Jangan Takut Berbagi untuk Menyalurkan Zakat

Jangan takut untuk berbagi untuk menyalurkan zakat

Jangan Takut Berbagi untuk Menyalurkan Zakat


Sejak bekerja dan memiliki penghasilan, saya tahu bahwa ada hak orang lain di dalam harta yang saya miliki. Namun, saya sekedar berbagi saja tanpa menghitung apakah zakat yang saya keluarkan itu sesuai dengan harta yang saya miliki. Memang berbagilah walau sedikit, tapi bagaimanapun tetap ada perhitungan tersendiri berapa zakat yang harus dikeluarkan atas harta yang kita miliki.

“Sekarang, hitung zakat juga sudah mudah karena sudah ada kalkulator zakat,” kata sahabat saya. “Makanya, jangan sampe kamu nggak zakat loh,” katanya lagi. Kala itu, saya hanya diam. Kemudian, ia berkata lagi,” Tenang aja, harta nggak bakalan berkurang ketika kita zakat kok,” tambahnya lagi.


Jangan takut berbagi. Poto : pixabay.com


Kami ngobrol banyak kalau itu tentang zakat yang harus dikeluarkan. Kebetulan, pemahaman zakat sahabat saya lebih luas daripada saya. Dengan adanya motivasi, saya semakin yakin bahwa dengan menyalurkan zakat, maka akan membantu orang-orang yang membutuhkan dan hidup pun menjadi berkah.

Berkah yang Allah berikan ketika menyalurkan zakat seringkali datang tanpa diduga. Saya misalnya pernah mengalami kejadian yang tidak pernah saya lupakan. Ceritanya, saya baru saja selesai mengirim uang bulanan untuk anak asuh saya di sebuah sekolah di kawasan Parung, Bogor, Jawa Barat. Selang hitungan jam, sebuah telepon masuk dan kemudian mengabarkan bahwa saya mendapatkan tawaran kerjasama yang nilainya berkali-kali lipat dari apa yang saya berikan. MasyaAllah ...

Berzakat merupakan salah satu cara agar kita berbagi kepada sesama. Tepatnya mengajarkan kita untuk jangan takut untuk berbagi. Saya belajar berbagi dari eyangti (eyang). Eyangti saya selalu mengatakan bahwa punya apapun itu sebaiknya di bagi ke orang lain. Misalnya eyangti membeli ayam, maka jumlah potongan ayamnya harus sama dengan jumlah orang yang ada di rumah. Masing-masing ada jatahnya dan tidak boleh mengambil jatah orang lain.

Sebagai istri pensiunan tentara dengan anak banyak, yangti selalu mengajarkan untuk berbagi walaupun sedikit. Saya belajar banyak tentang berbagi dari suami saya. Alhamdulillah suami saya selalu menghitung jumlah zakat yang harus dia keluarkan dan ia pun mengajarkan kepada saya. Di bulan ramadan ini, dia memiliki kebiasaan berbagi kepada sesama melalui cara yang sederhana.

Dia membeli kurma dalam jumlah banyak dan kemudian di bungkus-bungkus. Masing-masing bungkus isinya tiga biji kurma. Kurma-kurma itu diletakkan di dekat pintu lift. Jadi setiap yang mau pulang bisa mengambil untuk dikonsumsi di jalan. Kelihatan sederhana tapi itulah semangat berbagi yang suami saya lakukan.
Sumber foto : Dompet Dhuafa

Alhamdulillah, hingga kini, berkah demi berkah selalu saya terima dalam kehidupan saya sekeluarga. Dalam Al Quran At Taubat ayat 103 Allah berfirman “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan berdoa’lah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketentraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”.

Lalu, siapakah yang layak untuk menerima zakat ? Dalam QS At-Taubah ayat 60 disebutkan ada delapan golongan mustahik zakat yakni :
  • Orang-orang  fakir
  • Orang-orang miskin
  • Amil zakat : Orang yang ditugaskan menarik dan menggumpulkan zakat
  • Para muallaf : Golongan yang diusahakan untuk dirangkul, ditarik dan dikukuhkan hatinya dalam keislaman
  • Golongan budak
  • Garimin : orang-orang yang berutang dan sukar membayarnya
  • Fi Sabilillah : Orang yang berjuang di jalan Allah dengan ilmu maupun amal
  • Ibnu Sabil : Orang yang sedang melakukan perjalanan terpisah dari negerinya

Penyaluran zakat bisa melalui berbagai cara. Salah satunya melalui Dompet Dhuafa. Berawal dari zakat, banyak yang terbantu. Salah satunya adalah Bu Ratmi, penenun lurik dari Klaten yang menyatakan bahwa berkat Dompet Dhuafa yang memberi modal alat tenun dan pelatihan maka ini meningkatkan kapasitasnya. Dan ini tentunya berkat penyaluran zakat masyarakat melalui Dompet Dhuafa.

Oh ya, zakat tidak hanya zakat fitrah saja yang disalurkan di bulan ramadan. Tapi juga ada zakat maal (harta) yang bisa disalurkan melalui Dompet Dhuafa. Untuk menyalurkan zakat melalui Dompet Dhuafa juga mudah. Pertama-tama, buka website www.dompetdhuafa.org. Nanti ada pilihan jenis donasi, pengkhususan donasi, keterangan donasi dan jumlah donasi. Jangan lupa untuk mengisi data kita sebagai profil donatur ya. Metode pembayaran bisa melalui bank BCA, Mandiri, BNI dan Bank Muamalat. Bisa juga melalui online payment.

Jadi, jangan takut berbagi untuk menyalurkan zakat ya, teman-teman. #JanganTakutBerzakat 


৭৭টি মন্তব্য

Avatar
Nurul Sufitri ২৪ মে, ২০১৯ ১০:০১:০০ PM

Zakat mah bisa dilakukan kapan aja dan di mana aja ya. Tapi di Dompet Dhuafa penyaluran zakat maupun sedekah kita bisa lebih merata dan jelas transparan gitu. Yang tadinya miskin lama kelamaan menjadi lebih baik kemudian makmur. Yang memberi zakat in sya allah makin dilancarkan segala amal ibadah dan dapat pahala.

Reply Delete
Avatar
Tetty Hermawati ২৪ মে, ২০১৯ ১০:৪১:০০ PM

betul sekali ummi, ada hak orang lain dalam harta kita, jangan sampai zolim gak ngasih apa yang jadi hak saudara kita yg masih jadi mustahik zakat

Reply Delete
Avatar
Tetty Hermawati ২৪ মে, ২০১৯ ১০:৫৩:০০ PM

DD emang oke sih, malah pas SMA aku suka bantu2 kegiatan sodial DD kyak pas LKC atau lembaga kesehatan cuma2 atau kalau lagi bikin bazar murah

Reply Delete
Avatar
Okti Li ২৪ মে, ২০১৯ ১১:০২:০০ PM

Betul. Sebagai Muslim saya percaya semakin banyak mengeluarkan harta di Jalan Allah, maka akan semakin banyak lipat ganda yang Allah siapkan buat kita.
Apalagi ini bulan puasa, bulan segala amal baik mendapatkan pahala berkali lipat. Semoga keikhlasan kita mendapatkan ridho Nya. Amin

Reply Delete
Avatar
Dita Indrihapsari ২৫ মে, ২০১৯ ৫:০৬:০০ AM

Zakat itu sebenarnya bisa mempersempit jurang kesenjangan ya mba. Semoga makin banyak masyarakat yang terbantu dengan zakat mal dan zakat lainnya. Pas baca ini aku juga langsung ngingetin suami buat zakat fitrah juga. Sekarang pun menyalurkan zakat udah lebih mudah karena banyak lembaga terpercaya yang mengelola zakat kita ya...

Reply Delete
Avatar
Ade UFi ২৫ মে, ২০১৯ ৭:০৪:০০ AM

Zakat itu kalau diberikan ke lembaga insya Allah bermanfaat banget bagi orang banyak ya, Mba dibanding kita memberikan ke perorangan. DD nih salah satu lembaga zakat yang sudah bisa diakui amanhnya utk mengelola uang zakat umat. Top deh.. banyak yang terbantu dr DD.

Reply Delete
Avatar
Shine Fikri ২৫ মে, ২০১৯ ৯:৫৭:০০ PM

Fixed, dari dulu emang berbagi ga bikin rugi ya mba. Masya Allah, semoga senantiasa diberkahi selalu mba Al dan keluarga 💕

Reply Delete
Avatar
Elly Nurul ২৫ মে, ২০১৯ ১০:১৭:০০ PM

InshaAllah ngga takut berbagi mba Al, apalagi berbagi melalui menyaluran zakat ke lembaga yang sudah lama membantu masyarakat Indonesia dalam hal penyaluran zakat, bismillah.. InsyaAllah niat baik kita untuk berbagi kepada sesama yang membutuhkan dapat tersalurkan dengan baik

Reply Delete
Avatar
Elly Nurul ২৭ মে, ২০১৯ ৭:০৫:০০ AM

Berbagi kebaikan dengan yang membutuhkan, InshaAllah berkah ya mba.. ngga langsung diganti tapi bisa nanti dikasih pada saat yang tepat. IshaAllah ngga rugi kalo berbagi

Reply Delete
Avatar
Uchy Sudhanto ২৫ মে, ২০১৯ ১০:২৯:০০ PM

Bener banget mbak.. semakin banyak yang kita keluarkan, akan kembali berkali lipat. Janji Allah itu benar-benar nyata. Duh aku jadi merinding kalau ingat..

Reply Delete
Avatar
Nurul Dwi Larasati ২৫ মে, ২০১৯ ১১:০০:০০ PM

Sangat dimudahkan berzakat zaman sekarang. Jadi nggak perlu repot cari orang yang pantas menerimanya.

Reply Delete
Avatar
Leyla Hana ২৬ মে, ২০১৯ ৩:৫৭:০০ AM

Alhamdulillah suamiku juga rutin berzakat, karena gajinya kan sudah wajib untuk zakat penghasilan. Rezeki terus bertambah. Zakat juga membuat kami gak memuja harta secara berlebihan.

Reply Delete
Avatar
Mechta ২৬ মে, ২০১৯ ৫:০৫:০০ AM

Mba, ide berbagi yg dilakukan suaminya bagus sekali. Terlihat sepele tapi pasti sangat bermanfaat bagi yg membutuhkan. Dan aku juga yakin, berbagi tak akan pernah rugi!

Reply Delete
Avatar
Farida Pane ২৬ মে, ২০১৯ ১০:১৬:০০ AM

Zakat sih wajib, ya. Malah takut kalau sampai menahan zakat. Yg penting disalurkan dgn benar.

Reply Delete
Avatar
Farida Pane ২৮ মে, ২০১৯ ৩:১৮:০০ AM

enak nih kalau ada dompet dhuafa. Bisa bantu ngitung dan menyalurkan ya.

Reply Delete
Avatar
Desri Desri ২৭ মে, ২০১৯ ৫:৫৫:০০ AM

berzakat juga merupakan perintah ya kak jadi seyogyanya memang dilakukan, bahkan berzakat sama dengan membersihkan harta kita, yang keberkahannya dilipat gandakan.

Reply Delete
Avatar
Hidayah Sulistyowati ২৭ মে, ২০১৯ ৭:১৬:০০ AM

Peyaluran zakat dengan memberi alat tenun seperti ini, semoga makin berkah ya. JAdi membuka kesempatan dengan membuka usaha sesuai kemampuan si penerima zakat.

Reply Delete
Avatar
Rohyati Sofjan ২৭ মে, ২০১৯ ৮:৪০:০০ AM

Rasanya saya masih ada utang zakat penghasilan dari menulis yang tak seberapa untuk tahun kemarin yang dapat 1 juta 200 ribu. Bingung nyalurinnya ke mana karena jika dikalikan dengan kewajiban zakat yang 2.5% rasanya saya malu dan segan. Ngasih zakat penghasilan setahun saya cuma segitu. Tapi pengen banget agar bersih dan berkah. Insya Allah saya akan coba, ya, salurkan zakat segitu ke DD jika bisa, lihat dulu aplikasinya bagaimana da masih bingung. Sayangnya BRI belum termasuk dalam daftar, ya? Saya nasabah BRI. Apa DD bisa meluaskan cakupan pembayaran zakatnya? Nuhun.

Reply Delete
Avatar
Beautyasti1 ২৭ মে, ২০১৯ ৯:৩৮:০০ AM

Kalau orang yang suka berhutang tapi ogah bayarnya termasuk garimin ga mba hehehe.. btw dompet dhuafa juga memberikan modal usaha gitu ya mba ku baru tau

Reply Delete
Avatar
Nanik Nara ২৭ মে, ২০১৯ ১০:০১:০০ AM

Betul sekali, ada hak orang lain dalam setiap harta kita dan hak itu harus ditunaikan. Wah makin mudah ya kalau mau berzakat, apalagi sekarang, makin banyak lembaga yang menawarkan diri untuk mengurus dan menyalurkan zakat dari umat.

Reply Delete
Avatar
tantiamelia.com ২৭ মে, ২০১৯ ১০:৩৩:০০ AM

Alhamdulillah, orangtua saya sejak kecil menanamkan perasaan berbagi itu indah sehingga menurun sampai sekarang.

Ada kisah di keluarga saya, seorang anak menjanjikan ini dan itu kepada ibu kandungnya, kalau mereka mentas dari kesusahan dan kemiskinan, maka si Ibu akan diberangkatkan haji (waktu itu masih 18 jutaan) dan saat ga lama dia naik ternyata "lupa" malah asyik dengan beli mobil beberapa biji dan segenap aksesoris . uang 18 juta itu terlupakan hingga.. tukang listrik satu saat datang dan dia kena denda senilai itu! Ga hanya itu, tau tau ada gempa ( di Padang kalau ga salah) dan bisnisnya seketika gulung tikar kembali ke selera asal yang ga punya apa apa sama sekali. Minus malah... :(

begitulah jangan sampai lupa berbagi ...

Reply Delete
Avatar
Ririe Khayan ২৭ মে, ২০১৯ ১০:৫২:০০ AM

Alhamdulillah, semakin banyak cara untuk membayar zakat. Semoga semakin bersemangat untuk membayar zakat. DEngan penyaluran zakat dalam bentuk modal (alat) usaha, insyaAllah akan meningkatkan pemberdayaan kemampuan ekonomi secara jangka panjang.

Reply Delete
Avatar
nurul rahma ২৭ মে, ২০১৯ ১১:০০:০০ AM

Dompet Dhuafa reputasi dan kredibilitasnya udah WOW banget ya mba.
Jadi makin percaya... apalagi dgn kalkulator zakat kayak gini, wehhh makin gampang bgt utk salurkan zakat!
--bukanbocahbiasa(dot)com--

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti ২৭ মে, ২০১৯ ৩:১৯:০০ PM

MasyaAlloh Ummi, aku juga pernah merasakan itu Ummi ketika transfer dana eh dikasih tawaran yg guede salah satunya Ummi yang selalu share kerjaan hahaha makasih ummi

Reply Delete
Avatar
Dewi Sulistiawaty ২৭ মে, ২০১৯ ৪:১২:০০ PM

Kok aku malah gagal fokus sama foto anak-anak paling atas itu, lucu-lucu sih anaknyaaa :D Etapi iya juga, gak ada yang perlu ditakutin kalo untuk berzakat mah :)

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi ২৭ মে, ২০১৯ ৫:১৭:০০ PM

Selama ini kalau ber-zakat cenderung mencari di tempat yang paling dekat dengan lingkungan rumah, dengan harapan...dapat memakmurkan daerah rumah dahulu.
Bila ada rejeki lagi, shodaqohnya makin meluas.
Termasuk mempercayakan ke Rumah Zakat.

Reply Delete
Avatar
diane ২৭ মে, ২০১৯ ৭:০৭:০০ PM

Menyalurkan zakat lewat lembaga kayak gini emang memudahkan.. terima beres.. dan mereka yang lebih tahu dimana saja orang yang membutuhkan ya

Reply Delete
Avatar
Sary Melati ২৭ মে, ২০১৯ ৭:৪৪:০০ PM

Alhamdulillah makin banyak cara untuk menyalurkan zakat dan berbagi. Insya Allah berkah dan gak rugi ❤

Reply Delete
Avatar
Tetty Hermawati ২৭ মে, ২০১৯ ১০:২৫:০০ PM

Zakat menentramkan jiwa kita sebagai Muzzaki, dan memberdayakan para mustahik ya

Reply Delete
Avatar
Keke Naima ২৭ মে, ২০১৯ ১০:২৯:০০ PM

Sama, Mbak. Dulu saya juga mikirnya kalau berbagi ya berbagi aja. Ternyata kalau zakat memang ada hitungannya juga. Jadi mulai belajar berhitung, deh. Enaknya di Dompet Dhuafa saya juga bisa berbagi dengan cashless. Gak bikin ribet pokoknya

Reply Delete
Avatar
Arda Sitepu ২৭ মে, ২০১৯ ১০:৩৭:০০ PM

Berbagi itu indah ya mbak. Memang zakat menjadi suatu kewajiban bagi umat Muslim ya mbak.

Reply Delete
Avatar
Rahmah 'Suka Nulis' Chemist ২৭ মে, ২০১৯ ১১:৪৩:০০ PM

Sepakat Mak
Justru dengan berbagi kita akan punya lebih banyak setidaknya dalam hitungan Allah bukan manusia.

Reply Delete
Avatar
Nabilla DP ২৭ মে, ২০১৯ ১১:৫৫:০০ PM

Siap mbaa insyaallah ga takut lah ya karena ini udah jadi kewajiban kita. Kalo ga dilakuin malah takut ama akibatnya huhu

Reply Delete
Avatar
Astin Astanti ২৮ মে, ২০১৯ ২:৪৯:০০ AM

Dompet Dhuafa membantu dan menyalurkan zakat kita semua ya. Semoga dengan adanya Dompet Dhuafa sudah tidak perlu lagi untuk takut berzakat ya

Reply Delete
Avatar
Rizka Edmanda ২৮ মে, ২০১৯ ৪:১৯:০০ AM

aku sempat beberapa kali menyalurkan ziswaf melalui dompet dhuafa, mudah banget caranya bisa lewat online jadi gak perlu repot lagi sekarang, apalagi dompet dhuafa sudsh terjamin kredibilitasnya dalam dunia penyaluran ziswaf

Reply Delete
Avatar
Lidya ২৮ মে, ২০১৯ ৫:৫০:০০ AM

Menyalurkan zakat lewat Dompet Dhuafa gak bingung lagi ya mau dikasih ke siapa karena sudah disalurkan kepada orang yang tepat. Menghitung2 zakat yang harus dikeluarkan juga nih mbak, di dompet duafa ada kalkulator zakatnya

Reply Delete
Avatar
Nia K. Haryanto ২৮ মে, ২০১৯ ৫:৫৮:০০ AM

Kalo pake logika, berbagi memang bikin harta yang kita punya jadi berkurang. Tapi perhitungan Allah gak gitu. Berbagi malah bisa nambah Rezeki. Aku pun sering heran sendiri. Semoga di puasa ini kita bisa banyak berbagi dengan sodara2 kita ya..

Reply Delete
Avatar
Ida ২৮ মে, ২০১৯ ৬:০১:০০ AM

Berbagi tak pernah rugi bahkan kalau mau main hitung2an malah untungnya berlipat ganda selain di dunia juga bekal kita di akhirat.

Reply Delete
Avatar
Yuni Handono ২৮ মে, ২০১৯ ৭:০৪:০০ AM

Setuju mbak, jangan takut untuk berbagi terlebih untuk zakat. Berbagi itu indah. Berbagi itu tak akan mengurangi harta kita.justru Allah akan melipatgandakan harta kita meski lewat jalan yang tak disangka-sangka...

Reply Delete
Avatar
Eni Martini ২৮ মে, ২০১৯ ৭:০৮:০০ AM

Ya ya, zakat itu penting banget dan merupakan pwncuci hati dari nafsu duniawi. Insaallah rejeki pun dilancarkan, mumpung ramadan

Reply Delete
Avatar
Rosanna Simanjuntak ২৮ মে, ২০১৯ ৭:১৪:০০ AM

Sepakat, tak ada orang yang semakin miskin karena berzakat.
Aku ingat banget wejangan ustad, yang masih terngiang sampai kini.

Terutama saat mendapat cobaan kehilangan, Insya Allah, aku merasa diingatkan, pasti ada yang kurang nih dengan semangat berbagi.
Istilahnya, sedang 'dijewer' Allah SWT.
Bisa jadi sedekah, zakat dan pemberian-pemberian lain aku perlu dievaluasi.

Reply Delete
Avatar
susie ncuss ২৮ মে, ২০১৯ ৭:৪৪:০০ AM

bayar zakat itu harus dibiasakan agar nggak berat waktu ngeluarin uang dari dompet...

Reply Delete
Avatar
Jiah ২৮ মে, ২০১৯ ৮:০২:০০ AM

Kalau aku karena masih banyak tetangga yang kurang, zakatnya langsung pada mereka. Ya daripada jauh2 tapi yang dekat malah gak kebagian kan lucu

Reply Delete
Avatar
April Hamsa ২৮ মে, ২০১৯ ৮:০৫:০০ AM

InsyaALlah berbagi gak akan bikin miskin/ rugi ya mbak :D
Iya jangan sampai lupa berzakat, selain zakat fitrah jg zakat maal.
Aku jg beberapa tahun terakhir berzakatnya lewat Dompet Dhuafa mbak.

Reply Delete
Avatar
April ২৮ মে, ২০১৯ ১০:৫৫:০০ PM

Sudah banyak ya yang terbantu oleh program2 Dompet Dhuafa ini mbak. Dompet Dhuafa ini salah satu lembaga amil zakat yang kukenal profesional dan amanah.

Reply Delete
Avatar
April Hamsa ২৯ মে, ২০১৯ ১০:২৮:০০ PM

Aku juag meraa terbantu sama kalkulator zakat yang ada di web dompet dhuafa mbak, jadi paham dan ngerti gmn seharusnya menghitung zakat maal

Delete
Avatar
Kartika Nugmalia ২৮ মে, ২০১৯ ৮:৪৩:০০ AM

Sekarang berzakat lebih mudah ya mbak. secara perhitungan zakatnya dan teknis pembayaran zakatnya udah mudah banget. Semoga DD terus amanah dan profesional menjadi penyalur ZIS untuk kaum dhuafa

Reply Delete
Avatar
Dewi Rieka ২৮ মে, ২০১৯ ৮:৫৮:০০ AM

Keren ya caranya berinfak, dengan membagikan kurma di bulan Ramadan, insya Allah berkah bagi penerima dan pemberi, sederhana namun berarti..

Reply Delete
Avatar
TIAN LUSTIANA ২৮ মে, ২০১৯ ৯:০১:০০ AM

Setuju, jangan takut berzakat, ga akan berkurang harta kita kalau berzakat ya insya allah terus berkah dan terus bertambah,

Reply Delete
Avatar
Kurnia amelia ২৮ মে, ২০১৯ ৯:০৩:০০ AM

Alhamduliklah udah bayar zakat juga jadi lebih tenang sekarang. Btw kalau diserahkan ke lembaga gini kita juga bisa pantau ya disalurkan kemana2nya.

Reply Delete
Avatar
Amelia Fafu ২৮ মে, ২০১৯ ৯:১২:০০ AM

Betul Ummi, kita gak perlu takut berbagi, gak perlu takut apa yg kita punya habis, justru apa yg kita berikan ke orang lain akan membuat kita semakin cukup. Aku beluk pernah zakat di DD, biasa di deket rumah. Tapi, aku dukung sangat program seperti ini, apalagi DD lembaga terpercaya.

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti ২৮ মে, ২০১৯ ৯:১৩:০০ AM

Dompet Dhuafa ini membantu kaum muslim untuk menyalurkan aneka jenis zakat kepada orang2 yang membutuhkan ya mba.

Reply Delete
Avatar
Indah Nuria Savitri ২৮ মে, ২০১৯ ৯:২২:০০ AM

Penyaluran zakat yang tepat memang sangat penting ya mba.. ayo kita tunaikan kewajiban kita

Reply Delete
Avatar
Eka Rahmawati ২৮ মে, ২০১৯ ৯:৩২:০০ AM

Saya akui, kalau kita sering berbagi rezeki kepada orang-orang yang memang memerlukan, rezeki kita pasti ditambah sama Allah SWT. Yang penting niat kita lurus dan ikhlas mau membantu mereka, Insha Allah akan ada balasan dari Allah heheh

Reply Delete
Avatar
gita siwi ২৮ মে, ২০১৯ ১০:০৯:০০ AM

Zaman serba digital gini. DD mengakomodir kemudahan tiap orang untuk berbagi pada setiap orang. Sukses selalu . Jangan lupa zakatnya teman teman.

Reply Delete
Avatar
Idah Ceris ২৮ মে, ২০১৯ ১২:১৮:০০ PM

Alhamdulillaah...sekarang menyalurkan sebagian harta kita makin mudah ya, mbak. bisa buat referensi nih situsnya.

Reply Delete
Avatar
Eskaningrum ২৮ মে, ২০১৯ ২:০১:০০ PM

Makasih remindernya Mba Al, mumpung bulan baik, aku jadi kepengen hitung zakat maal untuk dikeluarkan selain tentunya kewajiban zakat fitrah. DD ada kalkulator zakatnya ya? Sip sip nanti kucoba

Reply Delete
Avatar
Maya Nirmala Sari ২৮ মে, ২০১৯ ৩:৩১:০০ PM

Sejak dulu saya percaya untuk menyalurkan zakat melalui dompet dhuafa. Dana yang terkumpul bisa disalurkan melalui program-program yang tepat.

Reply Delete
Avatar
Donna Imelda ২৮ মে, ২০১৯ ৪:০১:০০ PM

Benar banget mbak bahwa di setiap rezeki yang kita dapatkan ada hak orang lain di dalamnya. Itulah mengapa kita perlu membersihkannya dengan mengeluarkannya dalam bentuk zakat, infak atau sodaqoh. Apalagi sekarang penyalurannya juga mudah dan ada lembaga yang tepercaya untuk penyalurannya seperti Dompet Dhuafa. Aku terbantu sekali.

Reply Delete
Avatar
Lia_Lathifa ২৮ মে, ২০১৯ ৬:৩২:০০ PM

Insyaallah gak pernah takut berzakat, karena rejeki kita gak akan pernah habis, orang lain pun senang, Allah ganti dengan berlipat ganda

Reply Delete
Avatar
Dian Radiata ২৮ মে, ২০১৯ ৮:১৬:০০ PM

Setuju banget, mbak.. Berbagi gak akan bikin kita kekurangan. Apalagi berzakat. Seneng dengan adanya DD ini. Lebih memudahkan kita untuk berzakat..

Reply Delete
Avatar
Liswanti Pertiwi (PenaLiswanti) ২৮ মে, ২০১৯ ৮:২১:০০ PM

Dengan dompet dhuafa jadi memudahkan penyaluran zakat ya mba. Jangan pernah takut berzakat, insya Allah rezaki akan ngalir terus ya.

Reply Delete
Avatar
Hidayah Sulistyowati ২৮ মে, ২০১৯ ৮:২৬:০০ PM

Aku belajar zakat dari ibu mertua dan suami. Terutama suami tuh yang sejak masih muda udah senang sedekah dan menghitung zakat dari penghasilannya. Jadi anak-anak pun udah dikenalkan juga dengan zakat penghasilan. Si sulung nih yang udah mulai mengeluarkan zakat dari gaji pertamanya

Reply Delete
Avatar
Nunu Halimi ২৮ মে, ২০১৯ ৯:২৫:০০ PM

InshaAllah semangat berzakat mba, apalagi apa yang kita kasihkan sesungguhnya nggak akan bikin berkurang ya..

Reply Delete
Avatar
Shine ২৮ মে, ২০১৯ ৯:৩০:০০ PM

Aku ga takut buat berzakat, yg ku takutkan malah ga bisa zakat. Pengaruhnya luar biasa zakat ini, bisa menjadikan mustahik menjadi muzakki dan berdaya, aamiin

Reply Delete
Avatar
catatanemak ২৮ মে, ২০১৯ ১১:১৪:০০ PM

Awalnya aku lebih suka ngasih zakat langsung tp krn bbrp hal akhirnya aku lebih puas klo bayar zakat di lembaga philantropis spt Dompet Dhuafa

Reply Delete
Avatar
Sapti nurul hidayati ২৯ মে, ২০১৯ ৭:৪১:০০ AM

Kadang memang sering bingung, berapa kewajiban yang harus kita keluarkan untuk berzakat. Adanya kalkulator zakat ini jelas sangat berfaedah. Masing-masing orang tahu berapa banyak harta miliknya yamg harus disalurkan kepasa orang lain. Nice info mbak....

Reply Delete
Avatar
Larasatinesa ২৯ মে, ২০১৯ ১:১৬:০০ PM

Tiap tahun aku selalu mepet-mepet lebaran nih kalau bayar zakat. Jadi terpikirkan buat berzakat di dompet dhuafa tahun ini nih mbak :D

Reply Delete
Avatar
Andiyani Achmad ২৯ মে, ২০১৯ ২:৪১:০০ PM

penghitungan zakat mal yang sering bikin bingung ya mba. tapi kan udah ada kalkulator zakat di dompet dhuafa

Reply Delete
Avatar
Diyanika ২৯ মে, ২০১৯ ৩:০৭:০০ PM

Ya Allah Mbak Lid, aku kagum sama cara berbagi suami Mbak Lid. Kalau dipikir hanya kurma ya, 3 biji pula, tapi itu sangat berguna bagi sesama yang juga hendak berbuka puasa.

Reply Delete
Avatar
Nurul Fitri Fatkhani ২৯ মে, ২০১৯ ৩:১৩:০০ PM

Sudah terbukti kalau zakat tidak akan mengurangi harta kita. Justru akan semakin membuat hidup semakin berkah.
Alhamdulillah sekarang ada kalkulator zakat, yang bisa membantu masyarakat untuk menghitung zakatnya ya..

Reply Delete
Avatar
Artha Amalia ২৯ মে, ২০১৯ ৪:৫৫:০০ PM

Waaah idenya bisa saya contoh nih. Sepele sih, tapi kan bungkusin kurma dan dibagi gratis itu bisa dinikmati orang lain juga. Memang yaa zakat bisa sucikan harta, bikin hidup lebih berkah

Reply Delete
Avatar
Afifah Haq ২৯ মে, ২০১৯ ৫:০৩:০০ PM

Semoga dengan adanya inovasi dari dompet dhuafa ini, masyarakat jadi semakin sadar akan zakat dan tergerak untuk terus berzakat. Kalau zakat dikelola di lembaga yang tepat seperti dompet dhuafa ini, Insya Allah keuangan Ummat akan selamat

Reply Delete
Avatar
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) ২৯ মে, ২০১৯ ৭:৫৩:০০ PM

Jadi teringat almarhum papaku pernah bilang gini "berbagi itu gak akan bikin kita miskin" ini yang sampai sekarang aku lakukan. Apalagi dalam berzakat ya kak Alida, gak boleh nih hitung-hitungan.

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi ২৯ মে, ২০১৯ ৯:৪১:০০ PM

Sebenarnya...
Berbedakah zakat maal dengan zakat profesi?
Apakah bisa juga dibantu menghitungkan di kalkulator zakat?

Reply Delete
Avatar
Helenamantra ৩১ মে, ২০১৯ ৫:২৯:০০ AM

konsep zakat dalam Islam itu luar biasa karena sesama muslim dapat saling membantu. Apalagi zakatnya untuk kebutuhan pokok dan kegiatan produktif.

Reply Delete
Avatar
Bang Day ২৬ জুন, ২০১৯ ১১:৩১:০০ AM

alhamdulillah zakat fitrah kemaren sekeluarga via DD ini

Reply Delete