Sewa Kostum di Rizrha Rumah Kostum

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup

Sewa Kostum di Rizrha Rumah Kostum

Saya pernah mengalami kebinggungan saat anak akan mengadakan kegiatan dan membutuhkan kostum yang unik. Untuk beli baru, kayaknya sayang banget karena akan jarang dipakai. Nggak mungkin juga kan jalan ke mall pakai baju ala tuan putri?. Atau ke kondangan nikahan pakai baju tradisional suatu negara? Mmh .. buat saya sih nggak banget. Kalaupun harus menyewa, harus menyewa dimana?

Dengan berjalan waktu, saya berkenalan dengan Ami Rizrha Puspita. Dari hasil obrolan, saya kemudian tahu bahwa Mba Ami, menyewakan beraneka kostum untuk berbagai keperluan. Nama tempat penyewaan kostumnya adalah Rizrha Rumah Kostum. Ketertarikannya di usaha penyewaan kostum dmulai pada tahun 2011. Sebelumnya, kakaknya yang mengawali usaha kostum pada tahun 2008. Kebetulan sang kakak adalah guru tari dan guru PG-TK (Playgroup dan Taman Kanak-Kanak). “Muridnya banyak yang minta kostum,” kata Mba Ami.

Model cilik!
Lama kelamaan, ia membantu mengelola. Modal awal yang dimiliki dibelikan kostum kemudian hasil penyewaan kostum diberikan kostum lagi. Dana yang diperoleh selalu digunakan untuk membeli kostum. Hingga kini, total design kostum yang dimilikinya mencapai ratusan!

Baca : Sewa Kostum 

Saking banyaknya, kostum yang disewakan disimpan di rumahnya di kawasan Grand Depok City dan di rumah kakaknya di kawasan Puri Depok Mas Sawangan, Depok, Jawa Barat. Kostum yang disewa kerapkali digunakan untuk beragam kegiatan. Mulai dari Kartinian- Hari Pahlawan, Pentas Seni Akhir Tahun, hingga foto kelas. Kostum yang disewa pun berbeda-beda setiap kegiatan. Jadi, tak bisa ditentukan satu jenis kostum. Alhasil, ada yang menyewa kostum sampai ratusan untuk satu sekolah. Kebayang repotnya mengurus penyewaan kostum sebanyak itu.

Mba Ami dan Chika, buah hatinya 
Nah, bicara soal harga, harga sewanya tergantung modal beli atau membuat baju. “Rata-rata 1/3 dari harga modal,” kata Mba Ani. Tapi ada juga yang harga sewanya 1/10 dari harga modal. Namun dari sekian banyak kostum yang ia miliki, kostum karakter binatang yang paling susah dibuat karena proses pengerjaannya yang lama dan pembuatannya memakan waktu yang lama. Bahkan baju ala princes atau dance yang unik, ia pesan khusus di Bali. 

Baca : Kenali Bakat Anak 

Kalau pakai penjahit sendiri, ia mencari bahan dan rendah di kawasan Tanah Abang. Untuh tahun ini, tema pentas seni adalah kostum internasional. Alhasil ia pun membuat kostum beberapa negara sesuai pesanan. Untuk perawatan kostum, ia memilih membersihkan baju ke laundry
Hingga kini, Mba Ami lebih banyak memasang foto-foto hasil kreasinya di facebook miliknya. Di facebook miliknya, saya melihat beraneka kostum. Mulai dari kreasi kostum sayur-sayuran, penari India hingga kostum binatang beraneka rupa. Semuanya lengkap tersedia di penyewaan kostum milik mba Ami. Mba Ami juga kerap kali melakukan pertemuan demi pertemuan dengan calon kostumer. Berbagai peralatan pun dibawa. Mulai dari contoh kostum yang akan dipesan hingga banyak hal lainnya.  Apalagi saya mengenalnya sebagai sosok yang supel sehingga tak menemui kesulitan dalam bergaul. 

Baca : Puasa untuk Anak 

Tak hanya itu saja, kerap kali ia sendiri yang menjadi model untuk kostum yang disewakan. Kostum yang disewakan, kemudian ia kenakan dan di foto untuk di pajang di facebook miliknya. Sementara itu, Mba Ami lebih banyak melayani pemesanan di wilayah Depok-Cinere-Cibubur- Jagakarsa-Lenteng Agung. Tertarik? Silakan hubungi mba Ami langsung yaa di alamat email : afizarana@gmail.com. Terima kasih   






47 አስተያየቶች

Avatar
Alaika 12 ኤፕሪ 2016 4:23:00 ከሰዓት

Saya juga punya pemikiran yang sama, Mbak. Sayang rasanya beli kostum yang hanya akan dipake sekali dua saja. Mending nyewa ya. :)

Enak juga kalo punya bisnis penyewaan kostum gini. Bisa berfoto dg aneka kostum tanpa harus nyewa. Hehe.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 12 ኤፕሪ 2016 6:44:00 ከሰዓት

Iya mba Al. Sewa yang terbaik. Hiihi. Emang bener juga bisnis penyewaan kostum bisa bikin bolak2 balik poto sekaligus promosi, mba Al. Hehee

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 13 ኤፕሪ 2016 6:22:00 ጥዋት

Colek pemiliknya langsung, Ika. Ada di facebook chici

Reply Delete
Avatar
Dewi Elsawati 13 ኤፕሪ 2016 2:00:00 ከሰዓት

Aiih lucunya! Mau juga dong sewa kostum buatku dan Icha :D

Reply Delete
Avatar
Lily Widjaja Sinaga 13 ኤፕሪ 2016 3:18:00 ከሰዓት

Kebetulan saya lagi cari baju adat untuk perayaan Kartini nanti, ini bajunya lucu2 banget :)

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 14 ኤፕሪ 2016 6:25:00 ጥዋት

Bener ya. Pas Perayaan Kartini, baju adat paling dicari :). Hihiii. Makasih, mba

Reply Delete
Avatar
muti mimut 13 ኤፕሪ 2016 5:35:00 ከሰዓት

Pas banget nih infonya, lagi nyari kostum sewaan untuk karnaval Kartini di sekolah anakku :)

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 14 ኤፕሪ 2016 6:26:00 ጥዋት

Pas banget, mba MUti. Ntar bisa colek pemiliknya langsung. Hihii

Reply Delete
Avatar
Aprillia Ekasari 13 ኤፕሪ 2016 9:31:00 ከሰዓት

Wah kalau anakku dah sekolah dan ikutan karnaval bisa nih pinjem di Mbak Ami :D

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 14 ኤፕሪ 2016 6:26:00 ጥዋት

Ya mba April. Kan deket ya dari Depok :)

Reply Delete
Avatar
Cumilebay MazToro 14 ኤፕሪ 2016 10:33:00 ጥዋት

Jauh banget, kalo daerah jakarta pusat melayani ngak ??? hehehe

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 14 ኤፕሪ 2016 6:26:00 ከሰዓት

Kayaknya hanya wilayah Depok dan sekitarnya aja, mas. Ribet di packingnya :)

Reply Delete
Avatar
Keke Naima 14 ኤፕሪ 2016 11:48:00 ጥዋት

kalau kostum mmenag mendingan nyewa, ya. Sayang kalau beli sendiri :)

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 14 ኤፕሪ 2016 6:27:00 ከሰዓት

Iyaa, mba. Lagian susah juga buat sendiri. Hehehee

Reply Delete
Avatar
Ummi Nadliroh 14 ኤፕሪ 2016 9:37:00 ከሰዓት

Saya sering bingung pas anak yg TK ada acara yg membutuhkan kostum. Coba di tempat saya ada persewaan kostum jg ya... :)

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 15 ኤፕሪ 2016 7:00:00 ጥዋት

Atau mba bisa loh buat usaha penyewaan kostum gitu :)

Reply Delete
Avatar
lianny hendrawati 15 ኤፕሪ 2016 10:28:00 ጥዋት

Kostum-kostum gini banyak dicari saat mau Kartinian atau karnaval ya. Memang enak sewa daripada beli atau bikin sendiri.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 15 ኤፕሪ 2016 10:58:00 ጥዋት

Iyaaa mba Lianny. Apalagi pas pekan seni atau perpisahan acara tahunan :)

Reply Delete
Avatar
uni dzalika 16 ኤፕሪ 2016 8:32:00 ጥዋት

Pas banget lagi mau nyari baju untuk kartinian malah baca ini. Depok pula! Makasih untuk sharingnya ya mbak. Aku udah lihat galeri mereka di fb

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 16 ኤፕሪ 2016 8:44:00 ጥዋት

Alhamdulillaah moga berkah dan nemu yang pas ya, mba :). Makasih

Reply Delete
Avatar
Zoraya Azahra 10 ፌብሩ 2017 1:51:00 ከሰዓት

Mba uni... facebooknya mba ami apa ya?

Reply Delete
Avatar
Lia Lathifa 18 ኤፕሪ 2016 4:20:00 ከሰዓት

wah baru tau ada penyewaan baju deket bgt sama lokasi rumah, mmg perlu ya nyewa kostum drpd beli sayang numpuk di rumah. Thanks infonya mbak :-)

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 22 ኤፕሪ 2016 4:54:00 ከሰዓት

Sama-samaa, mba Lia :)
Moga bermanfaat yaa :)

Reply Delete
Avatar
Wida Zee 18 ኤፕሪ 2016 4:21:00 ከሰዓት

Hi mbak Alinda, lucu-lucu yah kostum sewaannya hihihi :))

Reply Delete
Avatar
Kanianingsih 21 ኤፕሪ 2016 8:06:00 ጥዋት

Bulan April biasanya tempat penyewaan kostum rame ya, soalnya ada kartini day :)

Reply Delete
Avatar
Dewi Nur Azizah 21 ሴፕቴ 2016 10:24:00 ጥዋት

mba maaf ada kostum buat nari india .?

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 21 ሴፕቴ 2016 10:25:00 ጥዋት

Ada, mba. Bisa langsung ke mba Ami yang punya kostum :)

Reply Delete
Avatar
Dewi Nur Azizah 21 ሴፕቴ 2016 10:25:00 ጥዋት

mba maaf ada kostum buat nari india .?

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 7 ኖቬም 2016 10:56:00 ጥዋት

Ada mba. Bisa langsung ke Mba Ami yang punya kosum :)

Reply Delete
Avatar
Fira Azzahra 27 ኖቬም 2016 7:59:00 ከሰዓት

Nama facebooknya mba Ami apa ya? Terima kasih :)

Reply Delete
Avatar
ስም አልባ 18 ኤፕሪ 2017 9:58:00 ጥዋት

mbak, nomor telp ada kah?

Reply Delete
Avatar
Lina Mardiana 10 ሜይ 2017 12:24:00 ከሰዓት

Mba... Utk sewa baju india utk nari usia 9 thn ada ga? Brp 1 stel nya mba? Krn mau sewa beberapa...

Reply Delete
Avatar
ስም አልባ 17 ሜይ 2017 5:18:00 ከሰዓት

mbak jas utk anak cowok umur 7 tahun & 5 tahun ada gak ?

Reply Delete
Avatar
Nurul Sufitri 15 ጁላይ 2017 8:27:00 ከሰዓት

Lucu2 ya kostumnya ada saur-sayuran, penari India dll. Dari hobi mengoleksi akhirnya jadi usaha sendiri, keren nih.

Reply Delete
Avatar
Mira Utami 10 ኦገስ 2017 10:15:00 ጥዋት

aihhh lucu selama ini babam beli ekhh dikasih denk,, bisa sewa nih biar irit

Reply Delete
Avatar
fenni bungsu 28 ኖቬም 2018 5:08:00 ከሰዓት

Nah pas banget ini jelang akhir semester 1, pasti ada event di sekolah dan sewa baju jadi pilihan untuk mendukung acara. Dari pada beli ya kan..kan..

Reply Delete