Membangun Digital Literacy Dengan Membuka Kursus Bahasa Inggris

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Membangun Digital Literacy Dengan Membuka Kursus Bahasa Inggris

Salah satu tantangan yang harus dihadapi bangsa Indonesia saat ini adalah meningkatkan literasi digital penduduk Indonesia. Menurut Lister.co.id Pengguna internet di Indonesia memang sangat banyak yaitu 150 juta orang namun menurut publikasi masyarakat Indonesia masih memiliki tingkat digital literacy yang buruk. Kemampuan bahasa Inggris pun masih belum semuanya mahir.

Hal ini bukan berarti masyarakat Indonesia tidak bisa membaca konten di Internet. Tetapi masyarakat Indonesia masih kesulitan untuk menelaah maksud dari sebuah konten di jagat maya. Sehingga bisa jadi suatu konten dimaknai sesuai makna kasarnya (denotasi) meskipun maksud dari pembuat konten tersebut adalah makna tersiratnya (konotasi).

Sumber foto : Pixabay.com

Artikel ini akan membahas mengenai pentingnya penguasaan bahasa Inggris untuk meningkatkan digital literacy masyarakat Indonesia. Jadi, bagi yang memiliki kemampuan bahasa Inggris lebih untuk membuka kursus bahasa Inggris dan mendidik masyarakat sekitar anda akan pentingnya digital literacy. Pertanyaannya, apa itu digital literacy.

Tentang Digital Literacy

Glints (2020)[1] mengutip dari laman Common Sense Media  menulis bahwa digital literacy atau literasi digital adalah kemampuan membaca informasi dari media digital secara komprehensif. Artinya penikmat informasi tersebut tidak hanya membaca konten informasi tersebut mentah mentah melainkan juga menelaah, mengidentifikasi, mengevaluasi dan menggunakan informasi tersebut secara baik dan tepat. Dengan demikian literasi digital juga dapat diartikan sebagai kemampuan pengguna produk digital untuk tidak malas membaca dan menelusuri validitas informasi. 

Literasi digital menjadi sangat penting untuk melindungi data pribadi, menghindarkan diri dari informasi yang salah (Hoax) dan mencari informasi yang tepat di internet yang dapat di gunakan dalam kehidupan sehari hari. Informasi yang tepat tersebut seperti lowongan pekerjaan, validitas informasi dan lain lain.

Selain itu, dengan memiliki kemampuan literasi digital yang bagus pengguna juga dapat mengembangkan koneksi pribadi ke seluruh dunia, dan mendapatkan informasi yang dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.

Di jaman yang serba digital seperti ini, kemampuan literasi digital tentu menjadi sangat penting. Bahasa Inggris sebagai Lingua Franca penduduk dunia pun menjadi instrumen penting untuk meningkatkan kemampuan ini. Apabila mendirikan kursus bahasa Inggris di daerah, maka secara tidak langsung dapat meningkatkan kemampuan literasi digital anak didik.

Dengan menguasai bahasa Inggris anak tersebut akan terdorong untuk membaca lebih banyak informasi di internet.

Dengan menguasai bahasa Inggris serta memiliki kemampuan literasi digital yang bagus, diharapkan kedepannya masyarakat Indonesia tidak mudah termakan berita palsu (hoax) dan mampu menelaah informasi dengan lebih baik.

 

 



 

46 nhận xét

Avatar
HM Zwan 14:24, 05/10/2020

Penting banget literasi digital, selain menambah banyak informasi. Juga nggak akan asal share informasi di medsos. Jadi tau mana berita yang benar, mana yang hoax

Reply Delete
Avatar
winda - dajourneys.com 15:47, 05/10/2020

bahasa Inggris tuh dari dulu sampai sekarang penting banget ya mbak, saya juga merasa nih kurang banget literasi bahasa Inggrisnya

Reply Delete
Avatar
blogger parenting 16:08, 05/10/2020

Bahasa Inggris yang optimal juga mendukung anak kita dari miss informasi di internet ya Mba..
Jadi si anak bisa kroscek ke berbagai sumber tanpa kesulitan bahasa.

Reply Delete
Avatar
Elly Nurul 18:39, 05/10/2020

Jaman serba digital seperti sekarang ini memang harus banget ya memahami literasi digital, dan ternyata literasi digital itu sangat luas.. pelan pelan yuk belajar literasi digital dan belajar bahasa inggris juga nih supaya lebih menguasai digital era

Reply Delete
Avatar
Elly Nurul 20:31, 05/10/2020

Membuka kursus bahasa inggris seperti ini jadi salah satu cara untuk menggaungkan literasi digital yaa.. apalagi buat anak anak, karena bahasa inggris sudah menjadi bahasa internasional yang wajib di kuasi oleh anak anak kita

Reply Delete
Avatar
Irra Octaviany 22:48, 05/10/2020

penting banget nih literasi digital saat ini supaya tidak ada lagi yang namanya kemakan hoax

Reply Delete
Avatar
Mechta 05:58, 06/10/2020

Literasi memang penting ya mba, termasuk literasi digital ini. Jangan sampai kita tersesat di rimba informasi, hehe..

Reply Delete
Avatar
Nining 06:19, 06/10/2020

bener, at least kuta menguasai bahasa Inggris ya mba. Meskipun sekarang browser bisa translate otomatis.

Sekarang saya malah ingin bisa menguasai bahasa asing lain seperti bahasa Prancis, pengen gitu baca artikel in french semengalir ketika saya baca artikel in english huhuhu someday aamiin hehe jadi curhat

Reply Delete
Avatar
Eryvia Maronie 08:32, 06/10/2020

Bahasa Inggris memang penting karena merupakan bahasa internasional.

Tau bahasa Inggris bukan berarti tau artinya aja, tapi harus paham maknanya ya.

Reply Delete
Avatar
Mugniar 08:57, 06/10/2020

Nah iya literasi digital itu maknanya dalam sebenarnya. Sayangnya masih banyak yang memaknai literasi secara sempit, hanya sebagai kemampuan membaca dan menulis saja.

Reply Delete
Avatar
TIAN LUSTIANA 09:23, 06/10/2020

Bahasa Inggris wajib dikuasai ya dimasa sekarang ini. Saya sedang belajar nulis pake bahasa inggris pelan - pelan.

Reply Delete
Avatar
Erin Herlina 09:32, 06/10/2020

Setuju mba dengan literasi digital yang baik maka akan terhindar dari Hoax. Lietrasi digital bahasa inggris bagus juga deh Mba, apalagi kalau cari informasi kadang dapatnya yang berbahasa inggris seperti jurnal ilmiah gitu.

Reply Delete
Avatar
iffiarahman.com 11:00, 06/10/2020

Insight yang menarik dan perlu dishare kepada teman2 peminat dan akademisi sastra

Reply Delete
Avatar
Nurul Sufitri 15:58, 06/10/2020

Oh, tentu dong zaman sekarang semua orang berbagai usia wajib menguasai Bahasa Inggris. Literasi digital harus dan penting dipraktekkan, apalagi kini anak2 PJJ dan kursus bisa dilakukan dariing. Yang penting mengasyikkan belajarnya sehingga materi yang diajarkan mudah diserap.

Reply Delete
Avatar
Reyne Raea 16:52, 06/10/2020

Sebagai yang sangat lancar berbahasa Inggris (tapi yes dan no aja sih Mba, hahaha), saya setuju banget, bahasa Inggris juga penting banget, setidaknya untuk membaca toc aplikasi atau semacamnya.

Pengen kursus bahasa Inggris deh :)

Reply Delete
Avatar
Okti Li 21:12, 06/10/2020

Bahasa Inggris meski bukan bahasa nasional kita tapi tetap diakui kepiawaiannya dalam kompetisi untuk dunia kerja dan sekolah khususnya ya. Banyak yg fasih bahasa Inggris, dalam bidangnya ia jadi punya point lebih...

Reply Delete
Avatar
Reyne Raea 21:43, 06/10/2020

Dan kerasa banget ya di masa pandemi sekarang, di saat semua serba digital, jadinya kacau, karena kurangnya pemahaman literasi digital.

Apalagi kalau ketemu literasi berbahasa Inggris, uwow deh jadinya hahaha

Reply Delete
Avatar
mardanurdin.com 22:57, 06/10/2020

Literasi digital semakin hari semakin dibutuhkan seiring semakin berkembangnya teknologi komunikasi.
Oh yah, salah satu kekurangan saya adalah bahasa Inggris, mati kutu saya.

Reply Delete
Avatar
Latifika Sumanti 03:20, 07/10/2020

Yup, bener banget Mba. Melek literasi termasuk literasi digital itu ga hanya dapat membaca berita di medsos thok. Melainkan sampai taraf menelaah, membandingkan, menelusuri kebenarannya.

Reply Delete
Avatar
Lidya Fitrian 08:53, 07/10/2020

sudah menjadi keharusan sekarang ya bisa berbahasa Inggirs, jadi makanan sehari-hari aplagi di era seperti sekarang ini

Reply Delete
Avatar
Dee_Arif 09:04, 07/10/2020

Ah benar ya mbak, sat ini literasi digital itu perlu ya...
Makanya juga perlu belajar bahasa inggris

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti 09:44, 07/10/2020

Aku tuh lemah banget mba kalau udah harus baca referensi dalam Bahasa Inggris. Bisa sih bisa, tapi lamaaaa banget untuk translatenya dulu. :)

Reply Delete
Avatar
TIAN LUSTIANA 10:26, 07/10/2020

MEnguasai bahasa inggris sekarang tuh penting yah.

Reply Delete
Avatar
Arda Sitepu 11:15, 07/10/2020

Bahasa Inggris menjadi penting mbak, dulu sempat menguasai dan selalu ada di kehidupan sehari-hari tapi semakin jarang digunakan maka tergerus juga. Jadi semangat buat konten bahasa inggris mbak.

Reply Delete
Avatar
agi tiara 11:38, 07/10/2020

ini bener banget, kayanya sekarang tuh bisa berhasa inggris masuk kompetensi dasar karena gimanapun kan kita juga sudah hidup di masyarakat global yang mostly menggunakan bahasa inggris untuk berkomunikasi

Reply Delete
Avatar
andyhardiyanti 12:10, 07/10/2020

Salah satu hal yang saya sesalkan sampai sekarang yaa itu. Gak bisa berbahasa Inggris, blas..ga bisa. Gak tahu kenapa, gak bener belajarnya dulu kali wkwkwk

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi 12:12, 07/10/2020

Bahasa itu dari kebiasaan yaa, kak...Jadi semakin sering baca tulisan dan ngomong aktif, maka semakin terbiasa.
Tangkal hoax dengan literasi yang benar.

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti 00:11, 08/10/2020

Setuju. Semakin kita paham dan menguasai Bahasa Inggris, maka saat mencari referensi global pun kita akan makin dimudahkan ya.

Reply Delete
Avatar
Adriana Dian 12:21, 07/10/2020

setuju banget sama Ummi, kalo kita punya kemampuan bahasa inggris yang baik, bisa memperluas wawasan juga yaaaa.. Makasih sharingnya Mak Lidaaaa :D

Reply Delete
Avatar
Sri Widiyastuti 12:23, 07/10/2020

Iya umi, penting banget menguasai bahasa inggris Karena literasi digital skrg menggunakan panduannya berbahasa inggris.

Reply Delete
Avatar
Yurmawita 14:22, 07/10/2020

Pengen banget bisa nulis bahasa Inggris nyeaal deh dulu gak optimal belajar bahasa Inggris hehe, bener banget nih kita hidup di zaman digital sangat penting kemampuan digital literasi

Reply Delete
Avatar
April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com 16:48, 07/10/2020

Bahasa Inggris adalah bahasa kedua yang wajib dikuasai. Ini anak2ku juga lagi mulai belajar bahasa ini maknya mau gak mau aku juga review lagi supaya bisa juga ngajarin anak hehe

Reply Delete
Avatar
Khoirur Rohmah 18:05, 07/10/2020

Kuncinya di 'membaca' ya mbak. Asal mau membaca, dan tidak menelan mentah-mentah sebuah informasi, dan crosscheck dulu untuk validitasnya, insyaallah nggak akan termakan dengan informasi yg hoax ya mbak.
Betapa penting sekali Literasi digital ini, memang.

Reply Delete
Avatar
Andiyani Achmad 18:10, 07/10/2020

Darell belajar Bahasa Inggris dari Youtube, meski sebelumnya ada basic dari sekolah dan aku ajarin sedikit-sedikit yang basic aja, tapi dia kayaknya lebih nyaman nonton Youtube yang menggunakan bahasa Inggris

Reply Delete
Avatar
Naqiyyah Syam 19:11, 07/10/2020

wah serunya aku tuh zaman SMP senang Bahasa Inggris, ikutan kursus juga mentok sekarang gak jago percakapannya hahah

Reply Delete
Avatar
Nurul Sufitri 20:16, 07/10/2020

Oooh...tentu penting dong kita menguasai Bahasa Inggris. Meskioun kebanyakan orang Indonessia bisanya pasif. Ga bagusnya tuh suka ada yang menertawakan orang2 yg berusaha bercakap2 n English ya. Literasi digital mah wajib mahir di zaman sekarang 😍

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi 21:14, 07/10/2020

Agar bangsa maju, memang menggerakkan literasi ini penting. Apalagi yang berkaitan dengan banyak hal, pastilah belajar bahasa kuncinya. Agar bisa berkomunikasi dengan baik.

Reply Delete
Avatar
TIAN LUSTIANA 21:31, 07/10/2020

literasi digital diperlukan banget ya mbak, termasuk menguasai bahasa inggris juga penting, harus pede sih inti nya yah.

Reply Delete
Avatar
Nanie 01:17, 08/10/2020

Nah bener, bahasa Inggris sudah termasuk wajib nih dipelajari. Dulu itu saking pengennya bisa lancar bahasa inggris saya bela-belain datang ke kampung Inggris :D

Reply Delete
Avatar
Marantina 07:50, 08/10/2020

Untuk benar-benar memanfaatkan internet, digital literacy itu penting banget ya..

Reply Delete
Avatar
Fenni Bungsu 14:29, 08/10/2020

Jaman now, penguasaan bahasa memang penting ya plus juga literasi digital biar nggak langsung share sebelum di saring kebenarannya

Reply Delete
Avatar
Sapti nurul hidayati 11:15, 09/10/2020

Betul dengan menguasai bahasa inggris memudahkan lita untuk memahami informasi dan berita yang sumbernya dari manca. Sehingga lebih punya banyak referensi

Reply Delete
Avatar
bundabiya.com 19:41, 09/10/2020

menurutku bisa berbahasa inggris tuh sekarang wajib deeh.. soalnya akan sangat membantu kita untuk memahami banyak hal yang nggak ada di indonesia atau yg tidak berbahasa indonesia

Reply Delete
Avatar
Ainhy Edelweiss 22:16, 09/10/2020

Berasa banget manfaat belajar bahasa inggris, selain menambah skill jg bisa memperluas pertemanan. Btw aku pun masih belajar soal pentingnya Literasi digital ini agar tdk mudah termakan hoaks

Reply Delete
Avatar
Silvie Permatasari 04:47, 14/10/2020

Jaman modern seperti sekarang perkembangan teknologi yg maju jg membuat banyak perubahan ya mba termasuk urusan membaca berita , mencari informasi dan belajar. Wajib belajar literasi digital supaya enggak tergerus jaman, apalagi buat kita para blogger.

Reply Delete
Avatar
Cory Pramesti 11:47, 26/10/2020

Bener banget kak, Literasi digital menjadi sangat penting di era digital saat ini, biar gak gampang termakan hoax.. juga wawasannya jd lebih terbuka dan percaya diri dg memiliki kemampuan bahasa inggris..

Reply Delete