Donasi Pengisian Tabung Oksigen oleh Ultra Voucher Melalui Relawan Siaga

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Donasi Pengisian Tabung Oksigen oleh Ultra Voucher Melalui Relawan Siaga


“Ada yang punya tabung oksigen?” 

“Teman, ada info nggak dimana tempat pengisian tabung oksigen terdekat?” 

“Saturasi oksigen ayahku 86. Sudah keliling cari tempat pengisian oksigen, habis semua”


Tiga kalimat itu hanya sekian dari banyaknya permintaan pengisian hingga kebutuhan tabung oksigen yang kita terima selama pandemi ini. Sesuatu yang dulu terjadi di India tapi tak terbayangkan akan terjadi di Indonesia. 


Saya ingin menceritakan kisah senior di tempat kerja saja yang lama. Selama ini di grup whatsapp masih aktif. Bahkan sehari sebelumnya. Mendadak tengah malam kami mendapat informasi bahwa senior saya meninggal. Kaget? Pastinya. Teryata senior saya meninggal karena covid dan kesulitan mencari tabung oksigen di Surabaya. Lima jam menunggu di rumah sakit teryata tak kebagian tabung oksigen. Sedihnya kami mendapat informasi ini dan merasa terlambat mengetahuinya.


Selang sehari kemudian, seorang kawan saya di grup pun cerita ia positif covid dan saturasi oksigennya di angka 83. Ia mengaku sesak dan lemas. Berjam-jam keluarganya mencari tabung oksigen, tak kunjung ketemu. Bahkan ia sudah berkata ke istrinya bahwa ia tak kuat lagi. Sedih. 



Kawan saya saat itu posisinya di rumah sakit menunggu antrian tapi karena sangat penuh akhirnya hanya bisa menungu diluar tanpa tabung oksigen dengan kondisi lemas tak berdaya ditemanin pamannya. 


Saat tahu, kami segrup whatsapp hanya berenam kemudian berpacu mencari informasi soal tabung oksigen. Nomor-nomor yang diberikan, kami coba teryata nihil. Ada yang nomor tak bisa dihubungi. Ada yang pas tabung oksigen habis. 


Tiba-tiba rekan saya yang di Surabaya menginformasikan ada yang menjual tabung oksigen seharga Rp 2 juta. Kami lalu urunan untuk membeli tabung oksigen untuk teman. Mau tak mau, oksigen amat sangat diperlukan untuk teman saya itu. “Jangan sampai terulang lagi kita kehilangan teman,” kata sahabat saya. Bersyukur, tabung oksigen bisa langsung di kirim ke rumah, proses transaksi semua dilakukan via online. Alhamdulillah teman saya terbantu dengan adanya tabung oksigen dan bersyukur sekarang sudah sehat dan beraktifitas normal. 


Kisah lain saya baca di kompas.com tentang seorang pria yang saat antre pengisian tabung oksigen di Kalimantan teryata harus menerima kabar ibundanya telah meninggal. Tabung oksigen belum juga terisi, ibunya telah pergi selama-lamanya. Dia hanya bisa terduduk menangis mendengar kabar itu. 


Ini semua bukan kisah sinetron atau film. Tapi kisah nyata namun pedih yang terjadi di Indonesia saat ini. Teman saya yang waktu itu berencana mengisi tabung oksigen berkata bahwa pengisian tabung oksigen sudah penuh hingga pekan depan. “Kalau antri isi tabung oskigen sekarang, ambilnya pekan depan,” ucapnya miris. 


Apa yang terjadi ini tentunya butuh dukungan bersama agar pandemi ini bisa teratasi. Korbannya adalah masyarakat yang tak mendapat kemudahan untuk mengakses kebutuhan yang sangat penting.. Mereka berjuang sendiri mencari oksigen untuk keluarga yang tersayang. Mereka rela menghabiskan waktu dari satu rumah ke satu rumah untuk mencari apakah ada tabung oksigen yang tersedia atau tidak. 


Kita tentunya berharap ini tak terjadi selamanya. Kita ingin ini pastinya bisa tertangani dengan baik. Lalu apa yang harus dilakukan ? Sebagai warga yang peduli pada diri sendiri dan orang lain, menaati protokol kesehatan adalah cara paling mudah yang bisa kita lakukan agar tak banyak yang tertular dan menurunkan resiko terpapar virus corona. 


Dukungan ini tentunya tak hanya orang per orang tapi juga perusahaan, relawan, pemerintah dan segala pihak harus bersatu padu untuk berusaha mengatasi pandemi ini. Seperti yang dilakukan Ultra Voucher yang membantu pengisian 1100 tabung oksigen melalui Relawan Siaga. 


Bagaimana bentuk dukungan Ultra Voucher ? Bagaimana mekanisme pemberian bantuan pengisian 1100 tabung oskigen melalui Relawan Siaga ini ? Dua pertanyaan itu adalah beberapa pertanyaan yang terjawab saat saya mengikuti Konferensi Pers yang diadakan Ultra Voucher. 


Konferensi Pers ini dihadiri oleh : 

  • Hady Kuswanto, CEO Ultra Voucher 
  • Riky Boy H Permata, COO & Co-Founder Ultra Voucher 
  • Ayu Kusuma Trisyani, Corporate Secretary Ultra Voucher 
  • Letjen TNI (purn) Agus Sutomo, Ketua Umum Relawan Siaga
  • Edwin Ardiwinata, Manajemen Ultra Voucher 


Perwakilan Ultra Voucher, Edwin Ardiwinata mengatakan, PT Trimegah Karya Pratama Tbk, perusahaan pelopor dan aggregator voucher diskon digital terbesar di Indonesia dengan platform bernama Ultra Voucher. Ultra Voucher termasuk sebuah aplikasi dan features pelengkap atau supporting dari berbagai platform, perusahaan dan bank digital. 





Per Desember 2020, total downloader aplikasi Ultra Voucher sudah lebih dari 200.000 baik di perangkat android maupun iOS. Di mana terdapat lebih dari 10.000 pengguna yang melakukan transaksi setiap bulannya. Saat ini, Ultra Voucher telah menjalin kerja sama dengan 300 brand dan lebih dari 40.000 outlet di seluruh Indonesia. Adapun merchant yang bekerjasama dengan Ultra Voucher saat ini dari berbagai segmen, yakni Beauty & Relaxation, Departement Store, E-Commerce, Entertainment, Food & Beverage (F&B), Hotel & Travel, Accessories & Jewelry, Lifestyle, Investment, dan lain-lain


Donasi Pengisian Tabung Oksigen Ultra Voucher melalui Relawan Siaga


Kamis itu, secara simbolis, Ultra Voucher memberikan pengisian tabung oksigen melalui Relawan Siaga kepada pasien covid yang membutuhkan. “Dengan adanya bantuan ini diharapkan bisa membantu meringankan beban saudara yang membutuhkan bantuan secepatnya,” kata Edwin saat konferensi pers. 


“Kami tergerak membantu masyarakat yang membutuhkan oksigen untuk proses penyembuhan dari Covid-19, dan akhirnya Ultra Voucher memutuskan membantu mengisi tabung-tabung oksigen melalui bantuan rekan-rekan di Relawan Siaga. Kami ucapkan terimakasih untuk kesediaan rekan-rekan Relawan Siaga yang membantu menyalurkan donasi kami berupa oksigen secara gratis kepada masyarakat yang membutuhkan,” kata Direktur Utama Ultra Voucher, Hady Kuswanto. 


“Ultra Voucher menyalurkan program bantuan CSR untuk membantu masyarakat dan juga sebagai salah satu bentuk perusahaan menerapkan good corporate governance,” ujar Riky  Boy Permata, Direktur Ultra Voucher. 





Bantuan yang diberikan berupa donasi sebesar total Rp 50 juta untuk pengisian tabung oksigen ukuran 1m3. Pemberian bantuan ini dilakukan melalui Relawan Siaga. Hadir saat konferensi pers itu, Letjen TNI (purn) Agus Sutomo, Ketua Umum Relawan Siaga menyambut baik dukungan berupa pemberian donasi untuk pengisian tabung oksigen ini. 


Relawan Siaga merupakan Lembaha Swadaya Masyaralat (LSM) yang telah ada sejak tahun 2011 dan telah bergerak selama ini menyalurkan amanah berupa donasi dari berbagai perusahaan kepada mereka yang berhak. Total donasi yang telah disalurkan Relawan Siaga sebesar Rp 4,26 miliar dari 79 relawan dengan masyarakat penerima manfaat sebanyak 704.402 di 36 kota yang disinggahi.


Pekerjaan relawan bukanlah pekerjaan utama teman-teman di Relawan Siaga. Mereka punya profesi lain seperti berdagang, pengajar, mahasiswa, dan sebagainya. Kegiatan relawan adalah pekerjaan pengabdian di sela pekerjaan utama, sehingga tetap profesional dan tuntas dalam bekerja.


Program donasi Relawan Siaga yakni Lumbung Pangan – program berbagi paket sembako, selanjutnya Lets ’Qurban - optimalisasi ibadah qurban secara syari, Nutri Santri - program pemenuhan kebutuhan makanan bernutrisi pondok pesantren yang darurat akan kebutuhan pangan bernutrisi, Program Wakaf, Ramadhan Gemilang, Taman Cendikia, Gathering Santri, Sejuta Kurma, dan Food Care. “Kami bekerja militan membantu siapapun yang membutuhkan,” kata Agus. 




Saat ini menurutnya kebutuhan pengisian tabung oksigen dirasakan sangat penting. Kebutuhan oksigen ini sangat langka sehingga banyak yang membutuhkan tapi tak dapat memperolehnya. “Semua kelimpungan,” katanya lagi. Hampir semua rumah sakit juga merasakan kesulitan mencari kebutuhan tabung oksigen. Harganya kalaupun ada yang dulunya hanya ratusan ribu menjadi jutaan. “Ini kondisi yang sangat mengkuatirkan dan mendesak,” katanya lagi. 


Bagaimana mekanisme pemberian pengisian tabung oksigen kepada yang membutuhkan? Jadi pengisian tabung oskigen berukuran 1m3 ini dilakukan setiap hari selama 15 hari. Nantinya masyarakat yang membutuhkan mengisi data melalui web serta menunjukkan juga bukti sebagai bentuk bahwa kebutuhannya untuk pribadi. Nantinya bagi yang telah mendaftar untuk mengisi tabung oksigen akan diatur sehingga pemberian tabung oksigen bisa dilakukan dengan baik dan teratur tanpa harus saling serobot. 


“Kami senang Ultra Voucher membantu menyelamatkan masyarakat Indonesia dengan adanya pengisian tabung oksigen,” katanya. “Harapannya ini akan berkelanjutan,” tambahnya lagi. 


Sandiaga Uno dalam video yang diputar saat konferensi pers mendukung adanya kerjasama yang baik antara Ultra Voucher dan Relawan Siaga ini. “Pandemi belum selesai sehingga kita harus saling bantu,” katanya. 



 

26 nhận xét

Avatar
Yuniari Nukti 16:40, 25/07/2021

Nggak hanya oksigen, akses rumah sakit di Surabaya juga susah mbak. 2 minggu lalu tetangga sebelah rumah meninggal karena keliling nyari RS sampe ke Sidoarjo gak dapat kamar sedangkan kondisinya sudah parah, padahal sakitnya bukan Covid

Apa yang dilakukan Relawan Siaga dengan melakukan donasi pengisian tabung oksigen adalah ide cerdas. Sebenarnya di Pemprov Jatim juga punya program gratis tapi orang2 memilih beli soalnya untuk mendapatkan gratis susah, kebanyakan syarat

Reply Delete
Avatar
Diah Alsa 10:59, 26/07/2021

sedih banget ya Mbak berita tentang oksigen ini, betapa susahnya mencari tabung oksigen, giliran ada kadang juga masih ada oknum yang tega menjual dengan harga yang sangat tinggi :(
salut dengan gagasan dari Relawan Siaga ini.
semoga pandemi ini segera berlalu.

Reply Delete
Avatar
Yuni Handono 15:50, 26/07/2021

Kondisi yang terjadi di negara kita saat ini sangat memprihatinkan. Bahkan menguras airmata. Tiap hari sering tersiar kabar ada yang meninggal. Apalagi mengetahui berita bahwa jumlah masyarakat Indonesia yang terpapar virus covid-19 ini sangat banyak, bikin hati ini menangis mbak...berharap musibah ini segera berakhir dan kita bisa hidup normal kembali..aamiin.

Kadang sedih juga melihat kenyataan bahwa persediaan oksigen makin menipis dimana2....apalagi jika ada pasien dg komorbid lalu terpapar virus...duuuh hanya bisa merapalkan doa semoga ada keajaiban.... dengan adanya donasi pengisian tabung oksigen ini semoga bisa memenuhi kebutuhan oksigen bagi semua pasien yang membutuhkan. Kita perlu berperan serta dalam hal ini.

Reply Delete
Avatar
Mechta 18:48, 26/07/2021

Kami sempat merasakan hal ini kemarin mba...hiks..sediih sekali. Itu sebabnya sangat mendukung gerakan yang keren ini, semiga sukses.. Terima kasih sharingnya mba..

Reply Delete
Avatar
Ria Andika 19:08, 26/07/2021

Pandemi gelombang dua ini bener bener dampaknya lebih parah, RS penuh, ambulance antri dan oksigen berebutan, semoga donasi donasi seperti ini bisa terus dilakukan biar banyak yang tertolong dan dimudahkan

Reply Delete
Avatar
Kurnia amelia 21:59, 26/07/2021

Alhamdulillah aku ikut seneng dengernya ada donasi ini secara ya belakangan ini banyak kabar berita kalau mau isi oksigen harus antri berjam-jam lamanya.

Reply Delete
Avatar
Indah Nuria Savitri 01:23, 27/07/2021

semoga donasi ini bisa membantu banyak yang membutuhkan ya mba.. memang sampai saat ini kebutuhan akan oksigen dan juga obat - obatan untuk COVID-19 masih terus tinggi ya mbaaa

Reply Delete
Avatar
Ira paranita 10:27, 27/07/2021

Semoga bisa banyak membantu ya mba, memang di tahun kedua pandemi ini semakin mengkhawatirkan 🥺

Reply Delete
Avatar
Diah Alsa 11:05, 28/07/2021

Iyah Mbak, rasanya gak sanggup lihat berita, banyakan berita sedih yaa.
semoga dengan adanya donasi pengisian tabung oksigen Ultra Voucher melalui Relawan Siaga ini banyak membantu sesama yang membutuhkan ya.

Reply Delete
Avatar
April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com 10:57, 27/07/2021

Sedih banget kalau liat yg antre2 oksigen apalagi harganya mahal kmrn itu ya. Untung makin ke sini makin banyak yang menyediakan info bahkan berdonasi ttg oksigen ini ya mbak. Semoga tak ada lagi cerita2 kekurangan oksigen. Bantuan dari Ultra Voucher melalui Relawan Siaga ini pastinya akan sangat membantu.

Reply Delete
Avatar
Nyi Penengah 12:56, 27/07/2021

Allhamdulilah dengan komitmen bersama insyaallah akan mendatangkan kebaikan karena niatnya untuk kebaikan umat juga.

Reply Delete
Avatar
Mugniar 14:27, 27/07/2021

Mulia sekali ya Mbak Alida. Saat sekarang ini memang dibutuhkan banget tabung oksigen, di mana-mana orang mencari.
Semoga banyak yang bisa berpartisipasi.

Reply Delete
Avatar
Li Partic 10:18, 28/07/2021

Ini memang program yang sangat dibutuhkan saat ini. Oh ya 36 kota itu termasuk Surabaya gak mbak? Terus cara daftarnya ke web apa ya?

Reply Delete
Avatar
Okti Li 10:45, 28/07/2021

Makanya jengkel banget itu pas berita di tv ditangkapnya terduga penimbunan gas oksigen dan obat
Saat yg lain kesusahan mempertaruhkan nyawa, eh dia ambil keuntungan pribadi...

Reply Delete
Avatar
Aswinda Utari 10:21, 29/07/2021

Mantep banget ultra voucher bs ikut berdonasi begini. Suka sedih kalo liat di RS oksigen pada abis. Heu. Smg makin banyak kepedulian untuk covid di masa begini

Reply Delete
Avatar
Akarui Cha 14:33, 29/07/2021

Semoga apa yang dilakukan Relawan Siaga dan Ultra Voucher bisa membantu lebih banyak pihak yang membutuhkan.

Sedih sekali. Ingat cerita kakak saya yang bertugas di salah satu RS di Surabaya, bahwa pasien butuh banyak dibantu, sementara tenaga medis sudah kewalahan. Pernah ada 1 waktu di IGD ada 110 pasien menunggu, sementara dokter jaga hanya kakak saya seorang, dan perawat hanya beberapa.

Semoga pandemi ini bisa kita semua lalui dengan baik. Sehat sehat selalu semuanya.

Reply Delete
Avatar
Visya Al Biruni 17:07, 29/07/2021

Sedih banget membaca ceritanya mbaak... Ya Allah ngga nyangka ini terjadi di Indonesia.... Semoga segera berakhir pandemi...

Btw aku baru dengar soal Ultra Voucher mbaak, program-programnya bagus yah. Semoga lancar pelaksanaannya

Reply Delete
Avatar
Yanti Alif 21:35, 29/07/2021

Masa pandemi dengan kenaikan virus yang meningkat bkin oksigen juga langka ya mba aku ngerasain bngt pas tetangga kena covid dengan kondisi parah kita smpe antre berjam2 untuk isi ulang oksigen bantuan dari Ultra Voucher melalui relawan siaga pasti akan sangat membantu sekali para pasien covid

Reply Delete
Avatar
Prita HW 22:51, 29/07/2021

Rasanya ini tahun kesedihan yg panjang ya mbak, berita2 semacem itu makin dekat dan nyata, astaghfirullah. Adanya inisiasi ini jadi ngasih alternatif buat publik, tapi yg utama, semoga pandemi ini bisa ditangani dgn baik oleh pemerintah dan kita bekerjasama sbg warganya. aamiin

Reply Delete
Avatar
Lia Yuliani 09:45, 30/07/2021

Semoga semakin banyak perusahaan seperti Ultra Voucher yang lebih peduli terhadap masyarakat. Sedih emang tahu kabar langkanya tabung oksigen padahal banyak yang membutuhkan.

Reply Delete
Avatar
Lia Yuliani 04:25, 02/08/2021

Sedih banget ya Mba, saat tahu langkanya tabung oksigen ini. Padahal ini dibutuhkan banget sama pasien C-19. Apalagi yang saturasinya rendah. Keberadaan dan bantuan dari Ultra Voucher pasti sangat bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan.

Reply Delete
Avatar
Nanie 05:04, 02/08/2021

Sedih banget bacanya mbak. Mulai kejadian juga ini di Makassar, hampir tiap hari ada saja teman yang cari pengisian ulang tabung oksigen atau tempat sewa tabung.

Ngeri ya Allah, apalagi saya juga punya orang tua yang sudah sepuh yang tinggal jauh dari kami.

Semoga pandemi cepat berlalu, biar ga ada lagi kisah sedih seperti ini.

Reply Delete
Avatar
Marantina 11:19, 02/08/2021

Tanggap juga ya korporasi, langsung berikan donasi untuk pengisian tabung. Menurutku memang korporasi punya tanggung jawab sosial seperti ini dan harus dicontoh sama korporat lainnya

Reply Delete
Avatar
Antung apriana 11:18, 03/08/2021

sedih banget ya mbak sekarang kasus covidnya dimana-mana dan banyak banget yang meninggal. oksigen sudah jadi barang yang wajib punya kayaknya sekarang ini. semoga saja donasi ini bisa membantu mereka yang membutuhkan oksigen di masa pandemi kayak sekarang

Reply Delete
Avatar
Irra Octaviany 00:28, 05/08/2021

semoga ga ada lagi deh yang namanya kekurangan tabung oksigen. sedih banget tiap buka sosmed isinya berita kematian semua. dengan adanya program ini semoga bisa membantu semua yang membutuhkan oksigen.

Reply Delete
Avatar
Arda Sitepu 09:27, 09/08/2021

Pernah merasakan betapa butuhnya oksigen saat terkena covid beberapa waktu lalu. Perasaan begitu takut dan mengkhawatirkan karena virus ini sangat mengancam. Bersyukur banget ada donasi pengisian tabung oksigen melalui ultra voucher sehingga membantu banyak orang.

Reply Delete