ORA et LABORA yakni : 
Memiliki tenaga pengajar berkualitas 
SMK ORA et LABORA ini memiliki tenaga pengajar yang juga lulusan luar negeri dan berkompeten serta menjalin kerjasama dengan Swiss German University serta Central Industrial Enterprise (CITE). CITE ini adalah sebuah lembaga berbasis industri dan berorientasi sosial yang teruji di dunia.
 
Peralatan yang memadai 
SMK ORA et LABORA memiliki peralatan yang mendekati keaslian untuk pembangkit energi listrik. Bahkan perlatan penunjangnya dihadikan langsung dari Jerman dan Amerika. Harapannya para siswa akan lebih memahami dan menguasai kondisi realistik yang terjadi di sekyor pembangkit tenaga listrik.

Tentu saja masih banyak lagi keunggulan SMK ORA et LABORA sehingga menjadi SMK yang terbaik dan lulusannya siap kerja. Deputi IV Kemenko Perekonomian Rudy Salahuddin bangga melihat siswa – siswi SMK OeL yang berhasil lulus walaupun dalam situasi pandemi yang belum berakhir, namun pembelajaran tetap dapat berjalan dengan baik. 



Pembelajaran inovatif dan literasi digital akan menjadi sebuah keharusan dalam tiap jenjang pendidikan utamanya dalam pendidikan dan pelatihan vokasi. Peningkatan kualitas kompetensi oleh siswa - siswi yang mampu beradaptasi  dengan kemajuan teknologi tentunya  akan membantu penyiapan kompetensi SDM Indonesia yang kompeten dan memadai. 

Nah, kini tak ragu lagi untuk memilih SMK ORA et LABORA sebagai pilihan untuk melanjutkan sekolah ? 

42 件のコメント

Avatar
Okti Li 2021/07/23 20:34

Kenapa namanya ORA et LABORA ya?
Artinya apa? Kalau jurusan andalannya listrik, kenapa namanya gak berkaitan dengan pembangkit tenaga listrik juga... Hehehe...

Reply Delete
Avatar
Dessy Achieriny 2021/07/23 22:12

Lulusan SMK biasanya lebih terampil dan siap kerja. Sistem belajar SMK Ora et labora bagus bgt ya, pantes mampu mencetak generasi unggul yang bisa langsung dilempar ke perusahaan selain itu fasilitasnya mumpuni untuk langsung praktek di lapangan.

Reply Delete
Avatar
nchie hanie 2021/07/23 22:38

Setuju banget, kalo saat ini pekerjaan yang dibutuhkan adalah yang mempunyai kemampuan dibidang tertentu yang dibutuhkan yaa.
Salut juga dengan SMK OeL ini telah bekerjasama dengan perusahaan2 keren, dan asiknyaa siswa2 lulusan SMK ini diterima di perusahaan yang memiliki kredibilitas tinggi baik di sektor energi maupun non energi.

Reply Delete
Avatar
Lusi 2021/07/23 22:46

Beberapa bulan lalu anakku magang di pembangkit listrik. Banyak banget lulusan SMK yang jadi pegawainya. Jadi pandangan bahwa lulusan SMK kelistrikan cuma bakal buka service elektronika itu harus diperluas cakrawalanya. Salah satunya dengan dukungan perusahaan besar seperti Saratoga.

Reply Delete
Avatar
Siti Faridah 2021/07/24 15:38

Banyak juga ya keunggulan SMK ORA et LABORA ini. Setuju sekali dengan adanya program praktik kerja industri (magang) maka siswa jadi tahu tentang hal-hal yang dilakukan di lingkungan kerja.

Reply Delete
Avatar
Keke Naima 2021/07/24 21:10

Sektor kelistrikan memang gak ada matinya ya, Mbak. Sampai kapan pun akan membutuhkan listrik. Tetapi, tentunya diharapkan teknologi listriknya meningkat. Makanya butuh generasi muda yang berkualitas

Reply Delete
Avatar
nchie hanie 2021/07/26 17:44

Sepakat ini, karena disemua bisang pekerjaan wajib ada, kbayang donk kalo tanpa listrik, haduuuu.
Apalagi makin kesini perkembangan teknologi makin meningkat, dibutuhhkan skill yang mumpuni dan berkualitas ya. Salut sama lulusan2 SMK OeL ini.

Reply Delete
Avatar
Nurul Fitri Fatkhani 2021/07/25 7:30

Lulusan SMK memang sudah banyak menghasilkan tenaga kerja yang ahli dalam bidangnya. Belajar di SMK itu, materi pelajarannya jadi terarah dan fokus di bidangnya sehingga lulusannya pun bisa lebih paham di bidangnya

Reply Delete
Avatar
Ida 2021/07/25 8:32

Iya keterampilan tuh penting banget, asyik banget kalau lulus sekolah menengah sudah punyak keahlian yang dibutuhkan ya...bisa langsung menghasilkan . Jadi inget suami temen sekarang sudah jadi Doktor, dulunya SMK lulus langsung kerja sambil terus kuliah...

Reply Delete
Avatar
Ria Nugros 2021/07/25 11:25

SMK ORA et LABORA memang bagus, gak heran kalau mencetak lulusan-lulusan yang terbaik. Sepertinya sekarang banyak anak yang memilih sekolah di SMK ya

Reply Delete
Avatar
Arda Sitepu 2021/07/25 12:20

Dari dulu senang banget sekolah berbasis ketrampilan seperti SMK Ora Et Labora ini mbak. Apalagi sudah siap untuk langsung terjun di dunia pekerjaan.

Reply Delete
Avatar
April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com 2021/07/25 12:21

Keren banget selain teori juga langsung praktik di laboratorium dan perusahaan2 yang bekerja sama dengan sekolahnya ya mbak? Sehingga nanti saat udah lulus dan mulai kerja udah oke banget keterampilan yg dimiliki, gak bikin mumet perusahaan yg hire kudu ngajarin dr 0 hehe

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti 2021/07/25 12:22

setuju ummi penyebab pengangguran emang yah kurang keterampilan makanya susah juga dapat kerja. btw sekolahnya bagus ini program praktek kerja memang dibutuhkan

Reply Delete
Avatar
Nyi Penengah 2021/07/25 12:50

SMK Ora et labora pilihan tepat untuk yang pengen siap kerja
dulu aku mau SMK juga mbak, tapi karena lebih deketan SMA pilih SMA.
Keren ini sih SMK Ora et labora

Reply Delete
Avatar
lendyagassi 2021/07/25 13:00

Saat ini sangat jarang sekali remaja yang sudah bisa menetapkan pilihan untuk apa yang mereka minati. Ketika mereka berani memilih sekolah di SMK Ora et Labora, berarti mereka sudah memiliki impian masa depan yang tergambar nyata di depan mata.

Reply Delete
Avatar
lendyagassi 2021/07/28 23:45

Mendukung program pemerintah dan meningkatkan skills dari anak remaja saat ini untuk bisa fokus di bidang yang disukainya sedari dini. Salut banget dengan SMK Ora et Labora yang mencetak generasi unggul.

Reply Delete
Avatar
Zia 2021/07/25 14:04

Unggulan banget SMK Ora et Labora ini. Saya percaya lulusan dari SMK ini rata-rata punya kompetensi dan siap bekerja. Sekarang banyak peminat SMK, karna jaman dulu beranggapan lulusan dari SMK sulit melajutkan ke perguruan tinggi, padahal ngga ya.

Reply Delete
Avatar
Ainhy E 2021/07/25 17:10

SMK nya berkualitas yah, kalau kayak gini memang akan mencetak generasi yang siap bekerja. Semoga aja makin memberikan yg terbaik kedepannya

Reply Delete
Avatar
Susie Ncuss 2021/07/25 17:12

Adikku juga lulusan SMK, dan dia udah bisa kerja setelah lulus. Nggak kayak anak SMA yang kebanyakan harus ke PT dulu

Reply Delete
Avatar
Siti Hairul Dayah/ catatansiemak 2021/07/25 23:35

Jurusan di SMK sekarang ini semakin banyak dan variatif. Aplikatif juga untuk dunia kerja saat ini. Pilihan bagus untuk murid dan ortu

Reply Delete
Avatar
Jiah Al Jafara 2021/07/26 9:31

Bagus juga ya SMK OeL ini. Zaman sekarang, lulus sekolah memang harus dipersiapkan untuk kerja. Bukan berarti gak melanjutkan pendidikan ya. Cuma biar lebih strong menghadapi zaman

Reply Delete
Avatar
Sapamama 2021/07/26 10:01

Lulusan SMK biasanya memang sudah siap kerja ya mam. AKu ingat saat aku SMA kelas 2, temanku sudah sibuk kerja praktek. Semoga SMK Ora et Labora bisa terus mencetak generasi unggul.

Reply Delete
Avatar
Ade UFi 2021/07/26 11:18

Ooh.. SMK nya baru masuk angkatan pertama ya, Mba. Terkenal banget nih sekolah ora et labora. Iya memang skil itu dibutuhkan di dunia nyata. Bagusnya memang anak-anak sekolah di sekolah yang melatih life skill macam ora et labora ini ya.

Reply Delete
Avatar
Helenamantra 2021/07/26 11:47

selama pandemi begini siswa SMK apa belajarnya full daring? Mereka kan butuh banyak praktik, yah. Siswa SMK seperti SMK Ora et Labora dengan kemampuan teknis banyak dibutuhkan perusahaan. Kalau lulus trus siap kerja bakal OK banget buat majunya pendidikan dan perekonomian.

Reply Delete
Avatar
Nurul Sufitri 2021/07/26 13:46

Senang sekali mengetahui anak2 lulusan SMK ORA et LABORA ini begitu berrestasi ya mbak. Malah sudah siap kerja dan sudah diterima dengan baik di perusahaan-perusahaan ternama. Rang belajarnya aja bagus begitu, tentu semangat mereka belajar semakin tinggi. Fasilitas memadai sekali dan tentunya pengajar2nya terbaik.

Reply Delete
Avatar
tantiamelia.com 2021/07/26 17:03

bagus nih OL udah dari pertama kerjasama dengan beberapa perusahaan!

Reply Delete
Avatar
Andiyani Achmad 2021/07/26 18:35

jadi istilahnya lulus gak asal lulus aja ya mba tapi juga berprestasi dan mempunyai skill atau kemampuan yang bisa digunakan untuk fase berikutnya dalam kehidupan mereka kelak

Reply Delete
Avatar
Lina sophy 2021/07/26 20:22

SMK itu emang masih jadi primadona sebagai sekolah pilihan banyak orang ya mbak, di tempat saya orang lebih banyak memilih smk untuk sekolah lanjutan atas.

Btw, nama ora et labora ini unik dan pastinya berkualitas ya, keren

Reply Delete
Avatar
Dwi Puspita 2021/07/27 9:46

Pastinya lulusan SMK ora et Labora ini sudah siap terjun ke lapangan dengan keterampilan yang mereka miliki

Reply Delete
Avatar
April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com 2021/07/28 6:20

Selamat SMK Oel atas kelulusan angkatan pertamanya.
Keren banget selain teori juga praktik langsung ya, baik itu di laboratoriumnya dengan melibatkan trainer yang berstandar internasional juga ada program magangnya.

Reply Delete
Avatar
Witri 2021/07/28 14:15

Sekarang banyak ya yang memilih sekolahdi SMK karena dibekali keterampilan dan siap kerja. SMK yang jurusannya berkaitan dengan listrik gini di daerahku belum ada...

Reply Delete
Avatar
HM Zwan 2021/07/28 14:28

Keren banget SMK Ora et Labora. SMK ini sekolah rasa kuliah ya mbk. Materinya udah kayak anak kuliahan, udah langsung praktek juga, jadi lulus sudah bisa cari kerjaan

Reply Delete
Avatar
Dee_Arif 2021/07/28 17:21

Sekolah di SMK makin banyak dipilih ya mbak
sebab SMK ini bisa mencetak tenaga ahli yang siap kerja

Reply Delete
Avatar
Alfa Kurnia - pojokmungil.com 2021/07/28 17:57

SMK sekarang makin jadi favorit para lulusan SMP yaa terutama yang sudah punya planning pendidikan dan karir jangka panjang.

Reply Delete
Avatar
Larasatinesa 2021/07/28 19:23

Sebagai lulusan SMK, aku pun ngerasain manfaatnya mbak. Bisa langsung kerja setelah lulus karena emang sekolahnya dibekalin keterampilan lebih dari sekolah biasa, dulu aku sekolah dari pagi sampai sore karena banyak praktikumnya, ini udah kayak orang kerja beneran hehe. Sukses terus buat SMK Ora et Labora mencetak generasi unggul.

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti 2021/07/28 19:45

Dukungan Saratoga bagus banget nih untuk SMK Ora et Labora. Memang saat ini tenaga ahli di bidang listrik amat dibutuhkan loh. Malah baru tau ada yang khusus ilmu pembangkit listrik gini.

Reply Delete
Avatar
Rahmah 'Suka Nulis' Chemist 2021/07/28 19:58

Aku baru tahu ada nama SMK yangunik dengan filosofi yang bagus juga pastinya
Semoga lulusannya diterima semua di lapangan kerja sesuai skill

Reply Delete
Avatar
Nia K. Haryanto 2021/07/28 21:39

Keren nih SMK Ora et Labora. Mencetak generasi yang siap kerja ya. Pastinya nih jadi incaran anak-anak much nih masuk smk yang begini

Reply Delete
Avatar
Rani R Tyas 2021/07/29 9:19

Pas dulu sama-sama magang, di mana aku anak SMT 6 barengan sama anak SMK itu keliatan banget bedanya, mereka lebih cepat tanggap daripada kami yg lebih tua usianya. Wkwkk.

Reply Delete
Avatar
Cindy Vania 2021/07/31 10:58

lulusan SMK Ora et Labora ini pasti siap kerja semua ya. karena banyak praktek ya kalau smk tuh. pasti oke2 jg. untuk biaya gmn nih mba? sama boleh info untuk tiap tahun inflasinya brapa %?

Reply Delete
Avatar
Adriana Dian 2021/08/01 14:28

Lulusan SMK memang lebih siap kerja ya maaaak.. Karena mereka udah fokus kejuruan yaaa.. Kece juga nih kayanya SMK Ora et Labora yaaa

Reply Delete
Avatar
Nyi Penengah 2021/08/01 18:51

MasyaAllah semangat ya adek adekku yang mau masuk SMK, dengan jurusan kelistrikan ini semoga makin banyak yang nantinya kalo terjun ke lapangan memberikan ke bermanfaat an. Aamiin

Reply Delete