Pengalaman Masak Menu Buka Puasa Menggunakan Oven Cosmos

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Pengalaman Masak Menu Buka Puasa Menggunakan Oven Cosmos


Bulan ramadan ini tentunya ada aja kesibukan untuk menyiapkan menu buka puasa, makanan sahur atau bahkan menyiapkan kue-kue lebaran. Saya sendiri selalu berusaha untuk menyiapkan kebutuhan ramadan untuk keluarga.

Biasanya saya menyiapkan makanan sore hari sepulang kerja. Tapi ketika libur kerja, saya bisa masak kapan saja sesuai keinginan saya. Paling sering sih masak siang atau sore hari. Menu masakan yang saya masak sebetulnya bervariasi.

Saya dan oven cosmos
Terkadang saya masak aneka olahan ayam, tapi terkadang juga memasak aneka kue-kue. Dan seperti yang saya bilang, saya ingin sekali memasak brownies panggang menggunakan oven Cosmos.

Sudah lama sebenarnya saya ingin memasak lagi brownies panggang tapi selalu saja belum terlaksana. Ada saja alasan sehingga belum lagi memasak brownies panggang. Kapan terakhir saya memasak brownies panggang? Kayaknya setahun lalu. Jadi rencananya untuk buka puasa tahun ini, saya pun memasak brownies panggang. Dan kebetulan ada agenda buka puasa bersama teman-teman saya di rumah. Jadi mau tak mau, saya pun menyiapkan menu buka puasa untuk acara buka puasa di rumah.

Jangan lupa ngintip produknya




Karena nggak ingin terlalu repot, saya mencari resep brownies panggang yang tanpa menunggunakan mikser. Mengapa? Sejak pindahan, jujur saya nggak begitu tahu di mana barang-barang saya karena semuanya masih belum tertata dengan baik.  Jadinya daripada repot mencari mikser, saya memilih untuk mencari resep brownies panggang ini.

Ngomong-ngomong soal manggang, selama ini saya memanggang menggunakan oven tangkring yang sudah saya beli empat tahun lalu. Tapi menggunakan oven tangkring menurut saya punya kekurangan yakni harus bolak balik di tengokin isi masakan. Selain itu, saya harus bolak balik memindahkan makanan dari bagian bawah ke tengah dan kemudian ke atas agar panasnya makanan merata.

Keunggulan Oven Cosmos CO09926 RCG 

Saya sudah lama menginginkan untuk memiliki oven listrik tapi alhamdulillah bisa terwujud pada pertengahan Mei 2019. Dan oven listrik yang saya miliki saat ini adalah oven listrik Co-9926 RCG. Saya pertama kali mengenal oven listrik ini dari salah satu teman saya yang sudah lama menggunakan oven Cosmos.

Mengapa harus menggunakan oven Cosmos Co-9926 RCG? Ada banyak alasan mengapa harus menggunakan oven Cosmos Co-9926 RCG.

Merk Kualitas Terjamin 

Cosmos ini jangan diragukan kualitasnya karena Cosmos adalah merk yang sudah ada di Indonesia sejak puluhan tahun. Banyak produk-produk Cosmos yang awet dan tahan lama untuk di gunakan oleh masyarakat Indonesia. Apalagi produk Cosmos adalah produk dalam negeri yang sudah terbukti terbaik. Jadi sudah bisa dipastikan bahwa Cosmos Co-9926 RCG adalah oven terbaik yang kualitasnya terjamin bagus.

Daya Listrik yang rendah

Saya paling nggak suka kalau beli listrik yang watt gede sehingga setiapkali masak, saya harus mematikan aneka produk elektronik lainnya. Tapi oven Cosmos CO-9926 RCG ini memiliki daya rendah yakni hanya 400 watt saja. Jadi, masak pun jadi lebih tenang karena nggak perlu kuatir listrik padam.


Kapasitas besar

Siapa yang suka masak dalam jumlah besar dan banyak? Jika iya, pastinya akan menjadikan oven Cosmos CO-9926 RCG ini menjadi pilihan yang tepat. Oven CO-9926 RCG ini 26 liter sehingga bisa membuat beraneka makanan bahkan aneka plihan kue lebaran

Ukuranya gede


Fitur yang lengkap

Saya suka dengan oven Cosmos CO-9926 RCG ini karena memiliki fitur yang lengkap. Jadi, di oven listrik ini ada ada fitur pengatur suhu, fitur pengatur waktu dan fitur pengatur komposisi api. Untuk pengaturan suhu, ada beberapa pilihan yakni suhu 100 hingga 250. Pilihan fitur pengaturan waktu juga ada pilihan 10, 20 hingga 60 menit. Pengaturan fitur komposisi api juga ada pilihan untuk api atas, api bawah dan api atas dan bawah sekaligus. Oh ya, ada juga model dtay on yang membuat oven tetap menyala tanpa pengaturan waktu.


Ornamen Pelengkap

Nggak hanya body oven saya yang di dapat jika memiliki oven listrik Cosmos CO-9926 RCG tapi juga ada crumb tray (alas remah) agar oven tak mudah kotor dari remah-remah, fish grill untuk memanggang ayam atau ikan utuh (alat ini bisa berputar otomatis loh). Selain itu juga ada BBQ Rotisseries Pick (pemanggang berputar otomatis)

Review Memasak Brownies Panggang Menggunakan Oven Cosmos CO-9926 RCG

Ketika oven listrik Cosmos CO-9926 RCG tiba, saya tak sabar untuk langsung mencoba membuat brownies panggang oven listrik Cosmos CO-9926 RCG. Ukuran oven listrik ini benar-benar di luar dugaan saya karena teryata emang beneran besar.

Karena nggak ingin ribet, saya masak brownies panggang tanpa mikser untuk menu buka puasa. Saya memasak menggunakan oven listrik Cosmos CO-9926 RG. Penasaran resepnya ?

Bahan-bahannya Brownies panggang


Brownies Panggang Tanpa Mikser

  • 120 gram unsalted butter
  • 130 gram terigu protein sedang (kalau mau lebih padat, tambahkan tepung)
  • 30 gram coklat bubuk
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt baking powder
  • 225 gram dark cooking chocolate (cincang)
  • 250 gram gula pasir halus (saya pilih agak kurangi biar nggak terlalu manis)
  • 4 butir telur

Taburan

Almond slice dan chocolate chips

Cara membuatnya :

Panaskah oven 180 derajat celcius . Setelah itu, olesi loyang dengan mentega dan alasi dengan kertas roti. Tujuannya apa? Biar adonannya nggak lengket. Selain itu, jangan lupa lebihkan kertas roti di sisi-sisinya biar mudah di angkat dari loyang.

Kemudian aduk terigu, coklat bubuk, baking powder dan garam hingga rata.

Di panci kecil, lelehkan butter dan masukkan dark cooking chocolate dan aduk hingga coklat meleleh dan tercampur rata. Masukkan gula pasir halus dan aduk hingga rata. Kemudian masukkan campuran tepung dan aduk lagi kemudian tuang di loyang.
 
Aduk bahan-bahannya
Jangan lupa taburkan almond slice dan choclate chips di atas permukaan brownies. Kemudian panggang di oven listrik Cosmos CO-9926 RG sekitar 45 menit. Jangan lupa untuk lakukan tes tusuk untuk browniesnya ya. Setelah itu keluarkan dari oven tapi jangan langsung di potong. Tapi diamkan terlebih dahulu hingga dingin baru kemudian potong dan siap disajikan.
 
Taburkan almond slice

Baru saja di angkat dari oven

Jika teman-teman ingin memiliki oven listrik Cosmos CO-9926 RCG ini, bisa langsung membeli di toko elektronik, supermarket dan juga bisa beli online di Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Shhoppe (Official Store Cosmos). Untuk informasi lebih lengkap, langsung kunjungi website Cosmos www.cosmos.id ya. Ada resep dan tips yang juga bermanfaat loh.

Teman punya ide masak apa nih pakai oven Cosmos?

Halo perkenalkan saya Alida. Seorang Ibu bekerja yang senang ngeblog. Jika ingin bekerjasama, bisa mengirm email ke lidbahaweres@yahoo.com. Terima kasih

৩৯টি মন্তব্য

Avatar
herva yulyanti ২১ মে, ২০১৯ ১১:৩১:০০ AM

wah mau banget ni resep plus oven listriknya :) aku gagal bikin brownies ummi akhirnya yg makan aku doang wkwkwk

cus ah beli cosmos ini mantab ya ummi apalagi daya wattnya rendah

Reply Delete
Avatar
Winda - dajourneys.com ২১ মে, ২০১৯ ১১:৪৬:০০ AM

waaa, browniesnya terlihat menggoda :) aku ga bisa masak kue mba kalau beli microwave ini selain bisa untuk masak juga bisa bikin kue ya mbak :)

Reply Delete
Avatar
Elliza Efina - www.rajnikala.com ২১ মে, ২০১৯ ২:১৮:০০ PM

Wahhhhhhh, resepnyaaaa boleh banget nihhh aku coba di rumah, Mbak. Tapi, oven di rumahku bukan Cosmos nih, huhuuu.
Semoga hasilnya bisa seenak brownies bikinan mbak yaaaa :)))

Reply Delete
Avatar
mira utami ২১ মে, ২০১৯ ৮:০৩:০০ PM

Daya listriknya sih yang jadi pertimbangan beli Oven soalnya kalau jeglek ya nangislah gak jadi masak

Reply Delete
Avatar
Mei Wulandari ২১ মে, ২০১৯ ১০:২৬:০০ PM

Mau dong brownies panggangnya mbak. Seneng ya bisa masak pakai oven Cosmos. Idola ibu2 ini mah

Reply Delete
Avatar
Farida Pane ২২ মে, ২০১৯ ৬:২৯:০০ AM

Ovenku di rumah juga pake cosmos nih. Emang praktis dan hemat daya

Reply Delete
Avatar
Mellisa ২২ মে, ২০১৯ ২:৪৫:০০ PM

Kelihatan nya enak bgt ni brownies nya, cocok buat buka puasa ya. Ternyata cara bikinnya juga gampang bgt, aku pernah gagal bikin brownies soalnya 😅

Reply Delete
Avatar
Rhialita ২২ মে, ২০১৯ ৪:১৬:০০ PM

Semenjak nikah akupun jadi suka ngeliatin alat-alat masak, salah satunya Oven, ini impian aku juga mbak.. hehe, semoga bisa kebeli nanti, jadi bisa masak-masak yang bisa dioven oven begini seru keliatannya.. btw, brownisnya menggiurkan banget mbak, boleh nih resepnya aku coba di rumah.. hehe

Reply Delete
Avatar
Tami Oktari ২২ মে, ২০১৯ ৭:৪৪:০০ PM

Nah kebetulan banget kak. Aku emang lagi cari oven nih pas pindahan nanti. Boleh bgt dicoba nih ovennya cosmos ya kak heje

Reply Delete
Avatar
Beautyasti1 ২২ মে, ২০১৯ ৭:৪৬:০০ PM

Pengganti mixer nya di aduk manual ya mba? Btw oven cosmos ini hemat listrik banget ya karena rata rata oven itu 1000 watt ke atas, ini cuma 400 watt omg pengen beli oven cosmos ini

Reply Delete
Avatar
Keke Naima ২২ মে, ২০১৯ ১০:২৭:০০ PM

Saya mah langsung kepikiran pengen bikin ayam pangang begitu lihat ovennya. Ukuran ovennya juga praktis. Gak makan banyak tempat

Reply Delete
Avatar
Widya Lim ২৩ মে, ২০১৯ ৩:৫৮:০০ AM

Liat brownies jadi ngidam brownies deehh ahaha.. Btw resepnya oke juga nih kak, jadi pengen bikin jugaa

Reply Delete
Avatar
Rahma Brilianita ২৩ মে, ২০১৯ ৪:৫৩:০০ AM

Brownisnya menggonda ahaha, dari dulu aku pengen banget beli oven listrik biar praktis kalo mau bikin kue kue an. Tapi berhubung adanya oven kompor jadinya ya si oven listrik masih jadi wishlist ihih

Reply Delete
Avatar
bundayati.com ২৩ মে, ২০১৯ ৭:৪৩:০০ AM

Udah kebayang ya repotnya pake Oven Manual a.k.a. oven tangkring, ya - harus xtra hati2 dan super sabar kl gak mau kuenya hangus gak tertolong: loyang2 hrs silih berganti pindah tempat dlm Oven. Repooot abis dibandingkan dengan Oven CO09926 RCG, tinggal masukkin loyang2, setting timingnya. Beres deh? So semakin terbakar pengen punya oven merek itu? Nabung yuuk...

Reply Delete
Avatar
Rahmah ২৩ মে, ২০১৯ ৮:৪৮:০০ AM

Wah kak Alida punya oven Cosmos. Kalau saya baru punya blender Cosmos. Sudah 2 tahun pakainya.

Reply Delete
Avatar
Lily Kanaya - www.Glowlicious.Me ২৩ মে, ২০১৯ ৮:৫৮:০০ AM

Wah ternyata diem diem mba Lid pinter masak ya, kudu sering pantengin blog nya nih buat belajar bikin brownies and makanan lainnya :)

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi ২৪ মে, ২০১৯ ১:০৮:০০ AM

Beda gak siih...kak Alida, antara oven sama microwave?
Soalnya,
aku belinya microwave, tapi nyatanya...gak bisa buat bebikinan kue.
Eh, bisa...tapi waktu itu harus diperhatikan bener suhu panggangnya dan aku kurangi durasinya.
Pokonya ribet gitu deeh..huhuu~

Reply Delete
Avatar
Yuni Handono ২৪ মে, ২০১৯ ৫:১৮:০০ AM

Wiiih brownies nya mbak bikin lapar nih ....apapun masakannya kalau pakai oven cosmos pasti hasilnya memuaskan ya mbak. Jadi pengen nyobain resep brownies nya sepertinya enak nih bisa dipakai camilan keluarga ya mbak

Reply Delete
Avatar
Desri Desri ২৪ মে, ২০১৯ ৫:৫৭:০০ AM

brownies panggang enak nih kak buat teman ngemil selepas shalat tarawih. sejak ada oven listrik, jadi semangat membuat masakan dan makanan sendiri, dulu masih inget banget kalau menjelang lebaran bikin kue kering masih pakai oven biasa sering kegosongan.

Reply Delete
Avatar
Kurnia amelia ২৪ মে, ২০১৯ ৭:১৭:০০ AM

Asiikk punya oven Cosmos listrik dan baca jni aku nyesel sendiri pernah dapat oven listrik eh malah dijual huhu jadi nya rempong deh pake oven manual sekarang.

Reply Delete
Avatar
Hidayah Sulistyowati ২৪ মে, ২০১৯ ৭:১৮:০০ AM

Masih mending mba Lida deh baru setahun nggak bikin brownis, aku malah lebih dari itu. Padahal di rumah juga ada loh oven Cosmos, hadiah suami waktu pernikahan kami yang ke 21 tahun, hihii. Ayok mbak, bikin pizza buat anak-anak. Saya pernah bikin, tapi nggak sempat difoto. Karena begitu selesai memasukkan ke oven, aku pasrahkan pada anak-anak. Dan begitu pulang dari acara bareng suami, pizza nya udah abis. Berpindah dari dalam oven ke perut anak-anak, wkwkwkk

Reply Delete
Avatar
Ida ২৪ মে, ২০১৯ ৭:৩৮:০০ AM

Wah mantaps nih jd kabita pengen punya jg listriknya ternyata ga besar ya..

Reply Delete
Avatar
Lidya ২৪ মে, ২০১৯ ৭:৫৮:০০ AM

MBak Alida aku kan jadi ngiler lihat brownis panggangnya nih. Ovenku error nih mbak kayanya harus beli oven cosmos biar lebaran bisa bikin kue sendiri ya

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti ২৪ মে, ২০১৯ ৮:১৯:০০ AM

Mbaaa... aku jadi pengin punya juga nih oven Cosmos, di rumah adanya yang tangkring. cape nengok2 mulu udah matang apa belum masakannya :)) Siapa tau kalau punya oven ini jadi rajin bikin2 masakan ya mumpung udah ga harus ke kantor lagi :D

Reply Delete
Avatar
Dewi Natalia ২৪ মে, ২০১৯ ৯:২৬:০০ AM

Watt listriknya ga terlalu besar ya mba. Aku dari kemarin cari2 oven yang watt nya rendah susah banget. Nemu juga akhirnya.

Reply Delete
Avatar
Nia K. Haryanto ২৪ মে, ২০১৯ ৯:২৮:০০ AM

Punya oven listrik kayak oven Cosmos gini sih, masak ala chef itu gampang. Mau kue, roti, bolu, atau ayam panggang, gampang. Cepet pula. Huhu.. aku ngileeeer :D

Reply Delete
Avatar
Rizka Edmanda ২৪ মে, ২০১৯ ৯:৪৯:০০ AM

brownisnya keliatan enak ya, memang asik kalau ada oven dirumah bisa eksperimen masak masak dan eksekusi resep, wishlist aku nih

Reply Delete
Avatar
Anne Adzkia ২৪ মে, ২০১৯ ৯:৫৩:০০ AM

Pakai oven cosmos ini pasti lebih mudah ya daripada pake oven tangkring mbak. Asyik makin sering bikin kue deh.

Reply Delete
Avatar
Rahmawatieka ২৪ মে, ২০১৯ ৯:৫৮:০০ AM

Ibu saya juga lagi nyari oven nih buat bikin kue nastar menjelang lebaran. Nnati deh saya kasih tahu ke ibu saya soal oven cosmos ini. Terima kasih Mba infonya

Reply Delete
Avatar
Novitania ২৪ মে, ২০১৯ ১১:৫১:০০ AM

aku pernah lho bikin kue pake event cosmos yang itu. dan emang bagus banget mba, kue yang aku buat wangi, nggak bantet dan matang sempurna. ahh suka deh pokoknya

Reply Delete
Avatar
Meiliyana Mei ২৪ মে, ২০১৯ ১:৫০:০০ PM

Wahh mantul sekali oven nya.. Brownies-nya kelihatan enak banget beb! Nggak perlu mixer pulaa.. Pengen coba bikin juga ahh.. :D

Reply Delete
Avatar
Ira Hamid ২৪ মে, ২০১৯ ১০:৫২:০০ PM

Wahhh brownisnya menggugah selera, Mba.

Saya gak bisa masak, Mba, tapi jadi penasaran juga pengen coba oven listrik cosmos ini :)

Reply Delete
Avatar
Sri Al Hidayati ২৫ মে, ২০১৯ ২:০৯:০০ AM

Wah enak nih nge-oven pake Cosmos. 😍 Itu browniesnya pengen mba. Lalu inget lagi puasa

Reply Delete
Avatar
andiyani achmad ২৫ মে, ২০১৯ ৮:৩৮:০০ AM

Wah, Mba lid jadi makin rajin bikin kue dong ya buat anak-anaknya. Apalagi mendekati lebaran nanti

Reply Delete
Avatar
Suzannita ২৫ মে, ২০১৯ ২:০৬:০০ PM

Aku pun pakai oven Cosmos mbak, sudah lama banget beli nya dan masih awet sampe sekarang, sekarang pengen beli yang ukuran lebih besar lagi

Reply Delete
Avatar
Mbak Nyi ২৮ মে, ২০১৯ ৭:১৮:০০ AM

Mba Lidba kece banget bisa masak roti-rotian gitu
aku nggak bisa mba, jadi pengen belajar juga ih apalagi make oven cosmos begini

Reply Delete
Avatar
lita chan lai ১৯ জুন, ২০১৯ ৫:১১:০০ PM

kebanyakan orang takut menggunakan oven listrik karena wattnya tinggi dan bikin nguras kantong buat bayar bulanan listrik.

tapi dengan 400watt lumayan rendah juga listriknya. gada lagi ketakutan2 yg bikin kantong melesek ya. masak makin seru dan aman.

Reply Delete