Oleh-Oleh Kuliner Khas Bogor

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Oleh-Oleh Kuliner Khas Bogor

Perjalanan ke Bogor bagi saya selalu menyenangkan. Bogor menyimpan kenangan perjalanan keluarga kami dari waktu. Sejak dulu, kami hampir menghabiskan setiap akhir pekan ke Bogor. Apabila ada keluarga dari luar kota yang ke Jakarta, kami selalu menyempatkan untuk mengajak berjalan-jalan ke Bogor. Dan tentunya selalu menyempatkan diri untuk membeli oleh-oleh khas Bogor. Membeli oleh-oleh kuliner khas Bogor menjadi salah satu prioritas jika berkunjung ke Bogor. 

Sebelum wabah pandemi ini, saya dan teman-teman sengaja ke Bogor untuk mencicipi aneka kuliner enak khas Bogor. Kami berkeliling berbagai tempat kuliner di Bogor dan menyempatkan diri untuk membeli oleh-oleh kuliner khas Bogor.

Jarak kota Bogor dengan Jakarta yang dekat membuat Bogor memang menjadi pilihan yang tepat untuk dikunjungi. Dari Jakarta tepatya kawasan Pasar Rebo, saya biasaya menggunakan kendaraan pribadi selama dua jam perjalanan. Atau bahkan naik commuter line dari stasiun Pondok Cina, Depok ke stasiun Bogor kurang dari satu jam.

Mungkin teman-teman penasaran, apa saja oleh-oleh kuliner khas Bogor? Banyak! Bagi saya, berkunjung ke Bogor tak lengkap rasanya jika tak mampir dan membeli oleh-oleh khas Bogor. Oleh-oleh khas Bogor ini bisa ditemui dengan mudah di berbagai sudut kota Bogor. Oleh-oleh khas Bogor bervariasi dengan harga yang menurut saya terjangkau. Lalu, oleh-oleh kuliner khas Bogor apa saja yang wajib dibeli ketika berkunjung ke Bogor?

Salah satu sudut kota Bogor yang menjual oleh-oleh khas Bogor


Bolu Lapis Talas Bogor

Saya baru tahu bolu lapis talas Bogor ini sekitar 5-6 tahun lalu. Kebetulan saat saya berkunjung ke rumah saudara selalu melewati lapis talas Bogor dan tempatnya selalu ramai dikunjungi. Saya suka sekali bolu lapis talas Bogor karena bolunya lembut. Perpaduan warna kuning dan ungu juga membuat tampilannya semakin menarik. Dan satu lagi, parutan kejunya yang berlimpah sungguh sangat menggoda. Harganya bervariasi kisaran Rp 30 ribu –Rp 40 ribu per boks.  

Roti Unyil

Bagi penggemar roti, roti unyil ini wajib menjadi pilihan saat berkunjung ke Bogor. Sesuai namanya, roti unyil ini ukurannya unyil alias kecil. Sekali makan langsung hap ludes! Harga satu buah roti unyil Rp 1700. 

Roti unyil enak 


Biasanya, roti unyil dijual bisa satuan atau lebih praktis lagi jual sesuai ukuran kardus yakni satu kardus isi 20 buah, 50 buah atau bahkan 90 buah. Roti unyil ini rasanya pun bervariasi yakni roti coklat, coklat, abon, keju dan lainnya.

Asinan Bogor

Suka yang asem manis ? Asinan bogor ini bisa menjadi pilihan. Nah untuk asinan bogor ini bisa milih yang khusus sayuran atau buah. Kalau saya sebetulnya suka kedua pilihan itu. Jadi kadang beli satu asinan buah dan satu lagi asinan sayur. 

Foto sebelum wabah pandemi di tempat asinan Bogor


Biasanya asinan ini di kemas di plastik terpisah antara kuah dan sayuran atau buahnya. Ada juga potongan tahu, cabe hijau dan kacang. Saya paling suka makan asinan bogor yang kacangnya banyak. Harganya ? Sekitar Rp 15 ribuan.

Bika Bogor

Tahu nggak kalau Bogor juga punya Bika Bogor ? Nah selain di Medan. Bogor juga punya inovasi oleh-oleh berupa bika Bogor. Bika Bogor yang di jual adalah bika yang berukuran mini dengan variasi warna ungu, hijau dan kuning. Perpaduan warna ini selain enak dilihat tapi juga rasanya enak. Harga satu kotaknya Rp 35 ribu. Terjangkau kan?  

Pia Bogor

Tak hanya Yogyakarta yang memiliki pia. DI Bogor juga ada kuliner yang pas buat oleh-oleh Bogor yakni Pia. Pia yang disajikan bentuknya lebih besar dari pia khas Yogyakarta. Selain itu satu kemasannya juga di plastikin untuk menjamin kebersihannya.  

Strudel Bogor

Oleh-oleh kuliner khas Bogor yang bisa menjadi pilihan adalah strudel Bogor. Strudel ini bahan utamanya dari pastry yang diisi berbagai potongan buah seperti apel yang telah diolah menjadi kuliner yang menggugah selera. Strudel ini bisa dinikmati kapan saja dan dimana saja. Bentuk strudel juga bervariasi sehingga bisa menjadi pilihan untuk oleh-oleh kuliner khas Bogor.

Tentunya tak hanya itu saja oleh-oleh kuliner khas Bogor. Ada banyak variasi oleh-oleh khas Bogor yang bisa menjadi buah tangan yang pas saat berkunjung ke Bogor. Saran saya, pilihlah oleh-oleh kuliner yang tahan lama sehingga bisa dinikmati setelah tiba di kota tujuan.

Oh ya jangan lupa saat membeli oleh-oleh kuliner khas Bogor tetap harus menjaga protokol kesehatan ya seperti menggunakan masker, jaga jarak dan cuci tangan yang bersih menggunakan sabun atau hand sanitizer. Untuk menginap pun tak perlu kuatir karena ada banyak pilihan hotel murah di Bogor yang menjadi pilihan.

 

Sudah ada pilihan untuk membeli oleh-oleh kuliner khas Bogor ? Selamat memilih!

 

52 則留言

Avatar
nurul rahma 2020/8/31 上午9:21

BOGOR tuh mirip Bandung ya Mbaaa
Suasana, cuaca, dan makanannya endolitaaa semua
Aku selalu demen asinan Bogor
Suegerrrr khanmaen!

Reply Delete
Avatar
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) 2020/9/1 下午10:21

kuliner Bogor itu enak-enak loh mbak, apalagi si roti unyil ini duh suka kalap makannya karena saking imutnya.

Reply Delete
Avatar
bundabiya.com 2020/9/3 上午12:21

huu malem2 baca soal asinan langsung kemecheer. aku juga jadi kepengen asinan bogor yang katanya seger itu :D

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2020/9/5 下午1:44

Iya dan bakalan ngangenin banget ke Bogor melulu :)

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti 2020/8/31 上午11:12

yang belum kucoba Pia, bika sama strudel Bogor Ummi boleh kali ummi dikirim-kirim via pak kurir wkwk..ditunggu ya ummi makasih banyak nih ummi

Reply Delete
Avatar
Suciati Cristina 2020/8/31 上午11:33

Kangen ke Bogor mbaa.. smoga Bogor bisa cpt aman dikunjungi lg ya. Seluruh Indonesia jugaa..amiin
Ke Bogor keretaan..kulineran. kalau sama almarhum nenek suka ke Tajur. Beliau nyari tas 😁

Reply Delete
Avatar
Arenga Indonesia Palm Sugar 2020/8/31 上午11:55

Bogor termasuk salah satu kota yang punya kenangan manis dalam benak saya. Dulu waktu remaja sering main ke sini bersama kakak dan jajan di Surya Kencana. Setelah menikah dan sampai sekarang, kalau ke Bogor masih nyari oleh-oleh yang sama. Talas dan Strudel :)

Reply Delete
Avatar
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) 2020/8/31 下午2:46

aduh roti unyil ini emang bagaikan maskotnya Bogor deh, pokoknya kalau ke Bogor gak boleh kelupaan beli ini.

Reply Delete
Avatar
Faridilla Ainun 2020/8/31 下午4:54

Roti unyil biasa kubawa jadi oleh-oleh pas dinas ke Bogor. Gampang nyarinya, unik dan udah khas banget kan.

Trus banyak lagi isinya, jadi kalau dibawa ke kantor ga rebutan deh, bisa milih sesuai rasa yang disuka

Reply Delete
Avatar
Mugniar 2020/8/31 下午8:18

Huaa pengen semua, Mbak Alida. Terutama yang lapis talas itu. Kapan ya bisa ke Bogor, minimal dapat oleh2 Bogor.

Reply Delete
Avatar
Nurul Sufitri 2020/8/31 下午9:45

Hai Mbak Al! Kepengen main2 ke Boor lagi deh katanya ada e=yang enak soto kuning yang waktu itu aku batal join hahahah :) Kalau roti unyil udah sering banget ya kayaknya sekarang makin imut2 aja hihihihi. Serba bolu2 aku juga suka, asinan dll pokoknya enak2 semua ya.

Reply Delete
Avatar
Dewi Rieka 2020/9/1 上午8:17

Huhu aku makin kangen Bogor nih Mbak, sudah 8 bulan ngga mudik dan ketemu ortu, kangen berat..aku sampai minta dikirimi sari buah pala dari Bogor..

Reply Delete
Avatar
Ria Rochma 2020/9/1 下午12:18

suamiku seneng banget sama asinan bogor. Kalau beli di sini, selalu beli sepaket sama mama mertua, karena beliau juga suka. semoga saja ada kesempatan berkunjung ke Bogor setelah pandemi

Reply Delete
Avatar
Atisatya Arifin 2020/9/1 下午1:58

Waah ada roti unyil Venus. Dulu di ITC Depok sempat ada konternya lho mbak, terus entah kenapa menghilang. Sayang banget padahal aku suka sekali si roti unyil. Aku juga doyan asinan Bogor. Yang enak di sebelah mana mbak?

Reply Delete
Avatar
nurul rahma 2020/9/1 下午8:19

Aduuh pengin pinjam pintu ke mana aja-nya Doraemonnn
Pengin segera cuss ke Bogor!

Reply Delete
Avatar
Gioveny 2020/9/2 上午5:41

Roti unyil sama asinan sih tetep juara! Tapi sekarang makin banyak ya pilihan oleh-oleh khas bogor tuh ada mochi juga

Reply Delete
Avatar
Ruli retno 2020/9/2 上午8:05

Aku kalo ke bogor adinan sih yg wajib soalnya gampang di beli byk di stasiun, wkwk.. aku baru tau klo roti unyil itu khas bogor

Reply Delete
Avatar
Rosanna Simanjuntak 2020/9/2 上午8:10

Membaca ini aku seolah diajak berkelana, waktu jadi karyawan Terminal Batubara di mana kantor pusatnya di Jakarta.

Jika ada staff Jakarta yang berkunjung ke Balikpapan, roti unyil sering aku minta untuk dibawa sebagai oleh-oleh.

Enyaaaak banget eui!
Ukurannya yang sekali loop, tambah bikin takjub!
Belum lagi cita raanya yang endolita parah.

Roti Unyil, jelas favorit kuliner khas Bogor, untukku!

Reply Delete
Avatar
Aswinda Utari 2020/9/2 上午9:27

Diantara semua aku blm pernah ngerasain asinan bogor mba. Apalagi yg sayurnya. Bayanginnya aja keknya enak banget ya..

Reply Delete
Avatar
Artha Amalia 2020/9/2 上午9:54

mau roti unyil yg isi sosis. saya dan anak saya kesukaannya sama, gak bs beli cm beberapa buah roti unyil. kudu banyak biar gak rebutan

Reply Delete
Avatar
Mei Daema 2020/9/2 上午11:12

kalau ke Bogor saya nyarinya pasti deh kue bolu lapis, karena suka banget sama cemilan kue begini, enak banget dan lembut gitu rasanya, langganan deh pokoknya

Reply Delete
Avatar
Nia K. Haryanto 2020/9/2 上午11:19

Duh, banyak ya ternyata oleh-oleh khas kota Bogor. Jadi kangen deh main ke Bogor. Tapi nanti deh, sampe keadaan aman. Apalagi denger-denger Bogor masih Zona Merah ya. Semoga keadaan lekas pulih, biar bisa ke mana-mana. Termasuk ke Bogor dan beli oleh-oleh Bogor :D

Reply Delete
Avatar
Aliyatus sa'diyah 2020/9/2 下午2:58

paling penasaran sama roti unyilnya nih hits banget deh kayaknya kalo kecil kecil gini kalo aku bisa habis banyak pcs deh

Reply Delete
Avatar
Shyntako 2020/9/2 下午3:07

bogor itu khas banget sama roti unyil dan asinannya, yang terkenal dan paling enak memang asian gedung dalam yaa mba, kebayang seger-seger pedes gitu

Reply Delete
Avatar
ginanelwan 2020/9/2 下午4:56

ini sih wajib deh klo ke bogor...roti unyil gemes....gue bisa beli brp kotak nih....and aku suka banget asinan bogor jg

Reply Delete
Avatar
HM Zwan 2020/9/2 下午6:35

Yang palibg terkenal itu Asinannya ya. Asinan Bogor, enak banget aku dulu sering beli waktu tinggal di Subang.

Reply Delete
Avatar
Milda Ini 2020/9/2 下午7:21

Reading your post. Make me miss Bogor. I like many from Bogor. The taste is real and good

Reply Delete
Avatar
Lina W. Sasmita 2020/9/2 下午9:23

Favorit saya banget dong Asinan Bogor. Kangen makannya dan udah berasa di mulut aja nih baru baca doang juga.

Reply Delete
Avatar
Nia K. Haryanto 2020/9/2 下午9:53

Duh aku udah lama deh gak makan roti unyil. Kangen juga deh. Semoga pandemi lekas berakhir. Kepengen ke Bogor deh ih...

Reply Delete
Avatar
Nunung Yuni Anggraeni 2020/9/2 下午10:00

Aku kalau ke Bogor paling suka beli Bolu Lapis Talas Bogor. Enaaaak. Nggak boleh ketinggalan pokoknya. Hihihi .

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti 2020/9/2 下午10:12

Favoritku asinan nih mba. Lebih suka yang sayur, enak aja gitu mix ada kacangnya gitu yaaa... plus kerupuk mienya, uwwhh sukaaaa

Reply Delete
Avatar
Nurul Fitri Fatkhani 2020/9/2 下午10:16

Oleh-oleh dari Bogor yang paling sering kami cari itu roti unyil dan asinan. Makanan favorit, deh!

Reply Delete
Avatar
April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com 2020/9/2 下午10:32

Aku strudel ma pia malah blm perah nyoba.
Kalau zaman msh tinggal di Surabaya dulu kebetulan sepupuku kuliah di Bogor, kalau mudik dan dibawain roti unyil suka banget. Sampai skrng yg paling aku sukai roti unyil di antara semua jajanan Bogor :D

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi 2020/9/2 下午10:46

Penasaran sama strudel Bogor. Ini semacam kue artis bukan, kak Lid?
Senangnya kalau dari bogor, aku suka sama roti unyilnya...Yang sekarang makin kaya bentuknya yaa... ((gak unyil lagi))

Reply Delete
Avatar
mbakdina.com 2020/9/2 下午11:20

Duuuhh enak-enak semua.. kalau asinan bogor tak lekang oleh waktu ya mba, dari dulu sampai sekarang selalu jadi idaman..

Reply Delete
Avatar
nchie hanie 2020/9/2 下午11:53

Semuanya aku suka banget oleh2 ini dan langganan kalo ke Bogor pasti beli, kecuali asinan dan fav roti unyiil yang bikin gemesssh.

Reply Delete
Avatar
bundabiya.com 2020/9/2 下午11:59

bolu lapis talas sih yang bikin penasaran.. tapi aku lebih pengen coba icipin kuliner jalanannya di bogor :D

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi 2020/9/3 上午2:36

Paling kangen sama kesegaran asinan Bogor.
Rasanya tak terlupakan dengan macam-macam buah yang diasinkan.

Reply Delete
Avatar
Indah Nuria Savitri 2020/9/3 上午7:35

aku sukaaa semua mbaa hahahhaa..dan udah cobain juga. Rasanya khas yaaa. Sedihnya tuh ke Bogor weekend macetnya gilaaa yaaa

Reply Delete
Avatar
Elliza - www.rajnikala.com 2020/9/3 上午8:49

Pengen banget nyobain pia Bogornya, mbak. Kalo di Jogja kan kecil-kecil gitu. Daaaa penasaran deh sama yang ukurannya gedean, hihiii

Reply Delete
Avatar
aurabiru 2020/9/3 上午9:37

Dari sekian list oleh-oleh Bogor yang sudah saya cobain baru lapias talas sama asinan, semoga lainnya ntar bisa mencicipi juga apalagi yang disebutkan semua enak-enak itu.

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti 2020/9/3 上午9:38

Duuh enak-enak gitu ya kuliner Bogor. Semuanya kok bikin kepengin. Ada asinan yang istimewa, ada juga lapis talas khas Bogor banget.

Reply Delete
Avatar
Naqiyyah Syam 2020/9/3 上午10:39

Zaman kuliah pernah ke Bogor. Pergi bareng teman dan makanannya banyak pilihan ya. Senang ini buat stok belajar daring.

Reply Delete
Avatar
andyhardiyanti 2020/9/3 上午10:41

Saya baru pernah cobain roti unyil, udah lupa pula sama rasanya huhuhu. Baca ini jadi kepengen, gimana coba dapetinnya wkwkwk.

Reply Delete
Avatar
Tuty Queen 2020/9/3 上午10:45

itu pia aku suka banget mbak, roti unyil juga eh asinan juga kesukaan suami aduuh suka semua ini judulnya hahah

Reply Delete
Avatar
Lidya Fitrian 2020/9/3 上午11:24

aku jadi pingin makan roti unyil jagung mbak, ngiler nih lohat Venus. Padahal gak terlalu jauh ya kalau mau ke Bogor

Reply Delete
Avatar
Nurul Fitri Fatkhani 2020/9/3 上午11:56

Sekarang kalau mau bawa oleh-oleh dari Bogor, banyak pilihannya ya... Selama ini saya hanya beli talas, asinan dan roti unyil saja. Lain kali mau cobain yang lainnya juga, deh!

Reply Delete
Avatar
Emanuella Christianti 2020/9/3 下午12:34

Astaga Mbak Lidhaaaaa tega bener, mengingatkanku pada ngidam yang belum tersampaikan: Asinan Bogooooorrrrr!!!! dimana oh dimana harus ku cari asinan bogor di surabaya iniiiii wkwkwkwk....

Reply Delete
Avatar
Diah Alsa 2020/9/3 下午1:06

saya juga suka lapis talas Bogor ini Mbak, kalau dapat oleholeh ini senang banget rasanya.
suka roti Unyil juga, biasanya Om ku kalau dari perjalanan dinas di Jakarta, bawanya roti unyil, beli dari Bogor ya itu? hihihih

Reply Delete
Avatar
Mporatne 2020/9/3 下午2:07

Diantara itu semua yang belum mpo cicipi cuma bika bogor.oleh-oleh kuliner Bogor emang enak. kota kuliner yang tidak jauh jauh amat dari jakarta. Cukup naik commuter line aja bisa jajan deh

Reply Delete
Avatar
Farahdjafar 2020/9/5 下午11:24

Wajib kalo ke Bogor mampir ke roti unyil keluargaku doyan banget makan ini kak

Reply Delete
Avatar
Fanny_dcatqueen 2020/9/22 上午10:29

Kalo udh ke Bogor, ga mungkin ga kalap Ama kulinernya :D. Roti Unyil udh pasti, tp aku cm suka bbrp mba, yg rasa jagung manis. Udh itu Thok :p. Pak suami tapi yg coklat, sementara anak2 milih sendiri deh. Udh ga terlalu bingung milih rasa roti Unyil kalo ksana.

Tp yg lainnya baru deh. Mau diborong tp pasti ga abis :D. Beneran nahan diri banget. Apple Strudel aku kurang suka sih, tp doyan Ama macaroninya. Itu jg biasanya slalu aku beli :)

Reply Delete