Pengalaman Vaksin Influenza untuk Menunaikan Ibadah Umrah dan Haji

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Pengalaman Vaksin Influenza untuk Menunaikan Ibadah Umrah dan Haji


Halo teman-teman apa kabar ? Semoga semuanya dalam keadaan sehat dan bahagia ya. Teman-teman, sekarang sudah hampir setahun pandemi karena virus corona di dunia. Termasuk di Indonesia. Pelaksanaan 3M yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun masih tetap di lakukan. 

Tapi salah satu upaya yang kini sedang dilakukan adalah pemberian vaksin untuk penanganan virus corona. Pemberian vaksin Sinovac pertama kali dilakukan oleh Presiden Jokowi pada 13 Januari 2021 dan diikuti beberapa kepala daerah pada 14 Januari 2021. 

Saya belum dapat jatah vaksin covid karena sementara ini yang di utamakan adalah Presiden, Kepala Daerah, tenaga kesehatan dan lainnya. Vaksin adalah produk biologi yang berisi antigen berupa mikroorganisme atau zat yang dihasilkan yang telah diolah sehingga aman dan jika diberikan seseorang akan menimbulkan kekebalan terhadap penyakit tertentu.

Sebelum pandemi, tepatnya lebih dari setahun lalu saya melakukan vaksin influenza di Puskesmas Pasar Rebo, Pekayo, Jakarta Timur. Influenza adalah penyakit infeksi yang mudah menular dan disebabkan oleh virus influenza yang mudah mennyerang saluran pernafasan.

Virus influenza ini terjadi melalui udara pada saat berbicara, batuk dan bersin. Virus influenza ini sangat menular selama 1-2 hari sebelum gejalanya muncul. Ada beberapa gejala umum influenza yakni:

  • Demam dengan suhu lebih dari 38 derajat celsius
  • Demam lebih dari 3 hari
  • Sakit kepala
  • Sakit otot di seluruh badan
  • Pilek, sakit tenggorokan
  • Batuk
  • Badan lemah
  • Mengigigil

Mengapa harus vaksin influenza ? Secara umum, pemberian vaksin influenza untuk menjaga kesehatan tubuh. Pemberian vaksin influenza memiliki daya tahan selama setahun. Mengapa pemberian vaksin influenza penting untuk jamaah umrah dan haji ?


Jadi, penyakit terbesar yang menyerang jamaah haji di Mekkah adalah penyakit saluran pernapasan (termasuk influenza dan pneumonia) dengan angka kematian sebesar 58,94% terutama pada usia lanjut dan penderita penyakit kronis.

Selain itu, pelaksanaan ibadah umrah dan haji sangat padat, sesak terutama di beberapa pada tempat-tempat tertentu. Tingginya infeksi virus influenza berhubungan erat dengan perubahan musim. Apalagi banyak jamaah yang datang dari berbagai negara yang memungkinkan membawa virus influenza. Ditambah lagi, sebagian besar, 87,2% jamaah haji berumur lebih dari 50 tahun atau berusia lanjut.

Memutuskan Vaksin di Puskesmas Pasar Rebo

Sudah hampir setahun saya vaksin influenza di Pasar Rebo. Tulisan ini berdasarkan pengalaman saya vaksin influenza pada tanggal 20 Februari 2020. Pertama-tama saya datang ke klinik khusus untuk pendaftaran melakukan vaksin influenza. Setelah itu diberikan nota kecil bertuliskan informasi data vaksin influenza yang harus dibayar yakni sebesar Rp 175 ribu.

Saya berangkat dari rumah pagi hari. Apalagi jarak dari rumah saya ke Puskesmas Pasar Rebo cukup dekat yakni sekitar 5 menit saja menggunakan sepeda motor. Sebetulnya saya ingin vaksin bersama suami. Tapi karena pagi itu suami belum bisa cuti kerja, maka saya vaksin influenza terlebih dahulu.


Karena tak ada antrian untuk vaksin, saya langsung diijinkan masuk ke dalam klinik untuk dilakukan proses vaksinasi. Jujur saya awalnya keder juga untuk vaksin karena pada dasarnya saya takut disuntik. Tapi bismillah karena niatnya ingin sehat dan jaga kesehatan, ini ikhtiar yang saya lakukan.

Sebelum di suntik vaksin, saya diberikan penjelasan oleh Bu Tri, tenaga kesehatan di Puskesmas Pasar Rebo, Jakarta Timur. Penjelasan berupa jenis vaksin yang disuntikkan serta apakah ada efek samping atau tidak. Vaksin influenza ini mulai memberikan perlindungan optimal dua minggu setelah penyuntikan.

Ketika Bu Tri persiapan untuk vaksin, saya memilih menutup mata karena takut kalau harus lihat jarum suntik. Bismillah. Ketika jarum suntik menembus kulit lengan kiri, saya sempat merasakan sakit sementar dan tak lama lagi rasa sakit pun hilang. Alhamdulillah proses vaksin influenza berjalan lancar dan sukses. Selesai vaksin saya pun langsung bergegas pulang.

Setahun setelah vaksin influenza, apa yang saya rasakan ? Alhamdulillah setelah vaksin influenza, hampir setahun saya tak merasakan kena penyakit influenza seperti dulu. Pernah demam, tapi alhamdulillah istirahat dua hari langsung pulih.

 

Semuanya adalah bentuk ikhtiar untuk sehat. InsyaAllah.

  

15 nhận xét

Avatar
Lidya Fitrian 18:31, 20/01/2021

Ternyata vaksin influenza juga penting banget ya mbak, soalnya virusnya juga makin berkembang juga nih. Sekarang jamaan umrah & haji wajib juag divaksin influenza ya. Alhamdulillah jadi bisa mencegah flu ya mbak Alida. Sehat selalu untuk kita semua

Reply Delete
Avatar
Okti Li 21:47, 20/01/2021

Sekarang kalaupun kena flu biasa, jadi parno deh. Apalagi kalau ke puskesmas, wah dianggapnya malah macam macam dan diperlakukan super ketat. Alhamdulillah ya sebelum pandemi susah bisa menjalankan umroh. Sekarang kan masih blm tahu kapan bisa dibuka lagi akses ke sana nya

Reply Delete
Avatar
nchie hanie 12:32, 21/01/2021

Huhuu, iya nih terakhir ku divaksin influenza 4 bulan yang lalu, efeknya yang terasa cuma sakit badan dan pegel aja sampe 2 hari, tapi alhamdulillah berasa banget buat ketahanan tubuh.
Apalagi kalo mau ibadah haji, mesti fit dan wajib di vaksin buat mencegah hal2 yang a diinginkan di sana ya Mak.
Sekarang lagi menanti jatah vaksin corona nih, dengan sabar nunggu dipojokan.

Reply Delete
Avatar
Astin Astanti 14:49, 21/01/2021

Alhamdulillah ya Mbak, sudah mendapatkan vaksin influenza.

Sayapun kalau akan disuntik atau diambil darah, pasti gak kuat untuk mata melek, apsti merem. Udah gitu seringnya pingin teriak, tapi ya malu lah ya, sudah setua ini, sama jarum suntik masih takut. padahal dulu saat kecil, langanan banget disuntik.

Semoga pandemi segera berakhir dengan adanya vaksin sinovax ini.

Reply Delete
Avatar
lianny hendrawati 16:25, 21/01/2021

Jadi vaksin influenza memiliki daya tahan selama setahun ya. Bagi yang sering sakit influenza mungkin perlu nih dilakukan pemberian vaksin influenza ya, krn memang gampang menyerang, apalagi saat cuaca tidak 'bersahabat' dan kondisi tubuh sedang tidak fit.

Reply Delete
Avatar
Demia - Bandung Beauty Blogger 21:51, 21/01/2021

tahun lalu aku juga udah vaksin influenza niih ternyata nggak sakit sama sekali yaa, dan emng bener sih bermanfaat banget, selama setahun ini nggak sakit sama sekali hhihi

Reply Delete
Avatar
Helena magdalena 03:55, 22/01/2021

Kayaknya perlu juga ya vaksin influenza ini. Kbtln anak2 mau jdwl imunisasi mgkn nanti coba tny2 dokternya . Ya bentuk ikhtiar juga yaa di masa pandemi gini

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi 09:40, 22/01/2021

Ngilu yaa, kak Alida..
Tapi semoga menjadi benteng pertahanan bagi tubuh ketika terserang flu.

Barakallahu fiik, kak Alida.
Sehat-sehat selalu.

Reply Delete
Avatar
Nia K. Haryanto 09:52, 22/01/2021

Untuk yang banyak mobile dan untuk yang mau pergi jauh, vaksin influenza kayaknya wajib ya. Biar badan bisa tahan. Aku nih, sejak awal tahun baru ini, kena flu yang parah. Sampe 2 minggu sakitnya. Gak bisa duduk pun. Sampe khawatir kena penyakit yang lagi booming itu. Alhamdulllah sekarang sembuh. Kalo ada waktu dan uang, harus deh kayaknya vaksin influenza. Biar kalo pun kena, ya cuma flu ringan aja ya.

Reply Delete
Avatar
Diyanika 10:10, 22/01/2021

Balita boleh nggak sih Mbak divaksin influenza ini?
Vaksin ini berarti nggak masuk anggaran dari biro umrah, ya, Mbak?

Reply Delete
Avatar
Lita Chan Lai 10:27, 22/01/2021

Baru tahu kalau jamaah yg umroh atau haji itu diberikan vaksin influenza, aku pikir vaksin lain utk ketahanan tubuh utk penyakit2 lain di LN.

thanks infonya mba...

Reply Delete
Avatar
Diah Kusumastuti 11:49, 22/01/2021

Berarti momennya pas ya Mbak waktu vaksin influenza itu. Sebelum pandemi kan, jadi alhamdulillah selama pandemi enggak sakit influenza yang berat gitu ya.. udah punya tameng menghadapi virus setidaknya :)

Reply Delete
Avatar
Indah Nuria Savitri 12:37, 22/01/2021

memang vaksin influenza diharapkan bisa membantu ya mba dan aku biasanya juga vaksin flu selama di US mba

Reply Delete
Avatar
Nychken Gilang Bedy S 20:04, 22/01/2021

Aku juga aga worry nih selama pandemi apalagi sering kena sinusitis. Kita memang butuh vaksin. Thanks Mbak info vaksin influenzanya

Reply Delete