Olahraga untuk Pekerja Kantor

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Olahraga untuk Pekerja Kantor


Jadi pekerja kantor harus pintra-pintar atur waktu buat olahraga. Sebetulnya di masa sekarang, ada banyak kemudahan atau fasilitas yang memudahkan seseorang untuk olahraga bagi pekerja kantor. Sehingga bisa dikatakan, tak ada alasan untuk tak melakukan olahraga. 


Tapi ada beberapa kendala yang kerap dialami pekerja kantor seperti saya misalnya. Waktu bekerja saya berbeda dengan pekerja kantor lainnya. Jika pekerja kantor umumnya libur saat weekend, saya malah bisa saja masuk kerja. Tapi bisa juga libur. Tapi di hari kerja, saya bisa saja libur. Jika pekerja kantor umumnya libur saat tanggal merah, saya bisa saja masuk kerja saat tanggal merah. 


Kalaupun ingin olahraga, pulang kerja terkadang sudah merasa capek. Perjalanan kantor yang memakan waktu hampir dua jam, dengan berganti tiga kereta dan masih harus dilanjutkan naik motor ke rumah dari stasiun, terasa melelahkan. 






Belum lagi sampai rumah kadang ingin menyiapkan makan malam untuk keluarga. Tapi ya kadang juga kalau capek, saya memilih beli saja. 


Tapi ketika sepulang melaksanakan ibadah haji berat badan saya naik hampir lima kilogram dari berat badan sebelum keberangkatan, saya rasa harus mengatur lagi pola hidup dan aktif olahraga. 


Ada beberapa hal yang kemudian saya pelan-pelan untuk lakukan (kembali). Pertama, saya kuatkan niat. Saya nggak sekedar hanya ingin menurunkan berat badan untuk penampilan, tapi lebih karena ingin tetap sehat. Menguatkan niat untuk berolahraga ini menurut saya penting agar target bisa tercapai. 


Kedua, saya mengatur pola makan. Kalau misalnya dulu sekedar asal kenyang, kini harus bisa memastikan bahwa menu makanan saya sesuai dengan menu sehat dan juga bergizi. Saya juga perbanyak konsumsi protein dan juga sayuran serta buah-buahan. Roti juga dipilih roti gandum yang tentunya lebih sehat. 


Ketiga, saya pilih pakaian olahraga yang nyaman digunakan. Saya memilih menggunakan pakaian khusus olahraga sehingga selain nyaman juga membuat saya bersemangat berolahraga. 


Hal yang penting juga atur waktu untuk olahraga. Karena jadwal kerja saya yang tak menentu, saya agendakan sepekan sekali untuk olahraga. Hari olahraga disaat saya libur kerja atau sore hari sepulang kerja. 


Terakhir, pilih olahraga yang tepat untuk olahraga bagi pekerja kantor. Lantas, olahraga apa saja yang pas untuk pekerja kantor ? 


Bersepeda 

Tahu kan kalau olahraga sepeda masih menjadi primadona. Banyak yang rela mengeluarkan anggaran yang besar untuk membeli sepeda mahal dengan kualitas terbaik atau perlengkapan yang mendukung bersepeda. Terserah kita pilih yang mana. Nah biasanya, pekerja kantor membuat kelompok olahraga bersepeda sehingga semakin semangat untuk berolahraga. Kadang bahkan pekerja kantor janjian olahraga hingga keluar kota. 


Workout di Rumah

Kalau libur kerja, pilihan olahraga yang juga bisa jadi pilihan bagi pekerja kantor. Biasanya saya mengandalkan youtube untuk lakukan workout di rumah. Ada pilihan channel olahraga yang membuat saya bersemangat workout di rumah. Dan bagi pekerja kantor dengan waktu tak menentu, workout di rumah ini juga bisa jadi pilihan. 


Badminton

Dulu selepas pulang kerja, suami saya sering memilih olahraga badminton bersama teman-temannya. Biasanya mereka menyewa satu lapangan badminton selama beberapa jam dan bergiliran bermain. Cukup seru juga saya melihat mereka bermain badminton secara bersama-sama.


Dan tentunya ada banyak pilihan pekerja kantor untuk olahraga disela-sela kesibukannya. 


Pekan Olahraga 2022


Bagi pekerja kantor, olahraga akan semakin semangat dilakukan jika perusahaan juga ikut mendukung. Banyak cara sebetulnya juga yang bisa dilakukan perusahaan untuk mendukung pekerja kantor melakukan olahraga. Misalnya memiliki lapangan olahraga atau membentuk club olahraga dan melatih karyawannya secara profesional. 


Seperti yang dilakukan oleh JNE, jasa pengiriman terpercaya di Indonesia. Bahkan JNE mengadakan Pekan Olahraga JNE sebagai sarana dan bentuk dukungan kepada para karyawan kantornya. 






Pelaksanaan Pekan Olahraga 2022 ini dilaksanakan sejak tanggal 20-28 Agustus 2022 untuk enam pertandingan cabang olahraga seperti tenis meja, bola basket, futsal, sepakbola, panahan, funbike dan badminton. 


Walaupun sempat vakum selama dua tahun, Pekna Olahraga 2022 ini masih menarik minat para karyawannya. Apresiasi juga diberikan kepada JNE yang telah melaksanakan kegiatan ini. Dan tentunya mengharapkan seluruh tim JNE semakin berprestasi. Tak hanya itu saja, diharapkan juga membagikan nilai-nilai dan budaya positif JNE ke masyarakat luas yakni semangat untuk berbagi, memberi dan menyantuni. 





26 nhận xét

Avatar
Katerina 12:09, 13/09/2022

Suamiku sama kayak suami Mbak Alida. Olahraganya selepas pulang kerja. Bareng teman-teman kantor, disewain lapangan di GOR buat badminton, futsal juga. Biasanya selesai jam 9. 2x seminggu. Lumayan bikin bugar badan. Senengnya karena ramean ama temen kantor.

Reply Delete
Avatar
Lisdha www.daily-wife.com 15:51, 13/09/2022

Duuh, baca JNE, aku terdistraksi sama kabar kebakaran itu lho mbaaa... Semoga semua ekses dari kebakaran itu bisa tertangani dan JNE kembali fokus dengan program2nya yang cakep. Lhaaa...malah melenceng dari topik tulisan deh..maaf ya mbaaa :)

Reply Delete
Avatar
Hidayah Sulistyowati 19:31, 13/09/2022

Olahraga rutin untuk pekerja kantoran ini penting banget ya, mbak. Anakku yang sulung nih yang mulai melebar ke samping bikin sedih. Udah aku sarankan olahraganya sepulang kantor aja yang penting aktivitas fisik rutin gitu. Kalo jadi karyawan JNE bisa makin semangat olahraganya, karena bisa ikut lombanya. Keren JNE ya rutin ngadain Pekan Olahraga buat karyawannya. Kerja jadi semangat dengan tubuh sehat

Reply Delete
Avatar
Nanik nara 20:23, 13/09/2022

Sama mbak, pulang kerja udah capek, jadi niat pengen olahraga tinggallah niat. Jadi sekarang saya siasati kalau pagi dari parkiran ke ruangan saya jalan kaki lewat jogging track yang memang tersedia di kantor. Lumayan bisa satu putaran sebelum belok masuk ruangan.

Kalau di JNE ada pekan olahraga buat karyawan ya. kayaknya bagus juga buat saya usulkan ke pimpinan, siapa tahu mau mencontoh kebiasaan baik di JNE itu

Reply Delete
Avatar
tantiamelia.com 21:21, 13/09/2022

baru tahu ada Pekan Olga JNE yang diikutin oleh para karyawannya
JNE beneran melesat kencang tanpa mengabaikan kesejahteraan dan kesehatan karyawannya

Reply Delete
Avatar
Antung apriana 19:00, 15/09/2022

wah JNE ini benar-benar memfasilitasi karyawannya ya, mbak biar tetap sehat dengan mengadakan pekan olahraga begini

Reply Delete
Avatar
Indah Nuria Savitri 09:22, 14/09/2022

aku paling sering jalan kaki dan sepedaan mba.. seru dan memang enak, tapi perlu cuaca cerah kalau di Wellington hehehe. selama winter ini olahraga aku Just Dance sama Get Fit hehe

Reply Delete
Avatar
Nurul Sufitri 12:18, 14/09/2022

Pekan Olahraga yang diikuti para karyawan JNE ini patut diapresiasi. Memang pekerja kantoran itu waktunya terbatas untuk berolahraga. Paling bisanya dilakukan di malam hari. Badminton, nge-gym, senam, bersepeda, jogging biasanya tuh mbak Al :) Semoga semakin sehat dan bugar ya karyawan2 JNE aamiin.

Reply Delete
Avatar
lendyagassi 20:17, 15/09/2022

Oh iya, tren olahraga bagi pekerja ini bisa dilakukan di malam hari dan semoga tetap bikin bahagia sehingga badan sehat dan pikiran happy.
Bersama JNE yang juga menjadi pelopor olahraga bersama karyawannya.

Reply Delete
Avatar
April Hamsa 12:49, 14/09/2022

Sering liat org2 sini berangkat bawa sepeda, sepertinya naik krl dan ke kantor dibawa juga. Ada yg hari terakhir kerja jg sepedaan sore2/ malam sama teman2 kantornya. Kadang kalau rame2 tu bikin seneng dan semangat.
Wah ternyata JNE rutin ya bikin pekan olahraga buat para karyawannya yaa?

Reply Delete
Avatar
Dewi Rieka 19:10, 14/09/2022

Seru banget JNE ada pekan olahraga untuk para karyawan ya jadi bisa lebih sadar kesehatan nih. Capek banget ya Mbak tiap hari tiga kali naik kereta plus motor untuk PP rumah dan kantor Alhamdulillah masih sempat berolahraga

Reply Delete
Avatar
Nia K. Haryanto 20:17, 14/09/2022

Di mana pun dan siapa pun itu, olahraga mah kudu dilakukan ya, biar tubuh selalu sehat. Btw, keren ya JNE, concern banget juga dengan dunia olahraga ya.

Reply Delete
Avatar
lendyagassi 20:54, 14/09/2022

Meski bekerja tetap semangat untuk berolahraga.
Seneng banget, kak Alida dan kekompakan bersama keluarga untuk sehat bersama.
Aku uda ngos-ngsan banget naik sepeda bareng anak-anak. Ciri-ciri kurang olahraga banget, hiiks~

Reply Delete
Avatar
Gusti Yeni 21:40, 14/09/2022

Masya Allah tabarakallah ternyata kemarin rehat karena sedang berhaji to.mbakuuu.... semoga mabrur ya mba🤲🤲. Timbangan mungkin krn kerjaannya hotel.masjid ibdahh solat dhuha dkk

Reply Delete
Avatar
Ida Raihan 21:44, 14/09/2022

Pak Bapak di kantor kami dulu olah raganya pada malem. Badminton, sepak bola, futsal, dan lainnya. Kalo perempuan mah dah pulang kerja ya tiduran di kamar. JNE kayaknya perhatian banget ya ngan para karyawannya.

Reply Delete
Avatar
Siti Hairul Dayah/ catatansiemak 22:17, 14/09/2022

para pekerja harusnya malah rutin berolahraga ya mak agar tetap fit. wah bisa dicoba nih olahraga khusus pekerja kantoran

Reply Delete
Avatar
Gieska 22:53, 14/09/2022

Senang kalo lihat orang-orang lebih suka menggunakan sepeda untuk beraktivitas. Apalagi JNE bikin acara rutin untuk karyawan, bisa jadi contoh untuk perusahaan lain.

Reply Delete
Avatar
Diah Kusumastuti 23:09, 14/09/2022

Wah JNE nih ada aja programnya. Ada Pekan Olahraga pula. Keren dong ini, biar para karyawan termotivasi untuk jaga kesehatan juga.
Btw Mbak Alida lumayan juga ya naik BB-nya setelah ibadah haji. Hehe. Mungkin karena bahagia ya Mbak jadi naik BB-nya :)

Reply Delete
Avatar
Sri Widiyastuti 23:28, 14/09/2022

penting memang ya ummi menyempatkan berolahraga bagi pekerja kantor, agar balance antara kerja dan olahraga, dampaknya juga bagus untuk kesehatan fisik dan mental. btw berkah banget ya karyawan JNE mendapatkan perhatian yang bagus dari JNE dengan adanya pekan olahraga di kantornya

Reply Delete
Avatar
Nurul bukanbocahbiasa 00:04, 15/09/2022

Makin sehaattt dan setrong klo rutin olahraga.
Apalagi resiko penyakit degeneratif mengintai apabila kita ga jalankan hidup sehat ya mba

Reply Delete
Avatar
Sarieffe 05:21, 15/09/2022

JNE selalu punya program menarik yah mba. Kemarin sempat ada peluncuran buku, pemberdayaan UMKM, eh sekarang ada pekan olahraga juga. Komplit banget kegiatannya

Reply Delete
Avatar
Antung apriana 14:25, 15/09/2022

olahraga ini memang bagus banget buat kesehatan ya, mbak. di kantorku juga biasanya karyawannya diikutkan di berbagai kejuaraan atau pekan olahraga di lingkungan perusahaan

Reply Delete
Avatar
Ratna Dewi 19:48, 15/09/2022

Kalo suamiku dari kantornya ada futsal, olahraganya ya itu. Pas pandemi trus WFH dan futsal distop ya nggak olahraga, hahaha. Alesan banget lah padahal mah bisa olahraga lain di rumah cuma males.

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti 14:49, 18/09/2022

Jadi semangat loh kalau perusahaan mendukung para karyawannya untuk selalu giat olahraga. Mantap nih JNE, karyawannya pasti sehat-sehat karena didukung sepenuhnya dalam menjalankan Pekan Olahraga.

Reply Delete
Avatar
Dian farida ismyama 15:16, 18/09/2022

Seru banget JNE ada pekan olahraga bagi karyawannya. Biar pada sehat semua.aku aja sekarang kadang olahraga kadang lupa. Hiks

Reply Delete
Avatar
rhehanluvly 17:22, 19/09/2022

Jadi ingat di kantor saya yang dulu menerapkan hari yoga tiap hari Jumat. Tiap selesai exercise badan jadi terasa segar. Penting sekali sih menerapkan olahraga setelah atau sebelum ngantor karena mayoritas pekerjaan kantoran itu duduk aja dalam jangka lama yang bikin pegel juga

Reply Delete