Makan Durian di Sop Durian Kunyil

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Makan Durian di Sop Durian Kunyil

Setiap kali ke Medan, salah satu kuliner yang tak pernah saya lewatkan adalah makan durian. Medan memang terkenal dengan duriannya. Mungkin karena sejak dulu saya memang selalu suka durian. Jaman masih SD dan tinggal di Ambon, durian di Ambon murah banget. Satu karung berisi durian, harganya Rp 5000. Rasa duriannya manis tak terkira. Dan buahnya pun berlimpah. Sampai0sampai, mama saya mengolah berankea durian karena masih banyak durian yang tersisa.

Sop durian enak. Sumber : Sopduriankunyil.com
Saat pindah ke Surabaya, kerap kali diajak saudara-saudara ke desa yang banyak menjual durian. Di sana, kami bebas makan sepuasnya. Dagingnya tebal dan rasanya manis. Benar-benar masak di pohon. Nah, setelah tinggal di Jakarta, keinginan makan durian tentu tak terbendung. Saat ulangtahun beberapa tahun lalu, keinginan saya satu yakni diajak suami makan durian. Dan, alhamdulillah kesampaian. Tapi, saya tentu juga ingin makan olahan durian. Olahan durian tentu banyak dijual dimana-mana. Nah, salah satu makan olahan durian yang saya coba adalah Sop Durian Kunyil. Saya memilih memesannya online. Saya memesan Sop Durian dan seporsi Batagor Siomay.  Untuk menu lainnya bisa langsung ke website www.sopduriankunyil.com atau cek IG @sopduriankunyil.

Saya memesan melalui Go Food, walaupun kalau mau makan Sop Durian bisa langsung ke Jl. Anggrek Cendrawasih Blok K No 39B, Jakarta Barat. Oh ya, tak hanya sop durian yang dijual melainkan juga ada Batasio (batagor siomay campur) yang dijual di Sop Durian.


Batasionya enaakk
Tak lama setelah pesan, makanan pun tiba. Saya langsung mencoba batasio yang tiba dalam keadaan panas. Kulit batagornya kriuk kriuk gurih dan pas di lidah ya. Sedangkan siomanya terasa sekali ikannya, kulitnya pun lembut. Untuk rasa bumbu kacangnya juga saya suka karena gigitan kacangnya masih terasa. Oh ya, batasio ini juga dilengkapi potongan jeruk nipis dan sambal. Untuk rasa, enak di konsumsi.

Kemasan Sop Durian Kunyil 
Setelah kenyang makan batasio, saya kemudian mencoba makan sop durian. Sop durian Kunyil kerasa banget daging duriannya. Saya pernah beli yang sejenis ini namun teryata, lebih banyak es batu daripada daging durian. Jadi saat lihat, bagian atasnya ada daging durian, tapi pas bagian bawah eh malah isinya es batu. Tapi Sop Durian ini isinya benar-benar daging durian. Kejunya pun berlimpah. Bagi saya, perpaduan daging durian dan keju benar-benar perpaudan yang pas dan lezat.
Setelah makan ini,  saya berasa ingin nambah lagi (dan lagi!)  

Tampilan batasio saat pertama tiba :)


64 አስተያየቶች

Avatar
Ria Rochma 18/10/2016 7:32 ከሰዓት

Sop durian? Baru dengar nih. Jadi penasaran gmn rasanya

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 19/10/2016 7:53 ጥዋት

Enaak mba Ria. PAsti mau nambah, HIhii

Reply Delete
Avatar
Rotun DF 18/10/2016 7:56 ከሰዓት

Aku ada temen di Ambon Mba, sering banget pamer durian. Tapi nggak nyangka ih bisa semurah 5000 dapet sekarung. Alamaak, pengen terbang ke sana, hihi.
Di Palopo juga murah kalau lagi musim, tapi bersabar masih lama sampai bulan Januari-Februari. Coba di Jakarta ya, bisa langsung pesen sop durian Kunyil ini. Yummy...

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 19/10/2016 7:54 ጥዋት

Iyaa di Ambon banyak durian enak mbaa :)

Reply Delete
Avatar
tutyqueen 18/10/2016 11:15 ከሰዓት

aku suka banget durian di olah jadi apa aja sukaak hihih

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi 19/10/2016 7:20 ጥዋት

Duriian si raja buah.
Hummm, ngiler liat fotonya mba Lida.

^^

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 19/10/2016 1:20 ከሰዓት

Biar makin suka nambah ya, makan durian :)

Reply Delete
Avatar
Ophi Ziadah 19/10/2016 10:07 ጥዋት

durian tahunya ucok aja klo di Medan, nice share mbaa..bs buat alternatif

Reply Delete
Avatar
Kanianingsih 19/10/2016 11:10 ጥዋት

pake keju juga ya mba ? duuuh enaknyaaa

Reply Delete
Avatar
Yudy Ananda 19/10/2016 11:48 ጥዋት

wadau keju dan duriannya bikin saya bergetarrrrrrrr :D

Reply Delete
Avatar
Ira duniabiza 19/10/2016 12:13 ከሰዓት

Waa murah ya. Mauuu mauu saya suka saya suka.. eh apalagi makannya dipadu sama batagor somay.. duh bikin ngiler di siang bolong..

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 19/10/2016 1:23 ከሰዓት

Hihiii
Aku juga pengen nambah lagi mba :p

Reply Delete
Avatar
Nefertite Fatriyanti 19/10/2016 1:15 ከሰዓት

Waah murah ni mba, omong-omong kapan bisa men durian sama dikau ya mba? ahahaha

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 20/10/2016 12:22 ከሰዓት

harganya terjangkau mba. Hayuk tapi nunggu musimnya dulu kali ya. Hihii

Reply Delete
Avatar
Okti Li 19/10/2016 1:41 ከሰዓት

Wah, kesukaan kami semua ini, Batagor dan durian, yummy :)
Pantesan mau nambah lagi, saya aja yang lihat udah ngiler, hihi...

Reply Delete
Avatar
Nurul Fitri Fatkhani 19/10/2016 2:05 ከሰዓት

Saya belum pernah nyobain sop durian. Gak eneg ya, Mbak? Kalo buah duriannya, itu favorita saya..

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 20/10/2016 12:48 ከሰዓት

Nggak eneg mba Nurul. Enak banget euy :)

Reply Delete
Avatar
Eri Udiyawati 19/10/2016 3:21 ከሰዓት

Baru denger ada sop durian, pasti rasanya unik karena ada irisan keju dan seger banget

Reply Delete
Avatar
Leyla Hana 19/10/2016 5:33 ከሰዓት

Aaarrrgg enak banget ini sop durian. Aku suka banget durian.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 20/10/2016 8:30 ጥዋት

SOP durian kunyil ini pasti bikin tambah doyan mbaa

Reply Delete
Avatar
Riska Ngilan Haryono 19/10/2016 8:14 ከሰዓት

Sop Durian cuma 5000 ? murahnya mbak, aku pengen juga :D

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 20/10/2016 8:30 ጥዋት

Itu jaman dulu pas ke Ambon harga duriannya Rp 5000 mba :)

Reply Delete
Avatar
Kurnia amelia 19/10/2016 9:20 ከሰዓት

Ya ampun kakakk malem-malem baca ini jadi laperrrr itu kejunya tumpeh-tumpehhh.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 20/10/2016 8:29 ጥዋት

Keju yang banyak yang bikin makin lapaar. Hihii

Reply Delete
Avatar
Molly 19/10/2016 10:20 ከሰዓት

Sebetulnya aku kurang suka sama durian. Sekedar nyicip aja atau makan olahannya siy masih oke, mba. Di Medan soalnya ngga putus duriannya. Tinggal ke Durian Ucok, selesai persoalan. Hehehe :D.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 20/10/2016 8:28 ጥዋት

Asyik kalau di Medan banyak pilihan juga ya mba

Reply Delete
Avatar
lianny hendrawati 19/10/2016 11:04 ከሰዓት

Ini cocok banget buat yang suka durian ya. Anak-anakku suka durian semua :)

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 20/10/2016 8:28 ጥዋት

Asyiiik. Anakku juga suka durian mbaa Lianny :)

Reply Delete
Avatar
Mira utami 20/10/2016 10:37 ጥዋት

Aikhh ngilerrr ini..dr kmarin kepengen es duren...

Reply Delete
Avatar
Gustyanita Pratiwi 20/10/2016 5:43 ከሰዓት

Dureeeeeeenn, i like duren very much aulalaaa
Ahahhaha
Cocok ni buat oyeh oyeh

Reply Delete
Avatar
Larasati Neisia 21/10/2016 9:11 ጥዋት

Keliatannya kayak yang enak. Tapi apalah dayaku mba aku nggak suka duren. Katanya yang nggak suka duren rugi. Hiks..

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 21/10/2016 9:34 ጥዋት

Iyaa rugi mba kalo nggak suka duren. Hihiii

Reply Delete
Avatar
Irly 21/10/2016 10:21 ጥዋት

aaakk.. ngiler!! Apalgi cuaca lagi panas gini..huhu

Reply Delete
Avatar
Dita Indrihapsari 21/10/2016 12:16 ከሰዓት

Walaah, aku pun bukan termasuk orang yang suka duren. Hihihi.. Rugi juga ya aku mba.. :D Bisa sih makan duren tapi dikit dan memang gak suka aja, mungkin karena aromanya, ya..

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 21/10/2016 1:17 ከሰዓት

Emang selera orang masing-masing ya mba :)

Reply Delete
Avatar
Ria M Fasha 22/10/2016 10:29 ከሰዓት

belum pernah nyobain sop durian kalo aku mbak....
sejauh ini nyobanya es durian hihih
enak sih, tapi aku gx bisa banyak2 makan durian, sering panas dalam gitu jadinya

Reply Delete
Avatar
fanny fristhika nila 23/10/2016 1:30 ጥዋት

buah yg aku suka banget, tp lg coba utk ngurangin skr ini :D.. mengingat U hahaha ;p tp sesekali msh maulah nyobain durian.. di jakarta barat ya mba... coba ah aku pesen ntr.. selama ini sih kalo kgn durian , aku titip ama mamaku di medan, yg kalo mw ke jkt, suka bawain durian ucok, yg udh disimpen dalam tupperware gitu :D

Reply Delete
Avatar
Inna riana 23/10/2016 6:59 ከሰዓት

kirain batasio makanan apa :p
aku sukaa sop durennn

Reply Delete
Avatar
Emak Riweuh 23/10/2016 7:01 ከሰዓት

kirain batasio makanan jenis baru :p
aku sukaa sop dureen

Reply Delete
Avatar
Santy Musa 24/10/2016 11:54 ጥዋት

waahhh ... duriannya menggoda banget. cuma sayang ya seringkali olahan daging durian mnejadi mahal harganya jadi ga bisa sering-sering beli kayak beli tahu :D

Reply Delete
Avatar
tutyqueen 26/10/2016 1:39 ከሰዓት

Ya ampun duriaaan enak banget, aku penggemar durian mbak

Reply Delete