Mengajarkan Semangat Kemerdekaan kepada Anak

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Mengajarkan Semangat Kemerdekaan kepada Anak

Walaupun bulan Agustus telah lewat dan kini memasuki bulan September, bulan Agustus masih menyisakan kisah berkesan bagi saya sekeluarga. Tentu ini dikarenakan pelaksanaan 17 Agustus yang merata di berbagai wilayah di Indonesia dan diikuti oleh semua kalangan.

Saya sekeluarga sejak awal bulan Agustus sudah menyiapkan berbagai cara agar rumah kami semarak kemerdekaan. Tahun ini kami terpaksa harus mengganti tiang bendera karena tiang bendera lama milik kami rusak. Untunglah ada penjual tiang bendera yang berkeliling wilayah kami. Tiang bendera yang berwarna merah putih pun saya beli seharga Rp 20 ribu. Harga yang terjangkau ya.
 
Yuk ikut lombanya :)

Untuk bendera, saya masih memiliki bendera merah putih yang masih kondisi bagus. Setiap kali tak digunakan, bendera itu saya lipat rapi dan dimasukkan ke plastik khusus agar tetap selalu bagus.

Tak hanya memasang bendera saja tapi juga aneka pernah pernik 17 Agustus juga kami siapkan. Salah satunya dengan menyiapkan bendera merah putih yang berukuran kecil. Bendera-bendera kecil itu dihias di rumah agar aura 17 an terasa. Tak hanya itu saja, di wilayah perumahan kami pun memasang banyak bendera merah putih dan bendera warna-warni sehingga suasana semakin meriah. Beraneka lomba pun dilaksanakan selama pelaksanaan 17 Agustus. Nah, biasanya yang paling heboh untuk ikut lomba 17 Agustus adalah Ayyas.

Sejak usia 4 tahun, dia selalu mengikuti lomba 17 Agustus yang dilaksanakan di wilayah perumahan. Saat masih kecil, Ayyas biasanya janjian ama temannya yang rumahnya berdekatan untuk mengikuti lomba. Nah, lomba-lomba yang diiikutkan biasanya sederhana dan disesuaikan dengan usia. Salah satunya lomba makan kerupuk. Ketika memasuki usia sekolah, pelaksanaan lomba-lomba kemerdekaan dilaksanakan beberapa hari kemudian.

Nah saat lomba di sekolah, persiapan biasanya lebih banyak. Salah satunya ya menyiapkan baju ganti karena lomba-lombanya biasanya membuat baju basah seperti lomba memindahkan air menggunakan ember kecil dan banyak juga aneka lomba lainnya. Biasanya sebelum pergi ke sekolah untuk mengikuti lomba, saya menyiapkan sarapan buat Ayyas dan tentunya segelas susu vidoran Xmart 5+ Madu untuk dikonsumsi. Saat Ayyas masih kecil, ia mengkonsumsi ASI (Air Susu Ibu). Nah, susu vidoran Xmart 5+ ini merupakan susu untuk tumbuh kembang anak yang mengandung asal lemak esensial dan sumber serat pangan Inulin yang baik untuk pencernaan anak. Di dalam vidoran Xmart  ini juga ada berbagai nutrisi penting yang dapat mengoptimalkan pertumbuhan. Satu hal lain yang saya suka dari vidoran Xmart 5+ ini ada kandungan Cod Liver Oil (minyak hati ikan kod) yang tinggi nutrisi dan berasal dari perairan laut dalam. Pemenuhan gizi melalui mengkonsumsi susu menurut saya sangat penting untuk pertumbuhan anak.
 
Yuk minum susu
Jika pemenuhan gizinya tercukupi, berbagai kegiatan yang dilakukan untuk menumbuhkan semangat kemerdekaan kepada anak pun bisa dilakukan. Nah, selain mengikuti lomba-lomba kemerdekaan, ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan semangat kemerdekaan pada anak yang selalu saya terapkan yakni : 

Mengunjungi Museum Perjuangan 
Di berbagai daerah banyak museum perjuangan yang dapat dikunjungi. Di Jakarta misalnya ada museum Nasional Republik Indonesia yang terletak di jalan Merdeka Barat Nomor 12, Jakarta. Miuseum ini merupakan museum pertama dan terbesar di Asia Tenggara.  

Mengenalkan Nama Pahlawan 
Di berbagai buku pelajaran sekolah, ada materi terkait nama-nama pahlawan. Nah biasanya saya juga mengulangi materi pembelajaran terkait nama-nama pahlawan sehingga anak pun semakin mengingat. Pernah juga sih anak saya mendapat tugas rumah mengumpulkan foto-foto pahlawan. Nah upaya ini dapat dilakukan sambil mengenalkan perjuangan yang telah dilakukan para pahlawan. 

Mendengarkan dan Menyanyikan Lagu Kemerdekaan 
Saya membiasakan anak tak hanya menyanyikan lagu-lagu yang ngehits saat ini saja, tapi juga lagu-lagu kemerdekaan. Tidak langsung menghafal tapi juga dinyanyikan berulang-ulang saat bersama-sama dan menjelaskan makna di balik lagu itu. 

Susu Vidoran Xmart
Nah, ngomong-ngomong soal lagu kemerdekaan, pas banget saat vidoran Xmart   mau mengajak anak-anak usia balita dan sampai 8 tahun untuk ikut lomba menyanyikan lagu Hari Merdeka (17 Agustus)  #SemangatAnakvidoran. Caranya pun tak sulit. Cukup merekam video saat menyanyikan lagu Hari Merdeka  ciptaan H. Mutahar, dengan smartphone atau pun gadget lainnya. Nyanyinya boleh sendiri, tapi lebih seru lagi kalau sama Mama, Papa, adik, atau kakak. 

Mekanisme mengirim videonya bagaimana? Ini S&K-nya: 
1. Semangat Anak vidoran adalah kampanye yang mengajak orang tua dan anak Indonesia mengabadikan momen kebersamaan dengan menyanyikan lagu Hari Merdeka karangan H.Mutahar sebagai wujud semangat kemerdekaan. 
2. Seluruh peserta adalah warga negara Indonesia dan berdomisili di Indonesia, memiliki anak berusia maksimal 8 tahun  dan dapat dibuktikan dengan identitas diri berupa kartu identitas (KTP/SIM).
3. Periode kegiatan ini mulai dari 1 Agustus – 17 September 2017.
4. Mekanisme Semangat Anak vidoran: 
a. ‘Like’ Facebook Fanpage Anak vidoran, ‘Follow’ Twitter @anakvidoran dan Instagram @anak.vidoran. 
b. Beli produk susu vidoran apa saja. 
c. Abadikan momen bersama si Kecil menyanyikan lagu Hari Merdeka karangan H.Mutahar. 
d. Upload videonya ke Facebook atau Instagram. 
e. Mention @anakvidoran dan sertakan hashtag #SemangatAnakvidoran. 
f. Wajib menggunakan atribut merah putih dan menyertakan kemasan susu bubuk vidoran Xmart 1+, 3+, atau 5+. 
g. Peserta boleh mengirimkan lebih dari satu video. 
h. Peserta boleh menggunakan alat musik sebagai alat bantu menyanyi.
5. Kriteria pemenang adalah ekspresi dan kreativitas dalam penampilan membawakan lagu. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.
6. Hadiah yang akan diberikan berupa 10 voucher belanja masing-masing senilai Rp 1.000.000 dan bingkisan produk untuk 10 video terbaik pilihan juri.
7. Pemenang akan diumumkan pada akhir periode di Facebook, Twitter, dan Instagram Anak vidoran.
8. Pemenang akan dihubungi Penyelenggara untuk verifikasi data diri. Kandidat Pemenang wajib memberikan dan/atau mengisi data diri dengan benar dan lengkap, paling lambat 1 (satu) minggu setelah dikonfirmasi pihak Penyelenggara
9. Penyelenggara berhak melakukan verifikasi data kandidat. Pemenang dan berhak membatalkan status pemenang jika diketahui data yang diterima palsu.
10. Pengiriman hadiah akan dilakukan maksimal 90 (Sembilan puluh) hari setelah konfirmasi kelengkapan data dilakukan.
11. Dengan mengikuti kegiatan ini, seluruh peserta dianggap telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku.
12. Pihak penyelenggara berhak untuk mengubah dan/atau memodifikasi syarat dan ketentuan kegiatan ini dari waktu ke waktu dengan atau tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
13. Pihak penyelenggara berhak mendiskualifikasi peserta dan/atau pemenang yang menurut penyelenggara tidak memenuhi dan/atau melanggar syarat dan ketentuan kegiatan ini.
14. Keterangan lebih lanjut dapat menghubungi Facebook, Twitter, atau Instagram Anak vidoran.
15. Hadiah tidak dapat dialihkan, ditukar barang lain, atau diganti dengan uang, dan dipindah-tangankan.
16. Setiap hasil video dan data yang diikutsertakan dan dikirimkan dalam program ini menjadi hak milik vidoran dan penyelenggara berhak untuk mempergunakannya sesuai dengan kepentingan program.
17. Program ini tidak dikenakan biaya apapun. Pajak ditanggung penyelenggara. Hati-hati penipuan. Keputusan Penyelenggara tidak dapat diganggu gugat.

Jangan lupa Ikuti lomba #SemangatAnakvidoran ya teman-teman. Bagaimana cara teman untuk mengajarkan semangat kemerdekaan kepada anak? Sudah ikutan lomba nyanyinya? Yuk masih ada waktu hingga 17 September 


82 件のコメント

Avatar
Herva Yulyanti 2017/09/15 19:22

Kaka Ayyas idola bet dr 4 th dah ikutan lomba Neyna boro ikutan lomba 17an hahaha
wah vidoran y jd rahasianya kaka Ayyas mesti ubek2 cari ini biar bisa ikutan lombanya ni apalagi suru nyanyi 😂

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017/09/17 13:10

Hayuuk dek Neyna nyanyi bersama kakak Ayyas :*

Reply Delete
Avatar
Eni martini 2017/09/15 19:40

Waah,asyiik ada lombanya. pijar ikutaaaan

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017/09/17 13:10

Biar makin rame yaa. Asiikk

Reply Delete
Avatar
Tira Soekardi 2017/09/16 2:58

betul ya biar anak punay semangat yg tinggi

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017/09/17 13:16

Iyaa mba. Anak pun senang :)

Reply Delete
Avatar
Nathalia DP 2017/09/16 11:20

Keren... Sontek ah cara menumbuhkan semangat kemerdekaan pada anaknya...

Reply Delete
Avatar
andi nugraha 2017/09/16 23:03

Aku ko penasaran sama videonya ya, seru pastinya ya, Teh..
Sedari kecil di ajarkna hal seperti itu pasti bisa menambah wawasan anak..

Reply Delete
Avatar
Putu Ayu Winayasari 2017/09/17 8:41

Waah lombanya asyik! Perlu nih, buat mewariskan kecintaan terhadap bangsa sendiri, apalagi dengan cara2 yg menyenangkan begini ^^

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017/09/17 13:34

Biar nggak membosankan juga ya :)

Reply Delete
Avatar
NAD 2017/09/17 10:04

Kalau nonton video yang berhubungan dengan semangat cinta tanah air gimana Mba?

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017/09/17 13:35

Nah, ini juga bisa jadi pilihan mba :)

Reply Delete
Avatar
Annafi 2017/09/17 10:11

aku pernah liat yg ikutan lombanya di IG :D biar anak hafal lagu-lagu Nasional sekaligus mengajak anak bangga akan Indonesia :)

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017/09/17 13:36

Iya. Sama mengasah anak biar berani juga mba. Hehhe

Reply Delete
Avatar
fika anaira 2017/09/17 12:25

alhamdulilah anakku suka banget sama rasa susunya jadi semangat ikut lomba nyanyi hari merdeka :D

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017/09/17 13:36

Wah asyik banget ya mbaa FIka

Reply Delete
Avatar
catatanemak 2017/09/17 12:51

Lomba yg edukatif dan nasionalis mengingat semakin menurunnya kemampuan anak anak usia SD ttg lagu-lagu kebangsaan negri ini.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017/09/17 13:37

Bener banget mba Dewi. Harus dipupuk sejak dini

Reply Delete
Avatar
Turis Cantik 2017/09/17 14:14

cara ikutannya mudah dan hadiahnya wow! ikutan ahh

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017/09/18 6:59

Iyaa. Hayuk jangan sampai kelupaan yaa :)

Reply Delete
Avatar
Rahmah 2017/09/17 20:16

Salfa belum bisa dikenali nama pahlawan... Hahaha

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017/09/18 6:59

Nanti kalau agak gedean dikit ya. Hhehe

Reply Delete
Avatar
Atisatya Arifin 2017/09/17 21:30

Kakak Ayyas pasti menang lomba 17an ya doalnya sarapannya sehat banget. Mas Deniz juga ikutan lomba nyanyi nih meski nyanyinya masih lupa lupaan.

Wah ide bagus mbak, kayanya aku mau agendakan ke museum ah sama anak-anak

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017/09/18 7:00

Alhamdulillah anaknya memang penuh semangat mba Tya ;)

Reply Delete
Avatar
Alma Wahdie 2017/09/18 7:37

Hebat kakak Ayyas. Semoga menang lombanya yaaa...

Tante aja yg umur segini suka banget kalo ke museum. Hihihi

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017/09/19 7:42

Aaamin. Makasih mba Alma kesayangan :)

Reply Delete
Avatar
lianny hendrawati 2017/09/18 9:40

Wah sampe kemarin ya lombanya, telat nih. Mau ku info kan ke adik ipar biar ponakanku ikutan lomba nyanyi juga :D

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017/09/19 7:44

Seru ya kalau ikut lombanya bareng2 sodara :)

Reply Delete
Avatar
Tetty Hermawati 2017/09/18 11:27

Banyak cara mengajari anak untuk memperingati makna kemerdekaan ya mbak. Wah seru banget lombanya.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017/09/19 7:45

Iya mba. Biar anak pun nggak bosan untuk diajarkan tentang kemerdekaan

Reply Delete
Avatar
Tina Sindi 2017/09/18 11:28

Anak yang pintar selalu ada orang tua yg luar biasa. Keren bgtt kakak ayas....good luck ya ...

Reply Delete
Avatar
Rusydina Tamimi 2017/09/18 12:22

seruuu ini kayaknya liatin video anak2 lagi nyanyi :D
lumayan juga hadiahnyaa hihi

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017/09/19 7:46

Hadiahnya emang menggiurkan mba

Reply Delete
Avatar
Gita Siwi 2017/09/18 12:36

Semoga menang ya kak...
Memang arti kemerdekaan sudah harus kita ajarkan ya pada anak2 dan juga bagaimana prakteknya ya seperti dirimu ajarkan pada anak2 ya kak. Praktek langsung pun pd hal2 yang sederhana.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017/09/19 7:46

Iya mba Gita. Mulai dari hal sederhana untuk mengajarkan kepada anak ya

Reply Delete
Avatar
Maria Soraya 2017/09/18 16:41

udah ikutan lomba nyanyinya soale ini lagu kesukaan mada eh tapi pas direkam rupanya gak mudah ya bikin bideo batita berkonsep

btw anakku suka susu vidoran xmart 3 tahun rasa madu nih

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017/09/19 7:47

Hahaha emang nggak mudah mba Maria tapi senang ya kalau anak bersemangat :)

Reply Delete
Avatar
Utie adnu 2017/09/18 18:28

Sayang gk bs ikutan bpk n anak kompakan gk mau exiss, good luck ya Kaka ayyas, punya Umi kreatif memamg Keren

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017/09/19 7:47

Ibu Utie ya yang exis melulu. Hehheeh

Reply Delete
Avatar
andyhardiyanti 2017/09/18 19:23

Duh..jadi pengen ikutan lombanya. Kira-kira si kecil mau gak ya? :D

Reply Delete
Avatar
Okti Li 2017/09/18 19:31

Sukses ya Kakak lombahnya...
Sayang Fahmi mah pemalu berat. Dia gak mau nyanyi jadi ga bisa ikutan ini hehehe
Daripada malu2in...

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017/09/19 7:52

Hahha tapi aku senang lihat gayanya Fahmi pas pakai baju polisi :)

Reply Delete
Avatar
Nurul Dwi Larasati 2017/09/18 20:17

Anakku masih susah diajak ikutan lomba nyanyinya.padahal emkanya semangat banget ini.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017/09/19 7:53

Anaknya aja yang nyanyi deh :p

Reply Delete
Avatar
Ade ufi 2017/09/18 22:30

Kok video kakak ayyas ga dimasukin kesini, mba? Kan pengen liaaaat. ^_^

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017/09/19 7:53

Oh iyaaa. Harusnya dimasukkan ke sini ya mba Ade

Reply Delete
Avatar
Shine Fikri 2017/09/18 23:02

kak Ayyas samaan ni sama Fathan, dari kecil udah semangat ikutan lomba 17an. Semoga semangat merdekanya selalu terjaga yaaa, yuk kapan kita balap karung bareng? *eh

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017/09/19 7:54

Hayuuuk ikutan balap karung yaa

Reply Delete
Avatar
Helenamantra 2017/09/19 0:07

whaaa voucher belanja 1juta. Mau... eh tapi udah lewat yak :))

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017/09/19 7:54

Hehhehee hayuukkk cari yang laiin

Reply Delete
Avatar
Leyla Hana 2017/09/19 3:59

Nyari yg boks kecilnya di Indomaret gak ada, yowis aku gak jadi ikut lombanya. Ada yg boks besar, tapi takut anak2 gak doyan. Mau ditest dulu gitu rasanya.

Reply Delete
Avatar
Tuty Queen 2017/09/19 7:52

Ponakan ku sejak ikutan acara 17 an jadi teus-terusan pengen oakai baju pahlawan hihi, begitulah anak-anak begitu dikenalkan sejarah dan perjuangan saat kemerdekaan mereka semakin penasaran :D

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017/09/20 8:19

Nah, jadinya bagus kan ya mba buat anak. Hehhee

Reply Delete
Avatar
mpo ratne 2017/09/19 8:09

Makin berani anak untuk ujuk Gigi dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Dan sugar patriot

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017/09/20 8:19

Dan harus kita dukung ya mba :)

Reply Delete
Avatar
Yeye 2017/09/19 8:51

Wah ini susu nya sama ky anak ku, kandungan dlm susu nya bagus yah mbak :)

Reply Delete
Avatar
April Hamsa 2017/09/19 9:20

Dari dulu pengen ajak anak2 ke museum blm sempet. Ntr coba ah kali wiken bisa. Anak2 emang kudu ditanamkan rasa nasionalis sejak kecil ya mbak TFS

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017/09/20 8:35

Iyaa yuk mba. Ama aku yaaa :p

Reply Delete
Avatar
Icha faizah 2017/09/19 9:28

Goodluck, ya ka Ayyas buat lombanya.

Mau ikutan lomba, tapi usia Sultan belum nyampe 😁

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017/09/20 8:42

Kapan kapan ntar ikutan yaaa

Reply Delete
Avatar
dongeng naura 2017/09/19 9:40

Kak ayyas semangat ya mbak al nyam ut kemerdekaan. Ortu semangat, nular ke anak semangatnya

Reply Delete
Avatar
Dita Indrihapsari 2017/09/19 14:03

Jadi pingin main ke museum lagi, nih. Tahun ini Boo sama Mika juga pertama kalinya ikut 17an mba. Ikut sepeda hias dan sampai berapa minggu ini hiasannya belum dicopot-copot. Hihi... Terus tiba-tiba suka nyanyi lagu Hari Merdeka gitu, eh ternyata udah hapal. Hahaha...

Reply Delete
Avatar
Winda - dajourneys.com 2017/09/19 16:07

Wah, Ayyas keren banget, semoga menang ya, tapi kalau nggak menang juga jangan kecewa karena yang penting kak Ayyas udah keren banget :) berani ikutan lomba2

http://www.dajourneys.com/

Reply Delete
Avatar
Grensy santi 2017/09/20 1:23

Wahhh hebat yaa kak Ayyas,sudah berani ikut lomba 17an sejak kecil. Semangatnya diteruskan yaa kakak

Reply Delete
Avatar
Fanny f nila 2017/09/21 1:08

Aku kok ngerasa 17 an yg skr ga semeriah ama 17an jaman aku sekolah :p. Kayaknya dulu bener2 totalitas bangetlah, di sekolah2, dijalan, di komplek perumahan, sampe lomba2nya beraneka macam. Aku msh inget dulu tiap 17 agustus slalu ada bazar besar di komplek rumahku. Yg skr ga terlalu asyik mba. Rt rw di area rumahku jg kyk males2an bikin acara lomba, jdnya kitapun ga semangat mau meriahin acaranya..

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017/09/21 15:31

Iyaaa bener. Mudah-mudahan tahun depan udah makin banyak yang buat bazar dan ramai

Reply Delete
Avatar
Ardiba Sefrienda 2017/09/21 15:27

Ais juga suka nih ke museum. Tempat hiburan yang murah dan sarat ilmu.

Reply Delete
Avatar
Naqiyyah Syam 2017/09/23 9:23

Wah iya Mbk aku juga suka mengajak anak ke museum mengenalkan perjuangan pahlawan. Seru nih kakak cantik ikutan lomba nyanyi

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017/09/24 8:23

LAhamdulillah biar semangat mba Naqi

Reply Delete
Avatar
Winny Widyawati 2017/09/24 19:55

Hiii seru ya kalo anak-anak janjian lomba Agustusan.

Reply Delete
Avatar
Amelia Fafu 2017/09/25 23:06

Semoga sukses lombanya kak Ayyas. Dek Dhifah belom bisa ikutan, nyanyinya belom bisa hihi

Reply Delete
Avatar
Mbak Avy 2017/10/01 8:16

anak2 sekarang pinter banget
apa aja yg diajarkan bs cepat ditiru

Reply Delete