Pengalaman Naik Kapal Eksekutif dari Jakarta ke Lampung

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Pengalaman Naik Kapal Eksekutif dari Jakarta ke Lampung


Sebelum memutuskan untuk ke Lampung pada 12-13 Juli 2019, saya bertanya ke Dessy, teman blogger tentang perjalanan menuju ke Lampung. Sebetulnya saya sudah beberapa kali ke Lampung menggunakan kapal ferry dan sekali naik pesawat dari Jakarta.  Tapi pas ngobrol sama teman, dia menyarankan saya untuk naik kapal eksekutif. “Kalau bawa keluarga lebih enak naik kapal eksekutif. Lebih nyaman juga beda harga sedikit kalau banyak orang,” kata mba Dessy.

Saya kemudian mencari informasi menggunakan kapal eksekutif ke Lampung trus ngobrol juga sama suami tentang untung rugi naik kapal eksekutif ke Lampung. Saat menggunakan fery ke Lampung, kami sempat kesulitan mencari tempat yang nyaman. Belum lagi bau knalpot kendaraan yang menganggu.

Dermaga Eksekutif di Lampuung

Akhirnya kami memutuskan untuk menggunakan kapal eksekutif dari Jakarta ke Lampung. “Pulangnya nanti saja kita putuskan kapal esekutif eksekutif atau kapal fery setelah naik kapal eksekutif ini,” kata Bapak suami.

Niat awal ke Lampung adalah berlibur ke Pulau Pahawang sehingga saya hubungi pihak travel, pukul berapa harus tiba di titik point. Pihak travel menyarankan pukul 8 pagi paling lambat sudah harus tiba sehingga dihitung lama perjalanan, akhirnya kami memutuskan pukul 10 malam berangkat dari rumah ke Merak dengan target pukul 23.59 WIB kapal eksekutif berangkat ke dermaga Bakauheni, Lampung. 

Sempat deg-degan juga apakah akan tiba tepat waktu? Karena kalau terlambat maka harus menunggu dua jam lagi karena kapal berangkat setiap dua jam sekali. Dan alhamdulillah kami datang tepat waktu. Langsung ke dermaga eksekutif dan pembayaran menggunakan kartu elektronik yakni e-money sebesar Rp 579 ribu (kendaraan golongan IV yakni penumpang).
 
Salah satu suasana di kapal eksekutif 
Setelah itu, mobil langsung diarahkan naik ke kapal eksekutif. Semuanya lancar tanpa ada kendala. Tiba di parkiran mobil di dalam kapal, kami langsung diminta untuk bergerak ke ruang penumpang. Oh ya di parkiran mobil ini tak ada truk ya sehingga suasananya tak terasa terlalu penuh.

Lalu, ada apa saja di dalam kapal eksekutif itu?

Dapat Tempat Duduk
Enaknya naik kapal eksekutif ini, kita bisa duduk selama perjalanan karena ada banyak kursi yang tersedia. Ada kursi yang kursi sofa, kursi rotan dan kursi penumpang kapal pada umumnya. Sebetulnya semakin cepat masuk maka bisa mudah dapat tempat duduk. Termasuk untuk duduk sekeluarga. Saya pas datang terpaksa harus duduk mencar-mencar. 




Tiga anak duduk berbarengan, papa saya sendiri sedangkan saya dan suami dapat kursi berdua. Sebetulnya kalau susah dapat tempat duduk, bisa nanya ke petugas sehingga di bantu mencarikan tempat duduk. Oh ya, ada beberapa yang datang cepat dan pilih tempat duduk sofa yang harusnya bisa berlima tapi malah hanya duduk berdua. Hal ini yang harusnya bisa diminimalisir.

Baca : Tips Naik Pesawat Pertama Kali 

Tempatnya Nyaman
Jangan kuatir naik kapal akan kepanasan dan keringetan. Naik kapal eksekutif ini beneran nyaman karena berpendingin udara dan kapalnya pun bersih. Banyak tempat sampah yang tersedia sehingga para penumpang bisa langsung membuang sampah di tempat yang disediakan.

Ada Bioskop dan Kantin serta Tempat Main Anak
Kuatir bosan selama perjalanan? Bisa nonton bioskop yang tersedia di dalam kapal eksekutif ini. Biayanya Rp 35 ribu dan filmnya hanya satu saja. Waktu itu sih film Fast and Furious. Saya diajak bapak suami buat nonton tapi saya ogah karena lebih memilih menikmati perjalanan saja. Akhirnya, nggak ada yang nonton. Kalau lapar, ada kantin yang jual beragam makanan dan minuman. Termasuk mie instan yang siap seduh. Tapi karena kami bawa banyak camilan, akhirnya ya hanya makan camilan yang dibawa dari rumah. Bagi yang punya anak kecil, ada tempat bermain kecil yang dilengkapi dengan perosotan buat anak-anak. Tempat bermainnya juga penuh warna dan pastinya disukai anak-anak.
Bayar Berapa dan Bayar Pakai Apa ?
Harga untuk naik dermaga eksekutif bervariasi. Untuk mobil pribadi dikenakan biaya Rp 579 ribu (termasuk penumpang). Penumpang dewasa dikenakan Rp 50 ribu dan anak-anak Rp 34 ribu. Bagi kendaraan roda dua bertenaga 500 cc ke bawah (golongan II) dikenakan tarif Rp 88 ribu. Untuk pembayaranya menggunakan uang elektronik dari Bank BUMN (Kartu flazz tidak bisa digunakan untuk pembayaran ini).

Penumpang
Dewasa Rp 50.000
Anak Rp 34.000

Kendaraan
Kendaraan Gol I Rp 62.000
Kendaraan Gol II Rp 88.000
Kendaraan Gol III Rp 147.000
Kendaraan Gol IV Penumpang Rp 579.000
Kendaraan Gol IV Barang Rp 385.000
Kendaraan Gol VI Penumpang Rp 1.716.000
Kendaraan Gol VI Barang Rp 1.108.000
Kendaraan Gol VII Rp 1.479.000
Kendaraan Gol VIII Rp. 2.181.000

Kendaraan Gol IX Rp 3.394.000

Tempat bermain anak 
Kalau dibilang lebih nyaman mana, saya jujur mengatakan bahwa pakai kapal eksekutif adalah pilihan. Apalagi bagi yang membawa anak kecil, naik kapal eksekutif itu pas buat keluarga. Karena pas dari Jakarta ke Lampung kami merasa nyaman pakai kapal eksekutif, makanya pas pulang dari Lampung ke Jakarta pun kami memilih tetap memakai kapal eksekutif.

Kalau dari Jakarta ke Lampung, kapal berangkat setiap dua jam sekali (jam genap), dari Lampung ke Jakarta kapal berangkat sejam sekali. Jika ada kesempatan ke Lampung, harapannya bisa naik kapal ekslusif ini juga 



37 則留言

Avatar
nurul rahma 2019年9月12日 上午9:49:00

WHAT?? Ada bioskop jugaaakkk? Sedaaappp nian ini Mbaaa
Kurasa kapan2 aku juga mauk lah naik kapal kece seperti iniiii
--bukanbocahbiasa(dot)com--

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2019年9月12日 下午6:52:00

YOai mba. Aku ya nggak nyangka. Hehhe

Reply Delete
Avatar
Widyanti Yuliandari 2019年9月12日 上午10:59:00

Waaaahhh...Mbakkkk. Ini kayak enak banget ya. Kalau semobilnya bersama sekeluarga lengkap, ya segitu tergolong hemat malah. APalagi melihat fasilitas dan kenyamannnya. Itu kakeknya bahagia dan enjoy banget kayaknya. Ikut senang aku melihatnya.

Reply Delete
Avatar
diane 2019年9月12日 下午4:21:00

wahh naik kapal eksekutif kayak gini gak berasa lama perjlanannya..apalagi bawa anak-anak...kenyamanan emang nomer 1 yak...

Reply Delete
Avatar
Lina W. Sasmita 2019年9月12日 下午4:44:00

Eh beneran ini mah kapalnya kelas eksekutif. Nyaman banget terus ada tempat main anak juga. Baru tahu saya. Kirain hanya Ferry penyebrangan biasa saja yang ada.

Reply Delete
Avatar
Jalan-Jalan KeNai 2019年9月12日 下午5:57:00

Kira-kira menyebrangnya berapa lama durasinya, Mbak. Kalau kapalnya gede begini, saya mau. Pernah naik kapal kecil, malah mabok laut sayanya hehehe

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2019年9月12日 下午6:53:00

Satu jam, mba. Lupa aku nulisnya. Hehehe

Reply Delete
Avatar
Cindy Vania 2019年9月12日 下午11:12:00

Whoaaa cakep banget kapalnya. Semacam cruise malah, ada tempat main anak pula.

Kalau yg kapal standar gitu biayanya berapa mba? Itu 570an udah seluruh penumpang? Dihitungnya per mobil atau plus penumpangnya mba?

Reply Delete
Avatar
Eka Fikry 2019年9月13日 上午7:27:00

Wah, baru tahu aku kalau ada kapal eksekutif ke Lampung dari Jakarta. Nyaman, bersih dan tempat duduknya asik. Bisa jadi rekomendasi nih kalau mau ke Lampung.

Reply Delete
Avatar
Rani R Tyas 2019年9月13日 下午1:17:00

Mungkin maksudnya yang kursi berlima tapi malah ditempati berdua itu biar orang lain yang kalau mau duduk di sebelahnya, silakan aja (mungkin menurut orang yg duduk berdua itu gitu, Mbak). Sayangnya kok cuma menerima e-money dari bank BUMN ya. Duh sedih, aku pakenya kartu flazz je, hahahhaa!

Reply Delete
Avatar
Nanik Nara 2019年9月13日 下午2:34:00

Perjalanannya berapa lama sih mbak, kok ada bioskop juga di dalam kapal?
Suami asal bengkulu, tapi kami belum pernah mudik lewat jalur darat, pengen juga nih sesekali naik darat biar bisa ngerasain nyeberang naik kapal

Reply Delete
Avatar
Sri Widiyastuti 2019年9月13日 下午5:50:00

Nyaman banget ya naik Ferry ekslusif, baru tahu saya ada kelas eksklusif. Pernah juga ke Lampung dan palembang jalan darat. Terus naik kapal ferry. Pas saya dapatnya ekonomi, duh, gak enak banget karena campur perokok juga. Memang sih hanya sebentar tapi meski sebentar kalau nyaman kan enak ya ummi.

Reply Delete
Avatar
Hidayah Sulistyowati 2019年9月14日 下午1:45:00

Selisih dengan kapal yang ekonomi enggak banyak juga ya. Mending dulu naik kapal eksekutif ini aja ya, cuma 579 ribu dapat tempat duduk yang nyaman. Etapi aku nyebrang ke Bakauheni itu waktu akhir tahun 2017, udah ada belum sih

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti 2019年9月14日 下午4:11:00

Bagi yang membawa anak kecil memang pilihan banget nih kapal eksekutif. Si kecil bisa diajak ke tempat bermain, jadi ga crancky gitu ya pas dia bosan dengan situasi di dalam kapal.

Reply Delete
Avatar
Aswinda Utari 2019年9月14日 下午7:33:00

Duh ini serius ada bioskopnya jg mba. Duh, jd penisirin dah. Kalo bawa anak kecil jg ga worried ya mba krn ada tempat bermain beginih.

Reply Delete
Avatar
Emi Martini 2019年9月14日 下午8:55:00

Jadi 579rb itu total sama mobil dan penumpangnya 6 orang ya mba? Mb Al, Pak Huda, Baba, dan 3 anak. Menurutku murah banget mba. Apalagi kalau bisa dapat sofa ya. Terus temlat main anak bagus tuh, anak jadi ga rewel. Kapan yuk kota ngebolang ke Lampung

Reply Delete
Avatar
Utie Adnu 2019年9月14日 下午9:32:00

Aku nih mba yg masih takut buat Naik kapal pdhal gk pernah trauma you takut Aja klo udah d tengah laut gk bisa berenang

Reply Delete
Avatar
Siti Hairul Dayah/ catatansiemak 2019年9月14日 下午9:34:00

Wah asyik banget kapalnya. Bersih dan nyaman. Aku dulu sering naik kapal pas dari Kalimantan ke Jawa. Sekarang udah ga pernah lagi. Dulu kalo naik kalau udah berasa horor aja.

Reply Delete
Avatar
Farahdjafar 2019年9月14日 下午9:35:00

Nyaman banget ga sih? Baru tau kapal ferry ini memiliki beberapa fasilitas kece

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi 2019年9月14日 下午9:50:00

Oh...pantas saja temen anakku ada yang kampung halamannya di Lampung, kak...
Dan tiap mudik selalu bawa kendaraan dan nyebrangnya naik kapal, katanya...
Lebih hemat karena termasuk keluarga besar.

Reply Delete
Avatar
Dian Restu Agustina 2019年9月14日 下午10:17:00

Wah asyik banget kapalnya yak
Nyaman kalau kayak gini. Lengkap fasilitasnya...pasti gak berasa nyebrangnya.
Terima kasih infonya Mbak Alida

Reply Delete
Avatar
Mildaini 2019年9月14日 下午10:39:00

nyaman bangetya, aplaagi kalo bawak anak tentu mereka juga bisa tetap bermain. tapi kau juga suka kok main ke rumah bola, hehehe

Reply Delete
Avatar
Ainhy Edelweiss 2019年9月15日 上午3:01:00

Jujur mba aku tuh trauma naik kapal gegara nonton film titanic itu jd semacam phobia yg smpe skrg msh ada

Reply Delete
Avatar
Rudi Chandra 2019年9月16日 下午2:12:00

Asyik banget nih kapalnya, fasilitasnya lengkap dan suasananya juga nyaman.

Reply Delete
Avatar
aurabiru 2019年9月16日 下午11:32:00

perjalanan dari Jakarta ke Lampung berapa lama sih mbak kalau naik kapal eksekutif? apakah lebih cepat ketimbang naik kapal ferry? fasilitasnya lengkap juga ya.

Reply Delete
Avatar
Rosanna Simanjuntak 2019年9月17日 下午4:26:00

Wah, boleh juga nih referensi ibu Direktur.
Secara kami doyan bolang lintas propinsi.
Bolang terakhir kami masih pakai feri yang biasa

Reply Delete
Avatar
Nurul Sufitri 2019年9月18日 下午8:32:00

Wiiih...filmnya Fast and Furious? wkwkwkwkwk ga ada yg minat yah. udah kelamaan sih tayangnya kan :D 35K mirip HTM bioskop weekdays di area Depok dan sekitarnya ya hihihi. Wah, nakal itu kursi berlima cuma diduduki berdua. Kudu panggil petugas dong. Harus ada yang berani menegur penumpang egois semacam mereka. Aku belum pernah ke Lampung. Boljug nyobain kapal eksekutif ini. TFS, mb ALida :)

Reply Delete
Avatar
gita siwi 2019年9月18日 下午8:51:00

Wah ya enak ya kelas eksekutif. Baru sekali ke Lampung juga kak, naik dari Merak ya. Kapan kapan cobain ini akh pulangnya hahaha

Reply Delete
Avatar
Elly Nurul 2019年9月19日 上午8:28:00

hallo mba, sekitar 9 tahun yang lalu aku ke lampung, dan naik kapal eksekutif juga dari pelabuhan merak.. seingat aku berangkatnya malam jadi ngga terlalu perhatiin detail.. dan anakku masih 6 bulan jadi belum fokus sama tempat bermain anak. Kalo sekarang ke lampung naik kapal eksekutif juga sudah lebih nyaman ya mbak lebih family friendly

Reply Delete
Avatar
Ade UFi 2019年9月19日 上午10:36:00

Itu kapal eksekutif ada jadwal2nya ga, Mba? Trus kalau kita pergi naik bus damri atau kendaraan umum lainnya bisa ga ya ikut kapal eksekutif? Kebetulan banget nih pas ade juga mau main ke lampung nengokin ponakan yg masuk ITERA.

Reply Delete
Avatar
Lia_Lathifa 2019年9月19日 下午6:01:00

Eh asik juga ya mbak ada fasilitas eksekutif kaya gini, kukira kalo naik kapal laut fery tuh bakal membosankan, makanya aku suka malas diajak pergi ke Padang, takut mabuk laut atau riweuh anak bosan

Reply Delete
Avatar
Leyla Hana 2019年9月19日 下午8:16:00

Wah asik juga nih ke Lampung Naik kapal. Itu anak cowok mba Alida udah gede yah, aku baru liat lho. Ga usah nonton di bioskop ya dah kalo filmnya cuma satu. Mending nonton di internet wkwk

Reply Delete
Avatar
Eni Martini 2019年9月19日 下午11:03:00

Ini berkunjung ke sing langsung dapat ucapan..I LOVE YOU..Malam malam BW jadi melek wkwkwk. Btw pokoknya mau ah nyobain naik kapal ini klo ke Lampung. Umi ajakin aku ngebolang

Reply Delete
Avatar
Dian farida ismyama 2019年9月19日 下午11:42:00

Aku baru tahu kalau kapal eksekutif ada playgroundnya. Kalau bawa 3 anak berani ga ya? Aku cuma takut mereka ngilang, kan kapal besar sekali

Reply Delete
Avatar
Nurul Dwi Larasati 2019年9月20日 上午6:25:00

Seru juga nih nyebrang ke Lampung dengan kapal eksekutif ini. Nggak desek-desekan selama di kapal, fasilitasnya juga bikin nyaman penumpang.

Reply Delete
Avatar
faradillah 2019年9月24日 上午7:39:00

Aku juga pernah ngalamin pas ke lampung mau ke pahawang dan waktu itu pas pulang kapal yang pengen ditumpangin ada masalah. Terus ga tau kenapa jadi penumpang bisa naik eksekutif cuma nambah 25 rb aja perorang dan enak banget dalamnya

Reply Delete