Yuk Naik Kereta Api Dari Jakarta ke Solo

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Yuk Naik Kereta Api Dari Jakarta ke Solo


Saat lebaran tahun lalu, saya bersyukur bisa berkunjung ke Solo, Jawa Tengah. Kebetulan di Solo ada sepupu dan tante sehingga sekaligus bersilaturahmi sejenak. Saya berangkar dari Kudus karena pas lebaran, kami mudik ke Kudus, kampung halaman suami.

Saya berangkat bersama adik sekeluarga dan papa serta Ayyas, anak saya. Suami saya nggak ikut karena kebetulan ada agenda lainnya. Sebetulnya perjalanan dari Kudus ke Solo sekilatr 4-5 jam tapi entah mengapa, setiapkali ke Kudus tak sempat mampir ke Solo.


Bersama papa saat foto di sudut Keraton Solo

Sayangnya, saya hanya sempat beberapa jam saja menikmati Solo. Lebih banyak waktu yang dihabiskan ngobrol ngalur ngidul bersama tanta untuk melepas rindu dan syukur saya sangat bersyukur.

Setelah itu kami menyempatkan menikmati kuliner Solo dan mampir sejenak di Keraton Surakarta Hadiningrat. Sekitar pukul 15.00 WIB, kami pun melaju balik ke Kudus. Sungguh waktu yang singkat untuk bisa menjelajah keindahan kota Solo.

Rencananya, ingin sekali bisa berkunjung lagi dari Jakarta ke Solo menggunakan kereta api. Untuk menggunakan mobil, tampaknya tidak karena kuatir kelelahan nyetir sepanjang perjalanan. Belum lagi kemacetan yang tentunya membuat perjalanan dari Jakarta ke Solo menjadi bukan pilihan utama.
 
Asyik berfoto di Keraton Solo
Nah, kami pun berharap menggunakan transportasi umum sehingga bisa lebih menikmati perjalanan dan bisa nyaman berkumpul dengan keluarga. Salah satu alat transportasi yang paling banyak diminati saat ini adalah Kereta Api Indonesia. Kereta dinilai lebih efektif dan efisien sebagai alat transportasi umum. Kereta memiliki rute jalur yang banyak, tidak macet, waktunya jelas, bisa beli tiket kereta api Indonesia online, dan berbagai keuntungan yang lain. 

Apalagi, kereta api Indonesia memiliki beberapa kelas penumpang yang bisa di pilih dari mulai ekonomi sampai yang eksekutif. PT.  Kereta Api Indonesia semakin hari semakin memperbaiki kualitas dan fasilitas pelayanan sehingga kereta api semakin nyaman dan banyak dipilih oleh warga Indonesia. Termasuk saya.

Sebelumnya saya menggunakan kereta api saat berkunjung dari Jakarta ke Purwokerto, Jawa Tengah dan merasa kereta api memang sangat menyenangkan dan nyaman. Tak ada lagi kesan kotor atau kumuh melainkan kenyamanan serta kebersihan.

Salah satu contoh perbaikan pelayanan dari PT. Kereta Api Indonesia ini juga mencakup kelas ekonomi yang menjadi kelas terendah di kasta gerbong kereta.  Akan tetapi gerbong kelas ekonomi sebetulnya tidak seburuk apa yang Anda pikirkan. Kelas Ekonomi Kereta Api Indonesia pun tak luput dalam perbaikan dari PT.  Kereta Api Indonesia. 

Air Conditioner 
Kereta Api dengan kelas Ekonomi memberikan fasilitas Air Conditioner yang mana berjumlah dua di setiap gerbongnya. Hal ini sangat memberi kenyamanan terhadap penumpang karena dengan AC, penumpang tidak lagi merasakan udara dari luar yang terkadang panas dan lebih banyak angin yang masuk dalam perjalanan sehingga membuat penumpang semakin nyaman menumpang dengan AC. 
AC sejatinya digunakan untuk mendinginkan suatu ruangan kini banyak digunakan untuk mendinginkan gerbong kereta yang dapat kelas ekonomi PT. Kereta Api Indonesia terdapat ada AC besar untuk memberikan kenyamanan pada seluruh penumpang. Ini tentunya berbeda dengan dulu ketika kelas ekonomi tak memiliki AC.

Kebersihan Gerbong
Biasanya saat perjalanan jauh dari Jakarta ke Solo, kita membawa banyak makanan atau minuman yang setelahnya pasti menimbulkan sampah yang akan menumpuk jika tidak dibersihkan. 

Dengan menggunakan Gerbong Kereta Api Indonesia yang berkelas ekonomi maka akan mendapatkan gerbong yang terjaga kebersihannya. Gerbong kereta ekonomi dari Jakarta ke Solo selalu menyediakan fasilitas pengambil sampah yang pada waktu tertentu berkeliling gerbong menanyakan apakah ada sampah yang perlu diangkut. Semua sampah dikumpulkan dahulu lalu dimasukkan ke dalam kantong sampah yang disediakan tersebut. 

Setelah gerbong kereta menurunkan penumpang di suatu stasiun, para staf kebersihan juga langsung tanggap membersihkan gerbong kereta yang kotor setelah ditinggal penumpang sehingga gerbong selalu terlihat sangat bersih. Menyenangkan bukan?

Memiliki Banyak Fasilitas Penunjang
Ketika naik kereta api dari Jakarta ke Solo dengan kelas ekonomi jangan salah menilai terlebih dahulu.  Dengan perjalanan yang memakan waktu yang lama PT.  Kereta api Indonesia telah memberikan banyak fasilitas bagi penumpang agar tidak bosan dengan perjalanan jauh.

Di dalam gerbong kereta, di tempat duduk, bisa mendapatkan tempat untuk meletakkan tas atau koper ke bagian atas tempat duduk atau bagasi terbukanya.  Demi kepuasan konsumen di setiap tempat duduk yang berformat 4 dan 6 tersebut ada stop kontak yang bisa digunakan untuk mengisi daya smartphone, agar bisa menikmati berbagai hiburan di smartphone. Nggak ada lagi kan drama batrai handphone habis selama naik kereta api!  

Selain itu, di dekat jendela juga ada meja kecil untuk meletakkan minuman Anda agar tidak tumpah dan atau bisa juga digunakan sebagai meja kecil untuk HP Anda yang sedang diisi dayanya agar tidak jatuh ke bawah. 

Makanan dan Minuman
Walaupun menggunakan tiket kereta api yang kelasnya ekonomi, akan tetapi juga bisa tetap mendapatkan makan dan minum seperti kelas eksekutif. Perbedaannya adalah jika kelas eksekutif tidak membayar maka dengan menggunakan kelas ekonomi harus bayar, akan ada banyak petugas yang berkeliling menawarkan berbagai makanan.

Hayo, siapa yang juga ingin naik kereta api dari Jakarta ke Kudus ?

53 件のコメント

Avatar
Riawani Elyta 2020/02/18 16:05

Brarti sekarang naik KA jauh lebih nyaman dan bersih ya. Jadi pingin naik KA

Reply Delete
Avatar
Inda Chakim 2020/02/18 22:34

Kereta api, masih jadi angkutan umum terfavorit bagi aku mbk. Sukak. Di samping karena banyak pilihan tujuan juga tarif, suasana di kereta api skrg lebih nyaman. Ah jadi pgn juga naik kereta api ke Kudus atau ke Jakarta.

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti 2020/02/20 23:59

Aku juga suka banget mba naik kereta, yang jelas ga bakalan mabok hehehe... Kadang kalau naik bis kan masih ada rasa-rasa mual gitu. Kalau kereta nih nyaman banget deh. Pengin juga nyobain yang rute Jakarta-Solo ini.

Reply Delete
Avatar
Nchie Hanie 2020/02/18 22:45

Aku seringnya pake KA ke Jogja, Solo, Sby . Kalo ke kudus belom pernaah. Nah senengnya di KA Ekonomi sekarang udah nyaman, tapi ku kangen KA Ekonomi yang jaman mijon mijon..akua akua..nasi ayam nasi pecel hahhaaa

Reply Delete
Avatar
nurul rahma 2020/02/19 10:39

Hahahaha, iyaaaa bener banget Teh Nchie.
Sekarang, memang betul KA bersiiihh gitu ya, tapi serasa ada yg hampa karena ga ada pedagang asongan :D

Kadang, daku sengaja turun dari KA, kalo lagi brenti deket stasiun kecil, biasanya ada bakul2 yg nawarin dagangan deket pagar gitu

Reply Delete
Avatar
nchie hanie 2020/02/22 23:58

hahhaaaa..akupun suka gituuu. Pernah waktu itu hampir ditinggalin gara2 beli pecel di stasiun ci pendeuy yang lumayan lama berhentinya. Saking antriii jadi ketinggalan hahhaaaa

Delete
Avatar
ginanelwan 2020/02/19 9:14

yang saya bayangkan dulu bahwa kereta ekonomi itu gak pake AC,sekarang ada yah? oke juga kalo gitu. Hehehe

Reply Delete
Avatar
Reyne Raea (Rey) 2020/02/19 9:41

Saya mau dong, dari Surabaya ke Solo, lumayan kan naik kereta nggak capek di jalan, apalagi sekarang kereta api udah pada canggih-canggih ya, bersih dan pelayanannya ramah, tanpa membedakan kelasnya :)

Reply Delete
Avatar
Indah Nuria Savitri 2020/02/19 10:39

terakhir ke Solo aku belum mencoba naik kereta api mba. Kayaknya seru bangeeet ya mba. Aku mau coba aah dengan anak - anak aja

Reply Delete
Avatar
Jalan-Jalan KeNai 2020/02/19 13:26

Saya juga pengennya jalan-jalan naik kereta aja. Gak perlu ribet sama macet. Apalagi yang ekonomi pun udah nyaman

Reply Delete
Avatar
Jalan-Jalan KeNai 2020/02/21 19:47

Saya udah lama banget gak ke Solo. Padahal kayaknya dari Jakarta juga gak jauh-jauh amat. Pengennya juga cobain naik kereta dan bookingnya lewat Traveloka

Reply Delete
Avatar
Jiah Al Jafara 2020/02/19 13:36

Kalau ada kesempatan lagi, aku mau juga naik kereta ke Solo biar nuansanya beda. Dulu naik bus dan sih. Jalannya wow

Reply Delete
Avatar
Rumi 2020/02/19 13:53

Jadi kangen naik kereta, udah lama gak jalan-jalan. Hehe, dan juga pengen banget ke Solo, karena belum pernah. Naik kereta memang sangat nyaman saat ini. Dan kelebihannya, kalo sambil baca buku aku gak pusing.. Kalo naik transportasi lain biasanya, baca buku buat pusing.

Reply Delete
Avatar
Dian Radiata 2020/02/19 14:13

Kereta api ini transportasi favoritku ama keluarga banget, mbak.. Apalagi kereta ekonomi sekarang udah nyaman banget yaa. Jadi makin enak

Reply Delete
Avatar
Nurul Fitri Fatkhani 2020/02/22 13:00

Iya, sama Mbak. Keluarga saya juga suka naik kereta api. Karena sekarang makin nyaman. Kalau pergi di dalam kota juga, senang naik kereta ekonominya.

Reply Delete
Avatar
Hidayah Sulistyowati 2020/02/19 17:30

Aku kalo ke Jakarta juga lebih suka naik kereta, mba Lida. Lebih nyaman apalagi bisa pesan makanan di kantin. Pilihan makanan juga ada banyak, seperti ketika sampai di stasiun Cirebon ada nasi khas setempat

Reply Delete
Avatar
Lusi 2020/02/19 17:35

Aku belum pernah Jakarta - Solo. Suamiku yg sudah pernah karena jurusan Jogja habis. Sebenarnya enak, bersih & on time. Tapi kursinya terlalu dekat, sementara suamiku besar, jadi kaki nggak bisa leluasa.

Reply Delete
Avatar
Bibi Titi Teliti 2020/02/19 19:04

Aku juga berasanya paling nyaman travelling pake kereta lho, gak usah takut macet dan bisa leluasa melihat2 pemandangan hehe.

Aku paling naik kereta Bandung - Jakarta sama Bandung - Jogja aja nih, pengen juga main ke Solo naik kereta lho!

Reply Delete
Avatar
Okti Li 2020/02/19 21:01

Sayang dari Cianjur blm ada jalur kereta ke daerah Jawa langsung. Baru ada bis dari Sukabumi lewat Cianjur ke Solo dan Yogyakarta. Semoga kalau jalur ke Bandung sudah bagus, bisa lanjut ke Jawa

Reply Delete
Avatar
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) 2020/02/19 23:00

Naik kereta api itu menyenangkan kalau buatku, apalagi kalau pas pergi bareng sama teman-teman. Naik kereta sekarang lebih enak dan nyaman ya mbak. Yang paling penting itu sekarang didalam gerbong sudah ada colokannya.

Reply Delete
Avatar
Monica Anggen 2020/02/20 1:43

Wah serunya. Aku dari Jakarta ke Solo belum pernah. Kalau ke Semarang beberapa kali kalau ikut Pewe pulang kampung. Terakhir akhir tahun lalu, ke Jogja naik kereta. Nyaman ya sekarang kalau bepergian naik kereta. Fasilitas dan pelayanannya sudah oke banget.

Reply Delete
Avatar
Dewi adikara 2020/02/20 4:01

Dewi kapan-kapan pingin nyobain deh naik kereta dari jakarta ke Solo, kalau tau nyaman dan bersih begini.

Reply Delete
Avatar
Mpo Ratne 2020/02/20 7:08

Ini nih yang akan membuat kita happy. Perjalanan travelling ataupun silahturahmi ke solo. tidak memakan waktu lama, santai dan tidak terjebak macet.

Naik kereta api tut...tut...tut

Reply Delete
Avatar
Winda - dajourneys.com 2020/02/20 8:32

aku tahun lalu ke yogyakarta naik kereta api mbak sama anakku :) nyaman sekali walau perjalanannya cukup lama

Reply Delete
Avatar
Eka Rahmawati 2020/02/20 9:07

Sekarang kalo naik kereta api gak malas lagi, karena fasilitasnya yang sudah bagus. Saya terakhir naik kereta api itu, pas ke Cirebon dan keretanya meski yang ekonomi tapi tetep nyaman. Makanya demi membuat kantong gak cepet kempes, kereta api jadi pilihan utama aku nih kalo mau ke luar kota khususnya daerah jawa.

Reply Delete
Avatar
Ida 2020/02/20 9:37

Saya jg pernah nih ke Solo naik kereta api tp dari Bandung krn kan sy tinggalnya di Bdg..hehe

Reply Delete
Avatar
April Hamsa 2020/02/20 10:25

Aku belum pernah bener2 nginjek Solo heuheu, waktu itu cuma mampir makan malam dan bobo keknya. Tapi aku inget depan restoku tu walau malam2 emang ada pagar2 putih biru gtu, katanya keraton., tapi ya gelap jd gak bisa liat keindahan bangunannya. Moga tahun ini bisa jalan ke Solo, naik KA juga enak :D

Reply Delete
Avatar
Nurul Fitri Fatkhani 2020/02/20 11:40

Membahas Kota Solo, jadi ingat simbah. Dulu waktu simbah masih ada, keluarga besar kami selalu berkumpul di rumah simbah. Banyak kenangan manis di Solo, selain keraton Solo juga pasar Klewer-nya

Reply Delete
Avatar
Ranny 2020/02/20 12:03

Anak-anakku udah ngasih permintaan : Ma, mau ke Jakarta naik kereta. Baiklaaah. :D Memang moda transportasi ini enak banget. Skrg nyari tiket mah mudah, cukup via online. Saya salah satu yg sering gunakan kereta api ke Jogja atau ke Surabaya. Fasilitas kereta api sekarang udah oke bangeeet. Nyaman.

Eh kalo ke Solo lagi semoga bisa ketemu ya, Mak.

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi 2020/02/20 12:38

Rindu naik kereta api.
Sekarang sudah semakin baik dari segi pelayanan dan fasilitasnya yaa...
Perjalanan bersama KAI makin menyenangkan.

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi 2020/02/23 0:09

Transportasi massal yang kian hari kian membaik dari segi pelayanan dan fasilitasnya.
Makanan KAI sekarang juga semakin beragam menunya yaa, kak?

Reply Delete
Avatar
nurul rahma 2020/02/20 12:40

Solo tuh kulinernyaaa super duper ajiib!
Aku mauukk ke Solo lagii
kalo dari Surabaya cepet bgt lho, paling sekitar 4 jam udah nyampe :)

Reply Delete
Avatar
Lidya Fitrian 2020/02/20 14:13

gara-gara baca postingan mbak Alida aku jadi mau ke Solo, padahal dekat ya dari Semarang nih. Nanti pas mudik aku mampir deh enaknya naik kereta aja ya pesen di Traveloka. PIngin mampir ke keraton sama pasar tri windu

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti 2020/02/20 18:25

Seruuu ya mba naik kereta api tuh. Bahkan sekarang kalau pilih kelas ekonomi sekalipun, udah bagus dan nyaman loh di dalamnya. Naik kereta api tut tut tuuuutt...

Reply Delete
Avatar
April Hamsa | Author keluargahamsa.com 2020/02/22 20:54

Wah kalau dari Semarang kyknya juga gak seberapa jauh ya mbak Uniek?
Bener naik KA ekonomi juga udah nyaman sih, asal kuat aja kalau waktu tempuhnyanya jd agak panjang :D

Reply Delete
Avatar
Kurnia amelia 2020/02/20 19:57

Aku naik kereta cuma waktu ke Bandung aja kak dan alhamdulillah udah cukup nyaman ya kereta sekarang.

Reply Delete
Avatar
Dapur Ngebut 2020/02/20 20:59

wah asik nih jadi pengen ke solo naik kereta api. kangen jalan2 keliling kota solo, mampir ke keraton, dan kulineran enak :D

Reply Delete
Avatar
Melissa Olivia 2020/02/20 22:45

Iya sekarang KAI udah nyaman banget. Asal nyaman, perjalanan panjang juga bikin betah ya mba.

Reply Delete
Avatar
Eka Fikry 2020/02/21 10:57

Aku dua kali ke keraton ini tapi sdh tutup, jadi gak bisa photo sama abdi dalem atau pegawai keratonnya gitu, dan melihat isi keratonnya. Aku ke Solo akhir tahun lalu, kemrin juga pakai kereta dari Jakarta. Lebih asik dan manjah, hehehe

Reply Delete
Avatar
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) 2020/02/22 0:05

Aku naik kereta terakhir belum lama ini ke Bandung, tapi tahun lalu sempat ke Solo dengan menggunakan kereta. Sebenarnya naik kerata sekarang ini sudah enak banget, dan kenyamanannya pun penting banget.

Reply Delete
Avatar
Caroline Adenan 2020/02/22 8:49

Wah aku juga ada rencana pgn naik KA dari jakarta ke Solo. saudara suami semua asalnya dari Solo :)
Tar deh kalo si kecil udah agak gedean dikit

Reply Delete
Avatar
Ade UFi 2020/02/22 14:58

Saya juga mau coba deh ke daerah Jawa tengah atau timur dengan naik kereta. Berarti kalau mau coba makanan kereta seandainya kita kelas ekonomi, kita harus siapkan uang banyak ya. ^_^

Reply Delete
Avatar
Lina W. Sasmita 2020/02/22 18:18

Karena belum pernah main atau traveling ke Solo saya sudah niat entah tahun depan atau kapan kalau Pulkam mau ke Solo dan pilihannya naik kereta api biar nyaman.

Reply Delete
Avatar
Widyanti Yuliandari 2020/02/22 19:04

Mbak, aku kok fokes ke alas kaki. Ini bagian dalam atau luar keraton? Soalnya pas aku ke sana, anak-anak (yg memang ogah pakai sepatu, jadi kesana bersandal) terpaksa harus nyeker. Karena pakai sandal g boleh masuk

Reply Delete
Avatar
Sulis 2020/02/22 19:31

Iya mba..KA sekarang udah jauh sekali berbeda dengan KA era 90an. Sekarang lbh nyaman untuk penumpang...

Reply Delete
Avatar
echaimutenan 2020/02/22 20:25

Aku dulu pernah ke solo naik mobil
Tapi kayaknya naik kereta juga enak. Cuma masih deg-degan kadang bawa anak banyak naik kereta takut ga waras selama di jalan. Entah kalau anak e gedean

Reply Delete
Avatar
Damar Aisyah 2020/02/22 22:06

Aku belum pernah ke Kudus,malahan baru tahu kalau ada rute Jakarta-Kudus. Kalau Solo sudah apal banget, habis dulu tiao minggu kulakan batik ke sana.Lebaran ini mau ke Solo juga,kangen pasar Klewer

Reply Delete
Avatar
Aswinda Utari 2020/02/22 22:14

Wah.. Baca ini jd pengen nagih naik kereta api jg. Scara disini gak ada kereta api mba. Haha. Terakhir kali jalan2 naik kereta aku malah bobok. Dan lose the moment.

Reply Delete
Avatar
umimami 2020/02/23 6:21

asyik banget ya mba kereta api sekarang, kelas ekonomi pun ada diediakan charger hp, hp tetep idup sekarang ini penting banget^_^

Reply Delete
Avatar
Arinta Adiningtyas 2020/02/23 19:20

Maaak, ke Solo kok ngga kabar-kabar? Hehehe... Btw, saya adalah pelanggan setia kereta api. Mau ke Semarang, dari Solo ada Joglosemarkerto. Dulu ada kereta Kalijaga tapi sekarang udah ditiadakan. Pulang ke Purworejo utk jenguk bapak, Solo-Kutoarjo ada Prameks atau Solo Ekspres. Pulang ke rumah mertua Solo-Cirebon juga ada banyak pilihannya. Kereta sekarang tuh nyaman. Adem, ngga gerah macam dulu. Wangi, ngga bau. Bahkan terakhir kalau mau pesan makanan bisa lewat WA juga.

Reply Delete
Avatar
Sash 2020/02/26 2:34

Saat ini kereta api emang jadi transport andalan banget ya mbak. Nyaman dan lebih tepat waktu. Btw saya juga suka ke solo naik kereta, walau harus antri di stasiun beli tiket KA lokal gpp deh, daripada naik bus yang umpek2an hehe.

Reply Delete
Avatar
Nanik Nara 2020/02/26 6:15

Kereta api sekarang bersih dan dingin.... Jadi kalau perjalanan malam dan dapat gerbong ekonomi emang sebaiknya persiapan dengan sewa selimut

Reply Delete
Avatar
Afifah Haq 2020/02/27 10:51

Belum pernah ke Solo naik kereta sih, tapi pernah ngerasain sampai Jogja. Seneng naik kereta tuh, meski kelas ekonomi tapi cukup nyaman. Kalau bosen di tempat duduk aku suka jalan ke gerbong makan, hehe. Trus udah ada colokannya juga, jadi bisa sambil bawa laptop deh.

Reply Delete