Tips Belajar Menyetir Mobil untuk Perempuan

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Tips Belajar Menyetir Mobil untuk Perempuan


Ngomong-ngomong soal mengemudi, saya ingin berbagi cerita pengalaman belajar menyetir mobil. Saya memutuskan untuk menyetir mobil pada tahun 2013. Sebetulnya alasannya sederhana saja. Jadi saya ingin suatu saat bisa nyetir mobil saat bepergian. Terutama antar jemput anak sekolah. Kebetulan anak bungsu saya sekolahnya agak jauhan dan lewat jalan raya. 

Walaupun naik mobil antar jemput, saya berharap bisa antar jemput anak sekolah menggunakan mobil. Pernah pakai motor tapi teryata anak saya ketiduran dan tentunya nggak aman buat dia. Tekat kuat itulah yang membuat saya memutuskan untuk belajar menyetir mobil.

Saya memutuskan untuk belajar menyetir melalui tempat les yang lokasinya tak jauh dari rumah. Mengapa saya memilih belajar menyetir di tempat kursus menyetir dibandingkan belajar ke suami ? Saya rasa, memilih belajar menyetir di tempat kursus lebih aman dan profesional. Mobil yang disediakan pun di desain khusus bagi orang yang belajar menyetir.

Sumber foto : pixabay.com

Selain itu, jika pertama kali belajar menyetir mobil ke suami, tentunya berbeda. Mobil yang ada tidak dikhususkan untuk belajar menyetir. Dan di tambah lagi, belajar menyetir ke suami, bawaanya jad lebih panik! Walaupun punya suami sabar, tapi kesabarannya tidak berlaku saat mengajar saya belajar menyetir.

Gimana nggak, pas lagi menyetir ama suami, tiba-tiba aja langsung kasih banyak instruksi yang bukannya bikin saya tenang malah panik. Ogah kan ya ? Bukannya makin belajar menyetir mobil malah gagal total!

Jadi, pilihan terbaik ya saya memilih kursus menyetir. Waktu itu saya langsung memilih waktu belajar menyetir mobil saat saya libur kerja. Jadi dalam sepekan, ada dua kali belajar menyetir mobil selama masing-masing 2 jam. Saya belajar menyetir pagi hari pukul 08.00 WIB.

Lalu, apa tips belajar menyetir bagi perempuan ?

Konsisten Waktu

Evaluasi dari pemilihan hari saya belajar menyetir yang terlalu lama, sebaiknya belajar menyetir dilakukan setiap hari tanpa putus dan dalam waktu lebih dari dua jam. Mengapa ? Karena pelajaran menyetir mobil akan lebih diingat dan langsung dipraktekkan keesokan harinya. Beda ketika saya memilih nyetir sepekan dua kali yakni senin dan Jumat. Dan selama tidak belajar menyetir mobil di tempat kursus, saya tidak menyetir sama sekali. Alhasil, terkadang lupa apa yang dipelajari saat belajar menyetir.

Pilih Tempat Kursus yang Tepat

Jangan salah pilih tempat kursus untuk belajar menyetir mobil. Tempat kursus belajar menyetir mobil yang tepat memiliki ijin khusus serta pengajar yang berpengalaman. Selain itu, mobil yang disediakan juga di desain khusus yakni di sediakan rem dan kopling di bawah tempat duduk penumpang.

Tetap Fokus dan Jangan Panik!

Namanya belajar, seringkali mungkin bingung. Termasuk belajar menyetir mobil. Dan ini tentunya mau nggak mau harus tetap fokus saat belajar menyetir. Jika memusatkan perhatian saat belajar menyetir maka akan membuat kita jadi lebih tenang dan tak mudah panik.

Praktek Jadi Prioritas

Setelah menyelesaikan jadwal belajar menyetir di tempat kursus, jangan lupa untuk perbanyak praktek menyetir. Karena bagaimanapun, kunci keberanian menyetir itu ada kalau kita juga rajin menyetir. Semakin sering praktek menyetir, ya semakin lancar juga mengemudi.


Dan jika sudah merasa lancar menyetir mobil, gunakan mobil yang sesuai dengan karakter dan kualitas mobil yang terpercaya. Sebelum membeli mobil, tak ada salahnya untuk mencari beragam pilihan mobil yang sesuai. Jangan lupa, sesuaikan juga dengan budget yang disediakan untuk membeli mobil.

Referensi mobil yang tepat bisa diperoleh di https://auto2000.co.id/ yang menyediakan berbagai mobil termasuk Toyota Avanza. Harganya juga bervariasi serta beragam kemudahan. Bahkan ada kemudahan pesan online di Autoo2000 Digiroom. Mulai dari kemudahan mendapat simulasi cicilan, pesan online ekspres dan bahkan konfirmasi hanya dalam waktu satu jam!

 Oh ya, jangan lupa sebelum memulai menyetir mobil, cek terlebih dahulu kesiapan mobilnya. Cek juga dokumen-dokumennya seperti STNK dan SIM sebelum menyetir mobil. Selamat menyetir mobil!

45 則留言

Avatar
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) 2020/8/29 下午7:18

Aku tuh dulu belajar nyetir dari kelas 3 smu kalau gak salah, tahun 2000 akhir aku baru bisa nyetir. Belajarnya sama papahku berasa di ospek kalau belajar sama dia, kuliah rajin bawa mobil karena banyak kuliah yang sore jadi takut pulang naik ankot. Sekarang malah jarang nyetir karena emang lagi gak kemana-mana.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2020/8/30 下午1:14

Asik udah lama ya mba. Ya skarang juga jadi binggung ya mau kemana juga. Tapi asal punya bekal nyetir ya :)

Reply Delete
Avatar
Lidya Fitrian 2020/8/30 下午1:14

Aku Juga ikutan kursus trus lancarin sama bapakku agak galak memang tapi nyaliku besar cepet bisa jadinya 😂

Reply Delete
Avatar
Ainun 2020/8/30 下午2:52

Aku dulu diajari bapak sendiri, basic aja sudah bisa. Untuk lebih memberanikan diri di jalan dan sekalian dapet SIM, jadi ambil les nyetir yg bayar sepaket Sama SIM nya

Reply Delete
Avatar
Mugniar 2020/8/30 下午3:08

Buat perempuan yang baru mau belajar menyetir mobil memang utuh tips biar yakin bisa menyetir ya Mbak. Jangan sampai belum apa2 sudah takut duluan.

Reply Delete
Avatar
Reyne Raea (Rey) 2020/8/30 下午4:19

Iya ya Mba, mending di tempat kursus langsung, meski takut juga dapat yang galak.

Pernah diajarin suami, di jalan yang kosong melompong.

Pas liat ada motor di depan, masih sekilo jauhnya, saya udah auto berhenti mendadak, panik. Hahaha

Saya naik motor tuh selalu ketakutan, saya kira karena bannya cuman 2, takut jatuh.
Eh ternyata naik kendaraan yang bannya 4 juga sama hahaha

Reply Delete
Avatar
Mechta 2020/8/30 下午4:22

Duuh..jadi ingat pelajaran nyetirku yg (lagi2) terhenti karena trauma..hiks.. Sepertinya memang harus belajar dg kursus nih mba.. Belajar dengan ayah, kakak dan adik..sama2 blm ada yg berhasil! Hihi..

Reply Delete
Avatar
nurul rahma 2020/8/30 下午6:12

Aku belajar sejak SMA dan sampe sekarang blum bisaaaaaa
*tekadku emang lemah sih Mba wkwkwkw
Dan aku kayak penakut bgt gitu kalo setir mobil, karena kan (menurutku) lebih ribet untuk ngepasin dgn ukuran jalan
Kalo motor kan langsing wwkwk

Reply Delete
Avatar
Keke Naima 2020/8/30 下午9:14

Saya belajar nyetir begitu lulus SMA. Biar kalau ke kampus bisa bawa mobil.

Tetapi, menyetir juga seperti latihan. Sejak anak-anak saya SMP, udah jarang banget nyetir. Karena udah gak ada rutinitas jemput mereka ke sekolah.

Sekalinya nyetir jadi kagok lagi. Sekarang malah udah berhenti banget nyetir. Keenakan disupirin suami hahaha. Jadi memang harus belajar luwes nyetir lagi

Reply Delete
Avatar
Keke Naima 2020/8/31 下午11:39

Auto2000 memang bagus-bagus mobilnya. Udah percaya aja deh saya kalau sama Auto2000

Reply Delete
Avatar
PuputFebriina 2020/8/30 下午9:35

Aku dari tahun lalu pengen belajar nyetir tapi karena hamil gakdibolehin suami. ehh, sampe skrg gak jadi juga belajarnya.

Reply Delete
Avatar
Lubnah Lukman 2020/8/30 下午10:23

Aku nih yang merasakan diajar sama suami, yang mukanya lebih tegang ketimbang yang mau belajar hehehe

Reply Delete
Avatar
Tira Soekardi 2020/8/31 上午2:39

kalau sama suami pasti ribet, salah sedikit pasti sudah diomelin, belum ngomong hati2 nanti rusak

Reply Delete
Avatar
Tri Sulistiyowati 2020/8/31 上午6:44

Kloq sama suami malah endingnya ribut mba. Dia lebih panik. Menurutku lebih takut mobilnya lecet, drpd istrinya bisa lancar mengemudi..

Reply Delete
Avatar
iffiarahman.com 2020/8/31 上午9:27

Aku dari kemarin mau belajar naik mobil baru belajar 2x udah kukutan, belum selesai, tapi pandemi, huhu

Reply Delete
Avatar
Chela Gurukecil 2020/8/31 下午8:04

aku sebenarnya pernah bisa mbak..cuma karena lama nggak praktik, mau nggak mau harus belajar lagi

Reply Delete
Avatar
Ratna Kirana 2020/8/31 下午11:44

Aku sempat belajar nyetir sesekali, tapi karena jarang dipakai akhirnya lupa lagi dong hihi..

Reply Delete
Avatar
Kalena Efris 2020/9/1 上午12:11

Setujuu mbakk, kyknya emang mending belajar mobil ke spesialisnya. Dulu aku diajarin ayah nyetir, tapi malah panik jadinyaa hehe.

Reply Delete
Avatar
Melissa Olivia 2020/9/1 上午1:00

Dulu abis selesai kursus setir mobil dan dapat SIM, aku ngelancarin bareng bapaku dan jujur byk kena omel hahaha... untungnya aku gak panikan sih. Jd telen aja diomelin wkwwkw..

Reply Delete
Avatar
Winda - dajourneys.com 2020/9/1 上午1:46

Sama mbak, kalau sama suami pasti bawaannya lebih bete hahaa karena pasti lebih cerewet

Reply Delete
Avatar
Nia K. Haryanto 2020/9/1 上午7:44

Huhu, aku masih belom bisa nyetir mobil deh ih. Aku terlalu penakut. Padahal kepengen bisa jalan-jalan ke sana ke mari sendiri naik mobil

Reply Delete
Avatar
Tuty Queen 2020/9/1 上午8:03

Aku belajar nyetir mobil sewaktu SMA diajarin pakai mobil teman, sempat deg2an takut mobil orang lecet haha.. Tapi nggak semua jenis mobil bisa sampe sekarang 😁

Reply Delete
Avatar
Bundabiya.com 2020/9/1 上午8:27

Menurutku yang paling penting gurunya harus sabaaar dan nggak marah2 haha itu pengaruh banget loh buat keoercayaan diri wkwk kualitas mobil juga sih.

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi 2020/9/1 上午8:45

Paling enak belajar sama mobil sehari-hari sama, jadi terbiasa bawa.
Aku juga dulu kursus, kak Lidh...suka sakit hati walau suami gak banyak ngomong, tapi dari gesture, keliatan banget, kesel sama aku.

Reply Delete
Avatar
Mei Daema 2020/9/1 上午9:13

saya pertama kali belajar nyetir tahun 2010an kalau ga salah, karena pas kerja dikasih driver juga, jadi hanya beberapa kali bawa setelah itu sampai hari ini ga pernah bawa mobil lagi, mungkin sudah lupa. diajarin sama pasangan malah gak maksimal mba, yang ada saya dulu juga diomelin mulu hehehhe

Reply Delete
Avatar
Nia K. Haryanto 2020/9/1 上午10:51

Duh, kapan ya aku bisa nyetir mobil sendiri. Kalah sama anak-anakku deh. Aku tuh parnoan. Pernah nabrak jadinya takut terus. Wkwkwkwk...

Reply Delete
Avatar
susie ncuss 2020/9/1 上午11:12

Jadi catatan buat aku nih mbak yg mau belajar nyetir Mobil.
Emang harus konsisten ya...

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti 2020/9/1 下午12:14

Nah itu yang belum bisa dihilangkan tuh mudah paniknya itu loh. Dulu jaman kuliah aku sudah naik mobil mba, tapi belum terlalu sering nyetir malah kesrempet truk sampe bodi mobil penyok gitu. Sampe sekarang traumanya tidak kunjung hilang.

Reply Delete
Avatar
andyhardiyanti 2020/9/1 下午12:47

Makasih mbak...saya belum bisa juga nih nyetir mobil. Masih takut. Padahal kalau udah bisa kan enak yaa..bisa gantian nyetir sama suami.

Reply Delete
Avatar
Naqiyyah Syam 2020/9/1 下午12:53

Keren Mbak bisa berani bawa mobil aku jadi ingat zaman kecil hanya belajar memanasi mobil belum sampai menyetir mobil hehehe

Reply Delete
Avatar
Desri Desri 2020/9/1 下午1:08

sebelum nikah berani kemana aja, nyetir sendiri, setelah nikah dibonceng terus, ngga boleh nyetir, dan sekarang nasib takut nyetir sendiri kak.. huhu

Reply Delete
Avatar
Dian Restu Agustina 2020/9/1 下午4:31

Saya juga kursus nyetir Mbak Alida..karena lebih aman pastinya, mobil sudah desain untuk yang belajar nyetir...dan untuk urusan Toyota memang komplit jika ke Auto 2000 Digiroom ya..lengkap semua layanan Toyota ada!!

Reply Delete
Avatar
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) 2020/9/1 下午10:10

Kalau buat perempuan tuh mau nyetir harus berani dulu, ini penting. Apalagi sekarng ini kendaraan lebih banyak dan kejamnya jalanan tuh bisa bikin stress jadi kudu berani.

Reply Delete
Avatar
Marantina 2020/9/3 上午7:39

Aku naik motor sendiri aja belum berani karena trauma hehee Suami udah bilang daftar kursus nyetir tapi mungkin baru terlaksana setelah pandemi :)))

Reply Delete
Avatar
Dee_Arif 2020/9/3 上午11:17

Tipsnya aku simpan ya mbak, aq pgn blajar nyetir tapi msh maju mundur

Reply Delete
Avatar
Akarui Cha 2020/9/4 上午8:47

Belakangan aku terpikir hal yang sama nih Mba. Ingin belajar menyetir, karena tersadar kalau mama papaku makin menua, siapa lagi yang bisa antar sana sini kalau bukan anaknya. Apalagi semasa kecil, mereka sudah menemani ke sana kemari juga kan ya. Semoga lekas saya beli mobil dan belajar nyetir. Aamiin.

Reply Delete
Avatar
Artha Amalia 2020/9/5 上午5:29

Saya jg belajar nyetir lewat kursus. Sebab kan udah ada yg pro gitu pengajarnya. Kalau diajari mama waaaah...banyak omelannya dan jerit2 gitu. Wkwkw

Reply Delete
Avatar
Lubnah Lukman 2020/9/6 下午10:01

Kalau pengalaman sih lebih enak diajar sama suami tapi matic yah hehehe, kalau manual rasanya yang tegang bukan kita tapi suaminya,, hehhe

Reply Delete
Avatar
Silvie Permatasari 2020/9/9 下午4:23

Aku belajar nyetir pas hamil anak ke 2..
Itu jg karena kesel giliran butuh paksu susah banget dimintain waktu. Akhirnya belajar nyetir deh.

Udah bisa nyeyir belum lancar parkir, alhasil sampe brojol anak ke 2 wara wiri masih naik motor.
Ahajajaj

Reply Delete
Avatar
Qoty Intan Zulnida 2020/9/10 上午11:12

Waduh aku belum ad nyali nih buat latihan nyetir mobil, hiks... Ngandelin paksu dan taksi online aja deh hehe

Reply Delete
Avatar
www.faradiladputri.com 2020/9/10 上午11:41

Tips dari aku : belajar manual dulu. Nanti belajar ke matic jadi gampang. Tinggal gas rem gas rem :D

Reply Delete
Avatar
Fanny_dcatqueen 2020/9/22 上午10:24

Aku tuh sbnrnya udh bisa bawa mobil sjk SMU mba. Yg ngajarin papa dulu. Tapi gara2 ngalamin kecelakaan pas SMU yg bikin mobil hancur, tapi ajaibnya aku selamat, jd trauma :D. Sampe skr ga prnh bawa mobil lagi. Udhlaah biarkan pak suami yg bawa ato aku kdg sewa supir harian :D . Msh keinget banget soalnya dan bnran bikin aku takut utk bawa lagi

Reply Delete
Avatar
Farahdjafar 2020/9/23 上午6:48

Aku udah punya mobil dan mau belajar rasanya takut hahaha, motor aja sampai skg trauma karena pernah jatuh dari motor terus ga pernah bawa motor lagi

Reply Delete
Avatar
Caroline Adenan 2020/9/24 下午10:46

Bener sih, soalnya kalo yg bersertifikat kitanya sbg pelajar jd lebih terarah ya. Plus tau rambu2 and teknikal menyetir yg baik dan benar itu gimana. Gak asal jalanin mobil doang di jalan.

Reply Delete