Jelajah Bawah Laut Secara Virtual Melalui Seaventure Paddle Pop

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Jelajah Bawah Laut Secara Virtual Melalui Seaventure Paddle Pop


Keluarga saya termasuk penyuka kegiatan air. Kami beberapa kali bepergian khusus keluar kota seperti ke Pahawang, Lampung atau ke Belitung untuk menikmati keindahan alam Indonesia yang indah. Kami senang jelajah bawah laut. Suami dan anak-anak saya termasuk senang berenang. Mereka bahkan mahir berenang dibandingkan saya. Termasuk anak saya, Ayyas yang paling kecil yang kini berusia 11 tahun. 


Tapi selama pandemi ini, keiginan untuk berenang ini harus ditunda. Perjalanan luar kota yang tak ada kepentingan khusus dan penting harus diabaikan. Mau tak mau, saya dan suami harus kreatif untuk menciptakan kegiatan walaupun dari rumah saja. 





Saat lagi kehabisan ide melakukan kegiatan di rumah, saya mendapat informasi dari teman untuk mencoba jelajah bawah laut secara virtual. Saat teman saya menginformasikan seperti itu, saya pun langsung antusias. Saya juga sampaikan ke anak dan dia pun tak sabar untuk mengikuti jelajah bawah laut secara virtual. 


Tapi bagaimana cara jelajah bawah laut secara virtual ? 

Pertama-tama, beli 4 produk es krim Paddle Pop varian apa saja di Alfamart, Indomaret atau Alfamidi. Kemudian unggah foto struk pembelian via whatsapp ke nomor +62 858-1223-1223.  Tak lupa memasukkan data diri dengan format Nama#tanggallahir (DD-MM-YYYY)#NoHandphone. 


Pastikan juga fotonya harus jelas dan angkanya juga terlihat jelas. Jika dipastikan sudah jelas maka akan mendapatkan kode unik. 


Saya whatsapp ke Paddle Pop pada tanggal 16 April dan mendapatkan kode unik 3x24 jam (hari kerja). Setelah itu, struk belanja dikatakan valid dan langsung memperoleh kode unik untuk menjelajah bawah laut secara virtual.  


Ada apa saja di Seaventure jelajah bawah laut ? 

Jadi kalau sudah memperoleh kode unik, maka langsung masukkan kode unik ke www.paddlepopmainyuk.com 


Ada empat kegiatan yang bisa diikuti di www.paddlepopmainyuk.com yakni : 

  • Wisata virtual 
  • Kuis berhadiah 
  • Kompetisi foto 
  • Main yuk 


Penasaran? Sama, saya juga penasaran untuk langsung mencoba bersama anak bermain secara virtual. Pertama-tama, kami langsung menuju menjelajah bawah laut melalui wisata virtual. Pemandu wisata virtual bahkan menggunakan kostum menyelam supaya semakin berasa menikmati perjalanan bawah laut. Tapi sebelum renang, jangan lupa untuk melakukan pemanasan. Selain itu juga disampaikan mengapa perlu menggunakan tabung oksigen karena manusia bernafas menggunakan paru-paru sedangkan ikan menggunakan insang. Dengan menggunakan tabung oksigen, menyelam bisa dilakukan secara aman dan nyaman.


Jadi, ketika kita masuk wisata virtual, ada banyak informasi tentang jelajah bawah laut yang dipandu melalui tayangan video. Misalnya informasi tentang gurita ditanya berapa banyak gurita ? Jawabanya delapan. Kemudian dijelaskan juga bahwa gurita termasuk hewan paling cerdas karena mampu melindungi dan menyamar. Selain itu, gurita mampu merubah warna kulit sehingga bisa mengubah tektur tubuh sehingga bisa menyatu dengan benda di sampingnya. Bahkan teksturnya bisa berbukit dan bisa juga berbatu. 






Kemudian ada informasi tentang ikan pari. Ikan pari adalah hewan yang berbentuk pipih dan masih merupakan kerabat ikan hiu tapi tidak memiliki gigi dan bertelur. Kemudian diceritakan juga bahwa ikan pari menyimpan telur di perairan dangkal dan melindungi diri dengan menyengat menggunakan akor. 


Jelajah bawah laut Secara virtual juga diceritakan tentang ikan hiu. Jadi, ikan hiu ini penting untuk ekosistem sebagai pemangsa. Tapi sayangnya, ikan hiu ini masih kerap ditangkap manusia untuk dijadikan makanan seperti mengkonsumsi sirip ikan. Padahal walaupun seram, tapi ikan hiu ini sangat berperan untuk menjaga ekosistem dan memiliki penglihatan yang bagus. 



Wisata jelajah dasar laut dilakukan secara menyenangkan dan atraktif. Saya dan anak menjadi merasa menikmati secara langsung keindahan bawah laut secara lebih menyenangkan. Selain itu, juga ada berbagai kuis-kuis yang mengasah kemampuan pengetahuan terkait dunia bawah laut. Misalnya ada pertanyaan terkait sebutan untuk perilaku saling tolong menolong antara ikan pari manta dan ikan-ikan kecil. 





Setelah menjelajah bawah laut, saya dan Ayyas mengikuti kompetisi foto. Kompetisi foto ini mudah banget caranya kalau mau ikutan. Jadi, cukup upload foto keseruan saat menikmati Paddle Pop Main Yuk ke frame yang disediakan. Download hasil foto dan posting di instagram. Jangan lupa untuk berbagi pengalaman di instagram serta posting dan mention @paddlepop.idn lalu sertakan #PaddlePopMainYuk dan #Seaventure. 


Penasaran hasil postingan foto saya dan Ayyas ? Ini hasilnya dibawah ini ya. Gimana ? Bagus kan ? Hhahaa memuji diri sendiri nggak papa kan ? 




Menjelajah bawah laut sudah, sekarang saatnya mengikuti kuis. Kuis yang diberikan sebetulnya lebih banyak berkaitan dengan pengetahuan soal makanan bergizi. Misalnya jumlah kalori yang dibutuhkan, berapa cemilan dalam sehari yang dibutuhkan untuk anak dan lain-lainnya. Nanti langsung diketahui langsung mana yang benar dan mana yang salah. 


Berkreasi Membuat Oxygen Tank and Diving Googles

Kegiatan yang paling seru kemudian adalah Main Yuk!.  Ada empat pilihan bermain yang bisa dipilih untuk Main Yuk! . Pertama adalah kegiatan mengaduk pewarna makanan agar warna larut dalam air  dan tercampur rata. Lalu kedua ada permainan Rainbow Bubble untuk mengetahui bagaimana bubble atau gelembung bisa terjadi. 




Permainan berikutnya adalah sinking or floating yakni percobaaan untuk membuktikan bahwa berat benda di darat dan air berbeda sehingga bisa tahu perbedaan benda terapung, melayang dan tenggelam. Percobaan permainan berikutnya adalah oxygen tank and diving googles. Saya langsung mencoba Bersama Ayyas serta dibantu sesekali oleh suami untuk beberapa kegiatan yang saya tak bisa. 





Percobaan oxygen tank and diving bertujuan untuk membuat oksigen dan kacamata selam. Dengan menggunakan ini, bisa berimajinasi seolah sedang berenang di dalam laut dan peralatannya bisa digunakan untuk mengikuti Seaventure. 


Penasaran, cara membuatnya ? Pertama-tama siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu yakni : 

  • Dua botol plastik kosong seukuran satu liter 
  • Kain flanel berwarna putih 
  • Pylox
  • Tali 
  • Lem Uhu 
  • Selotip hitam 


Sedangkan untuk membuat kacamata renang atau diving google membutuhkan satu kertas dengan model kacamata renang, pipa pernapasan dan tali. Pertama-tama, kita buat terlebih dahulu oxygen tank ya. Jadi awalnya warnai dua botol plastik dengan pylox kemudian tunggu hingga mengering. Butuh waktu kurang dari setengah jam hingga benar-benar mengering. 



Setelah mengering, tempelkan isolasi hitam di tiga sisi botol. Contohnya bisa teman-teman lihat ya. Kemudian lekatkan kedua botol dengan lem uhu. Langkah berikutnya tempelkan tali dan tabung oksigen pun siap digunakan. 


Ada yang juga sudah mencoba keseruannya ? 



71 கருத்துகள்

Avatar
Indah Nuria Savitri 6/5/21, பிற்பகல் 6:24

naaah ya.. aku jadi kangeen diving deh mba. Liat di akuarium aja seru banget ya, apalagi di habitat aslinya mba. benar - benaaar menyenangkan bangeet

Reply Delete
Avatar
Ariefpokto 6/5/21, பிற்பகல் 8:25

inovasi baru jalan-jalan ke alam bawah laut tanpa harus basah, bagus buat pengetahuan, seru dan yang pasti aman karena di rumah aja

Reply Delete
Avatar
nchie hanie 7/5/21, முற்பகல் 8:44

Hahhaaa, setuju banget, ga perlu pakai kostum dan basah2an plus dibilas mandi lagiii. Bisa sambil nyemil syantik di rumah yaa.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 24/5/21, முற்பகல் 8:06

Jadi menyenangkan walau di rumah saja ya

Delete
Avatar
Achi Hartoyo 6/5/21, பிற்பகல் 8:54

Seru juga ya kegiatan wisata laut virtual kayak gini. Bisa sambil berkreasi di saat pandemi

Reply Delete
Avatar
Achi Hartoyo 6/5/21, பிற்பகல் 8:55

Seru juga ya wisata laut tanpa harus nyebur ke laut. Bisa sekalian berkreasi di saat pandemi

Reply Delete
Avatar
Nchie Hanie 7/5/21, முற்பகல் 2:21

Ahhaaaaa, asik banget bisa ngintipin bawah laut secara virtual, jadi ga ngebosenin pas di rumah ya Mak. Dan ada sensasi tersendiri, meski di rumah berasa deh jalan2nya, plus menjadikan anak kreatif untuk membuat tabung oxygennyaa.Seruuuu.

Reply Delete
Avatar
Cindy Vania 7/5/21, முற்பகல் 8:05

seru bangeeett buat diy tabung oksigen buat penyelam! ternyata ga cuma tontonan aja yaa tapi ada kegiatan menarik yg bisa dilakukan sama anak2 di rumah

Reply Delete
Avatar
Raja Lubis 7/5/21, பிற்பகல் 12:56

Cocok untuk edukasi dan pengetahuan anak-anak sih wisata virtual begini. Tapi kayaknya bakal lebih seru lagi kalau langsung di laut nya ya.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 10/6/21, முற்பகல் 9:52

Iya tapi kondisinya masih kayak gini kak :(

Reply Delete
Avatar
lianny 7/5/21, பிற்பகல் 2:21

Waah seru juga nih, anak-anak bisa menjelajah bawah laut secara virtual dan berkreasi di rumah selama pandemi. Sekarang berimajinasi dulu berenang dan diving secara virtual, benerannya ntar kalo pandemi sudah gak ada ya haha.

Reply Delete
Avatar
http://www.inatanaya.com 7/5/21, பிற்பகல் 4:42

Wah benar-benar kreatif, Mulai dari wisata bawah laut secara virtual, sampai ikut foto dan buat segala macam . Ini baru dibilang kreatif saat pandemi.

Reply Delete
Avatar
Mugniar 7/5/21, பிற்பகல் 7:28

Wiih kirain cuma main saja ternyata ada 4 kegiatan yang bisa dilakukan diwebsite mainnya Paddlepop yaa .... oke deh besok belik Paddlepop

Reply Delete
Avatar
Susi Susindra 8/5/21, முற்பகல் 4:37

Duh, aktivitas ibu-anak ini... sangat menyenangkan dan edukatif. Bisa jadi me time tak terlupakan. Apalagi seaventure yang asli tuh mihil bagi sebagian orang. Paddle pop baik sekali siy... cuma beli 4 es krim sudah bisa melakukan seaventure

Reply Delete
Avatar
Nanik Nar 8/5/21, முற்பகல் 5:07

Asyik ya visa dapat pengetahuan dengan lihat videonya. Bisa memperkuat bonding antara orang tua dan anak juga dengan membuat prakarya oxigen tank

Reply Delete
Avatar
Mia Yunita 8/5/21, முற்பகல் 5:32

Wah asik nih jelajah bawah laut bareng paddle pop. Jadi anak pun selain makan es krim juga bisa sambil mengikuti permainan yang kreatif.

Reply Delete
Avatar
chairina bawazir 8/5/21, பிற்பகல் 2:58

Seru banget ya. Mengisi waktu dengan produktif. Kalau anak-anak ikutan juga pasti suka. Bikin betah berlama-lama.

Reply Delete
Avatar
CIci Desri 8/5/21, பிற்பகல் 2:18

karena belum bisa bepergian apalagi mendekati Idul Fitri ini jadi wisata virtual aja dulu, tetap seru ya kak.

Reply Delete
Avatar
Agi Tiara | duckofyork 8/5/21, பிற்பகல் 2:52

Mba Alida kenapa gemeshhh banget...

btw ((anak usia tua)) boleh ngga sih ikutan main seaventure ini? secara belom ada si kecil buat diajak mainan seaventure.... apakah aku akan terlihat aneh kalo ikutan activity begini xixixi

Reply Delete
Avatar
April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com 8/5/21, பிற்பகல் 4:09

Asyik banget platformnya ya bisa utk mengisi liburan di rumah aja nanti.
Selain buat bermain bisa juga sekaligus belajar ttg kehidupan bawah laut itu sebenarnya ada hewan apa aja.

Reply Delete
Avatar
nurul rahma 8/5/21, பிற்பகல் 4:33

seruuu nih
sembari mamam es grim, bisa nikmati virtual experience yg mantuull
aakk, makasii mba

Reply Delete
Avatar
Efi Fitriyyah 8/5/21, பிற்பகல் 7:13

Ternyata gurita ini bisa nyamar kayak bunglon, ya. Aku baru tau lho.
Seneng ya belajar science di mada sekarang, jadi lebih aplikatif dan seru. Ga cuma teori doang. Cakep deh materi yang dikasih Seaventure Paddle Pop ini.
Btw kenapa kalau bahas ikan pari aku jadi inget cerita anak durhakq yang dikutuk jadi ikan pari itu, ya hahaha. Padahal ini hoax. Kasian kan ikan parinya

Reply Delete
Avatar
Liswanti Pertiwi (PenaLiswanti) 8/5/21, பிற்பகல் 8:43

Seru banget ya mba jelajah bawah laut sama paddle poo. Anak-anak pasti suka banget ini. Es krimnya juga enak ya selalu jadi pilihan.

Reply Delete
Avatar
Hani S. 8/5/21, பிற்பகல் 9:09

Mbaaa, ayo nyelam bareeeeng, virtualan aja, wkwkwk. Alfath juga ikutan nih, seru deh pake simulasi tenggelam dan ketemu ikan Nemo segala, haha.

Reply Delete
Avatar
Shady Jasmin 8/5/21, பிற்பகல் 9:38

Aku juga suka jelajah laut, mba. Selama pandemi udah kangen sekali snorkling. Thanks ya mba infonya, aku mau ikutan seaventure paddle pop sama anakku. Kayanya seru. Mengobati kerinduan jelajah laut sekalian berkegiatan bersama si kecil.

Reply Delete
Avatar
Rachmanita AdindaRara 8/5/21, பிற்பகல் 9:45

Paddle Pop ini es krim kesukaan anak aku sih Dan kalau misalnya lagi di mini market itu anak aku juga pengen suka minta beliin

Reply Delete
Avatar
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) 8/5/21, பிற்பகல் 10:24

Salah satu kegiatan yang menyenangkan sekali ini ya, apalagi anakku lagi libur sekolah jadi biar dia tetap happy ku ajak dia main Paddle Pop Seaventure aja ah.

Reply Delete
Avatar
Rahmah 'Suka Nulis' Chemist 8/5/21, பிற்பகல் 10:26

Wah saya jadi ada tambahan kegiatan nih buat Salfa di rumah
Coba ah mbak mumpung baru mau beli Paddle Pop-nya

Reply Delete
Avatar
Dee_Arif 8/5/21, பிற்பகல் 10:51

Serunya bisa melihat keindahan bawa laut meski hanya di rumah saja
Pengalaman ikutan Seaventure ini pasti tak kan terlupakan ya mbak

Reply Delete
Avatar
Adriana Dian 9/5/21, முற்பகல் 12:11

seru banget ya mak lida, kakak ayaaas.. aku juga dah cobain ama abang, banyak game seru dan kuis interaktifnya juga yaaa.. super seruuuwwww

Reply Delete
Avatar
echaimutenan 9/5/21, முற்பகல் 12:23

serunya bermain di bawah laut
jadi pengen juga beli biar dapat kode trus nonton beginian duh dah mati gaya liburan

Reply Delete
Avatar
Dee_Arif 9/5/21, முற்பகல் 5:56

wah aku nanti mau cek di situs paddle pop ah, mumpung anak anak lagi libur dan kami hanya di rumah saja, pasti seru klo cari ide main dari paddle pop

Reply Delete
Avatar
Maria G Soemitro 9/5/21, முற்பகல் 8:47

jelajah laut virtual? mauuu....

jangankan anak2, saya udah tuapun suka banget

ikutan beli paddle pop bareng anak2 supaya bisa ikut jelajah laut virtual ^^

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 10/6/21, பிற்பகல் 12:56

Hahah iya mbaa. Aku pun liat ama anak sukaa

Reply Delete
Avatar
Erly Damayanti 9/5/21, முற்பகல் 10:33


Jadi pengobat kangen wisata bawah air bisa dilakukan di rumah tanpa perlu kuatir akan pandemi yang sedang melanda. Pasti makin seru juga bisa ajak semua anggota keluarga yaa..

Reply Delete
Avatar
Alif Kiky Listiyati 9/5/21, பிற்பகல் 1:22

Seru banget bisa wisata ke laut. Edukatif dan bisa dilakuin di rumah. Perlu dicoba nih bareng anak

Reply Delete
Avatar
Renayku 9/5/21, பிற்பகல் 5:42

Wah seru bgt wisata air virtual begini. Btw, anaknya udh gadis nih mak hehe.. Udah bisa dijadiin temenan nih

Reply Delete
Avatar
Bayu Fitri 9/5/21, பிற்பகல் 7:00

Seru ya cita2 saya yang ga kesampaian nih pengen menyelam di bawah laut habisnya gmn dunk berenang aja saya ga bisa hihi tapi dengan adanya adventure dari Paddle Pop bisa terhibur lah ya..

Reply Delete
Avatar
Helena 10/5/21, முற்பகல் 1:47

Asik kan liburan di rumah aja ditemani wisata virtual Paddle Pop Seaventure!
SID udah berapa kali ya nonton, diulang-ulang tuh videonya.

Reply Delete
Avatar
Ria Kurniasih 10/5/21, பிற்பகல் 12:20

Seru banget mbak, Paket komplit, bisa belajar tentang laut, bisa berkreasi dan bisa makan es krim lezat juga. Mau ajakin anak-anak bikin juga ahk

Reply Delete
Avatar
Yurmawita 11/5/21, பிற்பகல் 7:41

Mainan yang disukai anak dan juga orang dewasa. Hehe zaman kita masih kecil gak Nemu yang beginian jadi excited banget deh

Reply Delete
Avatar
Ima Rochmawati 11/5/21, பிற்பகல் 10:55

Seru amat, teteh, patut diikutin nih buat kenalin anak² dunia laut. Apalagi anak² aku suka sekali sama ikan paus.

Reply Delete
Avatar
Nanik K 12/5/21, முற்பகல் 5:53

Seruu banget ...
Game-game-nya, bikin anak paham aktivitas bawah laut, ya mbak.
Jadi meski jelajah virtual, anak bisa paham aktivitas di bawah laut dengan permainannya.

Reply Delete
Avatar
Dian farida ismyama 13/5/21, பிற்பகல் 4:41

Wah ternyata si bungsu usianya 11 tahun ya mba? Udah besar banget. Seru ya bisa main bareng Jelajah dunia bawah laut via virtual. Paddle Pop emang keren ada aja inovasinya biar anak2 ga bosan di rumah aja

Reply Delete
Avatar
wulan 13/5/21, பிற்பகல் 10:25

seru banget ya mba bisa jelajah bawah laut virtual, bisa sekalian belajar hewan laut juga nih

Reply Delete
Avatar
Fenni Bungsu 14/5/21, பிற்பகல் 3:25

Libur lebaran pas banget nih buat virtual bareng menjelajah bawah laut, jadi menikmati kebersamaan yang berfaedah karena sekaligus tambah wawasan

Reply Delete
Avatar
Iva C Wicha 16/5/21, முற்பகல் 7:09

Favoritku anaku nih eskrimnya paddlepop, seru bgt ya bisa nonton sambil belajar

Reply Delete
Avatar
Akarui Cha 16/5/21, பிற்பகல் 5:35

Seru bangeeettt. Bisa jalan jalan ala ala bawah laut secara virtual. Lumayan bikin sedikit melepas rindu jalan jalan dan jadi tambah pengetahuan ya. Apalagi bisa belajar bikin oxygen tank ala ala. Seruuuu.

Reply Delete
Avatar
Antung apriana 17/5/21, முற்பகல் 1:23

Aku juga sudah nyobain paddle pop seaventure ini plus percobaannya, mbak. Sayang laptopku nggak kompatibel jadinya cuma bisa nonton di hape sama anak-anak

Reply Delete
Avatar
Evi Sri Rezeki 26/5/21, முற்பகல் 9:49

Kreatif banget program Paddle Pop ini. Aku jadi penasaran pengin nyobain petualangan bawah laut juga, Teh :)

Reply Delete
Avatar
atiq - catatanatiqoh 1/6/21, பிற்பகல் 9:45

seru banget kak :) seneng ya, anak pasti happy banget deh, meski virtual tetep kaya beneran nih :)

Reply Delete