Jalan-jalan ke Candi Borobudur di Magelang

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Jalan-jalan ke Candi Borobudur di Magelang


Liburan akhir sekolah sudah di depan mata. Sudahkah punya rencana berkunjung ke suatu daerah? Jika belum ada, Jawa Tengah bisa menjadi pilihan karena memiliki berbagai tempat wisata yan menarik untuk dikunjungi. Dari Jakarta, untuk menuju Jawa Tengah pun ada alternatif pilihan transportasi yang dapat dipilih. Mulai dari mobil pribadi, bus atau kereta api brantas bisa jadi solusinya.

Untuk tempat wisata, saya sarankan untuk mengunjungi Candi Borobudur yang terletak di Magelang, Jawa Tengah. Candi Borobudur ini, setiap tahunnya dikunjungi lebih dari 5 juta orang yang berasal dari dalam dan luar negeri. Ada pesona keindahan yang membuat Candi Borobudur ini selalu ingin dikunjungi, lagi dan lagi.
 
Sekeluarga, minus mas Ghaffar yang fotoin saat ke Candi Borobudur Agustus 2019

Tercatat sebagai salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia, Candi Borobudur ini tak sekedar menjadi tempat wisata namun juga memiliki nilai edukasi serta budaya yang menonjol. Kapan terakhir ke Candi Borobudur?

Saya bersyukur sudah tiga kali berkunjung datang ke Candi Borobudur. Tapi kesempatan untuk berkeliling di Candi Borobudur dan bahkan menikmati matahari tenggelam baru saya alami pada 17 Agustus 2019 ketika datang bersama keluarga.

Dua kunjungan saya ke Candi Borobudr sebelumnya adalah saat masih SMA dan hamil lima bulan. Saat masih SMA, kaki saya keseleo saat menginjakkan kaki di Candi Borobudur sehingga membuat saya harus balik ke bus karena kaki tak bisa melangkah dan sakit sekali.

Ketika hamil lima bulan, saya mendapat kesempatan belajar di Magelang oleh organisasi luar negeri dan mendapat kesempatan berkunjung ke Candi Borobudr. Tapi saya hanya bisa menikmati Candi Borobudur dari bawah. Dan ketika keponakan saya menikah di Magelang, kami pun menyempatkan untuk datang ke Candi Borobudur.

Sejarah Candi Borobudur dan Zona Kawasan Candi Borobudur

Menurut website resmi Taman Wisata Candi Borobudur, Candi Borobudur ini merupakan peninggalan Budha terbesar di dunia antara 780-840 Masehi pada masa Dinasti Sailendra. Peninggalan ini dibangun sebagai tempat pemujaan Budha dan tempat ziarah. Pada tahun 1814, Candi Borobudur ini ditemukan oleh Pasukan Inggris pada tahun 1814 dibawah pimpinan Sir Thomas Stanford Raffles.


Sebagian stupa-stupa yang saya foto

Struktur bangunan ini berbentuk kotak dengan empat pintu masuk dan titik pusat berbentuk lingkaran. Jika dilihat dari luar hingga ke dalam terbagi menjadi dua bagian yaitu alam dunia yang terbagi menjadi tiga zona di bagian luar, dan alam Nirwana di bagian pusat.

Zona pertama adalah Kamadhatu yang  terdiri dari 160 relief yang dianggap menggambarkan sifat dan nafsu manusia, seperti merampok, membunuh, memperkosa, penyiksaan, dan fitnah. Zona kedua adalah Rupadhatu yang memiliki 328 patung Buddha. Sedangkan zona ketiga adalah Arupadhatu yang memiliki 72 stupa. Stupa terbesar yang berada di tengah tidak setinggi versi aslinya yang memiliki tinggi 42 meter diatas tanah dengan diameter 9.9 meter.

Menikmati Candi Borobudur Bersama Keluarga

Total ada 12 anggota keluarga saya yang mengikuti jalan-jalan ke Candi Borobudur. Sebetulnya, kami berharap tiba di Candi Borobudur sekitar pukul 14.00 WIB sehingga lebih leluasa mengellilingi Candi Borobudur. Tapi apa daya, kemacetan sepanjang perjalanan dari Jakarta membuat kami harus tiba di Candi Borobudur pada pukul 16.00 WIB.

Harga Tiket Masuk Candi Borobur bervariasi sesuai usia. Untuk anak bayi hingga 2 tahun tidak dikenakan biaya apapun alias gratis. Anak usia 3 hingga 10 tahun membayar Rp 20 ribu, sedangkan usia di atas 11 tahun membayar Rp 40 ribu.  Candi Borobudur ini buka setiap hari sejak pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB.

 
Mba Tik, Mba Injah dan Mamah Ita 

Kawasan Candi Borobudur tutup pada pukul 17.00 WIB sehingga ada kesempatan satu jam buat kami untuk berkeliling Candi Borobudur. Karena sudah lama sekali tak datang ke Candi Borobudur, saya agak pangling dengan suasana Candi Borobudur yang berbeda. Rute perjalanan dari pintu masuk hingga ke kawasan Candi Borobudur ditempuh dengan jalan kaki. “Untung nggak datang siang hari. Kebayang panasnya,” kata suami saya. Betul banget!

Tiba di depan Candi Borobudur, kami sempatkan berfoto dengan latar belakang Candi Borobudur. Sungguh ini adalah pilihan yang tepat karena saya tak tahu bahwa pintu masuk dan keluar Candi Borobudur berbeda.
 
Bapak, Ayyas, Ummi dan Mas Ghaffar

Setelah itu, satu per satu kami pun menginjakkan kaki di Candi Borobudur yang masih tampak rapi, bersih dan terawat ini. Oh ya, tangga di Candi Borobudur ini tak terlalu luas dan ada beberapa bagian yang agak sedikit tinggi sehingga membutuhkan kehati-hatian.
 
Paling asyik berfoto bareng

Saya sebetulnya tak terlalu ingin ke atas, tapi karena suami, anak dan keponakan sudah naik duluan, mau tak mau saya pun terpacu. Kemudian diikuti oleh dua ipar saya yang juga ikut naik dan kemudian berkeliling Candi Borobudur.

Masih asyik berfoto juga dengan sebagian anggota keluarga

Kami lebih banyak menyempatkan waktu dengan berfoto serta menikmati keindahan alam serta kemegahan kawasan Candi Borobudur. Kepada Ayyas dan sepupunya, Ami, datang ke Candi Borobudur menjadi sarana pembelajaran karena ini pertama kali mereka datang ke Candi Borobudur. “Seru ya bisa lihat langsung Candi Borobudur. Senang,” kata Ayyas.

Sekitar pukul 17.20 WIB, sudah mulai tampak tanda-tanda matahari tenggelam. Kami sebetulnya ingin lebih lama menikmati mata hari hingga benar-benar tenggelam. Tapi sayangnya, kami harus segera turun kawasan Candi Borobudur karena akan ditutup.
 
Ketika matahari akan tenggelam

Kami sekeluarga turun berpencar-pencar. Saya dan suami turun paling akhir. Sepanjang perjalanan pulang, kami melewati lorong-lorong yang terdiri dari berbagai kios-kios sederhana yang menjajakan berbagai barang dengan harga terjangkau. Ada batik, kaos-kaos, souvenir beraneka macam yang saya untuk dilewatkan. Gantungan kunci isi 10 dijual seharga Rp 10 ribu. Ini tanpa tawar loh!

Sedangkan untuk kaos-kaos harganya bervariasi mulai dari Rp 20 ribu hingga Rp 50 ribu per potong. Bahkan banyak juga yang menjual 5 kaos seharga Rp 100 ribu. Tapi tentu saja semuanya sesuai dengan kualitas bahan kaosnya. Saya sempat beli satu gamis batik seharga Rp 150 ribu untuk mertua saya. Maklum, menantu idaman bangsa. Hahhahaa...

 
Ummi dan Bapak :) 

Setelah menunaikan shalat magrib, kami sekeluarga pun meninggalkan Candi Borobudur dan kemudian menuju rumah saudara. Ada yang sudah ke Candi Borobudur atau bahkan berencana ke Candi Borobudur?





Halo perkenalkan saya Alida. Seorang Ibu bekerja yang senang ngeblog. Jika ingin bekerjasama, bisa mengirm email ke lidbahaweres@yahoo.com. Terima kasih

54 則留言

Avatar
Herva Yulyanti 2019年9月28日 下午10:38:00

Aduh ga kuat fotonya yang terakhir ini bakalan didemo ini wkwkwk mesranya Bap&Ummi jadi pengen niru foto begitu :D

asik nih liburan ke Borobudur aku terakhir ya SMP :D

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti 2019年9月30日 下午10:34:00

tiketnya murah ya ummi naiknya ga terlalu dulu pas smp berapa yah lupa lagi soalnya sepaket sama semuanya jadi ga atau hahaha

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti 2019年9月30日 下午10:38:00

menantu idaman bangsa memang slelau ingat mertua duh ummi sungguh engkau baik hati sekali kubangga :)

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti 2019年10月2日 下午10:58:00

Ummi pas hamil 5 bulan udah bepergian ke Yogya memang yah ummi ini ibu dirut panutan bangsa dan negara kuat bagai hercules :)

Delete
Avatar
Lusi 2019年9月29日 下午2:11:00

Wah serunya bareng keluarga. Pic paling bawah itu jempol deh. Kami sudah beberapa kali ke Borobudur. Tapi kalau diingat-ingat, sepertinya kami selalu kesana siang panas2, entah kenapa wkwkwk. Padahal cakep banget kalau sore begini, ya.

Reply Delete
Avatar
Farida Pane 2019年9月29日 下午3:03:00

Jalan2 bareng keluarga besar ya. Pemandangannya kok ya pas indah nih

Reply Delete
Avatar
Farida Pane 2019年9月30日 上午9:35:00

Aku udah pernah ke candi borobudur saat tk. Satu rombongan bareng tetangga sekampung Hehehe..

Reply Delete
Avatar
Dwi Puspita 2019年9月29日 下午6:36:00

Saya belum pernah ke Borobudur mbak, memang ada rencana kapan2 mau liburan kesini bareng keluarga. Terimakasih ceritanya sedikit ada gambaran tentang candi Borobudur ini

Reply Delete
Avatar
nurul rahma 2019年10月1日 下午7:48:00

Seruu nih kalo bareng2 cuss ke Magelang kitaaahhh :D
--bukanbocahbiasa(dot)com--

Reply Delete
Avatar
Reyne Raea (Rey) 2019年9月30日 上午12:19:00

Duh mesranya ummi dan bapak hihihi.
Jadi kangen Borobudur nih mba, terakhir ke sana 10 tahun lalu, dulu tuh kayaknya belum secantik dan serapi sekarang deh.

Semoga bisa ke sana lagi ajak anak-anak, seru banget ya :)

Reply Delete
Avatar
Reyne Raea (Rey) 2019年10月2日 上午12:09:00

kalau saya lebih suka siang hari sih ke sana, soalnya pas matahari terang, jadi fotonya bagus hahaha.
Tapi ternyata sore juga keceh yak, mataharinya keren.

Mungkin kembali ke selera, kalau saya lebih suka hasil foto ngejreng dan terang.
Dasar emang saya mamak-mamak lebih peduli ama foto-foto hahaha

Reply Delete
Avatar
Lucky Caesar 2019年9月30日 上午1:07:00

Luvvv bangeet mbaaak liat senja di candi borobudur. Pas banget saya kesana awal september lalu bisa dapet sunsetnyaa, super memesona 😁♥️

Reply Delete
Avatar
PuputFebriina 2019年9月30日 上午7:21:00

Seru banget ya ummi liburan bareng keluarga gini. Lihat foto fotonya jadi pengen liburan ke borobudur juga nih.

Reply Delete
Avatar
Larasatinesa 2019年9月30日 上午7:53:00

Kangen banget mba, aku udah lama nggak ke Borobudur. Pengen tau sekarang kayak apa perubahannya. Kayaknya harus agak pagi ya ke sini sebelum banyak orang hehe

Reply Delete
Avatar
Lidya Fitrian 2019年9月30日 上午7:54:00

Aku kepingin banget lihat sunrise di Candi Borobudur mbak, keren banget lihat fotonya sih :) Tapi harus menginap di sekitar sana dulu ya supaya lebih dekat saat masuk ke candi

Reply Delete
Avatar
Dyah Prameswarie 2019年9月30日 上午8:20:00

Masya Allah, aku sudah lama banget nggak ke Borobudur :D Sekarang ini rasanya pengen ke sana lihat sunrise, mudah-mudahan segera dilancarkan. Aamin.

Reply Delete
Avatar
Widya Lim 2019年9月30日 上午11:44:00

aku udah lama gak main ke Borobudur, pengen deh ke sana bersama keluarga juga ^^ Pasti seru yaa rame2 gitu hihii

Reply Delete
Avatar
Rani Yulianty 2019年9月30日 下午4:10:00

Pertama kali ke Candi Borobudur waktu kuliah dan bareng temen-temen, kedua kali bareng keluarga minus anak-anak karena mereka belum lahir, sekarang pengen ke sana lagi setelah ada anak-anak, apalagi si sulung sudah tahu candi borobudur dari buku dan penasaran pengen ke sana

Reply Delete
Avatar
Rudi Chandra 2019年9月30日 下午4:46:00

Jadi pengen liat sunset di Borobudur juga. Cakep banget kayaknya.

Reply Delete
Avatar
Mechta 2019年9月30日 下午5:26:00

Beberapa kali ke Borobudur, tapi blm pernah sore. Suka deh dg foto saat mentari mulai turun itu mba.. kecee...

Reply Delete
Avatar
YSalma 2019年9月30日 下午5:47:00

Saya sudah beberapa kali ke Candi Borobudur ini, mba. Terakhir membawa anak lanang. Dan sepertinya ga pernah bosan untuk terus berkunjung, sebab waktu ke sana terakhir ada bagian yang sedang direnovasi, anaknya belum puas mengitarinya.

Reply Delete
Avatar
Nurul Fitri Fatkhani 2019年9月30日 下午8:54:00

Saya juga sudah beberapa kali jalan-jalan ke Candi Borobudur. Waktunya biasanya siang-siang. Padahal ingin sekali lihat keindahan matahari terbenam dari atas Borobudur. MasyaAllah indah sekali

Reply Delete
Avatar
nurul rahma 2019年9月30日 下午10:22:00

Wah, menyaksikan sunset di Borobudur udah pasti jadi awesome moment ya Mba
Aku puingiiin ajak anakku main ke sana
--bukanbocahbiasa(dot)com--

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi 2019年10月1日 上午5:35:00

Aku pangling sama borobudur zaman sekarang, kak..
Karena pintu masuknya jadi bersiih...bebas pedagang.
Alhamdulillah,
Ditarik biaya retribusi jadi banyak perubahan baik.

Reply Delete
Avatar
Nia K. Haryanto 2019年10月1日 上午6:08:00

Terakhir itu tahun 2011. Hehehe udah lama banget. Bawa keluarga makin seru ya. Berburu sunset gitu. 😁

Reply Delete
Avatar
Artha Amalia 2019年10月1日 上午6:38:00

saya baru sekali ke borobudur bersama keluarga. seruuu. apalagi bs naik delman. dulu dr jogja sih, naik bus ke magelang. sekarang masih kuat gak yaaa naik tangga sebanyak itu, kapan2 ke sana lagi deh

Reply Delete
Avatar
Ida 2019年10月1日 上午7:22:00

Sudah lama banget engga ke sana jadi pengen ke sana lagi.. itu souvernir nya Murmer banget ya..hehe .

Reply Delete
Avatar
Winda - dajourneys.com 2019年10月1日 上午8:31:00

saya baru pertama kali ke candi borobudur mbak, dan salah timing wkwkwk karena pas siang jadi panas banget dan musim liburan jadi padat sekali wisatawannya

Reply Delete
Avatar
Leyla Hana 2019年10月1日 上午8:56:00

Mba Alida semacam lebay gitu deh di foto terakhir wkwkw.... Meluknya itu lho, bikin bapak gak bisa napas tuh kayaknya. Enak yah ke Borobudur pas sepi gini. Aku kemarin rame banget karena mau taun baru. Susah dapat foto bagus euy.

Reply Delete
Avatar
Suzannita 2019年10月1日 上午9:34:00

Sudah tiga kali ke Borobudur dan tidak pernah bosan ya berkeliling disini, karena keadaan masih belum bisa mengeksplor semua tempat di sini

Reply Delete
Avatar
Arda Sitepu 2019年10月1日 上午11:44:00

Wah udah lama banget enggak ke Candi Borobudur mbak. Aku juga pengen ajak keluarga dan seru banget pastinya.

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi 2019年10月1日 上午11:47:00

Kalau mau lihat sunset atau sunrise, berarti Borobudur jam operasionalnya dari jam berapa sampai jam berapa, kak...?
Aku pikir hanya kalau ada acara keagamaan ajaa..

Reply Delete
Avatar
Sulung Siti Hanum 2019年10月1日 下午1:51:00

Kangen banget sama Candi Borobudur. Kalau aku ke sananya abis subuh biar dapat momen sunrise.

Reply Delete
Avatar
Susie Ncuss 2019年10月1日 下午7:17:00

wah,,, jadi keidean nih buat jalan2 di Borobudur pas sore-sore aja biar nggak kepanasan.
waktu itu saya bawa ibu dan adik2 ke sana pas jam 10 dan panasnya MasyaAllah =))

Reply Delete
Avatar
Tetty Hermawati 2019年10月1日 下午11:01:00

aku belum pernah ke sini huhu, pengen deh jalan2 ke sini bareng keluarga, cuma suamiku aja yang udh beberapa kali ke sini

Reply Delete
Avatar
Rohyati Sofjan 2019年10月2日 上午9:53:00

Lihat fotonya jadi kangen Borobudur dan pengen ajak keluarga ke sana juga. Dulu kala SMP mah gak naik sampai paling atas, lupa di bagian mana pokoknya di tengah jadi gak bisa lihat bagian lain yang keren. Maklumlah kecapaian di siang panas gitu jadi anak perempuan yang ngegeng dengan saya gak mencar jauh. Foto bareng di depan stupa bulat. Tapi suasananya beda dengan sekarang, yang sekarang terlihat lebih apik. Saya ke sana tahun 1993. :D

Reply Delete
Avatar
Jiah Al Jafara 2019年10月2日 下午5:07:00

Aku ke Borobudur tahun lalu dan pengen balik lagi. Kemarin dapatnya sore sampai sunset. Maunya coba saat sunrise. Kayanya kece

Reply Delete
Avatar
Zahra Rabbiradlia 2019年10月2日 下午6:30:00

Sudah pernah juga ❤ terakhir kesana itu pas SMP hehe. Katanya candi borobudur mau dipugar ya mba. Ingin ke sana lg hehe

Reply Delete
Avatar
Sri Widiyastuti 2019年10月2日 下午8:42:00

Belum pernah ke candi Borobudur, pernah sih ke Jogja tapi belum ada kesempatan ke candi Borobudur'. Jadi mupeng deh bisa naik sampai stupa paling tinggi

Reply Delete
Avatar
Farida Pane 2019年10月2日 下午8:52:00

Aku aja baru ngeh kalau pintu masuknya beda sama pintu keluar ya. Cuma sekali sih ke sana waktu kecil

Reply Delete
Avatar
Arina Mabruroh 2019年10月2日 下午9:48:00

Jadi kangen Borobudur... Udah lama banget dulu ke sana tahun 2012 keknya. Semoga kelak.bisa ajak anak2 ke sana.

Waktu ke Borobudur itu tiketnya 30rb untuk wisatawan lokal dewasa. Naiknya cukup murah ya, sekarang 40rb. Tapi aku dulu ngerasa bayar tiket @30ribu mahal.. Eh pas tinggal di Bali, tempat wisata rata2 paling murah di atas 50rb 😁

Reply Delete
Avatar
Emak petualang 2019年10月3日 上午9:48:00

Wah asyik nih..jd kangen jalan2 ke sana..sdh lama banget ..anak2 jg ada yg blm sempat ke sana nih.. mudah2 an ada rezekinya..

Reply Delete
Avatar
Lidya Fitrian 2019年10月3日 上午10:05:00

Kalau aku ke Borobudur masa mamaku nitipnya ulekan mbak yang dijual di kios-kios itu hihihi

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti 2019年10月3日 上午11:50:00

Aih aiiihh mesranya Ummi dan Bapak, mau dooonk ikutan peluk (peluk suami sendiri mbaaa maksudnya).

Meski sudah beberapa kali ke Borobudur, aku enggak bakal nolak kalau diajak ke sana lagi. Selalu ada rasa yang istimewa ketika berkunjung ke bangunan bersejarah.

Reply Delete
Avatar
Indah Nuria Savitri 2019年10月3日 下午12:12:00

Borobudur memang magical yaaa mba..aku senang ke sini, udah pernah sama ank - anakku jugaaa. Seruu bangeet

Reply Delete
Avatar
Elly Nurul 2019年10月3日 下午12:14:00

Ke Candi borobudur saat keenan usia 2 tahun, dan sekarang sudah hampir 10 tahun.. artinya sudah lama banget ngga ke borobudur.. pengen juga deh kesana lengkap berempat, semu banget seperti mba Alida ini.. aamiin

Reply Delete
Avatar
Arda Sitepu 2019年10月3日 下午12:21:00

Tahun depan mesti ke Yogyakarta lagi ini mbak dan ke Candi Borobudur pengen ajak keluarga biar makin seru.

Reply Delete
Avatar
Mbak Nyi 2019年10月3日 下午12:24:00

Candi Borobudur selalu ngangenin ya mba untuk dikunjungi
aku juga kangen ke sini, belum sempet naik. Pas kapan cuma jaga stand di bawah meh naik udah capek duluan hahaha

Reply Delete
Avatar
Maria 2019年10月3日 下午3:32:00

enaknya sore ke Borobudur, pas siang banget.

Reply Delete
Avatar
Diah Alsa 2019年10月3日 下午6:17:00

Saya belum pernah ke Candi Borobudur nih Mbak, pengennya suatu hari nanti bisa kesana juga bareng keluarga.
Asyik banget ya Mbak, lihat sunset gitu bareng2. :)

Reply Delete
Avatar
Leyla Hana 2019年10月3日 下午10:32:00

Cantik banget matahari tenggelam di Borobudur. Membuatku ingin foto ulang di sana. Tapi harus siap tenaga nih karena cape naik ke atas.

Reply Delete
Avatar
Mira Utami 2019年10月3日 下午10:37:00

Sayangnya waktu kesana gak bisa lihat sunrisenya karena hujan gerimis pas subuh. Ada beberapa tempat oleh-oleh yang masih sangat terjangkau sekali. Rindu akan kesana lagi yuk barengan ama Babam

Reply Delete
Avatar
Mbak Nyi 2019年10月7日 下午12:25:00

Jogja sepertii punya magis tersendrii ya Mba Lidh
aku juga suka ke JOgja, banyak situsnya dan banyak tempat bersejarah termasuk Borobudur ini

Reply Delete