Review Buku Bahagia Bersama : Berbagi, Memberi dan Menyantuni untuk Sesama

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Review Buku Bahagia Bersama : Berbagi, Memberi dan Menyantuni untuk Sesama


Sejak pertama kali memegang buku Bahagia Bersama, saya sudah bahagia. Tampilan halaman depan buku ini yang digambar secara apik oleh kartunis Mice mampu menyalurkan kebahagiaan. Kebahagiaan berkumpul bersama keluarga di rumah dan mendapat kiriman paket yang ditunggu. Di masa pandemi seperti sekarang, bisa berkumpul bersama keluarga dalam keadaan sehat merupakan berkah yang patut disyukuri. Alhamdulillah. 


Buku Bahagia Bersama adalah buku yang ditulis dengan hati oleh Kang Maman. Ini bukan buku yang pertama kali ditulis olehnya, tapi buku Bahagia Bersama ini adalah buku ke 28 yang ditulis Kang Maman. Dan saya yakin, akan lahir buku-buku karyanya yang ditulis dari sisi humanis secara mendalam. 




Apa yang ditulis di buku Bahagia Bersama ? Buku ini secara umum membahas tentang kiprah jasa pengiriman terbesar di Indonesia, JNE. Tapi buku ini bukan sekedar menulis profil tentang JNE secara kaku seperti layaknya buku profil pada umumnya. Buku ini boleh dikatakan mengungkap rahasia kesuksesan JNE dengan cara berbagi, memberi dan menyantuni. 


Apakah dengan berbagi, memberi dan menyantuni membuah JNE sehebat sekarang ? Lantas apa hubungannya dengan berbagi, memberi dan menyantuni dalam JNE ? Bagaimana cara berbagi, memberi dan menyantuni yang dilakukan JNE ? Pertanyaan berikutnya, apakah dengan berbagi, memberi dan menyantuni akan mengalirkan kebahagiaan kepada sesama ? 



Pertanyaan-pertanyaan itu yang muncul dalam benak saya saat saya hendak membaca buku Bahagia Bersama ini. Buku ini diawali pengalaman berbagi yang dilakukan oleh Melani Subono (seniman, inisiator Rumah Harapan Melanie), Ivan Gunawan (Desainer) dan Andy F Noya (Jurnalis senior dan Founder BenihBaikcom). 



Ketiganya berbagi, memberi dan menyantuni berkat bantuan JNE. Dan dengan melakukan itu, mereka bisa berbagi kebahagiaan kepada orang lain. Boleh dikatakan, kebahagiaan yang mereka lakukan dan dibantu oleh JNE menular kepada sesama. 


Melanie terbantu saat menyebarkan kebaikan melalui Rumah Harapan Melanie. Dengan dukungan JNE, penjualan produk Ivan Gunawan tetap berjalan sehingga karyawannya bisa tetap bekerja hingga kini walaupun di masa pandemi. Andy F Noya terbantu karena JNE tidak pernah menolak bantuan kemanusiaan yang dia ajukan. 


Apa yang mendasari JNE melakukan itu ? Buku ini mengutip ayat Al Quran Surat Al Baqarah ayat 261 “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui (QS. Al Baqarah:261) 


Berbagi bagi JNE adalah tradisi yang tak sekedar dipertahankan sejak tahun 1990 tapi ditingkatkan melalui kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR). Dalam buku ini ditulis bahwa beberapa hal yang dilakukan JNE yakni : 

  • Menyalurkan zakat fitrah 
  • Merenovasi gereja yang kondisinya perlu diperbaiki 
  • Membagikan hewan kurban
  • Memberikan reward kepada karyawan yang sudah bekerja selama 10 tahun untuk umrah bagi karyawan muslim dan ke Holyland ke Yerussalem. 
  • Membangun pondok pesantren dan masih banyak lagi. 

Beberapa kisah dalam buku ini ditulis dan menurut saya mampu menularkan kebaikan bagi pembacanya. Kisah-kisah yang ditulis bukan sekedar sebuah kisah fiktif tapi kisah nyata yang hadir dalam proses perjalalanan JNE. Sama seperti saya ungkap di awal, Kang Maman menulis buku ini dengan 'hati' sehingga saya sebagai pembaca merasakan semangat berbagi yang tertulis secara apik dengan tutur kata yang mudah dipahami. Buku ini juga melibatkan kartunis Mice yang mampu mengilustrasikan secara apik, tepat dan mendalam tentang point-point penting dalam buku ini. Kolaborasi keduanya menghadirkan buku setebal 188 halaman ini, wajib dibaca



Ada beberapa kisah sosok-sosok pekerja di JNE yang terbantu selama bekerja di JNE. Seperti kisah Welly yang sempat merasa putus asa karena tak kunjung mendapat pekerjaan karena kebutaan yang dialami padahal ia memiliki kemampuan bekerja. Tapi ia percaya, perjalanan hidup itu Allah yang atur dan membuka pintu rejekinya dan membuatnya terpilih untuk bekerja di JNE. 


Namun ada juga kisah bukan pekerja di JNE tapi menularkan kebaikan kepada orang lain dan terbantu oleh bantuan JNE. Ini yang dilakukan Hendro Utomo yang membentuk Foodbank of Indonesia (FOI) pada tahun 2014 sebagai bentuk kegelisahan karena masih banyak warga yang tak bisa makan. Donasi makanan diberikan juga kepada korban bencana alam selain kepada orang kurang mampu secara umumnya. Peran JNE sebagai distribusi makanan memegang peranan penting. 


Dengan berbagi akan memberikan efek membahagiakan bila yang menerimanya adalah orang yang benar-benar membutuhkannya. Kegiatan-kegiatan ini merupakan jembatan untuk menyebrangi kondisi-kondisi sulit yang dihadapi. Membaca buku ini bisa dikatakan sebagai pengingat untuk tak boleh menjadi orang yang capek berbuat kebaikan. Berbuat sekecil apapun kepada orang, akan menularkan kebaikan kepada orang lain. 


Dengan dibukukannya segala kebaikan untuk berbagi kepada sesama ini, diharapkan menjadi kegiatan yang berkelanjutan. Kebaikan demi kebaikan ini menjadi sebuah langkah perubahan positif menjadi sesuatu yang lebih baik dari waktu ke waktu. Hingga kini, di tahun yang ke 30 pada tanggal 26 November 2021 ini, JNE hadir untuk menyebar semangat berbagi hingga ke seluruh negeri. 


“Dan janganlah sekali-kali engkau meremehkan sebuah kebaikan” (Ibnul Qayyim Al Jauzi)

Sudahkah teman-teman berbagi hari ini ? 

31 கருத்துகள்

Avatar
Ratna Kirana 22/10/21, பிற்பகல் 6:26

Bukunya menarik sekali ilustrasinya, jadi semakin kepo baca. Udah gitu ada pouchnya juga. Keren banget ya JNE dalam menularkan kebaikan.

Reply Delete
Avatar
Mei Daema 22/10/21, பிற்பகல் 7:04

banyak ya ternyata CSR nya JNE itu, dan pastinya sangat membantu lingkungan dan orang sekitarnya penerima CSR tersebut. Kayak ada perasaan terharu gitu pas baca review bukunya, jasa para pengantar paket, jasa yang sering terlupakan oleh banyak orang

Reply Delete
Avatar
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) 22/10/21, பிற்பகல் 10:46

aku pun bahagia melihat buku dengan design cover yang bagus sekali dan memang cover itu akan menggambarkan isi bukunya. Bahagia itu memang banyak caranya ya, tapi bahagia yang dilakukan oleh JNE ini benar-benar membuat orang lain juga bisa merasakan kebahagiaan itu sendiri.

Reply Delete
Avatar
Aliyatus sa'diyah 23/10/21, முற்பகல் 8:35

Alhamdulillah banget ini ya sekarang makin banyak program program seperti ini sangat bermanfaat dan bisa bantu sesama juga, btw gambar bukunya bagus banget menarik banget

Reply Delete
Avatar
lendyagassi 23/10/21, முற்பகல் 9:10

Banyak kisah pembangkit semangat bagi para pembaca untuk jangan ragu dan jangan menunda berbuat baik. MashaAllah~
Ini reminder banget karena selama ini suka banyak sekali alasan untuk mau memberi orang lain.

Reply Delete
Avatar
Ellyzabeth 23/10/21, முற்பகல் 9:11

Aduh nostalgia banget! Jadi inget dulu suka bacain komik Benny & nice di koran

Reply Delete
Avatar
Ellyzabeth 23/10/21, முற்பகல் 9:12

Ah nostalgia banget! Jadi inget dulu suka bacain komik Benny & Mice di koran kompas.

Reply Delete
Avatar
Nchie Hanie 25/10/21, முற்பகல் 8:27

Salut sama Kang Maman yang menulis dengan hati, apalagi buku Bahagia Bersama ini adalah buku ke 28 yang ditulis olehnya.Keren banget yaa, semoga bakalan lahir buku-buku karyanya yang ditulis dari sisi humanis secara mendalam lagi.
Makasih mengingatkan kembali untuk selalu berbuat kebaikan dan berbagi kebahagiaan. Sukses buat Kang Maman yaa.

Reply Delete
Avatar
Katerina 25/10/21, முற்பகல் 11:55

Kalau lihat sampulnya saja, berasa buku komik ya, padahal bukan. Keren covernya, dan benar, saya baru lihat covernya saja sudah kebawa bahagia. Saya suka dengan konsep berbagi JNE sekaligus kagum dengan daftar aktivitas berbagi yang telah dilakukan JNE selama ini. Semoga membuat JNE semakin kuat berdiri sebagai jasa pengiriman terbaik dalam negeri. Sukses buat penulisnya.

Reply Delete
Avatar
Bunda Erysha (yenisovia.com) 25/10/21, பிற்பகல் 5:49

Bener mba. Bisa berkumpul bersama keluarga terus tiba tiba ada paket datang tu rasanya bahagiaaaaa banget. Aku juga kalau kirim paket suka pakai JNE. Karena udah puas ama JNE jadi nggak beralih ke yang lain juga. Apalagi JNE suka ada layanan ambil paket ke rumah. Jadi aku ga rempong lagi harus keluar kirim paket

Reply Delete
Avatar
nurul rahma 25/10/21, பிற்பகல் 7:06

Kagum bangeettt dengan keberadaan JNE, yg selalu connecting happiness.
trus kang Maman juga keren, apapun yg beliau goreskan selalu berasal dari hati, berasa banget sih mba

Reply Delete
Avatar
Dian Restu Agustina 25/10/21, பிற்பகல் 7:54

Iya, lihat cover-nya saja sudah bikin bahagia. Menarik, colourful khas Mice. Apalagi kalau isinya dituliskan Kang Maman yang piawai mengulik hal dari sisi humanis. Dan makin komplit karena yang diceritakan adalah perjalan JNE yang luar biasa baik layanan maupun karakter perusahaan yang mengutamakan misi berbagi. Buku yang keren pasti!

Reply Delete
Avatar
Nathalia DP 26/10/21, முற்பகல் 9:36

Bukunya menginspirasi sekali... JNE memang the best ya membawa kebahagian untuk orang-orang...
Udah beberapa kali liat cover buku ini di media sosial, kirain komik tapi ternyata bukan ya...

Reply Delete
Avatar
diane 26/10/21, முற்பகல் 11:18

Aku yang baca reviewnya aja sangat terisnpirasi dengan cerita-cerita yang ada di buku ini..apalagi kalau baca langsung bukunya ya...

Reply Delete
Avatar
Momtraveler 26/10/21, பிற்பகல் 5:37

Dri covernya aja udah bikin penasaran deh mbak. Abang2 kurir teriak paket tu sungguh suaranya bikin deg2an bahagia hehehhe... aku baru tau ternyata CSR nya JNE banyak juga ya. Dan care banget sama karyawannya. Keren

Reply Delete
Avatar
Nurul Sufitri 26/10/21, பிற்பகல் 7:49

Buku Bahagia Bersama ini sekilas seperti majalah eksklusif ya. Aku kepengen baca juga nih, apalagi ada sejarah JNE-nya. Program berbagi kebahagian bersama dengan mereka yang membutuhkan, baik sekali ya. Semoga dapat berkesinambungan aamiin.

Reply Delete
Avatar
Nurul Fitri Fatkhani 26/10/21, பிற்பகல் 9:17

Syukurlah sekarang JNE tidak hanya fokus pada pengiriman barang.Ternyata sekarang ada program untuk kemanusiaan juga ya, seperti menyalurkan zakat fitrah, merenovasi gereja, membagikan kewan Qurban dan program bagus lainnya

Reply Delete
Avatar
Keke Naima 26/10/21, பிற்பகல் 11:46

Saya baru lihat covernya aja udah ketawa. Malah sempat mengira kalau isinya tentang kisah-kisah lucu pengiriman paket. Ternyata malah sarat makna. Tetapi, tentu aja ditulis dengan apik oleh kang Maman. Sehingga gak bikin kening berkerut dan merasa diceramahi. Malah jadi bikin semangat untuk berbagi

Reply Delete
Avatar
Tuty Queen 27/10/21, முற்பகல் 4:54

Berbagi tak akan mengurangi, tak ada hitungan matematika saat berbagi justru akan berlipat ganda hasilnya. Banyak kisah inspiratif didalam buku ini ya mba yang pasti contoh baik banget buat kita semua

Reply Delete
Avatar
Eri Udiyawati 27/10/21, முற்பகல் 7:39

Dari membaca reviewnya saja ini sudah terbayang. Penulisnya, Kang Maman selalu membawa cerita penuh makna namun dikemas dalam ringan. Pastinya banyak banget cerita inspiratif bersama JNE. 😍😍

Reply Delete
Avatar
Andiyani Achmad 27/10/21, முற்பகல் 8:47

buku yang menginspirasi baik dalam judul di covernya hingga isi dari buku tersebut, menginspirasi untuk berbagi kebahagiaan pada sesama tanpa kecuali

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti 27/10/21, முற்பகல் 9:19

Kartun Mice ini sering aku baca juga ternyata kolab sama kang Maman, keren bukunya udah ke-28 suka pengen gitu bisa terbitin buku ya ummi hahah..btw JNE emang warbiyasah yah terus berbagi dan inspirasi connecting people

Reply Delete
Avatar
Okti Li 27/10/21, முற்பகல் 9:46

Bahagia tidak terkira itu kalau di depan rumah ada yg teriak Pakeeett!
Haha langsung deh ngacir rebutan sama anak
JNE tahu banget ya kebahagiaan konsumen itu seperti apa.
Baca bukunya pasti seru dan bahagia selalu nih

Reply Delete
Avatar
Lina W. Sasmita 27/10/21, பிற்பகல் 12:38

Mbaaaak aku mau bukunya. Bisa beli dimana? Duuh saya tuh udah lama mengagumi Pak Johari sosok di balik lahirnya JNE.

Reply Delete
Avatar
Mutia Erlisa Karamoy 27/10/21, பிற்பகல் 1:58

Aku suka nih tulisan-tulisan Kang Maman, dan lumayan lama ngak ngeluarin buku, jadi pingin bacanya apalagi covernya juga bagus dan benar-benar menggambarkan isi buku yang sarat cerita inspiratif, cerita para penjuang kehidupan yang pernah mengalami masa-masa sulit. Harus punya bukunya nih.

Reply Delete
Avatar
Sri Widiyastuti 27/10/21, பிற்பகல் 6:12

wah umi sudah baca bukunya yaa. Keren banget. Alhamdulillah jadi sedikit tahu isi buku bahagia bersama. Memang umi, bahagia ya kalau kita bisa berbagi. Jadi tertarik baca bukunya deh. inspiratif banget isinya

Reply Delete
Avatar
Dee_Arif 27/10/21, பிற்பகல் 7:46

Wah asyik euy bisa punya buku ini
buku yg ditulis sama kang maman pasti ceritanya bagus
ini bukunya bisa dibeli dimana ya mbak

Reply Delete
Avatar
Lidya Fitrian 27/10/21, பிற்பகல் 7:53

Bahagia juga udah baca bukunya, aku pikir isinya tentang kisah perusahaan gitu, untungnya Kang Maman udah info kalau tulisannya ga dipengaruhi oleh siapa pun & dibebaskan menulis ya.
Semoga kita juga elalu senantiasa berbagi kebahagiaan

Reply Delete
Avatar
Hidayah Sulistyowati 27/10/21, பிற்பகல் 8:17

Waahh penasaran dengan isi bukunya, mba Lida. JNE memang sejak dulu terkenal dengan kebaikan berbagi. Sering ada program berbagi juga ya tiap ada hari besar tertentu.

Melani, Andi F Noya emang udah terkenal dengan kiprah mereka dengan berbagi. Sekarang makin banyak youtuber yang suka berbagi, gak masalah juga sih dijadikan konten untuk menginspirasi orang baik lain

Reply Delete
Avatar
lendyagassi 27/10/21, பிற்பகல் 9:30

MashaAllah~
Buku yang sangat mengubah pandangan hidup mengenai esensi dari "berbagi".
Bagi banyak orang, berbagi ini adalah hal berat, tapi kalau sudah terbiasa, berbagi menjadi hal yang membuat hati nyaman.

Reply Delete
Avatar
andyhardiyanti 27/10/21, பிற்பகல் 10:03

Bener mbak, buku ini membuat kita selalu dan selalu mengingat: sudah melakukan kebaikan apa hari ini? Kang Maman dengan gaya menulisnya yang apik, menunjukkan pada kita bahwa bahagia itu sederhana, dan jangan pernah meremehkan sekecil apapun suatu kebaikan.

Reply Delete